Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Memilih Teknik Sulaman…

Cara Memilih Teknik Sulaman Berdasarkan Tenunan dan Corak Kainnya

Bingung menentukan teknik sulaman yang tepat untuk menghias kain blacu, kain poplin, kain satin dan berbagai jenis kain lainnya?. Untuk memudahkan anda dalam memilih teknik sulaman yang tepat, berikut kami bagikan beberapa macam teknik hias yang dapat disesuaikan berdasarkan tenunan dan corak kainnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Teknik Sulaman

Teknik sulaman termasuk ke dalam salah satu teknik menghias kain  yang lebih populer dengan sebutan menyulam. Untuk mempercantik tampilan busana ataupun lenan rumah tangga teknik sulaman inipun umumnya dapat diaplikasikan pada hampir semua jenis kain (bahan tekstil).

Teknik Sulaman Berdasarkan Kainnya

Meski dapat diaplikasikan pada semua jenis kain tapi tergantung dari jenis tenunan dan corak kainnya, teknik sulaman yang digunakan juga berbeda-beda lho. Biar tidak salah pilih berikut kami bagikan penjelasan singkatnya untuk anda.

1. Kain Yang Tenunannya Rapat

Untuk menghias kain belacu, kain poplin, kain berkolin dengan spesifikasi halus nomor benangnya dan jenis kain yang memiliki tenunan rapat teknik sulaman yang dapat digunakan yakni berupa sulaman fantasi (sulaman bebas) dan sulaman aplikasi.

  • Sulaman Fantasi

Sulaman fantasi merupakan jenis sulaman yang dapat dibuat mengunakan bermacam-macam tusuk hias dan berbagai macam warna benang.

  • Tusuk hias yang digunakan umumnya terdiri dari 3 macam tusuk hias, dimana salah satu di antara ketiga jenis tusuk hias yang digunakan harus lebih dominan.
  • Keindahan sulaman fantasi terletak pada penggunaan tusuk hias yang bervariasi dan kombinasi warna benang yang harmonis.
  • Kombinasi warna yang kontras juga  mampu memberikan kesan lebih rapi pada sulaman yang dihasilkan.

Teknik Sulaman

Sumber : https://www.pinterest.nz/

  • Sulaman Aplikasi

Sulaman aplikasi dapat didefinisikan sebagai seni membentuk gambar dari potongan kain dalam pola tertentu yang ditempel pada permukaan bahan utama yang lebih besar. Silaman aplikasi ini secara umum dapat dibuat dengan dua macam cara yakni berupa hand applique dan machine applique.

  • Sulaman aplikasi tipe hand applique biasa dibuat dengan tusuk sembunyi (blind stitch) dan tusuk feston (blanket stitch).
  • Sulaman aplikasi tipe machine applique dapat dibuat dengan mesin jahit yang dilengkapi sepatu jahit khusus yakni Sepatu Sulaman Tempel/Aplikasi (Applique Presser Foot).

Teknik Sulaman

Sumber : https://www.gymboree.com/

2. Kain Yang Bercorak Kotak-Kotak

Untuk menghias bahan kain yang bercorak kotak atau bintik dapat diubah coraknya dengan sulaman aplikasi, smock dan lain sebagainya.

Smock sendiri merupakan keterampilan menjahit dan menyulam tangan yang dilakukan dengan cara membuat kerutan-kerutan pada kain untuk menghasilkan motif baru pada bahan kain sesuai pola tertentu.

Teknik Sulaman

Sumber : https://id.pinterest.com/

Lebih jelasnya simak kembali Mengenal Teknik Smock dan Penerapannya Pada Produk Pelengkap Kebutuhan Sehari-Hari.

3. Untuk Kain Yang Dapat Dihitung

Untuk menghias kain yang dapat dihitung benangnya seperti strimin dan matting teknik sulaman yang dapat digunakan yakni berupa sulaman terawang, tusuk silang dan tusuk holbein.

