Article

Homepage Article Kain 8 Rekomendasi Bahan Kain…

8 Rekomendasi Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Cardigan Kekinian

Butuh rekomendasi bahan cardigan berkualitas yang cocok dipakai untuk pelengkap gaya penampilan casual hingga semi formal?. Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana mungkin anda bisa memilih satu diantara beberapa bahan kain berikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Cardigan

Cardigan dapat dikategorikan ke dalam jenis outer yang memiliki desain terbuka di bagian depan dan dapat diberi variasi kancing atau ritsleting. Sebagai salah satu fashion item yang sangat populer, cardigan ini dapat dijumpai dalam berbagai model dan ukuran begitu pula bahan untuk membuatnya.

  • Untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan anda bisa memakai cardigan kekinian yang dibuat dari kain yang tebal dan cenderung berwarna gelap.
  • Untuk melindungi tubuh dari udara panas saat musim kemarau anda bisa memilih cardigan yang berbahan lebih tipis dan berwarna cerah.

Bahan Untuk Cardigan

Beberapa contoh bahan kain yang biasa dipakai untuk membuat berbagai model cardigan kekinian diantaranya:

1. Kain Katun

Kain katun merupakan sejenis bahan kain yang diperoleh dari pengolahan buah tanaman kapas yang mempunyai nama latin Gossypium.

  • Kain katun dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang paling populer untuk membuat cardigan karena daya tahan dan kelembutannya.
  • Selain itu kain ini juga memiliki ciri yang sangat khas yakni bersifat menghangatkan di kala dingin dan mampu menyejukkan ketika dipakai di kala panas.

Bahan Cardigan

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Sebagai bahan dasar pembuatan cardigan yang berkualitas, kain katun sendiri pada prinsipnya dapat dijumpai dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Lebih jelasnya simak juga pembahasan mengenai 12 Jenis Kain Katun dan Pemanfaatannya Untuk Produk Sandang.

Untuk pilihan modelnya, cardigan kekinian yang banyak dibuat dari bahan katun ini antara lain berupa boyfriend cardigan yang terkesan maskulin tapi tetap elegan, deep V-Neck cardigan dan classic cardigan.

Butuh bahan kain katun berkualitas dengan harga murah untuk membuat cardigan?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat koleksi Kain Katun Kotak (NGR) yang kami miliki.

2. Kain Linen

Kain linen termasuk kedalam golongan serat nabati terkuat jika dibandingkan dengan serat alami jenis lain. Selain itu serat alami yang menjadi bahan utamanya juga mampu mengunci kelembaban di kulit para pemakainya.

  • Kain linen terlihat berkilau dan memiliki ketebalan yang konsisten.
  • yang bersuhu panas dan bersifat menghangatkan ketika cuaca dingin.
  • Semakin sering dicuci permukaan kain linen akan menjadi semakin lembut.

Bahan Cardigan

Sumber : https://shopee.co.id/

Butuh bahan kain linen berkualitas dengan harga murah untuk membuat cardigan?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat koleksi Kain Linen Rami (KTX) yang kami miliki.

3. Kain Wolvis

Kain wolvis merupakan salah satu jenis bahan kain yang terbuat dari campuran kain sutra, katun dan tambahan serat sintetis sehingga karakteristik kainnya cenderung rapat dan halus, tebal namun ringan, tidak mudah kusut dan nyaman dikenakan di daerah tropis.

Untuk pilihan modelnya, cardigan yang dibuat dari bahan ini kebanyakan memiliki desain yang simple dan tidak terlalu banyak detail, jadi cocok dipakai untuk pelengkap gaya penampilan semi formal.

Bahan Cardigan

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Butuh bahan kain wolvis berkualitas dengan harga murah untuk membuat cardigan?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat koleksi Kain Wolvis yang kami miliki.

4. Kain Denim

Kain denim yang memiliki karakteristik cukup kokoh dan kuat juga dikenal sebagai salah satu jenis kain yang cocok dipakai untuk membuat berbagai macam model cardigan, salah satunya yakni berupa cardigan tanpa kancing yang berpotongan V-neck.

