Article

Homepage Article Fashion Design 4 Cara Memanfaatkan Pakaian…

4 Cara Memanfaatkan Pakaian Bekas Dengan Metode Upcycling Fashion

Punya banyak koleksi pakaian bekas yang sudah usang dan cukup lama tidak terpakai?. Dari pada dibiarkan menganggur dan menumpuk dalam almari pakaian, barangkali akan lebih berguna jika anda menyulapnya menjadi sebuah pakaian baru dengan metode upcycling fashion.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Definisi Upcycling Fashion

Upcycling fashion dapat didefinisikan sebagai suatu cara baru untuk mendaur ulang pakaian bekas yang sudah rusak alias tidak terpakai menjadi jenis pakaian baru yang lebih bermanfaat, memiliki nilai jual tinggi dan dari segi tampilan juga lebih bagus dari bentuk aslinya.

Sedikit berbeda dengan recycle fashion, prinsip upcycling fashion sendiri di dalamnya tidak melibatkan proses penghancuran untuk mengubah produk pakaian yang sudah tidak terpakai menjadi suatu bahan baru.

  • Proses upcycle tidak melibatkan penghancuran sampah, melainkan menggunakannya untuk fungsi yang lain atau bisa jadi sama.
  • Upcycling identik dengan daur ulang barang anorganik dan proses pengerjaannya lebih mengutamakan kreativitas pendaur ulang.

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari adanya metode upcycling fashion diantaranya:

  • Meminimalisir polusi udara bahkan emisi gas rumah kaca karena melalui metode upcycling fashion, para pelaku industri telah mengurangi kebutuhan energi untuk memproduksi bahan baru.
  • Metode upcycling fashion juga membantu bisnis lokal, penjahit dan komunitas-komunitas lokal untuk berkembang.
  • Dengan membeli produk upcycling fashion konsumen bisa mendapatkan produk yang eksklusif dan mungkin tidak dimiliki oleh orang lain karena kuantitasnya terbatas.

Dalam pelaksanaannya pun metode upcycling fashion dapat dilakukan oleh siapa saja, baik itu orang yang berpengalaman dan menguasai banyak teknik menjahit ataupun orang tidak memiliki pengalaman menjahit sama sekali karena dalam proses pengerjaannya tiap orang bisa dengan bebas menyesuaikan teknik dan desain yang dipilih.

Metode Upcycling Fashion

Berdasarkan tekniknya, metode upcycling fashion sendiri secara umum dapat dibedakan ke dalam beberapa macam teknik dasar. Pertama yakni menggabungkan pakaian, kedua merubah model pakaian, menambahkan hiasan pada pakaian dan yang terakhir mewarnai ulang pakaian bekas.

1. Menggabungkan Pakaian

Untuk mengubah limbah fashion menjadi barang baru yang unik dan memiliki nilai fungsi lebih gabungkan dua atau beberapa potong pakaian menjadi satu. Pemilihan pakaian yang akan anda modifikasi pun bebas tidak harus sama.

  • Untuk menerapkan cara ini coba seleksi pakaian mana yang akan dipakai dan yang tidak akan dipakai.
  • Pilah juga pakaian dari segi model, warna, motif dan bahannya agar anda lebih mudah untuk berkreasi.
  • Setelahnya anda tinggal mencari referensi dari internet atau majalah fashion untuk menemukan model baju yang sesuai dengan keinginan anda. 

Untuk pelengkap gaya penampilan saat hangout misalnya anda bisa mengadaptasi half and half fashion trend dengan cara menggabungkan dua potong jaket denim yang berlainan warna menjadi satu.

Upcycling Fashion

Sumber : https://www.revolve.com/

Tidak hanya terbatas pada jaket saja, trend half and half ini pada prinsipnya juga bisa diaplikasikan pada berbagai jenis item fashion yang lain seperti kaos, blazer, blus wanita, kemeja, dress, celana hingga rok wanita.

Upcycling Fashion

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Upcycling Fashion

Sumber : https://aesthentials.com/

Untuk gaya yang lebih trendy gabungkan dua item fashion yang berlainan, misalnya saja jaket denim dan kemeja flannel yang memiliki motif sangat khas.

