Article

Homepage Article Fashion Design 8 Tips Memilih dan Memadupadankan…

8 Tips Memilih dan Memadupadankan Celana Chino

Mencari celana pria yang bisa diandalkan untuk pelengkap gaya penampilan casual maupun formal sekaligus. Jika anda ingin mendapatkan celana yang berbahan kuat namun tetap lentur dan nyaman ketika digunakan maka mengenakan celana chino yang dibuat dari bahan kain twill stretch adalah jawabannya. 

Pengertian Celana Chino

Celana chino merupakan sejenis celana yang memiliki potongan seperti layaknya celana trouser dan biasa disebut dengan celana kerja, celana formal atau celana bahan. Model celana yang satu ini umumnya banyak dibuat dalam bentuk lurus dan baggy, namun dewasa banyak dimodifikasi hingga menyerupai celana jeans.

Dilihat dari sejarahnya, celana chino termasuk ke dalam jenis celana yang sudah menjadi trend dalam gaya orang Amerika maupun Eropa. Nama chino sendiri konon merujuk pada penyebutan negara Tirai Bambu (dalam pelafalan bahasa Spanyol) yang menjadi eksportir terbesar kain twill sebagai bahan dasar celana.

Sebagai salah satu jenis produk pakaian yang menawarkan banyak keunggulan, celana chino sendiri  diketahui pernah menjadi bagian dari trend Perang Dunia II. Untuk keperluan militer pun celana yang berkembang pada masa itu kebanyakan dibuat sesimple mungkin supaya dapat digunakan di medan yang keras dan berat.

Setelah perang berakhir, para prajurit militer kemudian menggunakan celana perangnya untuk menjalani aktivitas sehari-hari dan menginspirasi massyarakat umum di daratan Amerika untuk mengenakan celana chino sebagai outfit andalan saat berangkat ke kampus atau ke kantor.

Bahan Celana Chino

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, bahan celana chino sendiri awalnya memang banyak dibuat dari kain twill (100% katun) yang kemudian disebut sebagai “chino” dalam bahasa Spanyol. Namun seiring berjalannya waktu, bahan celana tersebut mulai banyak dikombinasikan dengan bahan spandek.

Kain Twill Stretch

Kain twill yang dibuat dari campuran spandek 2% umumnya memiliki tingkat kelenturan yang cukup bagus dan sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan produk sandang, tidak terkecuali celana chino.

  • Celana chino yang terbuat dari kain twill stretch umumnya memiliki permukaan kain yang lembut dan halus sehingga sangat nyaman digunakan seharian.
  • Celana chino juga tersedia dalam berbagai macam warna yang cukup beragam, mulai dari warna terang ke warna gelap.
  • Sebagai salah satu jenis celana yang bersifat semi formal, celana chino juga sering dipakai pada kesempatan santai atau kasual.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa kain twill stretch banyak digunakan sebagai bahan celana chino diantaranya:

  • Kain twill stretch memiliki tampilan yang cukup unik dengan ciri khas berupa motif diagonal pada permukaan kainnya.
  • Kain twill stretch tergolong kuat dan tahan lama.
  • Kain twill stretch bahannya adem dan nyaman digunakan seharian.
  • Kain twill stretch teksturnya cenderung sedikit kasar tetapi akan terasa sangat lembut dan dingin jika dipakai sebagai bahan pakaian.
  • Kain twill stretch dapat mengunci warna dengan baik sehingga warnanya tidak mudah pudar.  
  • Kain twill stretch bersifat melar, jadi sangat nyaman jika dipakai untuk pakaian yang pas karena bisa menyesuaikan bentuk tubuh.
  • Kain twill stretch memiliki tingkat kelenturan yang cukup baik apabila mendapatkan tekanan.
  • Daya serap kain twill stretch tergolong cukup bagus jadi sangat cocok untuk dipakai di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Seperti halnya jenis bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian, kain twill sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai tingkat ketebalan dan kerapatan tenunan yang berbeda-beda. Maka dari itu untuk mendapatkan kain yang benar-benar berkualitas pastikan anda selalu membelinya di toko kain yang terpercaya.

Butuh bahan kain twill stretch berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana chino maupun produk pelengkap fashion yang lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Twill Stretch dari kami.

Tips Memilih Celana Chino

Berencana untuk membeli celana chino tapi masih bingung menentukan model, warna dan ukurannya?. Biar tidak salah pilih berikut kami bagikan beberapa hal penting yang layak dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih celana chino yang sesuai dengan kebutuhan anda.

1. Bahan Celana

Pastikan celana chino yang hendak anda pilih terbuat dari bahan yang berkualitas, tidak panas saat dipakai dan memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal menyerap keringat. Untuk mengecek kandungan bahan celana chino anda bisa memeriksa bagian label yang disertakan pada pembelian kemeja.

Celana Chino

2. Potongan Celana

Berhati-hatilah dalam memilih potongan celana chino yang ingin dibeli. Meski pemilihan model celana chino ini bisa disesuaikan dengan selera dan style masing-masing orang, namun tidak ada salahnya jila anda mengetahui beberapa hal penting dalam menentukan cutting celana chino.

