Article

Homepage Article Jahit Menjahit Tutorial Membuat Cardigan…

Tutorial Membuat Cardigan Dengan Saku Depan

Cardigan merupakan salah satu jenis pakaian unisex yang dapat dikenakan oleh semua orang dari berbagai kalangan usia baik pria maupun wanita. Tertarik untuk mempelajari cara membuat cardigan sederhana yang dapat digunakan pada berbagai kesempatan?. Sahabat Fitinline bisa menyimak pembahasan berikut ini.

Cardigan

Model cardigan yang akan kita buat kali ini sebenarnya memiliki pola dasar yang sama persis dengan cardigan pada umumnya. Hanya saja pada bagian depannya akan kita beri tambahan saku untuk mempercantik tampilannya.

Untuk memudahkan anda dalam membuat cardigan, sahabat Fitinline bisa menggunakan cardigan yang sesuai dengan ukuran tubuh anda sebagai acuan dalam membuat pola.

Cardigan

Mula-mula potong terlebih dahulu bahan kain yang akan digunakan untuk membingkai bagian belahan depan cardigan, serta bahan kain yang akan dipasangkan pada bagian pergelangan tangan dan bagian bawah cardigan.  

Cardigan

Cardigan

Jiplak bagian badan depan, bagian badan belakang, dan bagian lengan cardigan pada selembar bahan kain menggunakan kapur jahit kemudian potong bahan kain dengan gunting yang tajam. Tambahkan kampuh sebesar 1 cm pada masing-masing tepi pola untuk menjahitnya.

Cardigan

Cardigan

Cardigan

Cardigan

Siapkan pula dua lembar potongan kain yang akan digunakan untuk membuat saku.

Cardigan

Untuk memudahkan anda dalam menjahit bingkai depan cardigan, sebaiknya setrika terlebih dahulu potongan-potongan kain kecil yang akan digunakan untuk menyelesaikan bagian bawah cardigan, bagian depan, maupun bagian saku.

Lipat kain yang akan digunakan untuk menyelesaikan bagian bawah cardigan menjadi dua bagian sama besar, kemudian press dengan menggunakan setrika.

Cardigan

Lipat kain yang akan dipakai untuk membingkai bagian depan cardigan menjadi tiga bagian kemudian press menggunakan setrika.

Cardigan

Khusus untuk bagian saku anda hanya perlu melipat sedikit bagian atas kain dan kedua bagian  tepinya kemudian press dengan setrika.

Cardigan

Setelah semua persiapan selesai selanjutnya satukan badan bagian depan dan bagian belakang cardigan dengan cara menjahit garis bahunya. Pasangkan lengan bagian kanan dan lengan bagian kiri cardigan dengan bantuan jarum pentul kemudian jahit secara bergantian. 

Cardigan

Cardigan

Jahit pula sisi bagian kanan dan kiri cardigan secara perlahan mulai dari ujung lengan hingga bagian bawah cardigan. 

Cardigan

Jahit bagian atas saku lalu pasangkan saku pada bagian depan bawah cardigan (satu di bagian kanan dan satunya lagi di bagian kiri) kemudian rapikan.

Cardigan

Cardigan

Jahit potongan bahan kain yang akan dipasangkan pada bagian pergelangan tangan kemudian jahit menyatu dengan ujung lengan. Pasangkan pula potongan bahan kain yang telah dipersiapkan untuk bagian bawah cardigan kemudian jahit.

Cardigan

Selesaikan bagian belahan depan cardigan dengan cara membingkainya menggunakan potongan bahan kain yang telah dipersiapkan sebelumnya. 

Cardigan

Tambahkan pula beberapa buah kancing untuk menyempurnakan tampilan cardigan supaya terkesan lebih cantik.  

Cardigan

Cardigan

Cukup mudah bukan? Untuk mendapatkan gambaran secara mendetail sahabat Fitinline bisa menyimak video berikut ini.

Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline semoga video yang kami bagikan bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.