Bahan Cardigan

Sumber : https://www.muji.com/

Butuh bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat cardigan?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat koleksi Kain Denim yang kami miliki.

5. Kain Tenun

Kain tenun termasuk kedalam salah satu jenis kain tradisional Indonesia yang dibuat dengan prinsip sederhana, yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang.

Kain tenun sendiri dapat digunakan untuk membuat berbagai macam model cardigan, sebut saja long cardigan yang panjang, kimono cardigan, belted cardigan dan berbagai model cardigan kekinian lainnya.

Bahan Cardigan

Sumber : https://shopee.co.id/

Butuh bahan kain tenun berkualitas dengan harga murah untuk membuat cardigan?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat koleksi Kain Tenun Motif yang kami miliki.

6. Bahan Rajut

Bahan rajut merupakan sejenis bahan kain yang dibuat dengan cara memanipulasi seutas benang menjadi selembar kain. Struktur bahan rajut sendiri dibentuk oleh sekelompok jeratan benang yang saling mengait satu dengan yang lainnya.

  • Bahan rajut sangat cocok dipakai untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.
  • Bahan rajut memiliki serat kain yang lebih tebal dibanding kain lainnya.
  • Bahan rajut memiliki tekstur yang lentur dan elastis, sehingga pada saat digunakan bisa menyesuaikan bentuk tubuh.
  • Bahan rajut tidak perlu disetrika karena sifatnya yang tidak mudah kusut jadi semakin memudahkan anda dalam melakukan perawatannya.

Untuk pilihan modelnya, cardigan kekinian yang banyak dibuat dari bahan ini antara lain berupa long cardigan yang panjang, boyfriend cardigan yang terkesan maskulin tapi tetap elegan, deep V-Neck cardigan dan classic cardigan.

  • Cardigan rajut yang dilengkapi dengan kancing di bagian depan bisa anda pakai untuk pelengkap gaya penampilan semi formal hingga casual.

Bahan Cardigan

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Sementara cardigan rajut kekinian yang dibuat tanpa kancing lebih identik dengan pelengkap gaya casual.

Bahan Cardigan

Sumber : https://shopee.co.id/

Simak juga 11 Ide Padupadan Cardigan Rajut Panjang Yang Kekinian Untuk Wanita.

7. Kain Chifon

Kain sifon termasuk ke dalam jenis kain yang dihasilkan dari kombinasi serat sutra, katun, nylon, polyester dan rayon sehingga karakteristiknya cenderung mudah dibentuk, sangat lembut dan tidak berkerut.

Pada cardigan wanita kain ini banyak dipakai untuk membuat long cardigan, loose cardigan serta flyaway cardigan yang tampak seperti bersayap pada bagian kerahnya dan melambai sampai bagian bawah.

Bahan Cardigan

Sumber : https://www.bukalapak.com/

8. Kain Hycon

Berikutnya ada kain hycon yang memiliki bentuk fisik seperti chiffon tetapi sedikit lebih tebal. Selain itu hand-feel hycon juga terasa lebih lembut sehingga sangat sesuai jika dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan cardigan kekinian.

Sama halnya dengan kain chifon, kain hycon ini umumnya juga banyak diaplikasikan pada long cardigan, loose cardigan dan flyaway cardigan.

Bahan Cardigan

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai rekomendasi bahan kain terbaik untuk membuat cardigan kekinian. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan bahan cardigan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Tertarik untuk membuat cardigan sendiri untuk pelengkap gaya penampilan saat hangout atau sekedar bersantai di rumah?. Sebagai referensi anda bisa mencoba Cara Mudah Membuat Cardigan dan Tutorial Membuat Cardigan Dengan Saku Depan.

Untuk membuat pola kimono cardigan yang memiliki lengan atau tangan cukup lebar simak juga pembahasan mengenai Kimono Cardigan : Membuat Pola dan DIY Kimono Cardigan : Menjahit Kimono Cardigan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.