Article

Homepage Article Kain 6 Fakta Menarik Kain Kanvas…

6 Fakta Menarik Kain Kanvas Yang Belum Banyak Orang Tahu

Merasa cukup familiar dengan kain kanvas yang biasa dipakai untuk melukis, membuat baju dan membuat berbagai produk pelengkap rumah tangga?. Sebagai salah satu jenis kain yang populer untuk membuat produk garmen atau tekstil, kain kanvas ternyata juga memiliki cerita tersendiri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Kanvas

Kain kanvas termasuk ke dalam salah satu bahan kain yang memiliki sifat umum yaitu berserat tebal, kuat dan susunan benangnya terlihat jelas. Bergantung ada fungsi dan tujuan pemakaiannya, bahan kain kanvas inipun juga memiliki beberapa tingkatan ketebalan yang berbeda-beda, mulai dari yang tipis hingga yang tebal.

Fakta Menarik Kain Kanvas

Seperti layaknya bahan kain yang digunakan untuk membuat produk garmen atau tekstil, bahan kain kanvas sendiri juga memiliki banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Berikut beberapa fakta tentang kain kanvas yang penting untuk kamu ketahui.

1. Ada Sejak Abad Ke-13

Catatan sejarah menyebutkan bahan kain kanvas sebenarnya sudah ada sejak abad ke-13, dimana pada zaman itu kain kanvas yang berkembang biasa terbuat dari bahan rami dengan warna kecoklatan polos bertekstur kokoh dan kuat.

Dari yang awalnya dibuat dari rami, seiring dengan berkembangnya zaman khususnya dibidang tekstil, bahan yang dipakai untuk pembuatan kain kanvas terbuat kemudian mulai digantikan dari bahan katun kemudian serat sintetis seperti PE.

2. Nama Awalnya Cannapaceus

Istilah yang digunakan untuk menyebutkan bahan kain kanvas sendiri konon berasal dari turunan bahasa latin yaitu “Cannapaceus” yang berarti terbuat dari rami.

Masih di abad yang sama, yakni pada abad ke-13 pelafalan Cannapaceus lantas digantikan dengan penyebutan Canevas dalam bahasa Perancis karena dianggap lebih mudah diucapkan dan diingat. Sehingga orang-orang mengenalnya dengan sebutan Canevas (kanvas-red).

3. Digunakan Untuk Media Lukis

Penggunaan bahan kain kanvas secara luas terjadi selama masa renaisance di Italia pada abad ke-16 dan sering digunakan sebagai media untuk melukis karena karakternya yang kuat, kokoh, serta bisa mudah digunakan di lingkungan yang lembab.

Sebagai media yang umum digunakan dalam seni lukis dengan cat minyak atau cat akrilik, kain kanvas biasa diencangkan di atas rangka. Permukaan kain kanvas yang bertekstur juga membuat lukisan yang dihasilkan jadi menarik dan tahan lama.

4. Tingkat Ketebalannya Bervariasi

Bahan kain kanvas tersedia dalam berbagai tingkat ketebalan, mulai dari yang tipis dan ringan hingga yang tebal dan berat. Tingkat ketebalan yang dimiliki kanvas juga memengaruhi tingkat kekuatan dan kegunaan kain kanvas itu sendiri.

5. Punya Banyak Keunggulan

Sekalipun tingkat ketebalannya cukup bervariasi, kain kanvas tetap dikenal sebagai salah satu bahan kain yang punya banya keunggulan. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi keunggulan bahan kain kanvas diantaranya:

  • Kain kanvas terkenal kuat dan tidak mudah robek.
  • Kain kanvas cukup awet dan tahan pada semua medan serta kondisi cuaca.
  • Kain kanvas mudah untuk dibersihkan dan proses pengeringannya juga lumayan cepat.

6. Pemanfaatannya Sangat Luas

Kain kanvas memiliki ketebalan yang sempurna untuk membuat berbagai macam barang. Tidak hanya terbatas untuk media melukis saja, namun seiring dengan berkembangnya zaman, kain kanvas  juga mulai digunakan sebagai bahan utama pembuatan industri manufaktur seperti tekstil dan garmen.

Untuk pelengkap kebutuhan rumah tangga misalnya, kain kanvas sering dimanfaatkan sebagai bahan sarung bantal sofa (cushion), bean bag, table runner dan berbagai produk lain yang tidak kalah menarik.

