Article

Homepage Article Kain Pemanfaatan Bahan Tweed…

Pemanfaatan Bahan Tweed Pada Berbagai Produk Pakaian dan Aksesoris

Butuh rekomendasi bahan kain yang menarik dari segi tampilan tapi juga terbukti unggul secara kualitas?. Kalau anda memiliki ketertarikan dengan bahan-bahan kain yang biasanya dipakai untuk membuat pakaian dan aksesoris branded, coba gunakan kain bahan tweed.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Bahan Tweed

Bahan tweed termasuk ke dalam jenis bahan kain yang teksturnya menyerupai katun tapi cenderung kasar dan biasanya terbuat dari wool yang halus dengan tambahan polyester. Karena itulah bahan tweed yang dihasilkan jadi memiliki karakteristik yang lebih tebal dan berat.

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan bahan tweed dengan bahan pakaian dan aksesoris lainnya yaitu:

  • Bahan tweed umumnya cenderung hangat, tebal dan kaku.
  • Bahan tweed teksturnya lebih tampak seperti kain tenun kasar.
  • Bahan tweed biasanya ditenun menggunakan benang dengan warna yang berbeda-beda untuk membentuk pola dan warna yang dinamis.
  • Bahan tweed dapat dibuat dengan variasi tenunan-tenunan dasar atau turunannya menggunakan benang wool.
  • Warna yang digunakan umumnya berasal dari pewarna alami yang direndam dengan serat wool.

Jauh sebelum digunakan sebagai bahan pakaian dan aksesoris branded, bahan tweed sendiri sebenarnya lebih dulu digunakan sebagai ikon pakaian tradisional dari negara Irlandia dan Inggris. Setelahnya, barulah tweed kerap dijadikan sebagai bahan pembuatan pakaian formal.

Fashion luxury brand seperti Chanel bahkan memiliki ciri khas motif tweed dalam beberapa koleksi andalannya. Karena itulah tidak mengherankan jika bahan tweed lantas berkembang menjadi salah satu kain favorit untuk membuat berbagai macam model pakaian dan aksesoris.

Pemanfaatan Bahan Tweed

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion modern, sampai saat ini terdapat banyak sekali produk pakaian dan aksesoris yang menggunakan bahan tweed sebagai material utamanya.

1. Rok Wanita

Produk fashion pertama yang banyak memanfaatkan bahan tweed sebagai bahan dasarnya yakni berupa busana penutup tubuh bagian bawah yang populer dengan nama rok.

  • Rok wanita yang dibuat dari bahan tweed termasuk ke dalam jenis tipe rok semi-dressy, dressy atau formal.
  • Rok wanita yang dibuat dari bahan tweed dapat dipadukan dengan blus yang berdesain simple maupun outer berbentuk blazer.

Khusus untuk pelengkap gaya penampilan formal, rok wanita sendiri biasanya memiliki desain yang cenderung menyempit di bagian bawah seperti halnya rok span dan rok semi span, meski ada juga yang dibuat mengembang seperti rok A-Line.

  • Rok Span

Rok span merupakan sejenis rok wanita yang bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah.

  • Rok Semi Span

Rok semi span memiliki ciri yang sangat khas yakni bagian sisinya dibuat lurus ke bawah atau bagian bawah sama besarnya dengan bagian panggul.

Bahan Tweed

Sumber : https://www.aliexpress.com/

  • Rok A-Line

Rok A-line bentuknya menyerupai huruf A, kecil di bagian pinggang dan membuka lebar ke bagian bawah.

Bahan Tweed

Sumber : https://www.dhgate.com/

Mau tahu lebih detail tentang prosedur pembuatan rok?. Sebagai referensi anda bisa mendownload video tutorial menjahit dari kami.

2. Blazer Wanita

Blazer wanita juga termasuk ke dalam salah satu jenis item fashion yang juga banyak dibuat dari bahan tweed. Selain memberi kesan formal dan profesional pada penampilan, blazer wanita juga bisa dimanfaatkan untuk memberi rasa hangat pada tubuh saat cuaca dingin.

