Article

Homepage Article Kain Membuat Bahan Kain Menjadi…

Membuat Bahan Kain Menjadi Waterproof

Memiliki jaket waterproof atau jaket anti air merupakan salah satu keuntungan yang sangat besar. Seperti halnya jas hujan, jaket waterproof yang diciptakan dari bahan tertentu seperti kain parasut atau kain taslan biasanya dibekali kemampuan yang cukup baik untuk menahan air dengan intensitas ringan hingga sedang. Namun jika anda tidak memiliki jaket waterproof atau kebetulan jaket waterproof yang biasa anda gunakan sudah tidak bisa menahan air, barangkali tips berikut ini bisa dijadikan alternatif pilihan yang tepat bagi anda yang membutuhkan jaket waterproof.

Pada kesempatan kali ini Fitinline akan mengajak anda untuk menyimak pembahasan mengenai cara membuat lapisan lilin yang dapat digunakan untuk melapisi jaket atau tas agar tahan terhadap guyuran air. Bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya berupa beeswax material waterproof coating, terpentine (turpentine), dan linsed oil waterproof coating materials.

Beeswax Waterproof

Sumber : http://classicamericanclothespins.blogspot.co.id

Sedangkan alat-alat yang diperlukan untuk membuat jaket menjadi waterproof antara lain berupa kompor, batang kayu sepanjang 20 cm, dan kaleng bekas. Perbandingan yang digunakan saat mencampurkan bahan adalah beeswax : terpentine : linseed oil =  2 : 1 : 1.

Beeswax Waterproof

Sumber : http://www.woodsmithtips.com

Proses pembuatan lilin itu sendiri kurang lebih sebagai berikut. Pertama-tama masukan beeswax ke dalam kaleng bekas kemudian panaskan di atas kompor hingga meleleh. Setelah beeswax meleleh angkat kaleng dari atas kompor lalu campurkan linsed oil sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan batang kayu yang telah dipersiapkan.

Beeswax Waterproof

Sumber : http://miccarpenter.com

Selanjutnya campurkan terpentine dengan cara yang sama seperti proses pencampuran beeswax dengan linsed oil. Diamkan beberapa saat hingga campuran tersebut menjadi dingin. Setelah dingin lapisan lilin siap untuk digunakan.

Beeswax Waterproof

Sumber : http://ozumalan.htw.pl

Oleskan cairan yang sudah dingin ke bahan kain tekstil yang ingin dibuat menjadi bahan yang waterproof. Gunakan kain atau handuk untuk mengoleskan lilin tersebut agar hasil lapisannya lebih merata.

Beeswax Waterproof

Sumber : http://www.diytrade.com

Keunggulan utama dari cara ini adalah dapat menjadikan bahan kain tekstil yang tidak waterproof menjadi waterproof. Lapisannya sendiri bisa bertahan sampai 2 minggu dengan pemakaian yang jarang. Namun sayangnya lapisan yang digunakan akan meninggalkan bau khas terpentin yang sulit dihilangkan. Selain itu bahannya juga cukup sulit didapat dan harganya relatif mahal.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.