  • Untuk memberi efek lebih ramping gunakan celana chino yang menyempit dari bagian betis hingga pergelangan kaki.
  • Namun apabila anda memiliki ukuran kaki yang lebih besar, tidak ada salahnya untuk memilih potongan yang lebih lurus.

Celana Chino

Sumber : https://www.zalora.co.id/

3. Ukuran Celana

Untuk mendapatkan celana yang pas dan sesuai dengan bentuk badan pastikan ukurannya tidaklah terlalu longgar sehingga membuat tubuh jadi tenggelam dalam celana yang anda kenakan ataupun terlalu ketat saat dikenakan karena berisiko robek ketika anda duduk atau membungkukkan badan.

Beberapa bagian tubuh yang perlu diukur ketika anda hendak membeli celana chino diantaranya:

  • Lingkar Pinggang (Waist)

Untuk menentukan ukuran celana yang pas. Ukur bagian terkecil dari pinggang, bagian yang dimaksud yakni terletak di atas pusar dan di bawah tulang rusuk. Pastikan pita pengukurnya pas tapi tidak terlalu kencang.

  • Lingkar Pinggul (Hips)

Selesai mengukur bagian pinggang selanjutnya ukur bagian lingkar pinggul dengan cara melingkarkan pita pengukur ke sekeliling tulang pinggul.

  • Lingkar Paha (Thigh)

Bagian lingkar paha menjadi bagian berikutnya yang perlu di ukur untuk menentukan ukuran celana. Caranya lingkarkan pita pengukur pada paha bagian atas dan pastikan pita pengukur tidak sampai menekan kulit.

  • Kaki Bagian Dalam (Inside Leg)

Bagian kaki dalam menjadi bagian terakhir yang harus diukur untuk menentukan panjang celana. Cara paling mudah tempatkan pita pengukur secara vertikal di sepanjang paha bagian dalam dan ukur panjangnya ke bawah celana.

Dalam memilih celana chino pastikan bagian pinggangnya tidak terlalu longgar, jadi anda tidak perlu mengenakan sabuk untuk mengencangkan celana. Pastikan pula ukuran celana chino lebih longgar sekitar 1 inchi (2.5 cm) di bandingkan lebar paha supaya tidak membatasi pergerakan.

Jika kebetulan anda ingin membeli celana chino di toko online jangan lupa perhatikan pula beberapa hal penting sebagai berikut.

  • Periksa size chart yang disediakan oleh penjual. Size chart ini biasanya dapat diletakkan secara terpisah dengan gambar atau dimasukkan ke dalam deskripsi produk.
  • Saat membeli celana chino lihat dulu size chart yang tertera pada produk tersebut agar anda tidak salah dalam memilih ukuran.  
  • Jangan mengambil resiko untuk membeli sebuah celana chino kalau tidak memiliki keterangan size atau ukuran yang lengkap, bahkan tidak memiliki keterangan sama sekali.

Celana Chino

Sumber : https://www.blibli.com/

4. Panjang Celana

Saat memilih celana chino, anda perlu menentukan panjang celana yang pas dan dapat memaksimalkan tampilan bentuk kaki anda. Karena tiap-tiap orang umumnya memiliki ukuran badan yang berbeda maka anda juga harus berhati-hati dalam memilih panjang celana.

  • Jika anda memiliki kaki yang cenderung pendek sebaiknya kenakan celana chino panjang yang menutupi hingga mata kaki untuk membuat efek kaki yang terlihat jenjang.
  • Jika anda memiliki kaki jenjang anda bisa lebih leluasa dalam memilih ukuran panjang celana chino.

Celana Chino

Sumber : https://www.thebrightstock.com/

Untuk memaksimalkan gaya penampilan, celana chino panjang yang jatuh tepat di atas mata kaki akan terlihat lebih fashionable. Selain itu ada juga pilihan celana chino pendek yang panjangnya jatuh tepat di lutut atau bahkan di atas lutut.

  • Celana chino pendek sangat cocok digunakan sebagai pelengkap gaya casual.
  • Celana chino pendek dapat dijadikan sebagai outfit andalan saat hangout atau sekedar bersantai di rumah.
  • Celana chino pendek sangat mudah dipadupadankan dengan baju kemeja atau kaos yang berpotongan simple.

Celana Chino

Sumber : https://www.blibli.com/

5. Warna Celana Chino

Pemilihan warna yang tepat hampir selalu menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan ketika hendak membeli pakaian tidak terkecuali chino. Hal ini penting untuk dilakukan agar saat mengenakan celana tersebut anda juga menjadi makin percaya diri.

  • Pertimbangkan untuk memilih celana chino yang berkualitas dan warnanya sesuai dengan warna kesukaan anda.
  • Kalau mau aman anda bisa memilih celana chino yang berwarna netral supaya lebih mudah dipadu-padankan bersama setelan lainnya.
  • Sebagai alternatif lain anda juga bisa memilih celana chino yang warnanya sesuai dengan kontur kulit.