  • Caranya bongkar jahitan lengan jaket denim dan lengan kemeja flannel dengan pendedel.  
  • Pasangkan lengan bagian kanan kemeja flannel pada bagian kerung lengan kanan jaket, begitu pula untuk lengan bagian kiri.
  • Jahit bagian lengan kemeja flannel dan bagian utama jaket kemudian rapikan dengan teknik menjahit yang sesuai melalui bagian buruk jaket.

Upcycling Fashion

Sumber : https://www.stylebistro.com/

Buat anda yang mau tampil feminim dengan menggunakan kreasi rok bekas, menggabungkan rok plisket dengan rok model A-line juga menjadi alternatif pilihan seru yang bisa anda coba. 

Upcycling Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Merubah Model Pakaian

Untuk merubah model pakaian bekas anda bisa mengeliminasi atau memotong beberapa bagian pakaian. Sebagai bahan percobaan anda bisa memodifikasi kaos menjadi tanktop atau crop top yang fashionable.

Upcycling Fashion

Sumber : https://clonesnclowns.wordpress.com/

Opsi lain ubah tampilan pakaian bekas jadi lebih sederhana dengan cara mengganti bagian kerah kemeja lama menjadi baju koko, menyulap kemeja formal menjadi blouse casual dengan variasi kerah baru atau justru menyulap kerah kemeja menjadi kerah palsu.

Khusus untuk anda yang ingin membuat menyulap kerah kemeja menjadi kerah palsu anda bisa menyimak kembali Tutorial Membuat Kerah Palsu Yang Mudah Anda Ikuti.

Berikutnya anda juga bisa memodifikasi pakaian bekas yang semula didesain untuk penutup tubuh bagian atas seperti halnya kemeja menjadi rok atau celana, begitu pula sebaliknya.

Upcycling Fashion

Sumber : https://www.domsmall.gq/

3. Menambahkan Hiasan Pada Pakaian

Untuk memperbaiki pakaian lama supaya terlihat baru coba tambahkan hiasan pada pakaian yang anda miliki. Dalam hal ini anda bisa mencoba menutupi lubang pada pakaian dengan kain perca atau patches.

Khusus untuk anda yang ingin menambahkan kain perca pada pakaian anda bisa mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut.

  • Siapkan pakaian yang ingin anda hias beserta kain perca untuk hiasannya.
  • Tandai bagian utama pakaian yang ingin anda hias.
  • Potong bahan kain perca sesuai pola hias yang ingin anda buat pada pakaian.
  • Tempelkan kain perca pada pakaian kemudian jahit bersamaan dengan bagian utama pakaian.

Upcycling Fashion

Sumber : https://www.pdmrx.top/

Cara serupa juga bisa anda lakukan untuk menambahkan detail patches di beberapa bagian pakaian.

  • Pertama-tama siapkan pakaian yang ingin anda hias beserta detail patches untuk hiasannya.
  • Tandai bagian utama pakaian yang ingin anda hias.
  • Tempelkan detail patches pada pakaian kemudian jahit bersamaan dengan bagian utama pakaian.

Upcycling Fashion

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Untuk pakaian yang bernoda andapun bisa menyamarkannya dengan cara menambahkan lukisan, renda, bordir, serta memberi manik-manik dan aksen kekinian yang lain.

Upcycling Fashion

Sumber : https://shodg.com/

3. Mewarnai Ulang Pakaian

Selain menambahkan aksesoris dan mengubah bentuk pakaian, anda juga bisa mencoba mengubah warna pakaian dengan menggunakan teknik dip dye atau tie dye.

  • Dip dye sendiri merupakan teknik pencampuran warna yang menampilkan gradasi dari warna gelap ke warna yang lebih terang atau sebaliknya.

Upcycling Fashion

Sumber : https://www.popsugar.co.uk/

  • Sementara tie dye merupakan teknik mewarnai dengan cara mengikat baju sebelum dicelupkan atau disemprot dengan pewarna pakaian.

Upcycling Fashion

Sumber : https://parade.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai definisi upcycling fashion, lengkap dengan sejumlah teknik sederhana yang bisa diterapkan untuk menyulap pakaian bekas bekas menjadi baru lagi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pastikan anda selalu mengerjakan seluruh prosesnya dengan rapi dan berhati-hati ya.

Semoga informasi yang kami bagikan bisa menginspirasi anda untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan limbah pakaian bekas dan mengubahnya menjadi produk yang bernilai tinggi. Kalau sahabat Fitinline butuh bahan kain yang berkualitas untuk membuat pakaian, anda bisa mendapatkannya Di Sini

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.