Untuk pilihan modelnya, beberapa contoh blazer wanita yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Blazer Tanpa Kerah

Blazer tanpa kerah merupakan sejenis blazer wanita yang dibuat tanpa tambahan kerah. Blazer ini menjadi pilihan paling tepat untuk wanita yang memiliki bentuk tubuh lebih lebar di bagian atas (bahu dan punggung).

Bahan Tweed

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Blazer Crop Top

Blazer crop top merupakan sejenis blazer yang memiliki potongan menggantung. Blazer ini sangat cocok dikenakan untuk memberi kesan sedikit lebih tinggi pada wanita yang bertubuh mungil.

Bahan Tweed

Sumber : https://slsh.co.nz/

  • Blazer Panjang

Blazer dengan panjang sampai menutupi setengah paha sangat pas jika dikenakan oleh anda yang memiliki bentuk tubuh seperti buah pir.

Bahan Tweed

Sumber : https://people.com/

3. Dress Wanita

Berikutnya ada dress wanita yang memiliki ciri sangat khas yakni dibuat dalam bentuk terusan. Dari segi desain dress wanita ini sebenarnya merupakan baju (atasan) dan rok yang digabungkan menjadi satu kesatuan.

Untuk pilihan modelnya, beberapa contoh dress wanita yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Bodycon Dress

Bodycon dress memiliki potongan pas di badan karena bentuknya dapat mengikuti lekuk tubuh pemakainya. Berdasarkan desain dan tampilannya dress wanita ini dapat dibedakan dalam dua variasi yang berbeda.

  • Pertama dalam bentuk mini bodycon yang berpotongan cenderung pendek.
  • Kedua dalam bentuk long bodycon yang berpotongan sedikit panjang.

Bahan Tweed

Sumber : https://woclothes.com/

  • A-Line Dress

A-Line dress  memiliki potongan sangat khas seperti huruf A. Tidak seperti model dress wanita lainnya, bagian atas dari A-line dress ini biasanya dibuat menyempit kemudian semakin melebar ke bagian bawahnya.

Bahan Tweed

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Tas Wanita

Selain dimanfaatkan untuk membuat rok, blazer dan juga dress, bahan tweed bisa juga diaplikakasikan pada tas wanita. Dengan tampilannya yang unik dan tak biasa, tas wanita yang dihasilkan sangat cocok dipakai untuk kondangan maupun keperluan lain.

Untuk pilihan modelnya, beberapa contoh tas wanita yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Hand Bag

Hand bag merupakan sejenis tas wanita yang dilengkapi dengan dua tali sama panjang di bagian atas sehingga dapat dibawa dengan cara dijinjing.

Bahan Tweed

Sumber : https://www.charleskeith.eu/

  • Shoulder Bag

Shoulder bag termasuk ke dalam jenis salah satu jenis tas wanita yang memiliki tali cukup panjang sehingga dapat digunakan dengan cara disampirkan di bahu.

Bahan Tweed

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Sling Bag

Sling bag dapat dipakai dengan cara pegangannya disampirkan pada satu bahu sementara bagian kantungnya diletakkan di sisi tubuh yang berbeda.

Bahan Tweed

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Sepatu Wanita

Sepatu wanita dari bahan tweed menjadi salah satu produk pelengkap fashion yang cukup difavoritkan banyak orang. Dengan tampilannya yang simple namun tetap terkesan elegan, sepatu wanita berbahan tweed ini sangat cocok dipakai untuk acara formal dan semi formal.

Untuk pilihan modelnya, beberapa contoh sepatu wanita yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Flat Shoes

Flat shoes termasuk ke dalam jenis sepatu yang banyak disukai oleh para wanita lantaran bentuknya relatif simple, nyaman dan tidak menyakiti kaki.

 Bahan Tweed

Sumber : https://www.thefifthcollection.com/

  • Mules Shoes

Mules shoes termasuk ke dalam jenis sepatu wanita yang didesain dalam model terbuka di bagian tumit.

Bahan Tweed 

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik bahan tweed dan pemanfaatannya dalam berbagai macam produk fashion yang dapat kami bagikan untuk anda. Agar penampilan anda tidak terlihat membosankan saat ke kantor, jangan ragu untuk memasukkan unsur tweed pada busana yang anda kenakan.

Semoga bermanfat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.