Celana Chino

Sumber : https://mallonlineindonesia.com/

Sebagai pelengkap gaya penampilan formal dan casual, celana chino yang paling umum digunakan pria kebanyakan didominasi warna-warna khaki, navy, abu-abu dan hijau olive. Celana chino dengan rangkaian warna ini memang paling mudah untuk dikombinasikan dengan baju model apa pun.

  • Celana chino warna  khaki, navy, abu-abu dan hijau olive menjadi alternatif celana yang bisa diandalkan untuk anda yang suka berpenampilan smart casual tetapi tetap mengutamakan kenyamanan.  
  • Celana chino warna hitam menjadi salah satu jenis celana yang bisa diandalkan untuk pelengkap gaya penampilan formal.
  • Kalau anda menyukai penampilan yang menantang, celana chino dengan warna mencolok seperti merah dan biru terang bisa menjadi pilihan.
  • Untuk busana musim panas saat liburan ke pantai warna pink juga menjadi alternatif lain yang bisa anda coba.

Terlepas dari warna apapun yang anda pilih, kunci paling penting yang harus diperhatikan jika anda ingin mendapatkan tampilan yang keren adalah selalu padukan celana chino dengan busana penutup tubuh bagian atas yang berwarna lebih netral dan klasik.

6. Utamakan Kualitas

Untuk anda yang berencana membeli celana chino, utamakan kualitas ketimbang kuantitasnya. Jangan sampai hanya karena tergiur denga harga pakaian yang murah lantas anda mengorbankan kenyamanan yang seharusnya anda dapatkan ketika memakai celana chino itu sendiri.

7. Jahitan Celana Chino

Periksa dengan teliti jahitan celana chino sebelum anda membelinya untuk memastikan bahwa celana chino yang anda beli memang benar-benar berkualitas baik. Celana chino yang bagus seharusnya dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus.

Beberapa kriteria yang menjadi faktor penentu dari kualitas celana chino terkait dengan jahitan yang digunakan diantaranya:

  • Memiliki jahitan yang rapi, tidak terputus dan kuat.
  • Jarak antar jahitan satu dengan jahitan lainnya tampak sama dan konstan.
  • Jahitannya ketika ditarik tidak akan merenggang.
  • Sambungan antar jahitannya pun akurat dan sangat rapi.
  • Tidak adanya sisa benang pada ujung jahitan.

Celana Chino

Sumber : https://www.uniqlo.com/

8. Harga Celana Chino

Sebagai pelengkap gaya penampilan formal dan casual, celana chino kebanyakan memang dijual dengan rentang harga yang cukup bervariasi. Maka dari itu untuk menghemat pengeluaran sebaiknya sesuaikan harga celana chino yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan.

  • Keika memilih celana chino tidak masalah bila anda mencari harga yang murah asalkan kualitasnya benar-benar bagus.
  • Usahakan untuk selalu membeli celana chino dari toko yang sudah terpercaya. Dengan begitu maka anda akan mendapatkan kualitas yang sesuai dengan harga.

Padupadan Celana Chino

Sebagai salah satu fashion item serbaguna yang wajib dimiliki setiap pria, celana chino memang tidak hanya ideal untuk penampilan kasual tapi juga cocok digunakan untuk acara yang lebih formal. Untuk memudahkan anda dalam memadupadankan celana chino, simak dulu yuk tips berikut.

Untuk memberikan kesan lebih formal saat ke kantor coba kenakan celana chino warna hitam dengan kemeja yang berwarna cerah.
Sebagai alternatif lain anda juga bisa mengenakan celana chino panjang berwarna cream dengan kemeja berwarna gelap untuk membuat tampilan lebih kontras.

  • Padukan celana chino yang berwatna abu-abu dengan polo shirt berwarna putih jika anda ingin tampil stylish dengan gaya yang tidak terlalu santai tapi juga tidak terlalu formal.
  • Untuk keperluan hangout kenakan celana chino panjang yang diciptakan dalam warna coklat atau warna lain yang sejenis dengan kaos bermotif garis-garisi.
  • Buat anda yang suka tampil unik tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk memadupadankan celana chino panjang berwarna gelap dengan kemeja yang bermotif abstrak.
  • Pilih celana chino pendek yang diciptakan dalam warna gelap kemudian padukan dengan jaket denim jika anda mau tampil lebih macho.

Belum menemukan kemeja, kaos ataupun polo shirt yang cocok dipadukan dengan celana chino?.    Kalau anda tertarik untuk menjahit kemeja, kaos ataupun polo shirt tapi malas membuat polanya,  maka mendownload Pola Baju siap pakai dari kami bisa menjadi pilihan paling tepat yang bisa anda coba.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana dalam memilih dan memadupadankan celana chino sesuai dengan kebutuhan anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan celana chino yang tepat ternyata banyak sekali hal penting yang harus dipertimbangkan.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk memilih celana chino yang bagus dan tepat sesuai ukuran badan. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik yang dapat dijadikan referensi dalam memilih model busana lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.