Article

Homepage Article Fashion Design Perlengkapan Yang Wajib…

Perlengkapan Yang Wajib Dikenakan Oleh Pemain Bulutangkis / Badminton

Punya kecintaan tersendiri terhadap olahraga bulutangkis / badminton?. Seperti cabang olahraga lainnya, dalam permainan bulutangkis / badminton pada prinsipnya ada banyak sekali aturan yang patut dipatuhi oleh seorang pemain bulutangkis saat sedang bertanding di lapangan khususnya dalam hal berpakaian.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Bulutangkis

Bulutangkis yang biasa disebut pula dengan istilah badminton merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang lebih banyak mengandalkan kecepatan gerak dan  tingkat kebugaran yang tinggi. Karenanya untuk melakukan olahraga ini perlengkapan yang dikenakan juga harus memenuhi syarat-syarat tertentu.

Jersey Bulutangkis / Jersey Badminton

Sumber : https://ocasia.org/

Setiap turnamen penting yang digelar secara resmi oleh Badminton World Federation (BWF) terdapat beberapa aturan-aturan penting yang harus ditaati. Jika seorang pemain melanggar aturan tersebut maka BWF sebagai induk organisasi bulutangkis tidak segan-segan memberi sanksi pada pemain yang bersangkutan.

Jersey Bulutangkis / Jersey Badminton

Sumber : https://www.badzine.net/

Meskipun aturan yang dibuat oleh Badminton World Federation (BWF) tersebut sifatnya mengikat, namun pada beberapa turnamen tertentu aturan-aturan tersebut ada yang bersifat opsional atau bergantung pada peraturan negara penyelenggara.

Perlengkapan Bulutangkis

Berdasarkan aturan yang dikeluarkan oleh Badminton World Federation (BWF) standar peralatan dan pakaian yang dikenakan oleh para pemain bulutangkis / badminton dalam suatu pertandingan, setidaknya harus memenuhi syarat berikut:

1. Baju dan Celana

Setiap pemain bulutangkis / badminton harus menggunakan baju jersey yang bahannya ringan dan tidak membatasi gerakan, agar pukulan yang dilontarkan pemain bisa lebih keras dan terarah.

  • Jersey bulutangkis / badminton untuk pria umumnya terdiri dari baju lengan pendek dan celana yang dapat menunjang kemudahan dalam melakukan olahraga.
  • Jersey bulutangkis / badminton untuk wanita umumnya terdiri dari baju lengan pendek dan celana yang masih dilapisi dengan rok di bagian luarnya untuk memastikan tampilan pemain lebih atraktif.

Jersey Bulutangkis / Jersey Badminton

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Dalam kompetisi bulutangkis / badminton pemain wanita bisa juga memakai rok yang didesain menyatu dengan celana pendek ketat untuk memudahkan pergerakan kaki.

  • Perpaduan antara celana pendek dan rok mini yang dibuat untuk atlet bulutangkis / badminton biasa disebut pula dengan nama Skort (Skirt and Shorts).
  • Skort dibuat untuk menonjolkan kesan feminim para atlet wanita tanpa membuatnya kesulitan saat beraktivitas.

Jersey Bulutangkis / Jersey Badminton

Sumber : https://www.lazada.com.ph/

Layaknya jersey yang didesain untuk olahraga lainnya jersey bulutangkis / jersey badminton ini pada prinsipnya juga memiliki sejumlah fungsi yang sangat penting misalnya saja untuk:

  • Menunjukan identitas pemain bulutangkis.
  • Sebagai atribut olahraga bulutangkis.
  • Memberi kenyamanan saat bermain bulutangkis.

Untuk mengetahui lebih detail lagi mengenai kriteria jersey yang bagus untuk bulutangkis / badminton simak juga pembahasan mengenai Baju Jersey Yang Tepat Untuk Olahraga Bulutangkis / Badminton.

2. Warna

Pemilihan warna jersey yang dikenakan oleh masing-masing tim dalam permainan bulutangkis / badminton juga diatur oleh Badminton World Federation (BWF).

