Article

Homepage Article Fashion Design 4 Tips Memilih Sepatu Yang…

4 Tips Memilih Sepatu Yang Tepat Untuk Musim Hujan

Siap menghadapi musim penghujan yang belakangan mulai melanda sebagian besar wilayah di Indonesia?. Selain menyiapkan jaket, sweater dan berbagai jenis pakaian hangat yang lain, tentunya anda juga harus penuh perhitungan dalam memilih sepatu agar aktifitas yang anda lakukan tetap berjalan lancar. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sepatu

Sepatu dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis alas kaki (footwear) yang didesain khusus untuk menutupi seeluruh bagian kaki mulai dari jari jemari, punggung kaki hingga bagian tumit. Fungsi utamanya sendiri yaitu untuk melindungi kaki agar tidal kotor ataupun lecet saat terkena kerikil atau bahkan lumpur. 

Memilih Sepatu

Sumber : https://www.u-buy.jp/

Meski tidak ada aturan tertulis yang melarang atau mengharuskan seseorang untuk memakai jenis sepatu tertentu saat bepergian, ternyata untuk alasan kenyamanan tetap saja ada banyak sekali hal yang harus diperhitungkan dalam memilih sepatu, terlebih jika anda ingin menggunakannya saat musim hujan.

Tips Memilih Sepatu

Mau tahu apa saja hal yang harus diperhitungkan ketika memilih sepatu untuk musim hujan?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan beberapa tips penting yang bisa anda coba.

1. Sol Sepatu

Pertama pilih sepatu dengan sol atau tapak sepatu yang tidak licin dan anti slip terutama jika anda sering melewati jalanan yang basah setelah hujan. Dalam hal ini anda bisa memilih tapak sepatu yang bergerigi dan terbuat dari bahan yang keras seperti kulit sintetis, karet, plastik hingga kayu.

  • Sol sepatu merupakan bagian terkuat pada sepatu yang berguna untuk menopang berat badan penggunanya.
  • Sol sepatu menjadi bagian bagian terpenting dari sepatu yang bertugas untuk bersentuhan dengan berbagai medan disegala kondisi (lantai, batu, tanah dan lain-lain).

Memilih Sepatu

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain itu pastikan pula bahwa sol sepatu yang anda pilih tebal dan empuk. Jika sol sepatu terlalu tipis, hal itu akan membuat fungsi sol sebagai bantalan kaki menjadi kurang optimal dan kaki akan terasa seperti langsung menyentuh tanah ketika berjalan.

2. Warna Sepatu

Utamakan untuk memilih sepatu dengan warna-warna gelap seperti hitam, navy, coklat tua, abu-abu tua, merah bata dan lain sebagainya, untuk menyamarkan kotoran yang mungkin menempel pada sepatu yang anda pakai.

Beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memiliki sepatu yang berwarna gelap diantaranya:

  • Sepatu warna gelap tidak akan mudah terlihat kotor dan lusuh.
  • Sepatu warna gelap terkesan simpel dan bisa membuat penampilan makin elegan.
  • Sepatu warna gelap cocok dipakai untuk segala aktivitas.
  • Sepatu warna gelap selalu cocok untuk dipakai meski tren fashion berubah-ubah.

Memilih Sepatu

Sumber : https://www.amazon.com/

3. Bahan Sepatu

Pilih bahan sepatu yang mudah dicuci / dibersihkan karena saat musim hujan pastinya sepatu yang anda miliki akan lebih rentan kotor ketika digunakan untuk beraktivitas di luar rumah dan memperburuk penampilan.

Salah satu contoh bahan yang dimaksud yakni berupa bahan kulit yang mudah dibersihkan dengan lap basah. Selain mudah dibersihkan, bahan kulit juga memiliki kelebihan lain yaitu:

  • Bahan kulit dikenal sebagai bahan yang fleksibel dan tidak akan mengganggu gerak kaki.
  • Bahan kulit tidak akan mudah robek sehingga mengurangi risiko kaki tergores atau memar.
  • Bahan kulit bahkan mampu melindungi kaki dari benda tajam.

