Article

Homepage Article Fashion Muslim 6 Model Jilbab Instan Terbaru…

6 Model Jilbab Instan Terbaru Yang Sedang Trend

Mencari alternatif model jilbab yang praktis dan mudah dipakai untuk pelengkap gaya sehari-hari?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa memilih jilbab instan terbaru yang memang tengah menjadi incaran bagi para wanita muslimah.  Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

Pengertian Jilbab

Jilbab merupakan istilah yang biasa digunakan secara luas untuk mendeskripsikan kain berukuran lebar yang berfungsi sebagai penutup sebagaian kepala perempuan mulai dari rambut dan leher ke bawah sampai dada. Orang yang mengenakan jilbab tersebut secara umum bisa disebut sebagai orang yang berjilbab.

Ditinjau dari asal bahasanya, istilah jilbab konon diadaptasi dari bahasa arab jalaba yang berarti menghimpun atau membawa. Penamaan jilbab di tiap negara juga berbeda-beda lho. Jilbab di negara Iran disebut chador, di India dan Pakistan disebut pardeh, di Malaysia di sebut tudung, sementara di negara Arab-Afrika disebut hijab.

Tidak jauh berbeda dengan busana muslim dan jenis pakaian lainnya, saat ini model jilbab yang diciptakan untuk para wanita sebenarnya juga terus mengalami perkembangan, baik dari segi motif, warna dan juga desain, sehingga memungkinkan para wanita muslimah untuk tampil lebih syar’i tapi tetap dapat mengikuti trend mode.

Khusus untuk anda yang lebih suka tampil simple dan praktis, sekarang anda tidak perlu khawatir lagi karena kini telah diciptakan jilbab instan yang sangat mudah untuk dikenakan sebagai pelengkap gaya sehari-hari.

Model Jilbab Instan

Berencana untuk membeli jilbab instan tapi masih bingung harus memilih model jilbab yang seperti apa?. Supaya tidak salah pilih berikut kami rekomendasikan beberapa model produk jilbab instan yang dapat anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan.

1. Jilbab Khimar

Khimar termasuk ke dalam jenis model jilbab yang dapat dikenakan untuk menutup kepala, dada maupun bagian punggung. Tidak seperti hijab syar’i di masa lalu yang bentuknya cenderung monoton satu warna dan polos, kini terdapat pula beberapa model khimar yang dibuat dengan tambahan variasi seperti aksen renda dan layer.

Jilbab Instan

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tanpa melupakan fungsi utamanya yakni untuk menutup aurat, hijab khimar hadir pula dengan kombinasi warna yang apik dan tidak lagi terlihat membosankan. Beberapa contoh model khimar wanita yang dapat anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Hijab khimar simpel yang memiliki tampilan sederhana karena tidak memiliki terlalu  banyak variasi dan hiasan.
  • Khimar layering yang dibuat dari dua lapis kain atau lebih kemudian dijahit menjadi satu.
  • Khimar pet dengan ciri khas tambahan pet (bantalan busa) dibagian depan yang bisa mengikuti lekuk lingkar wajah.
  • Khimar rempel yang dilengkapi dengan tambahan rempel pada baberapa bagiannya, kebanyakan bawah khimar.

2. Jilbab Pashmina Instan

Pashmina merupakan salah satu produk pelengkap fashion wanita yang bentuknya menyerupai selendang. Selain tersedia dalam bentuk lmbaran yang panjang, pashmina ada juga yang dibuat dengan model instan. Beberapa keistimewaan dari jilbab pashmina instan diantaranya:

  • Pashmina instan tersedia dalam berbagai macam pilihan bahan, jadi anda bisa memilih bahan apa yang anda suka.
  • Cara pemakaian pashmina instan cenderung lebih mudah dan cepat tidak serumit pasahmina biasa.
  • Jilbab pashmina instan tidak membutuhkan banyak jarum.
  • Ketika sudah dipakai tampilan dari pashmina instan pun tidak ada bedanya dengan pashmina biasa karena hanya cara pemakaiannya saja yang beda.

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, jilbab pashmina instan yang berkembang hingga saat ini pada prinsipnya juga dapat dijumpai dalam berbagai macam model dan desain. Beberapa ada yang langsung dijahit sesuai ukuran wajah, ada yang memakai tali dagu tapi ada juga yang diberi karet elastis.

