Article

Homepage Article Fashion Design 8 Dampak Baik dan Dampak…

8 Dampak Baik dan Dampak Buruk Menjemur Baju di Bawah Panas Matahari

Biasa menjemur baju secara langsung di bawah sinar matahari untuk waktu yang cukup lama?. Sekalipun bisa membuat baju jadi lebih cepat kering, ternyata kebiasaan menjemur baju di bawah sinar matahari juga memiliki dampak beberapa dampak baik dan buruk yang mungkin tidak banyak orang ketahui lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Menjemur Baju di Bawah Matahari

Kebiasaan menjemur baju di bawah matahari / menggunakan panas matahari untuk mengeringkan baju, sampai saat ini masih menjadi salah satu cara tradisional yang paling populer dan disukai oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia termasuk masyarakat Indonesia seiring dengan maraknya penggunaan pengering pada mesin cuci.

Menjemur Baju

Sumber : https://www.etsy.com/

Meski sepintas tidak ada yang istimewa, namun kebiasaan menjemur baju di bawah sinar matahari ini ternyata juga memiliki dampak baik dan dampak buruk yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang lho.

Dampak Baik dan Dampak Buruk

Mau tahu apa saja dampak baik yang bisa dirasakan manfaatnya ketika kamu memilih untuk menjemur baju secara tradisional dengan bantuan sinar matahari. Berikut adalah beberapa dampak baik dari penggunaan panas matahari untuk mengeringkan baju.

1. Menghemat Energi

Menjemur baju di bawah sinar matahari cenderung lebih hemat energi dibanding proses pengeringan baju dengan menggunakan mesin pengering bertenaga listrik.

  • Ketika kamu mengeringkan baju dengan menggunakan fitur pengering pada mesin cuci, maka pemakaian listrik kamu pastinya akan semakin bertambah.
  • Pemakaian listrik yang bertambah secara otomatis juga akan berdampak pada naiknya tagihan listrik yang harus kamu keluarkan.

Menjemur Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Menghemat Uang

Dari segi biaya yang harus dikeluarkan, menjemur baju di bawah sinar matahari juga dinilai lebih hemat karena alat-alat yang diperlukan sangatlah sederhana, hanya bermodalkan tali, paku dan tiang.

Dengan menjemur baju di bawah matahari maka tagihan listrikmu tidak akan naik. Kalau mau lebih berhemat lagi kamu juga bisa membiasakan diri untuk sering-sering mencuci baju dengan tangan dari pada mesin cuci.

3. Menghindari Penyusutan

Penggunaan sinar matahari yang hangat dapat membantu mengeringkan baju secara alami dan  mencegah terjadinya penyusutan pada baju yang kamu miliki, meski memang prosesnya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pengering pada mesin cuci.

Tapi harus diingat juga lama tidaknya proses pengeringan baju ini bisa saja berbeda antara baju yang satu dengan yang lain tergantung pada bahan yang digunakan untuk membuatnya dan cerah tidaknya cuaca saat kamu menjemur baju.

4. Membuat Baju Lebih Awet

Menjemur baju di bawah sinar matahari dengan cara dibentangkan atau digantung dengan hanger, bisa mengurangi tegangan pada kain dibandingkan baju yang dikeringkan dalam kondisi tidak beraturan dan terlipat dengan pengering pada mesin cuci.

Dengan kata lain kebiasaan mengeringkan baju di bawah sinar matahari bisa membuatnya menjadi lebih awet dibanding baju yang biasa dikeringkan dengan fitur pengering pada mesin cuci.

  • Penggunaan pengering mesin cuci dapat membuat serat kain menjadi aus dan dua kali lipat lebih mudah aus dibandingkan baju yang dikeringkan secara alami.
  • Serat kain yang aus ditandai dengan kain yang semakin menipis terutama pakaian yang terbuat dari katun dan wol.

Menjemur Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Membunuh Kuman Dan Bakteri

Menjemur baju di bawah sinar matahari yang terik hingga benar-benar kering bisa membantu membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada baju. Selain itu kandungan sinar ultraviolet yang terdapat pada matahari juga efektif untuk menghilangkan noda baju secara alami.

  • Menjemur baju di bawah sinar matahari dapat membantu membunuh kuman, bakteri, dan jamur yang mungkin ada pada baju.
  • Menjemur baju di bawah sinar matahari dapat membantu menjaga kebersihan baju dan memudarkan noda yang belum sepenuhnya hilang saat dicuci.

Menjemur Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Mengilangkan Bau Tidak Sedap

Menjemur baju di bawah sinar matahari dapat menghilangkan bau tidak sedap pada baju karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sinar matahari bisa membantu mendisinfeksi bakteri pada baju dan membunuh bakteri yang bisa menyebabkan bau apek pada baju.

Menjemur Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

Meski menawarkan banyak sekali manfaat, tapi kebiasaan menjemur baju di bawah sinar matahari ternyata juga punya dampak buruk lho. Beberapa diantaranya:

1. Warna Baju Memudar

Menjemur baju terlalu lama di bawah sinar matahari yang terik, dapat membuat warna baju jadi kusam dan memudar karena sinar matahari sendiri diketahui mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak pigmen warna pada kain.

  • Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berkepanjangan dapat memecah ikatan kimia antara pigmen warna dan serat pakaian sehingga menyebabkan perubahan warna atau pemudaran warna.
  • Sinar matahari juga dapat memicu reaksi oksidasi pada pigmen warna baju. Pigmen yang rentan terhadap oksidasi ini akan cenderung lebih mudah memudar saat terpapar sinar matahari.

2. Membuat Baju Jadi Kaku

Terlalu lama menjemur baju di bawah sinar matahari yang panas dapat menyebabkan baju menjadi kaku, kering dan sulit untuk disetrika. Selain itu proses pengeringan yang berlebihan juga dapat merusak elastisitas pada baju seperti bra atau baju dalam.

Untuk mengantisipasi hal buruk yang tidak diinginkan seperti perubahan warna dan kerusakan lain yang tidak diinginkan, penting bagi kamu untuk menjemur baju dengan bijaksana di bawah sinar matahari.

  • Perhatikan petunjuk perawatan pada label baju untuk memastikan bahwa menjemur di bawah sinar matahari tidak akan merusak baju tersebut.
  • Biasakan untuk membalik baju sehingga bagian dalamnya berada di luar dan bagian luarnya ada di dalam. Dengan membalik baju, kamu bisa mengurangi kontak langsung antara sinar matahari dan bagian baik baju yang lebih rentan terhadap pemudaran.
  • Jika memungkinkan pilih waktu menjemur yang tidak terlalu terik misal di pagi hari atau tempatkan baju yang sudah setengah kering di tempat yang teduh tanpa membiarkannya terpapar sinar matahari terlalu lama.
  • Gunakan produk perawatan pakaian yang dirancang untuk melindungi dan membantu mempertahankan kecerahan warna baju.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah dampak baik dan buruk yang mungkin terjadi ketika kamu memilih untuk mengeringkan baju secara langsung di bawah paparan sinar matahari. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan kamu supaya lebih bijak dalam mengeringkan baju.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju pria, baju wanita dan baju anak-anak?. Sebagai bahan pertimbangan intip dulu yuk koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.