Article

Homepage Article Cara Menjahit Seni Menghias Kain Dengan…

Seni Menghias Kain Dengan Berbagai Teknik Lekapan

Seni menghias kain dengan teknik lekapan menjadi salah satu teknik hiasan yang cukup populer sejak zaman dulu. Berdasarkan material dan teknik pembuatannya, lekapan inipun dapat dibedakan dalam bermacam-macam variasi bahan yang berbeda dan masing-masing punya ciri-ciri khas tersendiri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Lekapan

Teknik lekapan dapat dikategorikan sebagai salah satu teknik yang sangat populer dalam seni menghias kain. Teknik lekapan ini umumnya dapat dilakukan dengan cara melekatkan sesuatu di atas permukaan kain menurut motif yang diinginkan.

  • Hiasan lekapan dapat memberikan nilai tambah terhadap suatu busana khususnya dari segi estetika.
  • Hiasan ekapan biasanya banyak terinspirasi dari motif kain sementara tekniknya berawal dari seni menambal kain.

Jenis-Jenis Lekapan

Berdasarkan material dan teknik yang digunakan dalam pembuatan hiasannya, teknik lekapan inipun dapat dibedakan dalam bermacam-macam varian lho, mulai dari lekapan kain, lekapan benang, lekapan pita, lekapan renda, lekapan manik-manik (burci) dan lain sebagainya.

1. Lekapan Kain

Lekapan kain merupakan salah satu cara menghias busana dengan menggunakan kain sebagai bahan utama hiasannya. Dilihat dari sejarahnya teknik lekapan kain ini konon awalnya berasal dari benua Amerika tepatnya adalah di negara Amerika bagian utara dan mulai berkembang pada abad 17 dan 18.

  • Lekapan kain umumnya dibuat menggunakan jahitan yang sederhana dan sesuai dengan pola hias kain.
  • Cara melekapkan kain pada busana dapat dibuat dengan beberapa cara yaitu dijahit menggunakan tangan, menggunakan mesin dan menggunakan lem.
  • Teknik dasar menjahit yang dapat dipakai untuk melekapkan kain yakni berupa tusuk  hias jelujur, tusuk selusup dan tusuk hias feston pada bagian tepi kain.

Sebagai salah satu seni menghias kain yang cukup populer, lekapan kain inipun juga memiliki beberapa macam variasi, dua diantaranya yaitu berupa:

  • Lekapan kain yang dipasangkan pada bagian baik kain atau biasa disebut dengan aplikasi.

Teknik Lekapan

Sumber : https://docplayer.info/

  • Lekapan kain yang dipasangkan pada bagian buruk kain atau biasa disebut dengan inkrustasi.

Teknik Lekapan

Sumber : https://docplayer.info/

Adapun beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan dalam membuat sulaman lekapan kain diantaranya:

  • Untuk lekapan kain hindari pemilihan desain motif  hias yang membentuk sudut yang terlalu runcing untuk memudahkan proses pengerjaannya.
  • Untuk lekapan kain, pilih perca kain dipilih yang tidak bertiras.
  • Arah serat kain perca harus searah dengan arah serat kain yang dihias.

2. Lekapan Benang

Lekapan benang merupakan salah satu cara menghias busana dengan menggunakan koord atau benang besar. Sementara benang yang dipakai untuk memasang hiasan benang besar umumnya memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.

  • Cara menjahit baju dengan teknik hiasan lekapan benang dapat diterapkan pada kain atau pada busana yang telah jadi.
  • Kain yang dihias dengan lekapan benang dapat berupa kain polos maupun kain bercorak dengan tujuan untuk menonjolkan motif kain busana.
  • Proses pembuatan hiasan ini dapat dilakukan secara manual dengan jahitan tangan atau bisa juga menggunakan alat berupa mesin.
  • Adapun jenis tusuk hias yang dapat digunakan untuk melekatkan benang yaitu berupa tusuk hias lilit, tusuk hias silang dan variasinya.

