Article

Homepage Article Fashion Design 3 Larangan Terkait Tata…

3 Larangan Terkait Tata Cara Berbusana Saat Perayaan Tahun Baru Imlek

Siap menyambut tahun baru Tahun Baru Imlek 2023 yang jatuh pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2023. Untuk menghindari kemungkinan terjadinya salah kostum cari tahu dulu yuk seperti apa aturan dan pantangan berbusana yang sebaiknya dipatuhi saat perayaan tahun baru Imlek.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Perayaan Imlek

Perayaan Imlek merupakan tradisi yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan harapan akan rezeki yang melimpah. Perayaan Imlek sendiri biasa dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15.

Imlek

Sumber : https://www.chinahighlights.com/

Selain diperingati dengan tradisi yang unik, masyarakat Tinghoa biasanya juga menyiapkan pakaian khusus untuk perayaan tersebut. Alasannya yaitu karena pakaian yang dikenakan saat Imlek bukan hanya menunjang penampilan namun juga memiliki makna simbolis yang menentukan nasib penggunanya selama setahun ke depan.

Imlek

Sumber : https://shufalife.com/

Berpegang pada tradisi Imlek yang menekankan gagasan perubahan, awal yang baru dan menghilangkan yang lama, masyarakat Cina biasa melakukan rutinitas unik yakni membeli baju baru menjelang perayaan Imlek yang biasa didominasi warna-warna cerah, termasuk warna merah dan emas yang sarat akan makna.

  • Warna merah dan emas menjadi simbol keberuntungan, yang bisa mengusir Nian (makhluk yang membawa keburukan dalam legenda Nian).
  • Selain warna emas, warna kuning juga sering dipasangkan dengan warna merah sebagai ganti warna emas.

Larangan Berbusana Saat Imlek

Terkait dengan tata cara berbusana, saat perayaan Imlek di Cina ada tradisi yang mengatur soal pakaian yang sebaiknya tidak dikenakan saat merayakan Imlek karena hal tersebut sangat erat kaitannya dengan kesialan dan simbol-simbol buruk.

Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang tidak diinginkan berikut kami bagikan beberapa larangan berbusana saat perayaan Tahun Baru Imlek yang perlu anda ketahui.

1. Memakai Pakaian Berwarna Hitam dan Putih

Menurut kepercayaan tradisional Cina, saat Tahun Baru Imlek masyarakat Tionghoa tidak boleh memakai baju warna hitam putih karena orang yang mengenakan pakaian dengan warna hitam dan putih diyakini akan sangat tidak beruntung sepanjang bulan di tahun baru imlek.

  • Mengenakan pakaian dengan warna hitam dan putih di saat perayaan Imlek dipercaya dapat memberikan efek negatif dan menghalau keberuntungan.
  • Dalam tradisi Tiongkok Warna hitam dan putih diasosiasikan sebagai warna yang identik dengan kabar duka atau kegiatan melayat.
  • Warna hitam yang berkaitan dengan elemen air merupakan warna yang melambangkan kegelapan.
  • Sementara warna putih yang dianggap kebalikan dari merah kerap digunakan untuk mengekspresikan kesedihan.

Imlek Imlek

Sumber : https://www.sacres-coupons.com/, https://www.indiamart.com/

Jadi kalau sahabat Fitinline ingin mendapat kemakmuran dan terhindar dari hal-hal buruk, maka anda bisa menggunakan pakaian yang didesain dalam warna-warna cerah seperti merah, hijau biru, oranye dan kuning saat perayaan tahun baru Imlek.

2. Memakai Sepatu Yang Dibeli di Hari Imlek

Aturan berikutnya yang sebaiknya tidak anda langgar saat imlek yaitu pantangan memakai sepatu yang dibeli di hari Imlek. Lebih spesifik lagi jenis sepatu yang dimaksud yakni berupa sepatu dengan gaya bertali karena dimaknai sebagai simbol kerumitan hidup.

  • Sebagian masyarakat Tiongkok percaya bahwa membeli sepatu di hari Imlek kemudian mengenakannya merupakan suatu hal yang tabu atau tidak boleh dilanggar.
  • Dalam kepercayaan tradisional Cina sepatu yang baru dibeli di hari Imlek tersebut justru dianggap sebagai simbol kesialan.

Imlek

Sumber : https://www.pexels.com/

Atas dasar itulah saat perayaan Imlek sebisa mungkin kenakanlah sepatu baru yang dibeli jauh-jauh hari sebelum perayaan tahun baru Imlek.

  • Untuk pelengkap gaya penampilan wanita anda bisa memilih sepatu model pump shoes, ankle boots, ballet flats maupun sepatu hak tinggi model stiletto untuk tampilan lebih elegan.
  • Sementara untuk pelengkap gaya penampilan pria kenakan sepatu oxford yang formal namun tetap berkesan casual maupun sepatu model slip on yang simple dan casual.

3. Memakai Pakaian Yang Robek atau Rusak

Penggunaan pakaian yang robek atau sudah rusak sebaiknya juga sangat dihindari pada saat perayaan Imlek. Bahkan jika anda ingin membeli pakaian baru dan berniat untuk mengenakannya saat tahun baru Imlek, pastikan pakaian tersebut tidak robek atau rusak.

  • Mengenakan pakaian robek atau rusak di perayaan tahun baru Imlek dipercaya dapat memicu kesialan lain sepanjang tahun.
  • Untuk mengantisipasi hal tersebut jangan memakai pakaian yang sobek, terutama dalam dua minggu pertama dimulai dari tahun baru Imlek.

Imlek

Sumber : https://kingcounty.gov/

Selain mengatur mengenai tata cara berbusana, masyarakat Tionghoa juga mempercayai bahwa kegiatan menjahit atau lebih tepatnya kegiatan yang berhubungan dengan jarum ketika perayaan Imlek, ternyata juga disarankan untuk tidak dilakukan karena dapat mendatangkan nasib buruk.

Berikutnya pada perayaan Imlek terdapat pula larangan mencuci pakaian di hari hari pertama dan kedua Imlek. Alasannya yaitu karena dua hari pertama di tahun baru Imlek diperingati sebagai hari lahirnya Shuishen (Dewa Air).

Mencuci pakaian pada hari pertama dan kedua Tahun Baru Imlek konon juga dianggap menghilangkan keberuntungan yang sudah didapatkan sepanjang tahun lantaran air yang dituangkan setelah mencuci pakaian diibaratkan dengan menuangkan atau menguras kekayaan.

Kalaupun anda ingin mencucinya karena tidak mau berlama-lama menyimpan pakaian kotor hingga perayaan tahun baru Imlek, maka anda bisa mencuci pakaian tersebut setelah makan malam sebelum hari tahun baru Imlek.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa pantangan berbusana yang sebaiknya anda hindari saat perayaan tahun baru Imlek. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih outfit yang tepat saat perayaan tahun baru Imlek ya.

Butuh bahan kain satin dan kain katun berkualitas dengan harga murah untuk membuat cheongsam?. Sebagai bahan pertimbangan sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Satin dan Kain Katun yang kami miliki.

Simak juga 6 Fakta Menarik Baju Cheongsam Yang Sering Dipakai Saat Imlek dan Perbedaan Baju Imlek Cheongsam dan Baju Imlek Changshan kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang cheongsam.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.