Memilih Sepatu

Sumber : https://www.blibli.com/

Alternatif lain anda bisa memilih sepatu berbahan karet yang memiliki sifat anti air dan anti basah, sehingga dapat dijadikan salah satu pilihan paling tepat yang mesti dipakai saat musim hujan. Dengan adanya fitur anti air anda pun bisa tetap beraktivitas dengan lancar.

Memilih Sepatu

Sumber : https://www.wyler.com.ph/

Tapi kalau anda kurang suka memakai sepatu yang dibuat dari bahan kulit maupun bahan karet, coba gunakan sepatu berbahan Kain Kanvas yang mudah dibersihkan dan dikeringkan apabila basah.

Untuk mengetahui kelebihan lain yang dimiliki sepatu kanvas simak juga pembahasan mengenai 5 Kelebihan Sepatu Kanvas Sebagai Pelengkap Gaya Busana Anda.

4. Model Sepatu

Pastikan sepatu yang anda pilih benar-benar dapat mengcover seluruh bagian kaki, terutama bagian telapak kaki dan bagian mata kaki. Selain lebih hangat sepatu yang didesain dalam model tertutup juga efektif untuk melindungi kaki dari lumpur.

Salah satu model sepatu yang cocok digunakan di musim hujan yakni berupa sepatu boots yang hadir dalam ukuran cukup tinggi untuk melindungi kaki dari jalanan becek akibat hujan.

Memilih Sepatu

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Tips Merawat Sepatu

Setelah mendapatkan sepatu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa untuk memperlakukan sepatu tersebut dengan cara yang baik dan benar supaya lebih awet dan tahan lama. Untuk merawat sepatu agar tak bau saat musim hujan berikut beberapa langkah sederhana yang bisa anda coba.

  • Jaga kebersihan sepatu dengan cara membersihkannya sesegera mungkin setelah anda memakai sepatu untuk beraktivitas seharian.
  • Jemur atau letakkan sepatu di tempat yang terbuka saat sepatu anda basah akibat terkena hujan untuk mencegah timbulnya bau yang tidak sedap. Untuk mengeringkan sepatu dengan cepat coba juga beberapa cara berikut.
    • Pertama gunakan hairdryer untuk mengeringkan sepatu yang basah jika kebetulan sinar matahari sedang sedikit atau mendung.
    • Kedua masukkan gumpalan koran ke lubang sepatu untuk menyerap air yang terkandung di dalam sepatu.
    • Ketiga angin-anginkan sepatu pada kipas angin.
    • Keempat keringkan sepatu dengan cara memasukkan handuk atau bahan lain yang mudah menyerap air ke dalam sepatu.
  • Pisahkan / keluarkan kaus kaki dari sepatu saat tidak dipakai, agar bagian dalam sepatu tidak tercemar bakteri dan bau dari kaus kaki yang dipakai.
  • Hindari kebiasaan merendam sepatu terlalu lama karena hal semacam ini hanya akan membuat warna sepatu jadi cepat pudar.
  • Untuk menyimpan sepatu, masukkan ke sepatu ke dalam kardus bawaan yang digunakan sebagai wadahnya. Kertas atau busa di yang ada di dalam kardus dapat dipakai untuk menjaga sepatu dari jamur.
  • Jika kardus sepatu sudah tidak ada anda bisa menyimpannya di rak sepatu yang kering dan bebas lembab.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah tips sederhana yang bisa anda terapkan ketika hendak membeli sepatu untuk musim hujan. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan sepatu yang tepat pemilihan sol, warna, bahan dan modelnya harus dipikirkan dengan matang.

Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih sepatu yang tepat untuk menemani aktifitas yang anda lakukan selama musim hujan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.