Teknik Lekapan

Sumber : https://docplayer.info/

Untuk membuat sulaman lekapan benang, mula-mula benang dilekatkan sesuai dengan bentuk motif yang telah didesain terlebih dahulu.

  • Motif untuk teknik lekapan benang didesain sedemikian rupa sehingga merupakan suatu garis yang tidak terputus dan membentuk suatu motif hias.
  • Sumber ide untuk morif hias lekapan benang dapat berupa renggaan bunga, binatang, manusia atau motif lain dalam bentuk bebas.

Teknik Lekapan

Sumber : https://docplayer.info/

3. Lekapan Pita

Lekapan pita merupakan jenis teknik lekapan yang menggunakan material pita sebagai bahan utamanya. Sulaman lekapan pita ini konon pertama kali dikenal di Perancis pada pertengahan abad 18,  kemudian  menyebar  ke  Inggris,  Australia,  New  Zeland,  Amerika  Serikat,  Kanada, Jepang bahkan Indonesia.

  • Motif hias sulam pita awalnya terbatas pada bentuk bunga  atau  buah namun kini motifnya sudah banyak dikembangkan dalam berbagai macam bentuk yang lebih modern.
  • Sulam lekapan pita dapat dipakai untuk  menghias  serbet,  tudung saji, sarung bantal kursi, hiasan dinding maupun busana.
  • Untuk membuat sulaman pita, bahan utama yang digunakan ada banyak sekali macamnya  seperti pita sutra, pita organdi, pita Jepang dan pita satin.

Dalam membuat sulam pita hal terpenting yang harus diperhatikan yaitu hindari pemilihan pita yang luntur jika dicuci, pita untuk menyulam sebaiknya berukuran 6 mm atau 4 mm, sementara kain yang digunakan sebaiknya kain yang berserat  besar  seperti  kain  strimin agar pita lebih mudah ditarik.

  • Sebelum  digunakan untuk menyulam sebaiknya pita  disimpul  agar  tidak  mudah  tertarik  ke  atas  kain.
  • Selain  itu  agar  pita  tidak  mudah  tertarik  jalinan  benang dan  tidak berubah  bentuk saat  dicuci  atau  disetrika,  sebaiknya  tepi  pita  distik  dengan benang wool yang berwarna sama dengan pita.

Teknik Lekapan

Sumber : https://docplayer.info/

4. Lekapan Manik-Manik

Lekapan manik-manik termasuk ke dalam jenis teknik lekapan yang menggunakan material payet, harlon, pasir, mutiara dan material lain yang sejenis sebagai bahan utamanya.

  • Lekapan manik-manik dapat diterapkan pada berbagai jenis bordir maupun sulaman tangan.
  • Lekapan manik-manik pada hiasan bordir maupun sulaman tangan dapat memperindah dan menambah kesan mewah pada tampilan bahan kain.
  • Jenis manik-manik yang banyak digunakan antara lain berupa payet pasir, payet batang dan mutiara dengan berbagai variasi ukuran maupun bentuk.

Teknik Lekapan

Sumber :  https://m.made-in-china.com/

Terkait dengan aplikasinya pada busana dan lenan rumah tangga pemasangan lekapan manik-manik ini harus menjaga keserasian antara bentuk hiasan, jenis hiasan, warna dan ornamen manik-manik sehingga bentuk hiasan yang didapat akan terlihat serasi dan indah.

5. Lekapan Renda

Lekapan renda merupakan jenis teknik lekapan yang menggunakan material renda sebagai bahan utamanya. Lekapan renda ini sangat cocok diaplikasikan pada bahan kain yang tipis dan menerawang seperti kain tulle, kain chifon, kain organdi serta bahan lain yang sejenis.

Teknik Lekapan

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah teknik lekapan yang dapat anda pilih untuk menghias bahan kain. Dengan mengetahui banyaknya variasi teknik lekapan yang ada semoga anda bisa lebih mudah untuk menentukan teknik sulaman yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik yang dapat diterapkan untuk menjahit dan menghias bahan kain. Sebagai referensi anda bisa mendownload E-Book Seni Menghias Bahan Kain dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.