Article

Homepage Article Fashion Muslim 7 Tips Untuk Kamu Yang Baru…

7 Tips Untuk Kamu Yang Baru Mulai Belajar Memakai Hijab

Baru  pertama kali belajar mengenakan hijab?. Untuk alasan kenyamanan, berikut  kami bagikan beberapa persiapan sebelum berhijab yang bisa kamu pertimbangkan, agar pengalaman berhijab yang kamu dapatkan jadi lebih menyenangkan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Fungsi Penting Dari Hijab

Hijab adalah sepotong kain yang biasa dikenakan di sekitar kepala dan leher wanita. Tergantung pada konteks budaya, agama dan individu yang memakainya, hijab sendiri pada prinsipnya juga memiliki berbagai fungsi yang bervariasi lho. Beberapa diantaranya:

  • Dalam Islam hijab dapat difungsikan untuk menutupi rambut, leher dan tubuh bagian atas, agar tidak terlihat oleh pria yang bukan mahramnya.
  • Dalam beberapa budaya, hijab juga merupakan bagian dari identitas dan warisan budaya. Cara seseorang mengenakan hijab bisa mencerminkan asal-usul etnis, tradisi keluarga atau identitas budaya mereka.
  • Untuk beberapa daerah dengan iklim panas atau berdebu, hijab dapat memberikan perlindungan fisik terhadap sinar matahari yang berlebihan, debu atau polusi udara.
  • Pada beberapa kasus, hijab juga dapat digunakan sebagai pernyataan mode dan ekspresi pribadi. Dalam hal ini seorang wanita dapat mengenakan hijab sesuai dengan gaya dan warna yang mencerminkan kepribadian mereka.

Tips Belajar Memakai Hijab

Mau tahu lebih banyak lagi tentang apa saja hal yang harus dipertimbangkan sebelum mulai berhijab?. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin membantu kamu untuk pertama kali belajar mengenakan hijab.

1. Kenali Niat dan Alasan Kamu

Pertama tentukan terlebih dahulu apa niat dan alasan kamu untuk memakai hijab. Apakah karena alasan agama, karena kepercayaan pribadi atau karena alasan lain, agar kamu tetap kuat dalam mempertahankan komitmen dan menghadapi tantangan selama memakai hijab.

Tips Berhijab

Sumber : https://id.pinterest.com/

Khusus untuk kamu yang berhijab karena alasan agama,  pelajari juga arti dan makna hijab dalam agama Islam atau kepercayaan yang kamu anut. Dengan cara ini maka kamu juga bisa lebih mudah untuk memahami pentingnya hijab dalam konteks spiritual.

2. Mulailah Dari Hijab Sederhana

Mulailah dengan hijab yang sederhana, paling nyaman dan mudah dipakai untuk aktifitas sehari-hari, kemudian secara bertahap kamu bisa memilih model hijab lainnya yang lebih rumit. Untuk pilihan modelnya beberapa contoh model hijab yang bisa kamu pakai diantaranya:

  • Khimar panjang yang dapat dikenakan untuk menutup kepala, dada maupun bagian punggung.
  • Jilbab instan tali belakang yang dilengkapi dengan tali biasa ataupun tali elastis.
  • Hijab bergo  yang memiliki ciri khas berupa tambahan pet (bantalan busa) di bagian depan.
  • Hijab pashmina dengan tali dagu yang tidak perlu lagi diberi tambahan peniti.
  • Hijab pashmina inner yang sangat praktis digunakan karena sudah dilengkapi dengan inner hijab.
  • Hijab pashmina tali karet yang dilengkapi dengan elastis sebagai pengganti peniti / jarum pentul.
  • Hijab instan segitiga yang simple tapi tetap terlihat elegan.

Tips Berhijab

Sumber : https://id.pinterest.com/

Simak juga :

3. Perhatikan Bahan Hijab

Pilih bahan hijab yang nyaman dan sesuai dengan cuaca di tempat kamu tinggal.

Untuk cuaca panas misalnya kamu bisa memilih hijab yang bahannya ringan, breathable dan dapat menyerap keringat dengan baik.
Sementara untuk cuaca dingin kamu bisa memilih hijab yang bahannya lebih tebal dan bersifat menghangatkan.

Tips Berhijab

Sumber : https://id.pinterest.com/

Simak juga :

4. Luangkan Waktu Untuk Belajar

Untuk mencapai tampilan yang rapi dan terlihat lebih modis, luangkan waktu untuk berlatih memakai hijab dan memadupadankannya dengan berbagai koleksi pakaian yang kamu miliki di rumah. 

5. Pilih Warna atau Motif Yang Sesuai

Pilih warna atau motif hijab yang sesuai dengan warna atau motif pakaian anda agar keseluruhan tampilan yang dihasilkan jadi terlihat lebih harmonis.

  • Memadukan baju polos dengan hijab motif bisa menjadi pilihan yang menarik untuk menciptakan tampilan yang berkesan dan beragam.
  • Tapi ketika baju yang kamu gunakan sudah memiliki tampilan yang ramai atau playful, maka kamu cukup menggunakan hijab yang basic saja.

Tips Berhijab

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Temukan Inspirasi Dari Sumber Lain

Telusuri internet atau perbanyak membaca majalah fashion untuk mendapatkan inspirasi tentang gaya hijab yang sesuai dengan kepribadian dan preferensi kamu. Tapi ingat selalu pastikan bahwa hijab yang kamu pilih cocok dengan pakaian yang kamu kenakan.

Tips Berhijab

Sumber : https://anyflip.com/

7. Mintalah Bimbingan Orang Lain

Jika kamu sudah mencoba tips berhijab seperti yang sudah disebutkan di atas tapi masih merasa kurang yakin, cobalah untuk meminta dukungan dan bimbingan kepada teman atau anggota keluarga yang sudah berpengalaman dalam memakai hijab.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa tips penting yang perlu kamu pertimbangkan ketika baru pertama kali mengenakan hijab. Semoga informasi yang kami bagikan bisa membatu kamu untuk lebih percaya diri dan merasakan kebahagiaan saat memakai hijab ya.

Download pola bergo dewasa dan pola bergo anak siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat bergo sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.