Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Memoles Tepian Bahan Kulit Agar Mengkilap

Cara Memoles Tepian Bahan Kulit Agar Mengkilap

Mau tahu apa saja teknik yang dapat diterapkan untuk memoles pinggiran kulit agar agar hasil akhirnya menjadi licin, mengkilap dan cerah?. Berdasarkan alat yang digunakan teknik memoles bahan kulit ini pada prinsipnya dapat dibedakan menjadi dua yakni dengan tangan dan dengan mesin.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Burnish Leather

Burnish leather merupakan proses memoles tepian kulit dengan cara digosok agar hasil akhirnya menjadi licin, mengkilap dan cerah. Selain membuat tampilannya jadi lebih bagus, dari segi fungsional burnish juga dapat dilakukan untuk tujuan lain yaitu mempertahankan minyak dan kelembapan alami kulit.

  • Pemolesan menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu dan tampilan produk kulit supaya terlihat luar biasa.
  • Pemolesan bekerja paling baik pada kulit yang disamak dengan Bahan Penyamak Nabati, karena bahkan penyamakan nabati yang tipis dan ringan cukup kaku untuk menahan gesekan alat pemoles.
  • Pemolesan kulit dapat dilakukan sebelum atau sesudah pinggiran kulit diwarnai, tapi lebih disarankan setelah pewarnaan selesai dilakukan untuk mempertahankan hasil akhir yang mengkilap.
  • Pemolesan secara tidak langsung juga berfungsi untuk menyegel tepi potongan kulit. Dengan menerapkan gesekan panas dari alat pemoles akan memampatkan serat-serat kulit menjadi satu.
  • Serat-serat kulit yang menyatu akan menciptakan penghalang kedap air sehingga kulit tidak akan menyerap kelembapan.
  • Serat-serat kulit yang menyatu juga membantu mencegah terjadinya pembusukan kulit.

Bahan Kulit

Sumber : https://www.instructables.com/

Cara Untuk Memoles Kulit

Berdasarkan alat yang digunakan terdapat dua teknik yang dapat diterapkan dalam pemolesan bahan kulit. Teknik pemolesan yang dimaksud yaitu teknik memoles kulit secara manual dengan menggunakan tangan dan teknik memoles kulit dengan menggunakan mesin.

1. Dengan Menggunakan Tangan

Memoles kulit dengan menggunakan tangan menjadi salah satu cara paling populer yang sampai sekarang masih umum digunakan oleh banyak pengrajin kulit. Walau cukup memakan waktu tapi cara ini sering dipakai untuk menghasilkan produk-produk berbahan kulit yang eksklusif.

  • Sebelum melakukan pemolesan, ampelas lebih dulu tepi kulit untuk memastikan bahwa teksturnya lebih halus dan rata. Jika tidak nantinya anda akan kesulitan mendapatkan hasil akhir yang bagus di langkah berikutnya.
  • Pastikan anda menyelesaikan langkah pengamplasan dengan sangat hati-hati agar tidak perlu mengulanginya nanti.

Proses pengampelasan ini juga dapat dilakukan untuk menghilangkan lem berlebih yang mungkin merembes ke tepi kulit.

Setelah tepian kulit tampak halus kikis sedikit tepinya dengan skiving triming beveler untuk memberikan tampilan bulat dan membuatnya lebih mudah untuk dipoles dan jadi lebih mengilap.

Bahan Kulit

Sumber : https://borderlandleather.com/

Untuk menciptakan efek mengkilap gosokkan bahan pelumas seperti bees wax yang dihasilkan dari rumah lebah (bee) ke pinggiran kulit lalu panaskan (bakar) sedikit agar sedikit leleh.

  • Dalam pemolesan produk kulit, bees wax akan membuat pinggiran kulit yang sudah dicat / diberi warna menjadi mengkilat dan tahan air.
  • Bees wax bisa digunakan untuk melapisi Benang Jahit agar menjadi lebih licin dan lancar ketika digunakan saat menjahit.
  • Bees wax juga dipakai untuk Membuat Bahan Kain Menjadi Waterproof.