  • Sulaman Terawang

Sulaman terawang (opennaaiwerk) merupakan jenis sulaman dengan ragam hias geometris yang memiliki ciri sangat khas yakni hasil sulamannya tampak berlubang-lubang atau seperti menerawang. Karena itu pula sulaman ini disebut sebagai sulaan terawang.

Teknik Sulaman

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sebagai salah satu jenis teknik sulam yang sangat populer, sulaman terawang sendiri variasinya juga sangat beragam. Lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai 6 Variasi Sulaman Terawang Untuk Menghias Berbagai Bahan Kain.

  • Tusuk Silang

Tusuk silang / cross stitch termasuk ke dalam jenis tusuk hias yang memiliki tampilan sangat khas yakni tampak menyilang seperti huruf “X”. Tusuk silang sendiri secara umum dapat dibuat dengan dua macam cara yakni dengan teknik tradisional style dan danish style.

Teknik Sulaman

Sumber : https://id.pinterest.com/

Lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai 5 Variasi Tusuk Silang Untuk Menghias Bahan Kain.

  • Tusuk Holbein

Tusuk holbein termasuk ke dalam jenis tusuk hias yang diperoleh dari pengembangan tusuk jelujur.

  • Tusuk holbein harus dikerjakan pada kain bagi yang mudah dihitung benang pakannya maupun lungsinnya.
  • Selain itu setiap baris tusuk holbein harus dikerjakan dua kali alias bolak balik sehingga terlihat sama pada kedua sisi kainnya.

Teknik Sulaman

Sumber : https://www.pinterest.es/

4. Kain Yang Tipis dan Transparan

Untuk menghias bahan kain yang tipis dan menerawang seperti chifon, tulle dan organza, teknik sulaman yang dapat digunakan yaitu berupa sulaman bayangan, inkrustasi, lekapan renda, mote dan lain-lain.

  • Sulaman Bayangan

Sulaman bayangan merupakan salah satu teknik sulaman yang hiasannya diperoleh dari bayangan tusuk hias yang dibuat pada bagian buruk kain.

Teknik Sulaman

Sumber : https://za.pinterest.com/

  • Inkrustasi

Sulaman inkrustasi merupakan jenis sulaman yang dikerjakan dengan melekatkan sebentuk kain pada bagian bawah kain lain. Kain yang dilekati kemudian digunting sesuai bentuk kain lekatan. Lubang bekas guntingan dirapikan dengan menggunakan tusuk feston.

Teknik Sulaman

Sumber : https://dawnjohnsondesigns.com/

  • Lekapan Renda

Lekapan renda merupakan teknik melekatkan renda di atas permukaan kain. Lekapan renda ini dapat dijadikan alternatif hiasan pada adibusana.

Teknik Sulaman

Sumber : https://www.ebay.com/

  • Mote

Mote merupakan sejenis material payet, harlon, pasir, mutiara dan material yang sejenis yang dapat dipakai untuk menghias benda pakai maupun benda hias.

Teknik Sulaman

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Kain Yang Lemas dan Berkilau

Untuk menghias kain yang cenderung lemas dan berkilau seperti satin teknik sulaman yang dapat digunakan yakni berupa sulaman bebas dan berbagai jenis sulaman lain yang sejenis.

Teknik sulaman bebas yang dalam kebudayaan Jepang lebih dikenal dengan nama Bunka Shishu merupakan jenis teknik sulaman yang dapat dikerjakan dengan menggunakan lebih dari tiga jenis tusuk hias dan lebih dari tiga jenis warna benang.

Teknik Sulaman

Sumber : https://twitter.com/twit_aisha/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa jenis teknik sulaman yang dapat anda aplikasikan pada berbagai macam tenunan dan corak kain. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih teknik sulaman yang tepat dalam melakukan kegiatan jahit menjahit. 

Mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik yang dapat diterapkan untuk menjahit dan menghias bahan kain. Sebagai referensi anda bisa mendownload E-Book Seni Menghias Bahan Kain dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.