Article

Homepage Article Fashion Design 8 Fakta Unik dan Menarik…

8 Fakta Unik dan Menarik Tentang Celana

Dikenal sebagai salah satu basic wardrobe essential yang sangat populer untuk pelengkap gaya penampilan pria, wanita bahkan anak-anak, ternyata celana juga memiliki banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Buat anda anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Celana

Celana dapat didefinisikan sebagai sejenis pakaian luar yang membungkus batang kaki secara terpisah dan biasa dipakai untuk menutup serta melindungi tubuh bagian bawah. Tak hanya digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan pria, celana ini bisa juga dipakai oleh para wanita dan anak-anak.

Fakta Tentang Celana

Berbicara mengenai celana pria dan celana wanita lantas kapan celana mulai ditemukan dan bagaimana ceritanya bisa menjadi item fashion yang cukup populer di kalangan wanita?. Untuk menjawab rasa penasaran anda langsung simak pembahasan berikut yuk.

1. Celana Tertua di Dunia

Catatan sejarah menyebutkan celana tertua yang sejauh ini ditemukan berasal dari Cekungan Tarim di China antara  3.000 dan 3.300 tahun yang lalu. Dalam budaya penggembala nomaden, celana juga dianggap sebagai pilihan terbaik untuk menunggang kuda.

  • Celana tertua yang ditemukan di China dibuat dari wol.
  • Celana tertua yang pernah ditemukan  tersebut secara umum memiliki bentuk yang lurus dengan pengikat tali dan tenun di kakinya.
  • Celana dari Cekungan Tarim ini konon juga ditenun tanpa ada pemotongan dalam pembuatannya.

Celana

Sumber : https://www.archaeology.org/

2. Celana Dimata Orang Yunani Kuno

Orang Yunani Kuno tidak suka memakai celana, namun mereka cenderung lebih suka mengenakan linen atau pakaian wol panjang dan terurai yang diikat atau disematkan pada bagian tertentu.

  • Para pria Yunani Kuno di masa lalu biasa mengenakan tunik linen yang disebut chiton dan di musim dingin mereka mengenakan jubah wol yang disebut himation.
  • Sementara para wanita Yunani Kuno di masa lalu biasa mengenakan tunik yang disematkan di bahu yang disebut peplos.

Celana

Sumber : https://www.riau1.com/

3. Pandangan Romawi Terkait Celana

Pandangan orang Romawi terkait celana tidak jauh berbeda dengan orang Yunani kuno bahkan pada zaman dulu penggunaan celana sempat dilarang untuk masyarakat di Kekaisaran Romawi.

4. Celana Dimasa Kekaisaran Rusia

Di akhir kekaisaran Romawi berdiri reformasi wajib mengenakan celana oleh Peter I dari Rusia di abad ke-17 yang bertekad untuk membawa Rusia masuk ke era yang lebih maju. Salah upaya yang dilakukan yakni dengan reformasi pakaian.

  • Para bangsawan Rusia yang biasanya mengenakan jubah,  diharuskan mengenakan celana dan pakaian gaya Barat lainnya (serta mencukur jenggot mereka).
  • Meski sempat ditentang banyak orang, tetapi  pada akhirnya reformasi dan modernisasi pakaian yang diupayakan Peter akhirnya terealisasi.

5. Celana Menjadi Bahan Komedi

Pada tahun 1990-an penutur bahasa Inggris British mengartikan celana atau pants (kependekan dari pantalon) sebagai lelucon, lantaran kata pantalon sendiri sebenarnya adalah Anglicization dari kata Italia Pantalone yang dikenal sebagai commedia dell'arte.

  • Pantalone merupakan karakter dalam teater komik Italia era Renaisans yang dikenal sebagai commedia dell'arte.
  • Pantalone digambarkan sebagai orang tua yang tamak, dan licik, yang sering kali ditipu dan dipermalukan.
  • Pantalone dapat dikenali dari kostumnya yang unik dan identik dengan topi, jubah hitam terbuka dan celana panjang ketat.

