Article

Homepage Article Kain Ciri Khas dan Pemanfaatan…

Ciri Khas dan Pemanfaatan Kain Medis TR Waterproof

Butuh rekomendasi kain medis yang bagus dipakai untuk membuat pakaian medis, masker dan banyak keperluan medis lainnya. Sebagai referensi mungkin anda bisa memanfaatkan kain medis TR waterproof yang menawarkan banyak keunggulan sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengenalan Kain Medis TR Waterproof

Kain medis TR waterproof merupakan sejenis kain dari kategori TR (tetoron rayon) yang bersifat waterproof  / mempunyai lapisan anti air yang kuat dan banyak digunakan untuk keperluan medis.

  • Kandungan serat sintetis yang tinggi membuat kain medis TR waterproof jadi tidak gampang kusut (wrinkle / crease resistant).
  • Sementara campuran rayon yang ada pada kain medis TR waterproof membuatnya lebih halus dan lembut ketika bersentuhan dengan kulit.

Kain Medis

Sumber : https://fitinline.com/

Karakteristik Kain Medis TR Waterproof

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain medis TR waterproof diantaranya:

  • Kain medis TR waterproof memiliki sifat waterproof tetapi tetap nyaman ketika dipakai.
  • Kain medis TR waterproof memiliki permukaan yang halus dan lembut.
  • Kain medis TR waterproof bisa disublim maupun disablon untuk memperindah tampilannya.
  • Kain medis TR waterproof dikenal kuat (strong) dan tahan lama (durable).
  • Kain medis TR waterproof cenderung cepat kering dan tidak mudah melar.
  • Kain medis TR waterproof tidak mudah kusut apabila dicuci.
  • Kain medis TR waterproof tahan terhadap bakteri, jamur dan tidak mudah bau.
  • Kain medis TR waterproof dapat mengikat warna dengan baik, tidak berat, tidak menerawang dan tidak mengkilap.

Pemanfaatan Kain Medis TR Waterproof

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain medis TR waterproof ini secara umum sangat populer untuk membuat bermacam-macam produk yang menarik seperti pakaian medis, masker kain dan berbagai keperluan medis lainnya.

1. Pakaian Medis

Pakaian medis termasuk ke dalam salah satu produk pakaian yang paling banyak menggunakan sebagai bahan utamanya. Untuk pilihan modelnya beberapa jenis pakaian medis yang banyak dibaut dari bahan ini antara lein berupa:

  • Seragam scrub yang biasa dikenakan oleh dokter bedah, bidan, maupun perawat sebelum memasuki ruang operasi.
  • Gown medis / medical gown / surgical gown yang juga menjadi bagian dari operation theatre uniforms alias baju tindakan operasi.
  • Baju hazmat yang didesain sangat tertutup dan tampak seperti baju astronot untuk melindungi tubuh pemakainya dari potensi paparan virus.

Dengan mengenakan pakaian medis dari kain TR waterproof, para tenaga medis tidak perlu khawatir apabila bajunya terkena air, lendir atau cairan lainnya karena sifat anti air dari bahan kain medis TR waterproof sangat bagus.

Meski memiliki sifat waterproof, namun perlu diketahui bahwa pakaian medis yang dibuat dari kain TR waterproof juga mampu menyerap keringat sehingga petugas medis yang mengenakannya akan tetap merasa nyaman saat melakukan proses operasi.

Kain Medis

Sumber : https://www.indiamart.com/

Ingin membuat baju hazmat sendiri tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola baju hazmat dari kami.

2. Masker Kain

Berikutnya ada masker kain yang dapat digunakan untuk melindungi selaput lendir hidung, mulut dan mata dari paparan virus dan bakteri. Beberapa kelebihan masker kain yang dibuat dari kain medis TR waterproof diantaranya:

  • Memiliki serat yang halus sehingga kulit tidak mudah terkena iritasi saat menggunakannya.
  • Cocok dipakai dalam berbagai jenis cuaca, baik itu cuaca panas maupun cuaca dingin.
  • Mampu memberikan perlindungan yang maksimal terhadap noda, debu, bau, jamur maupun bakteri.
  • Bahannya mudah untuk dibersihkan dan noda yang menempel pun bisa dengan mudah dihilangkan.

Kain Medis

Sumber : https://shopee.co.id/

Download juga pola masker siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat masker sendiri dengan pola masker yang sudah jadi.

3. Apron Medis

Selain masker kain, terdapat pula apron medis yang biasa digunakan pada saat operasi dan praktik dengan tujuan untuk melindungi pemakainya dari noda yang tidak diinginkan. Apron yang dibuat dari bahan ini karakteristiknya pun tidak berat, tidak menerawang dan tidak mengkilap.

Kelebihan lain apron medis yang dibuat dari kain medis TR waterproof yaitu memiliki sifat anti lembap. Dengan begitu bakteri tidak akan mudah berkembang biak meskipun digunakan untuk banyak aktivitas di rumah sakit.

Kain Medis

Sumber : https://www.indiamart.com/

4. Topi Operasi

Berikutnya ada topi operasi (nurse cap), sejenis pelindung kepala yang sangat besar sekali manfaatnya bagi pasien dan dokter ataupun petugas medis.

  • Manfaat topi operasi (nurse cap) bagi pasien yaitu untuk melindungi tubuh pasien dari mikroorganisme yang mungkin jatuh dari rambut dan kulit kepala petugas medis.
  • Sedang untuk petugas medis sendiri topi perasi (nurse cap) berguna untuk melindungi tubuh mereka dari paparan percikan darah atau cairah tubuh pasien yang bisa menyebabkan kontaminasi maupun infeksi.

Topi operasi (nurse cap) yang dibuat dari kain medis TR waterproof inipun umumnya memiliki bahan yang tahan terhadap cairan atau bahan kimia jadi sangat cocok digunakan untuk beberapa tindakan berikut.

  • Tindakan untuk melakukan operasi oleh dokter.
  • Tindakan Intubasi.
  • Tindakan Invasif.
  • Penghisapan bagian tubuh yang berlendir atau cairan tertentu.

Kain Medis

Sumber : https://www.walmart.ca/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah karakteristik kain medis TR waterproof dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih bahan kain medis yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian medis, masker maupun untuk keperluan lain?. Sebagai pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Medis TR Waterproof yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.