Bahan Kulit

Sumber : https://mickelberrygardens.com/

Setelah diolesi besswax selanjutnya gosok bahan kulit dengan alat pemoles dari kayu yang memiliki ujung berlekuk untuk mengakomodasi berbagai tingkat ketebalan kulit.

  • Jalankan alat pemoles anda dengan cepat di sepanjang tepi, sambil berikan sedikit tekanan yang cukup untuk menciptakan gesekan.
  • Kombinasi panas dengan sedikit tekanan akan memadatkan serat alami kulit sehingga menghasilkan tepian yang halus dan berkilau.

Bahan Kulit

Sumber : https://www.sailrite.com/

Untuk mendapatkan tampilan yang sesuai dengan keinginkan, mungkin anda harus mengoleskan pelumas dan memoles kulit beberapa kali. Jika ternyata anda tidak mendapatkan hasil yang sesuai keinginan mungkin ujung-ujung kulitnya terlalu kering dan perlu diberi tambahan bees wax.

Setelah puas dengan kilapnya, anda dapat memoles tepi kulit dengan bahan kain Kain Kanvas yang lembut atau Kain Denim untuk menambah kilau bahan kulit. Dalam hal ini anda dapat menggosok kulit sampai bees wax tidak lagi terlihat dan ujungnya terlihat bagus.

2. Dengan Menggunakan Mesin

Selain dikerjakan secara manual dengan menggunakan tangan, pekerjaan memoles bisa juga dilakukan dengan menggunakan alat pemoles bertenaga mesin yang dipasang di meja kerja. Seperti halnya alat pemoles kulit dengan tangan, mesin ini juga ditambah ujung pemoles kayu berlekuk.

Bahan Kulit

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Prinsip pemolesan yang dapat diterapkan untuk memoles kulit dengan menggunakan mesin sendiri sebenarnya tidak jauh beda dengan pemolesan dengan tangan karena langkah-langkahnya kurang lebih sama yakni dimulai dengan pengamplasan, melapisi kulit dengan bees wax dan penggosokan.

Hal terpenting yang harus diingat adalah saat anda menggosok kulit dengan menggunakan alat pemoles yang dioperasikan dengan mesin perhatikan kecepatan perangkat yang anda pakai. Kalau tidak yang ada tepian kulit yang anda poles justru akan menjadi rusak dan hangus.

Bahan Kulit

Sumber : https://www.walmart.com/

Jika anda berniat untuk mengecat tepi kulit setelah dipoles anda hanya membutuhkan sedikit pewarna untuk mewarnai tepi yang sempit, jadi sebaiknya gunakan cotton bud atau sepotong spons lalu sapukan di sepanjang tepi sampai pewarna meresap ke dalam kulit.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara pemolesan bahan kulit berdasarkan alat yang digunakan. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah lebih banyak wawasan anda tentang pemolesan kulit dan alat yang dapat digunakan untuk mendapatkan tepian yang mengkilap dan halus pada produk berbahan kulit.

Yang pasti, untuk memoles tepian kulit sangat penting bagi anda untuk mulai menyiapkan pinggiran kulit dengan baik dan benar. Jika anda memoles tepi dua (atau lebih) potongan kulit yang telah direkatkan, pastikan ikatannya kencang dengan ujung-ujungnya dipalu ringan atau dikompresi dengan tang kulit.

Butuh bahan kulit sintetis berkualitas dengan harga murah untuk membuat lenan rumah tangga dan berbagai produk fashion lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kulit Sintetis yang kami miliki.

Tapi kalau anda ingin mengenal lebih jauh mengenai jenis dan karakteristik bahan kulit dari berbagai jenis hewan yang biasa dimanfaatkan pada produk fashion, anda bisa mendownload E-Book Mengenal Bahan Kulit Alami Untuk Produk Fashion yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.