Article

Homepage Article Fashion Design 8 Keunggulan Outer Rajut…

8 Keunggulan Outer Rajut Dibandingkan Dengan Jenis Outer Lainnya

Jadi salah satu baju hangat yang disukai oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia, karena selain memberikan kenyamanan juga dapat meningkatkan estetika penampilan, outer rajut ternyata juga menawarkan banyak keunggulan tersendiri dibanding dengan jenis outer lain lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Outer Rajut

Outer rajut merupakan sejenis pakaian luar yang biasa dibuat dari bahan khusus yakni berupa benang yang dirajut dengan bantuan tangan maupun mesin rajut berteknologi tinggi sehingga outer yang dihasilkan pun dapat dipilih dengan bebas sesuai keinginan penggunanya.

Outer Rajut

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Untuk pilihan bahannya, jenis benang yang biasa digunakan untuk membuat outer rajut antara lain berupa:

  • Benang rajut katun yang dibuat dari bahan dasar serat cotton. Benang ini secara umum memiliki karakteristik yang sangat khas yakni terkenal kuat, bertekstur padat dan mudah menyerap keringat.
  • Benang rajut wol yang paling terkenal tahan lama, elastis dan bersifat anti kusut. Khusus untuk pembuatan outer rajut, benang wol yang digunakan dapat dibedakan lagi dalam dua kategori utama.
  • Pertama ada benang wol besar yang memiliki diameter 2 sampai 3 mm.
  • Kedua ada benang wol lokal yang diameternya lebih kecil dari benang wol besar.
  • Benang rajut rayon yang memiliki kesan jatuh, halus, lembut di tangan dan sejuk saat dipakai.

Outer Rajut

Sumber : https://www.handsoccupied.com/

Keunggulan Outer Rajut

Dengan memanfaatkan benang rajut sebagai bahan utamanya, outer rajut diketahui juga menawarkan banyak keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis outer lain yang dibuat untuk pria dan wanita. Beberapa keunggulan yang dimiliki outer rajut diantaranya:

1. Punya Tekstur Yang Khas

Outer rajut memiliki tekstur yang sangat khas, karena benang-benang penyusunnya dapat membentuk pola rajutan yang berbeda dari kain biasa.

  • Pola rajutan yang terdapat pada outer rajut dapat menambah dimensi visual dan membuatnya terlihat lebih menarik.
  • Kerapatan benang yang berbeda-beda, juga dapat memberikan variasi dalam hal ketebalan dan kehangatan outer.

Outer Rajut

Sumber : https://neotrims.com/

2. Lembut dan Nyaman di Kulit

Outer rajut umumnya memiliki tekstur yang cenderung lembut dan nyaman di kulit sehingga cukup aman digunakan oleh semua kalangan usia, dari yang muda hingga tua.

3. Dapat Menyimpan Panas 

Outer rajut mampu menyimpan panas dalam kurun waktu yang cukup lama sehingga sangat cocok dipakai untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin dan berangin.

  • Outer rajut yang ringan dan tidak terlalu tebal cocok digunakan untuk cuaca yang tidak terlalu dingin.
  • Outer tajut yang lebih tebal dan berlapis-lapis cocok digunakan untuk melindungi tubuh dari suhu yang lebih rendah.

Outer Rajut

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Fungsional dan Fashionable

Outer rajut termasuk ke dalam jenis fashion item yang fungsional dan fashionable. Selain difungsikan sebagai pakaian hangat, outer rajut juga dapat digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan yang stylish dan trendy.

5. Fleksibel dan Elastis

Outer rajut memiliki fleksibilitas dan elastisitas yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kain tenun karena bisa meregang dengan mudah dan memungkinkan kamu untuk bergerak lebih leluasa saat memakainya.

  • Outer rajut kebanyakan bersifat lentur dan elastis, sehingga saat digunakan bisa menyesuaikan bentuk tubuh pemakainya.
  • Sifatnya yang elastis disebabkan oleh konstruksi rajutan yang memungkinkan bahan untuk meregang dan kembali ke bentuk aslinya.

Outer Rajut

Sumber : https://www.dhgshop.it/

Namun sekalipun outer rajut punya sifat elastis, perlu diingat juga bahwa tingkat elastisitas yang dimiliki outer rajut dapat bervariasi tergantung pada jenis rajutan dan bahan rajut yang digunakan oleh produsen outer rajut itu sendiri.

6. Tidak Mudah Kusut

Kelebihan lain yang dimiliki oleh outer rajut yaitu cenderung tidak mudah kusut walau dipakai dalam waktu lama. Salah satu alasannya yaitu karena bahan rajutan cenderung elastis dan dapat kembali ke bentuk aslinya setelah digunakan atau dilipat, sehingga mengurangi risiko kusut yang parah.

Outer Rajut

Sumber : https://www.amazon.de/

7. Punya Desain Yang Beragam

Outer rajut dapat dijumpai dalam berbagai desain dan warna yang sangat beragam. Beberapa ada yang dibuat dalam bentuk cardigan, vest, capuchon bahkan poncho.

  • Cardigan

Cardigan merupakan outer yang didesain terbuka di bagian depan dan dapat diberi variasi kancing untuk menutup bukaan depan.

  • Vest

Vest rajut merupakan outer dari bahan rajut yang biasa didesain tanpa lengan tapi dilengkapi dengan kerah berbentuk V yang lancip di bagian bawah.

  • Capuchon

Capuchon merupakan sejenis jaket dari bahan rajut yang dilengkapi topi atau kupluk pada bagian lingkar leher atau bagian kerahnya.

  • Poncho

Poncho merupakan outer yang dibuat dari satu lembar bahan kain dan hanya punya satu lubang di tengah untuk memasukkan kepala.

8. Cocok Untuk Gaya Layering

Outer rajut cocok digunakan untuk gaya layering, alias dipakai di atas pakaian lain sehingga memungkinkan kamu untuk menyesuaikannya dengan gaya pribadi dan memadupadankannya dengan berbagai jenis pakaian lain.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa kamu harus mencoba outer rajut. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, tidak mengherankan jika outer rajut kerap dijadikan pilihan yang tepat untuk pelengkap gaya penampilan dalam dunia fashion.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.