Article

Homepage Article Kain Seam Sealer Tape : Penutup…

Seam Sealer Tape : Penutup Jahitan Pada Bahan Waterproof

Seam sealer merupakan sejenis bahan yang biasa dimanfaatkan sebagai penutup jahitan pada jaket, jas hujan, maupun produk lainnya yang dibuat dari bahan waterproof. Tujuan utamanya adalah untuk menahan air hujan agar tidak masuk melalui lubang-lubang bekas jahitan terutama pada bagian leher, pundak, lengan, bagian kancing atau zipper, maupun bagian bawah celana. 

 

 

Seam Sealer Tape

Sumber : http://www.kaskus.co.id

Jenis-jenis seam sealer sendiri terdiri atas beberapa macam, ada yang berbentuk tube pasta, roll on, cairan, spray dan tape. Dari beberapa seam sealaer yang ada, seam sealer jenis tape merupakan bahan yang paling banyak digunakan pada raincoat, jaket waterproof, waterproof pants, tenda, raincover, dan flysheet. 

Seam Sealer Tape

Sumber : http://www.olx.co.id

Selain mudah didapatkan, cara penggunaanya juga sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Misalnya saja jenis seam seal tape tiga layer yang dapat diaplikasikan pada bahan-bahan waterproof seperti goretex dengan cara manual menggunakan setrika. 

Seam Sealer Tape

Sumber : http://felixshopping.com

Untuk melekatkan sealer tape pertama-tama panaskan seterika dan siapkan kertas teflon atau kertas minyak yang dilipat sebanyak dua sampai tiga kali sebagai alasnya. Tempatkan sealer tape pada bagian dalam jahitan, kemudian setrika bagian tersebut sembari ditekan. 

Seam Sealer Tape

Sumber : http://kbenco.blogspot.com

Kunci utama dari teknik ini adalah pengaturan panas yang tepat. Jika pemanasan dan penempelannya tidak sempurna, maka seam sealer tape yang terpasang tersebut tidak akan bertahan lama dan mudah terkelupas sehingga menyebabkan kebocoran pada jaket atau pakaian anti air lainnya. 

Seam Sealer Tape

Sumber : http://www.fngmagazine.com

Namun jika sahabat Fitinline ingin mendapatkan hasil yang lebih sempurna dan tahan lama disarankan untuk memakai mesin hot air seam sealing machine yang biasa digunakan dalam industri skala besar. 

Seam Sealer Tape

Sumber : https://www.youtube.com

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.