Article

Homepage Article Fashion Design 9 Kriteria Jaket Yang Bagus…

9 Kriteria Jaket Yang Bagus Dipakai Saat Lari atau Jogging

Mencari jaket olahraga yang bagus dipakai untuk melindungi tubuh dari cuaca buruk sambil mempertahankan sirkulasi udara saat lari atau joging?. Biar ga salah pilih yuk cari tahu apa saja kriteria jaket yang bagus untuk lari atau joging.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Olahraga

Sesuai dengan namanya, jaket olahraga merupakan sejenis jaket yang dibuat untuk memberikan perlindungan ekstra pada tubuh dari cuaca yang kurang bersahabat seperti hujan dan angin kencang saat melakukan aktivitas olahraga.

  • Jaket olahraga dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari cuaca buruk dan membuat tubuh tetap merasa nyaman selama melakukan aktivitas fisik.
  • Jaket olahraga juga dapat difungsikan sebagai identitas dan branding diri oleh banyak klub olahraga dengan logo dan warna khas mereka.

Jaket Olahraga

Sumber : https://www.decathlon.co.id/

Untuk memaksimalkan fungsinya dalam memberi perlindungan pada tubuh, jaket olahraga hendaknya juga dibuat dari bahan yang nyaman dan dilengkapi fitur khusus yang membuatnya cocok dipakai untuk melakukan kegiatan fisik.

Jaket Olahraga

Sumber : https://www.runnersworld.com/

Kriteria Jaket Yang Bagus

Terkait dengan hal tersebut lantas apa saja kriteria jaket yang bagus dipakai untuk lari atau joging?. Sebagai bahan pertimbangan berikut kami bagikan beberapa kriteria umum yang harus dimiliki jaket lari.

1. Terbuat Dari Material Berkualitas

Untuk pelengkap keperluan olahraga seperti lari atau joging, jaket olahraga hendaknya dibut dari bahan kain yang ringan dan tidak berat di tubuh sehingga memungkinkan kamu utuk melakukan aktivitas fisik dengan nyaman.

Jaket Olahraga

Sumber : https://id.hm.com/

2. Memiliki Desain Yang Ergonomis

Jaket olahraga harus dirancang sedemikian rupa agar bisa memberikan kebebasan gerak yang maksimal selama aktivitas fisik. Desainnya yang ergonomis juga memastikan bahwa jaket yang kamu pakai tidak menghambat pergerakan tubuh.

Jaket Olahraga

Sumber : https://www.pinterest.com/

3. Memiliki Ventilasi Udara

Untuk melakukan aktivitas fisik lari atau joging yang intens, jaket olahraga hendaknya dilengkapi dengan ventilasi udara di bawah ketiak, punggung, pinggang, lengan, badan depan dan bagian lain untuk meningkatkan aliran udara di dalam jaket.

Selain membantu meningkatkan aliran udara di dalam jaket lari, keberadaan ventilasi pada jaket tersebut juga bisa digunakan untuk mencegah kelebihan panas karena aktivitas fisik yang intens.   

Jaket Olahraga

Sumber : https://www.lazada.com.my/

4. Punya Sifat Breathable

Jaket olahraga harusnya memiliki kemampuan yang baik untuk mengalirkan udara panas akibat pernafasan tubuh yang keluar dari jaket. Jika tidak maka uap air yang dihasilkan oleh tubuh akan terperangkap di dalam jaket dan membuat tubuhmu basah.

  • Kemampuan breathability atau kemampuan bernapas suatu kain biasa diukur dalam satuan MVTR (Moisture Vapor Transmission Rate).
  • Jaket buat olahraga lari yang bagus harus memiliki skala 10.000 MVTR (Moisture Vapor Transmission Rate) ke atas.

Jaket Olahraga

Sumber : https://www.treelinereview.com/

5. Dilengkapi Dengan Elemen Reflektif

Untuk memberikan perlindungan yang maksimal selama melakukan aktivitas lari atau joging di malam hari, jaket olahraga hendaknya dilengkapi dengan elemen reflektif seperti pita scotlight.

  • Pita scotlight berfungsi memantulkan cahaya di ruang gelap dan membantu meningkatkan visibilitas pemakaianya.
  • Pita scotlight diperlukan agar pemakai jaket mudah terlihat oleh orang lain saat gelap atau berada di lingkungan dengan kondisi cahaya yang rendah.

6. Mudah Untuk Dibersihkan

Jaket olahraga yang bagus untuk lari atau joging seharusnya mudah dibersihkan setelah digunakan. Kemampuan untuk mudah dibersihkan dan dirawat merupakan faktor penting yang hendaknya dimiliki jaket untuk olahraga apapun.

7. Punya Proteksi Yang Baik

Jaket lari harus dapat memberikan tiga tingkat perlindungan yakni melindungi tubuh dari angin, hujan dan dingin karena sifat-sifat inilah yang paling sering dicari oleh banyak orang.

  • Jika kamu suka berlari dalam kondisi kering tetapi kencangnya angin bisa membuatmu kedinginan, maka pilihlah jaket windbreaker yang bisa memberikan perlindungan efektif pada tubuh.
  • Jika kamu suka berlari dalam kondisi hujan ringan maka lengkapi outfit kamu dengan jaket anti air untuk mencegah agar tetesan air hujan tidak menembus pakaian.

Jaket Olahraga

Sumber : https://www.nike.com/

Untuk mengurangi risiko cedera dan melindungi tubuh kita saat beraktivitas, beberapa jaket olahraga biasanya dilengkapi pula dengan pelindung pada area yang rentan terhadap cedera seperti bagian siku atau bagian bahu.

8. Punya Jahitan Yang Kuat

Jaket olahraga harus memiliki jahitan yang kuat dan nyaman dipakai untuk lari atau joging dalam jangka waktu yang lama. Pilihan desain yang simple dan penggunaan jahitan yang kuat merupakan dua hal yang dapat meningkatkan kenyamanan jaket.

Khusus untuk jaket lari yang bahannya anti air, pada bagian dalam jahitan hendaknya dilengkapi pula dengan Seam Sealer Tape : Penutup Jahitan Pada Bahan Waterproof.

9. Memiliki Tampilan Yang Bagus

Meskipun bukan faktor utama, estetika dan desain yang menarik juga bisa menjadi pertimbangan terutama jika kamu termasuk orang yang peduli dengan penampilan saat berolahraga.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa kriteria jaket yang bagus dipakai untuk lari atau joging. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih jaket olahraga atau jaket lari yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.