  • Untuk pertandingan tunggal, setiap pemain yang berhadapan harus memakai warna baju yang berbeda.
  • Untuk pertandingan ganda, setiap pasangan harus memakai baju yang satu warna dan tentunya juga harus berbeda warna dengan lawan.

3. Nama

Untuk penanda identias, setiap pemain diharuskan menggunakan nama mereka di belakang jersey yang digunakan saat bertanding. Singkatan nama yang semula disimpan di belakang, sekarang disesuaikan dengan nama sebenarnya.

Contoh penulisan nama Della Destiara Haris yang sebelumnya Haris D D diubah menjadi D D Haris. Contoh lain nama Jonatan Christie yang biasa tertulis Christie J bisa ditulis menjadi J Christie.

Jersey Bulutangkis / Jersey Badminton

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Nama Negara

Selain itu setiap pemain juga diharuskan untuk menggunakan nama negara asal di belakang jersey yang dikenakannya. Untuk posisinya nama negara ini dapat diletakkan tepat di bawah nama atlet yang bersangkutan.

Untuk menunjang performa di lapangan, pemain bulutangkis / badminton juga perlu mengenakan sepatu yang didesain khusus untuk untuk meningkatkan stabilitas setiap gerakan dalam olahraga bulutangkis / badminton.

  • Sepatu bulutangkis dibuat untuk memaksimalkan kinerja selama melakukan latihan atau pertandingan bulutangkis.
  • Sepatu yang tepat dapat mencegah kemungkinan cedera selama permainan supaya tidak terjadi slip di lapangan.

Jersey Bulutangkis / Jersey Badminton

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kecermatan dalam memilih sepatu yang memang khusus untuk bermain bulutangkis / badminton akan membuat pemain tetap fokus terhadap pertandingan. Karenanya untuk alasan keamanan dan kenyamanan sepatu yang dipakai hendaknya memenuhi kriteria penting sebagai berikut.

  • Non-Marking sole berarti tidak akan meninggalkan bekas di permukaan lapangan saat digunakan untuk bermain.
  • Informasi yang memberitahukan bahwa sepatu tersebut non-marking sole atau tudak bisa dilihat di bagian alas.
  • Bisa juga periksa langsung keterangan fitur-fitur yang disebutkan produsennya.
  • Terbuat dari bahan yang breathable / memungkinkan udara masuk dan membuat kaki nyaman ketika digunakan karena olahraga bulutangkis sangat mengandalkan fisik dan ketangkasan.
  • Memiliki dukungan pergelangan kaki bagian dalam serta memiliki mulut atau kerah sepatu yang berpotongan mid-cut alias menutupi pergelangan kaki.
  • Memiliki bagian tumit yang kokoh dan kuat tapi bobotnya cenderung ringan agar dapat mencegah terjadinya cedera. 

Selain itu saat bertanding di lapangan, terdapat pula beberapa aksesoris pendukung yang boleh dikenakan oleh para pemain bulutangkis / badminton. Beberapa jenis aksesoris yang dimaksud antara lain berupa:

  • Headband untuk menyerap keringat dan mengatur rambut agar tidak menghalangi pandangan bagi mereka yang memiliki rambut panjang.
  • Sport wristband yang memiliki bentuk seperti gelang. Fungsinya dari wristband ini yaitu untuk membantu menyeka keringat ketika berolahraga.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai aturan berpakaian yang patut dipatuhi oleh seorang pemain bulutangkis saat sedang bertanding di lapangan. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan anda tentang hal-hal yang harsus diperhatikan dalam memilih jersey bulutangkis / badminton ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju jersey bulutangkis / jersey badminton atau pakaian olahraga lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda melihat-lihat dulu koleksi Kain Serena dan Kain Drifit yang kami miliki.

  • Kain serena merupakan sejenis bahan kain yang dibuat dengan sedikit campuran nylon. Kain ini umumnya relatif tipis, ringan dan elastis jadi tidak mengganggu pergerakan saat digunakan untuk berolahraga.    
  • Kain drifit merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari campuran polyester, spandex dan nilon. Seperti kebanyakan bahan jersey lainnya kain dri fit ini juga memiliki sifat lentur meski kainnya lumayan tebal.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.