Article

Homepage Article Kain 5 Sistem Pelabelan Perawatan…

5 Sistem Pelabelan Perawatan Yang Umum Digunakan Pada Label Pakaian

Merawat pakaian dengan cara yang baik dan benar menjadi salah satu cara paling tepat yang dapat dilakukan untuk menjaga pakaia agar tetap awet dan tahan lama. Untuk menambah wawasan anda tentang cara perawatan pakaian, cari tahu juga yuk sistem pelabelan petunjuk perawatan pakaian yang ada di seluruh dunia.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Label Pakaian

Label pakaian dapat dikatakan sebagai identitas yang berisi informasi penting tentang sebuah pakaian. Tak hanya memuat logo atau nama brand, tapi keberadaan label dalam dunia fashion ternyata juga memiliki peran lain yang sangat penting salah satunya menyampaikan petunjuk perawatan kepada konsumen.

Petunjuk perawatan yang tertera pada label pakaian sendiri umumnya dibuat dengan tujuan untuk memberi panduan kepada para pelanggan / konsumen mengenai cara perawatan sebuah produk pakaian serta cara mencuci yang paling tepat untuk bahan kain, dekorasi benang dan jenis teknik jahit tertentu.

Sistem Pelabelan Perawatan

Untuk jenisnya sendiri sampai saat ini setidaknya dikenal lima sistem pelabelan petunjuk perawatan yang umumnya digunakan di berbagai belahan dunia. Sistem pelabelan yang dimaksud antara lain berupa sistem pelabelan perawatan Internasional, Jepang, Kanada, Eropa dan Amerika.

1. Sistem Pelabelan Petunjuk Perawatan Internasional

Sistem pelabelan petunjuk perawatan internasional merupakan salah satu sistem pelabelan yang dikeluarkan GINETEX (Groupement International d’Etiquetage pour l’Entretien des Textiles) atau International Association for Textile Care Labelling, sebuah badan dunia yang mengatur label petunjuk perawatan sejak tahun 1975.

Beberapa negara yang menjadi anggota GINETEX diantaranya ada Belgia, Perancis, Jerman, Inggris, Belanda, Israel, Austria, Swiss dan Spanyol.

Prinsip-prinsip yang diterapkan pada sistem pelabelan petunjuk perawatan GINETEX antara lain berupa:

  • Simbol perawatan harus berisi informasi mengenai jenis perawatan yang diperbolehkan.
  • Simbol perawatan harus digunakan secara utuh dan dalam urutan yang telah ditetapkan.
  • Petunjuk perawatan harus jelas, mudah dipahami, mudah digunakan dan tidak terkait dengan bahasa apa pun.
  • Simbol perawatan tidak menimbulkan berbagai interpretasi yang keliru dari pelanggan.
  • Penempatan label pada posisi yang sama dan penggunaan simbol yang berurutan.
  • Petunjuk perawatan yang menggunakan simbol harus memperhatikan kebiasaan pelanggan tanpa menggunakan data-data teknis yang sulit dipahami.
  • Alat-alat yang digunakan dalam proses perawatan tekstil harus dipastikan dapat memberi hasil yang terbaik jika digunakan sesuai petunjuk.
  • Penyesuaian terkait dengan perkembangan teknis dan ekonomi yang terus terjadi harus dilakukan sebaik-baiknya tanpa menggunakan simbol atau tambahan baru pada sistem yang telah ada.

Berikut lima simbol dasar yang digunakan dalam sistem pelabelan petunjuk perawatan Internasional sesuai dengan aturan tersebut.

Label Pakaian

Sumber : https://www.coats.com/

2. Sistem Pelabelan Petunjuk Perawatan Jepang

Berikutnya ada sistem pelabelan petunjuk perawatan Jepang. Seperti sistem pelabelan petunjuk perawatan lainnya, sistem pelabelan petunjuk perawatan Jepang ini juga memiliki simbol yang ditempatkan dalam urutan dan ketentuan khusus.

