Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Menarik Tentang…

7 Fakta Menarik Tentang Celana Chino

Celana chino dikenal sebagai salah satu jenis celana yang cocok dikenakan dalam segala suasana, baik itu suasana formal maupun casual. Dibalik tampilannya yang terkesan unik dan berbeda dari celana lainnya, ternyata celana chino juga menyimpan banyak sekali fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Celana Chino

Celana chino dapat dikategorikan ke dalam jenis celana super nyaman yang memiliki bentuk dasar seperti trouser namun kini juga banyak dikembangkan dalam model lain yang lebih modern. Untuk membuatnya pun biasanya digunakan bahan khusus bernama kain twill yang menawarkan banyak keunggulan.

Fakta Menarik Celana Chino

Berbicara mengenai celana chino lantas bagaimana sejarah terciptanya celana chino itu sendiri dan sejak kapan mulai digunakan sebagai item pelengkap fashion?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan sejumlah fakta menarik tentang celana chino yang sayang jika anda lewatkan.

1. Diciptakan Untuk Keperluan Militer

Celana chino pertama kali dikembangkan pada pertengahan abad ke-19 untuk seragam militer Inggris dan Perancis. Celana chino yang diciptakan pada masa ini kebanyakan dibuat sesimple mungkin untuk memberi rasa nyaman pada tentara saat beraktifitas di medan yang berat.

Celana Chino

Sumber : https://www.blibli.com/

2. Menjadi Trend Perang Dunia II

Celana chino sempat menjadi trend di era Perang Dunia ke-II. Pabrik-pabrik pemintalan kapas di Carolina Utara, Cramerton Mills diketahui menjadi pemasok kapas terbesar yang digunakan untuk membuat jutaan celana prajurit militer di era Perang Dunia ke-II.

3. Memiliki Keterkaitan Dengan Tiongkok

Celana chino memang ada kaitannya dengan China atau Tiongkok. Nama chino sendiri merujuk pada penyebutan negara Tirai Bambu (dalam pelafalan bahasa Spanyol) yang menjadi eksportir terbesar kain katun sebagai bahan utama celana. 

4. Puncak Popularitas Celana Chino

Celana chino mulai populer di Amerika Serikat ketika veteran Perang Spanyol-Amerika kembali dari Filipina dengan celana twill yang mereka kenakan. Berawal dari situlah pada tahun 1950-an masyarakat umum di daratan Amerika juga turut memakai celana chino ketika pergi ke kampus atau ke kantor.

5. Menjadi Simbol Fashion Pria

Dari yang awalnya hanya digunakan untuk keperluan formal seperti ke kampus atau ke kantor, seiring dengan berjalannya waktu celana chino inipun lantas dikembangkan untuk keperluan yang lebih luas, salah satunya sebagai simbol outfit smart casual bagi para pria dari berbagai belahan dunia.

Celana Chino

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Perubahan Bahan Celana Chino

Sekalipun sama-sama dibuat dari kain twill, celana chino jaman dulu dan sekarang tetap saja memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi bahan. Kalau kain twill yang dulu dipakai kebanyakan terbuat  dari katun 100%, kini ada juga kain twill yang terbuat dari campuran katun-sintetis.

Salah satu serat sintetis yang kerap dipakai sebagai campuran kain twill yakni berupa serat spandek yang menghasilkan kain twill stretch. Beberapa ciri paling khas yang membedakan kain twill stretch dengan jenis kain yang lain diantaranya: 

  • Kain twill stretch memiliki ciri khas berupa motif diagonal pada permukaan kainnya.
  • Kain twill stretch tergolong kuat dan tahan lama.
  • Kain twill stretch bahannya adem dan nyaman digunakan seharian.
  • Kain twill stretch teksturnya cenderung sedikit kasar tetapi tetap terasa sangat lembut dan dingin jika dipakai.
  • Kain twill stretch dapat mengunci warna dengan baik dan cenderung tidak mudah pudar.  
  • Kain twill stretch bersifat melar, jadi sangat nyaman jika dipakai untuk pakaian yang pas karena bisa menyesuaikan bentuk tubuh.
  • Kain twill stretch memiliki tingkat kelenturan yang cukup baik apabila mendapatkan tekanan.
  • Daya serap kain twill stretch tergolong cukup bagus jadi sangat cocok untuk dipakai di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Celana Chino

Sumber : https://fitinline.com/

7. Perkembangan Model Celana Chino

Ketika pertama kali diciptakan untuk keperluan militer, celana chino memang identik dengan ukurannya yang panjang seperti celana kerja, namun dewasa ini banyak juga yang dimodifikasi dalam bentuk yang lebih modern. Beberapa jenis celana yang dimaksud antara lain berupa:

  • Celana Chino Regular Fit

Celana chino panjang model straight fit memiliki siluet lurus mulai dari bagian atas ke bawah.

Celana Chino

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Celana Chino Boot Cut

Celana chino panjang model boot cut memiliki potongan ketat di paha, agak longgar di betis dan sedikit melebar di pergelangan kaki. Tipe boot cut ini memungkinkan anda untuk melipat bagian bawah celana jika kepanjangan.

Celana Chino

Sumber : https://www.amazon.sa/

  • Celana Chino Slim Fit

Celana chino panjang model slim fit memiliki potongan pas di paha, kemudian mengerucut lurus ke bagian bawahnya sehingga mampu memberikan kesan lebih slim.

Celana Chino

Sumber : https://www.target.com/

  • Celana Chino Skinny Fit

Celana chino panjang model skinny memiliki bentuk yang cenderung lebih ketat dan dapat menyesuaikan bentuk kaki dari penggunanya.

Celana Chino

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Buat anda yang mau tampil formal dengan celana chino, anda bisa memilih celana chino panjang model straight fit yang lurus ke bawah. Kalau celana chino yang memiliki potongan ketat mengikuti bentuk kaki lebih cocok untuk acara casual.

Selain didesain dalam model panjang, terdapat pula celana chino pendek yang dibuat sebatas lutut atau bahkan di atas lutut.

  • Celana chino pendek sangat cocok digunakan sebagai pelengkap gaya casual.
  • Celana chino pendek dapat dijadikan sebagai outfit andalan saat hangout atau sekedar bersantai di rumah.
  • Celana chino pendek tersedia dalam banyak pilihan warna yang tidak kalah menarik dibanding celana chino panjang.
  • Celana chino pendek sangat mudah dipadupadankan dengan baju kemeja atau kaos yang berpotongan simple.

Celana Chino

Sumber : https://tiento.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta menarik tentang celana chino yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa meski dari segi bentuk dan tampilan terkesan biasa ternyata banyak juga ya rahasia tersembunyi yang ada di balik celana chino itu sendiri.

Tertarik untuk membuat celana chino sendiri tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkan bahan yang berkualitas?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain Kain Twill Stretch atau Kain Twill Stretch (NGR) yang kami miliki.

  • Kain twill stretch yang dijual di Fitinline termasuk ke dalam jenis kain twill dengan ketebalan sedang untuk keperluan garment dan melar.
  • Dengan karakteristik bahannya yang melar, kain ini sangat nyaman dipakai untuk pakaian yang pas karena bisa menyesuaikan bentuk tubuh.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.