Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Tersembunyi Dibalik…

7 Fakta Tersembunyi Dibalik Arcuate Celana Jeans

Biasa menjumpai jahitan arcuate pada saku belakang celana jeans?. Dibalik tampilannya yang terkesan simple, detail arcuate yang bisa dengan mudah anda jumpai pada kebanyakan celana jeans ternyata juga memiliki sejumlah fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Arcuate

Arcuate merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan jahitan ikonik berbentuk melengkung (arch) pada bagian belakang saku celana jeans. Sama halnya dengan detail lain yang terdapat pada celana jeans, arcuate sendiri pada prinsipnya juga memiliki fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Celana Jeans

Sumber : https://shopee.co.id/

Simak juga 20 Istilah Penting Dalam Dunia Jeans Yang Wajib Anda Ketahui.

Fakta Menarik Arcuate

Mau tahu siapa sebenarnya penemu dari detail arcuate dan hal yang menginspirasi terciptanya arcuate tersebut?. Untuk menjawab rasa peasaran anda berikut kami bagikan beberapa fakta menarik seputar arcuate yang penting untuk anda ketahui.

1. Makna Arcuate Secara Harfiah

Secara harfiah arcuate memiliki arti sesuatu yang menyerupai sebuah lengkungan. Detail ini dinamakan demikian karena pada awal kemunculannya Strauss yang juga dikenal sebagai penemu Levis menambahkan jahitan yang berbentuk lengkungan dibelakang saku celana jeans buatannya.

Celana Jeans

Sumber : https://poshmark.com/

2. Pertama Dibuat Tahun 1873

Arcuate pada saku celana jeans sendiri pertama kali dibuat oleh Strauss pada tahun 1873 untuk memberi ciri khas pada produk buatannya, karena pada saat itu mulai banyak orang yang ikut membuat celana jeans dengan gaya yang serupa dengan celana Strauss.

  • Jadi arcuate jeans sendiri sebenarnya merupakan suatu lambang, simbol dan identitas brand.
  • Kantung dengan arcuate lebih menarik karena terlihat jelas identitas brand pada celana jenas tersebut.
  • Dengan adanya arcuate yang ditunjukan pada kantong seseorang bisa dengan mudah mengingat dan mengenali brand yang membuat celana jeans tersebut.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

Simak juga 10 Tahap Pembuatan Celana Jeans Ala Konveksi Mulai Dari Desain Hingga Siap Pakai.

3. Ide Awal Pembuatan Arcuate

Bentuk arcuate yang menjadi ciri khas celana Levis konon didapat saat Straus melihat kumpulan burung camar. Berawal dari situlah setiap celana jeans yang dibuat oleh Strauss selalu ditambahkan pola khusus seperti burung camar yang telah memiliki hak paten sejak tahun 1943.

4. Dibuat Dengan Double Stitching

Arcuate Stitching pertama kali digunakan oleh Levis di kantong belakang jeans dengan double-stitching. Adapun jenis benang yang dipakai untuk membuat dekorasi jahitan ganda pada celana jeans ini tidaklah jauh berbeda dengan benang yang dipakai untuk menjahit bagian celana jeans yang lain.

5. Hak Paten Arcuate Stitching

Desain Arcuate Stitching yang juga merupakan merek dagang Levi Strauss and Co. telah didaftarkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Selain desain Arcuate Stitching, patch dengan gambar dua kuda (Two Horses Patch) dan Tab Device yang menjadi identitas merek Levis juga dipatenkan.

Celana Jeans

Sumber : https://poshmark.com/

6. Bentuknya Bermacam-Macam

Dari yang awalnya hanya digunakan oleh Levis, arcuate sendiri pada perkembangannya juga mulai banyak digunakan oleh berbagai merek lain yang sama-sama memproduksi celana jeans.

Untuk membedakan merek dagang celana jeans yang satu dengan merek dagang celana jeans yang lainnya, bentuk dari arcuate inipun biasa dibuat dalam bermacam-macam desain.

  • Sebagai salah satu clothing trademark tertua di dunia Levis memiliki arcuate yang bentuknya seperti sayap kelelawar.
  • Arcuate milik Wrangler (brand yang berasal dari Amerika) dibuat dalam bentuk “W”.
  • Sementara arcuate merk Lee disebut “lazy S”.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain merek Levis, Wrangler dan Lee, brand celana jeans asal Jepang seperti samurai, flathead dan SDA juga diketahui menggunakan arcuate untuk membedakan identitasnya dengan merek yang lain.

7. Jenis Arcuate Ada Banyak

Selain memiliki bentuk yang bervariasi, arcuate pada celana jeans juga dapat dibedakan dalam empat kategori utama, yakni regular arcuate, painted arcuate, hidden arcuate dan stealth arcuate.

  • Regular Arcuate

Regular arcuate merupakan jenis arcuate yang dijahit oleh mesin dengan bentuk atau pola yang menghadap keluar. Arcuate ini juga menjadi arcuate tertua yang dibuat oleh Strauss untuk membedakan celana jeansnya dengan celana buatan produsen lain.

  • Painted Arcuate

Painted arcuate dibuat dengan merubah benang pada pola arcute menjadi garis-garis putus dengan menggunakan cat.

  • Painted arcuate dibuat pertama kali oleh Levis dengan alasan minimnya jumlah benang yang dapat diperoleh saat Perang Dunia.
  • Karena hal tersebut Levis kemudian memproduksi massal celana jeans dengan merubah pola arcute menjadi garis-garis putus.
  • Hidden Arcuate

Hidden arcuate merupakan jenis arcuate yang benang jahitannya tidak terlihat dari luar celana jeans.

  • Hidden arcuate dibuat tersembunyi di dalam kantong celana jeans, sehingga tampilannya tampak kasat mata.
  • Meski tersembunyi namun fading dibagian kantong belakang akan membentuk sebuah arcuate khas seiring penggunaan celana jeans.
  • Stealth Arcuate

Stealth arcuate merupakan jenis arcuate yang memiliki warna senada dengan bahan denim. jenis Arcuate ini terlihat samar jika dilihat dari kejauhan namun akan tampak jelas jika dilihat dari jarak dekat.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik seputar arcuate pada celana jeans yang penting untuk anda ketahui. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan seperti apa sejarah arcuate dan tujuan dibuatnya arcuate pada celana jeans.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan pula bahwa arcuate yang biasa ditambahkan pada celana jeans ternyata bukan hanya sekedar logo, tapi juga menjadi suatu ciri khas dari merek dagang yang dapat orang lain ingat dan dikenang sepanjang masa.

Ingin membuat celana jeans sendiri dengan menggunakan pola yang sudah jadi?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola celana jeans siap pakai yang kami miliki.

Kalau anda membutuhkan bahan kain denim yang berkualitas untuk membuat celana jeans, anda bisa juga melihat-lihat dulu katalog bahan Kain Denim yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.