Article

Homepage Article Fashion Design 10 Dampak Buruk Memakai…

10 Dampak Buruk Memakai Pakaian Ketat Saat Cuaca Panas

Selain membuat tubuh jadi kurang nyaman, kebiasaan memakai pakaian yang ketat saat cuaca panas ternyata juga memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan lho. Buat kamu yang ingin tahu dampaknya seperti apa langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Pakaian Ketat

Pakaian ketat merupakan sejenis pakaian yang didesain ketat atau pas di badan sehingga saat dipakai bisa membentuk tubuh dengan indah. Sementara jika dilihat dari segi fungsinya, konsep di balik pakaian ketat sendiri bisa bervariasi tergantung pada situasi dan preferensi pribadi pemakainya.

  • Beberapa orang biasa memilih pakaian yang ketat sebagai cara untuk mengekspresikan personal style mereka.
  • Dalam konteks olahraga pakaian ketat dapat memberikan dukungan dan kompresi pada otot, membantu meningkatkan performa dan mempercepat pemulihan otot setelah latihan.

Tapi meskipun kebiasaan memakai pakaian ketat memang tidak salah, dalam kondisi tertentu seperti cuaca panas, hal tersebut justru bisa menimbulkan masalah pada kulit dan memperburuk suatu kondisi kesehatan yang sudah kamu miliki.

Dampak Buruk Pakaian Ketat

Mau tahu apa saja dampak buruk yang bisa ditimbulkan dari penggunaan pakaian ketat saat cuaca panas?. Sebagai bahan petimbangan berikut kami bagikan beberapa masalah serius yang mungkin terjadi jika terlalu sering memakai pakaian ketat terutama saat cuaca panas.

1. Membatasi Sirkulasi Udara

Menggunakan pakaian yang ketat saat cuaca panas bisa membatasi sirkulasi udara dan membuat tubuh jadi makin panas. Jika dibiarkan hal ini dapat meningkatkan risiko kelelahan pada tubuh bahkan menyebabkan penyakit yang lebih serius.

Dampak Baju Ketat

Sumber : https://www.gushiciku.cn/

2. Menyebabkan Resiko Overheating

Menggunakan pakaian yang ketat saat cuaca panas dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat kamu merasa lebih gerah serta lebih cepat berkeringat. Jika dibiarkan hal tersebut juga dapat menyebabkan risiko overheating yang mempengaruhi kesehatan jantung dan organ dalam lainnya.

Dampak Baju Ketat

Sumber : https://www.freepik.com/

3. Dehidrasi (Kekurangan Cairan)

Menggunakan pakaian yang ketat saat cuaca panas bisa menyebabkan peningkatan produksi keringat dari dalam tubuh dan jika tidak diimbangi dengan cukup asupan cairan hal semacam ini dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Dampak Baju Ketat

Sumber : https://www.happiesthealth.com/

4. Memicu Terjadinya Iritasi Kulit

Menggunakan pakaian yang ketat saat cuaca panas dapat menyebabkan gesekan pada kulit dan memicu terjadinya iritasi. Iritasi kulit ini bahkan bisa semakin parah apabila bahan yang dipakai untuk membuatnya memiliki tekstur yang kasar.

  • Pakaian yang ketat dapat menyebabkan gesekan dan iritasi pada kulit terutama di area yang langsung bersentuhan dengan pakaian.
  • Dalam jangka panjang gesekan antara pakian dengan kulit dapat mengakibatkan efek kemerahan dan ruam pada kulit.

5. Perburukan Penyakit Kulit Prakondisi

Pada orang yang  memiliki masalah dermatitis tertentu seperti eksim dan psoriasis kondisi tersebut bisa bertambah makin parah jika sering-sering memakai pakaian yang ketat saat cuaca panas.

Dampak Baju Ketat

Sumber : https://www.mygemologist.com/

6. Tingkatkan Resiko Infeksi Jamur

Menggunakan pakaian yang ketat saat cuaca panas bisa meningkatkan risiko infeksi jamur khususnya di bagian lipatan-lipatan tubuh.

  • Infeksi jamur merupakan dampak yang paling umum terjadi akibat penggunaan pakaian ketat dalam jangka waktu yang lama.
  • Infeksi jamur di bagian lipatan-lipatan tubuh dapat terjadi karena kulit kesulitan untuk bernapas dan terlalu lembap.

7. Memicu Timbulnya Rasa Nyeri

Menggunakan pakaian yang ketat saat cuaca panas memang tidak menyebabkan suatu penyakit secara langsung. Namun dalam jangka panjang hal tersebut justru bisa memicu rasa nyeri karena ruang gerak kamu jadi tidak sebebas saat memakai pakaian yang longgar.

8. Gangguan Sirkulasi Darah

Menggunakan pakaian yang ketat saat cuaca panas dapat memberikan tekanan tambahan pada area tubuh tertentu dan bisa menyebabkan gangguan sirkulasi darah.

  • Gangguan sirkulasi darah karena penggunaan pakaian yang ketat bisa menyebabkan mati rasa dan kesemutan.
  • Pembekuan darah juga bisa terjadi ketika kamu duduk dalam waktu yang lama sambil mengenakan pakaian ketat.
  • Pada kasus yang lebih parah, penggunaan pakaian yang sangat ketat dapat menurunkan jumlah aliran darah ke otak.

9. Gangguan Pernapasan

Menggunakan pakaian yang ketat di area dada atau perut bisa membatasi gerakan dada dan menghambat pernapasan yang membuat seseorang merasa sulit bernapas terutama saat melakukan aktivitas fisik yang intens.

Dampak Baju Ketat

Sumber : https://www.orami.co.id/

10. Gangguan Gastrointestinal

Menggunakan pakaian yang ketat di area perut dapat memberikan tekanan pada organ-organ dalam seperti lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Maka dari itu jika kamu ingin tetap menggunakan pakaian yang ketat atau terpaksa harus menggunakan pakaian yang ketat saat cuaca panas, biasakan untuk lebih sering mengganti pakaian tersebut jika dirasa kondisinya sudah terlalu lembap atau basah karena terkena keringat.

  • Tapi kalau mau aman sebaiknya gunakan saja pakaian yang memenuhi syarat berikut.
  • Pilih pakaian yang ringan dan longgar agar udara bisa mengalir sebanyak mungkin ke kulit.
  • Pastikan bahan yang digunakan untuk membuat pakaian memiliki kemmapuan yang baik untuk menyerap keringat tapi juga bisa kering dengan cepat.
  • Pilih pakaian yang berwarna terang seperti halnya putih atasu warna pastel.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa dampak buruk yang bisa ditimbulkan dari penggunaan pakaian yang ketat saat cuaca panas. Dengan mengetahui banyaknya dampak buruk yang ditimbulkan dari penggunaan pakaian ketat semoga kamu bisa lebih selektif untuk memilih pakaian yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas yang nyaman dipakai saat cuaca panas?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Katun, Kain Linen, Kain Rayon dan Bahan Kaos yang kami miliki.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.