Prinsip-prinsip yang diterapkan pada sistem pelabelan petunjuk perawatan Jepang antara lain berupa:

  • Simbol-simbol harus diurutkan dari kiri ke kanan sesuai urutan, yaitu mulai dari pencucian, pemutihan, penyetrikaan, pencucian kering, pemerasan dan pengeringan.
  • Untuk produk berwarna yang tidak perlu diputihkan, simbol penggunaan pemutih berbahan dasar klorin dapat dihilangkan.
  • Untuk produk yang tidak perlu disetrika, simbol untuk penyetrikaan dapat dihilangkan, kecuali “tidak dapat disetrika”.
  • Untuk produk yang dapat dicuci dengan air, simbol pencucian kering dapat dihilangkan, kecuali “tidak dapat dicuci kering”.
  • Simbol-simbol tersebut sebaiknya berwarna hitam atau biru tua, sedangkan simbol-simbol larangan sebaiknya berwarna merah atau putih.

Label Pakaian

Sumber : https://coats.com/

Label Pakaian

Sumber : https://coats.com/

Label Pakaian

Sumber : https://coats.com/

Label Pakaian

Sumber : https://coats.com/

Label Pakaian

Sumber : https://coats.com/

Label Pakaian

Sumber : https://coats.com/

3. Sistem Pelabelan Petunjuk Perawatan Kanada

Sampai Juli 1973 penggunaan label perawatan baju sebenarnya bukanlah menjadi hal yang wajib di Kanada. Namun setelah tanggal tersebut sistem pelabelan perawatan baru diperkenalkan.

Berdasarkan sistem pelabelan perawatan baru, simbol petunjuk perawatan di Kanada harus memakai warna hijau (dapat dilakukan), kuning tua (hati-hati) dan merah (tidak dapat dilakukan) dengan lima simbol utama yakni bak cuci, segitiga pemutih, pengering persegi, setrika dan lingkaran cuci kering.

Selanjutnya pada tahun 2003 sistem petunjuk perawatan Kanada diperbarui agar sesuai dengan standar Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara/North American Free Trade Agreement (NAFTA) dan (ISO) sehingga kode warna pun berhenti digunakan.

4. Sistem Pelabelan Petunjuk Perawatan Eropa

Lembaga independen Uni Eropa terus melakukan peninjauan terhadap standar label petunjuk perawatan yang ada melalui kerja sama dengan berbagai lembaga internasional lainnya agar dapat menciptakan sistem yang seragam sesuai dengan skema ISO.

Simbol-simbol yang digunakan di Eropa adalah merek dagang GENETEX dan dikenai biaya merek dagang yang dibayarkan pada GENETEX, sebagai pemegang merek dagang jika produk garmen tersebut akan dijual di negara-negara GENETEX.

Label petunjuk perawatan yang benar untuk negara-negara di Eropa harus terdiri dari setidaknya empat atau kadang kala lima simbol dengan urutan pencucian, pemutihan, penyetrikaan, pencucian kering dan pengeringan.

5. Sistem Pelabelan Petunjuk Perawatan Amerika

Terakhir ada sistem pelabelan petunjuk perawatan Amerika yang dibuat sesuai dengan aturan Label Petunjuk Perawatan Komisi Perdagangan Federal, dimana label petunjuk perawatan ini harus terdiri dari kata-kata maupun simbol-simbol.

Baik dalam kata-kata, simbol-simbol ataupun keduanya, petunjuk perawatan yang dibuat berdasarkan sistem pelabelan petunjuk perawatan Amerika harusnya ditulis dengan urutan sebagai berikut.

  • Cuci mesin / cuci tangan / cuci kering.
  • Suhu pencucian (panas / hangat / dingin).
  • Program mesin cuci (halus / permanent press / putaran normal).
  • Petunjuk pemutihan (jangan gunakan pemutih / gunakan pemutih berbahan dasar non-klorin / gunakan pemutih berbahan dasar klorin).
  • Cara pengeringan (dengan mesin pengering / jemur / hamparkan / angin-anginkan).
  • Penyetrikaan (jangan disetrika / setrika dengan suhu rendah / setrika dengan suhu sedang / setrika dengan suhu panas).
  • Peringatan.

Sejak desember 1996 sebuah sistem baru yang hanya menggunakan simbol dan tanpa kata-kata telah digunakan di Amerika Serikat. Berikut simbol perawatan yang direvisi dan dikembangkan oleh American Society for Testing and Materials (ASTM) dengan artinya.

Label Pakaian 

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah sistem pelabelan petunjuk perawatan pakaian di seluruh dunia yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui hal tersebut semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan cara perawatan yang paling tepat untuk berbagai jenis pakaian yang anda miliki.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian tapi bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Untuk membuat pakaian anak, pakaian pria dan pakaian wanita anda juga bisa mendownload Pola Baju Siap Pakai yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.