  • Sarung Bantal Sofa

Sarung bantal sofa (cushion) merupakan kain penutup yang berfungsi untuk membantu melindungi bantal dari kotoran dan menghias bantal sofa.

Fakta Kain Kanvas

Sumber : https://vi.aliexpress.com/

  • Bean Bag

Bean bag merupakan tempat duduk tanpa sandaran yang biasa diisi dengan butiran styrofoam. Bentuknya pun dapat bervariasi, mulai dari kotak, bulat dan lain sebagainya.

Fakta Kain Kanvas

Sumber : https://www.mooiliving.com.au/

  • Table Runner

Table runner merupakan sejenis kain panjang dan ramping yang biasa digunakan untuk melindungi permukaan meja dari noda atau kerusakan lain yang disebabkan oleh panas atau cairan.

Fakta Kain Kanvas

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk pelengkap fashion kain kanvas sering dimanfaatkan sebagai bahan jaket, tas, sepatu, pouch dan lain sebagainya.

  • Jaket

Jaket merupakan sejenis outer yang dapat dimanfaatkan menghangatkan tubuh saat dingin dan melindungi kulit agar tidak terbakar saat siang hari. Untuk pilihan modelnya jaket bahan kanvas sendiri sebenarnya tidak memiliki model spesifik tertentu.

Beberapa model jaket yang dimaksud antara lain berupa:

  • Jaket parka yang memiliki ukuran lumayan panjang hingga bagian lutut dan biasanya dilengkapi dengan hoodie untuk penutup kepala serta drawstrings di bagian pinggang.

Fakta Kain Kanvas

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Jaket bomber yang memiliki ciri khas menggembung atau bulky. Jaket ini awalnya dibuat untuk pilot pesawat pengebom namun kini berkembang menjadi trend fashion.

Fakta Kain Kanvas

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Jaket harrington yang diperoleh dari perpaduan antara jaket semi formal dan jaket casual umumnya banyak dibuat dalam ukuran panjang sebatas pinggang dan memiliki furing kotak-kotak di bagian dalamnya.

Fakta Kain Kanvas

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Jaket trucker berpotongan klasik yang dilengkapi dengan saku di bagian sisi kiri dan kanannya. Jaket ini dulu banyak dibuat dari kain denim tapi kini banyak juga yang dibuat dari kain kanvas.

Fakta Kain Kanvas

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Tas

Tas kanvas merupakan sejenis kantong yang dilengkapi dengan pegangan dan didesain supaya mudah dibawa/dijinjing. Untuk pilihan modelnya tas yang dibuat dari kain kanvas inipun ada banyak mulai dari tas backpack, tas tote bag hingga tas sling bag.

Fakta Kain Kanvas

Sumber : https://www.etsy.com/

  • Sepatu

Sepatu kanvas merupakan sejenis sepatu yang mempunyai sifat fleksibel dan tahan lama. Selain nyaman dipakai, sepatu kanvas ini umumnya juga memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak mudah bau meski digunakan dalam waktu lama.

Fakta Kain Kanvas

Sumber : https://vi.aliexpress.com/

  • Pouch Bag

Pouch bag alias tas mini merupakan tas yang dapat difungsikan untuk menyimpan berbagai macam pernak-pernik atau barang yang tidak terlalu besar. Pouch bag ini bisa juga dipakai untuk souvenir pernikahan.

Fakta Kain Kanvas

Sumber : https://www.shopstitchandrivet.com/

Sementara untuk kain kanvas dengan teknik finishing khusus seperti finishing waterproof juga dapat dimanfaatkan untuk cover cargo, cover truk, alas dan layar.

Fakta Kain Kanvas

Sumber : https://www.ebay.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang kain kanvas dan pemanfaatannya saat ini. Dengan mengetahui banyaknya fakta menarik yang dimiliki kain kanvas semoga pengetahuan kamu tentang kain jadi makin bertambah.

Butuh bahan kain kanvas berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket, tas, sepatu, pouch dan berbagai produk lain yang tidak kalah menarik?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Bahan Kanvas terbaik yang kami miliki yuk.

Download juga Pola Jaket Parka dan Pola Jaket Bomber siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket parka dan jaket bomber sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.