Celana

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Celana di Abad 16 Sampai 20

Tidak jauh beda dengan fashion item lain yang biasa dikenakan oleh pria, wanita dan anak-anak, celana juga mengalami evolusi dari masa ke masa.

  • Sebelum akhir abad ke-16 sebuah celana biasa didesain dengan ukuran panjang tepat di bawah lutut atau di tengah betis dan lebih sering dipadukan dengan sepatu bot atau stoking.
  • Celana tidak lagi menjadi mode pada tahun 1820 dan digantikan oleh pantalon, yang lebih ramping dan panjangnya mencapai pergelangan kaki.
  • Pada tahun 1840-an, celana pantalon ketat beralih ke celana yang lebih longgar, yang diperkenalkan oleh pelaut.
  • Celana baggy-knee yang pas atau tepat di bawah lutut menjadi populer di abad ke-20. Kalau untuk saat ini celana yang didesain selutut lebih sering digunakan untuk seragam olahraga, seperti baseball, sepak bola dan golf. 

7. Munculnya Istilah “Tanpa Kulot”

Pada masa Revolusi Prancis dan Pemerintahan Teror muncul istilah “tanpa kulot” yang terkenal dengan sebutan sans-culottes. Meski diberi nama demikian bukan berarti orang-orang di masa lalu tidak mengenakan celana sekalipun tetapi hanya menghindari celana jenis tertentu.

Sans-culottes dapat diartikan juga sebagai sekumpulan orang-orang radikal yang menyerukan eksekusi tanpa pengadilan dan mengarah pada Reign of Terror (Pemerintahan Teror).

Dengan mengidentifikasi diri sebagai “sans cullotes” mereka berarti menekankan perbedaan dari kelas atas masyarakat Prancis. Culotte sendiri dimasa lalu menjadi bentuk pakaian setinggi lutut yang hanya dikenakan oleh anggota masyarakat Perancis yang lebih kaya.

Celana

Sumber : https://commons.wikimedia.org/

8. Perkembangan Celana Untuk Wanita

Celana mulai digunakan sebagai  “pakaian” bagi wanita pada awal tahun 1850-an berkat Amelia Jenks Bloomer seorang editor dan penulis asal Amerika yang membela hak-hak perempuan. Berawal dari situ celana akhirnya menjadi sangat populer bagi wanita saat bersepeda.

  • Pada abad ke-19 dan awal abad ke-20, celana menjadi busana yang umum bagi sebagian pekerja perempuan, termasuk pekerja tambang batu bara yang dikenal sebagai pit brow lasses dan pilot.
  • Tahun 1934, Levi Strauss & Co pertama kali yang merilis celana jeans khusus perempuan. Lalu pada Perang Dunia II, blue jeans lebih populer digunakan untuk pekerja pabrik dan pertanian.
  • Tahun 1940 celana panjang bahan dengan cutting lebar atau slacks mulai digunakan perempuan. Awalnya slacks hanya digunakan dan dibuat untuk pria.
  • Tahun 1940 muncul pula celana panjang yang dikenal dengan Rosie the Riveter coveralls, celana ini mirip dengan overall jumpsuit.
  • Dari yang awalnya hanya digunakan untuk sebagai seragam kerja pada abad ke-20 desainer kemudian mulai membuat celana untuk wanita akhirnya dijadikan sebagai pakaian santai.
  • Untuk pelengkap gaya penampilan wanita diciptakan pula celana jeans dan wide leg pants yang menjadi fashion item wajib bagi perempuan dari berbagai jenis material yang beragam.

Celana

Sumber : https://www.yesstyle.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik tentang celana yang dapat kami bagikan untuk anda. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan bahwa dibalik tampilannya yang keren ternyata banyak sekali rahasia tersembunyi dari celana itu sendiri.

Simak juga pembahasan mengenai fakta menarik celana legging dan celana chino kalau anda mau tahu lebih banyak tentang kedua jenis celana tersebut. 

Tapi kalau anda lebih tertarik untuk membuat celana sendiri dengan pola yang sudah jadi anda bisa mencownload pola celana siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.