  • Pashmina Satu Lubang Wajah

Pashmina satu lubang wajah merupakan jenis jilbab yang diperoleh dari modifikasi pashmina biasa. Untuk memudahkan penggunanya pashmina ini biasanya dijahit sesuai standar ukuran wajah yang ditetapkan produsen pashmina.

Cara penggunaan dari pashmina satu lubang wajah ini juga cukup mudah.

  • Pertama-tama pasang pashmina di kepala dan biarkan bagian yang lebih panjang menggantung bebas di bagian kanan depan.
  • Rapikan pashmina kemudian tarik sisa kain yang lebih panjang ke bahu kiri kemudian sampirkan ke bagian atas kepala.
  • Tarik terus sisi pashmina yang panjang melewati kepala anda lalu sematkan jarum pentul di bagian sisi atas kepala.

Jilbab Instan

Sumber : https://id.carousell.com/

  • Pashmina Dua Lubang Wajah

Berikutnya ada pashmina dua lubang wajah yang didesain khusus untuk wanita muslim modern masa kini. Untuk mengenakan pashmina dua lubang wajah anda tinggal memasangkan pashmina di kepala kemudian merapikannya agar tidak berantakan.

Jilbab Instan

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Pashmina Tali Dagu

Selain pashmina instan model satu lubang wajah maupun dua lubang wajah terdapat pula pashmina yang dilengkapi dengan tali dagu. Untuk mengenakan pashmina instan model ini anda bisa memasangkannya di kepala kemudian mengikat talinya dibagian bawah dagu.

Jilbab Instan

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Pashmina Tali Karet

Terakhir ada pasmina tali karet yang dilengkapi dengan elastis sebagai pengganti peniti ataupun jarum pentul. Dibandingkan pashmina satu lubang wajah dan dua lubang wajah, pashmina tali karet ini cenderung lebih fleksible karena lubangnya bisa disesuaikan dengan ukuran wajah.

Jilbab Instan

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Dibalik sejumlah kelebihan yang dimilikinya, pashmina instan  ini sebenarnya juga memiliki beberapa kelemahan.

  • Jilbab pashmina instan modelnya sangat terbatas.
  • Ukuran dan modelnya pun juga sudah baku sesuai standar yang ditetapkan oleh masing-masing produsen pashmina instan.
  • Cara membuat kerasi pashmina instan tidak bisa seleluasa seperti saat memakai pashmina biasa.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, jilbab pashmina instan sendiri sebenarnya dapat dibuat dari berbagai jenis material. Beberapa contoh bahan kain yang belakangan banyak dimanfaatkan untuk membuat pashmina yakni berupa:

  • Kain rayon yang memiliki karakteristik istimewa karena tidak dapat dikelompokkan kedalam jenis kain serat sintetis maupun kain serat alami.
  • Kain sifon yang memiliki karakteristik ringan, lembut, transparan, serta tidak mudah kusut.
  • Kain ceruti yang memiliki karekterisik seperti sifon namun teksturnya cenderung lebih lembut dan mudah dibentuk.
  • Kain hycon yang memiliki bentuk fisik seperti sifon tetapi sedikit lebih tebal.
  • Kain Satin yang memiliki ciri khas permukaan mengkilap, halus dan licin.
  • Bahan polycotton yang dibuat dari gabungan bahan sintetis polyester dengan serat katun (cotton), jadi tidak akan terasa panas dan tidak mudah kusut saat dipakai.
  • Kain Linen yang memiliki kemampuan untuk menghangatkan di musim dingin namun juga bersifat menyejukkan di musim panas.

3. Jilbab Instan Tali Belakang

Jilbab instan tali belakang merupakan jenis jilbab yang lazim digunakan oleh para siswi sekolah namun akhir-akhir ini kembali booming. Selain difungsikan sebagai pelengkap fashion, jilbab instan yang satu ini sebenarnya juga berperan penting untuk menutup bagian dada orang yang menggunakannya.

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita. jilbab instan tali belakang ini sebenarnya dapat dijumpai dalam dua varian yang berbeda, pertama dalam bentuk jilbab instan tali biasa dan yang kedua yakni berupa jilbab instan tali karet.

  • Jilbab Instan Tali Biasa

Jilbab instan tali biasa merupakan sejenis jilbab yang memiliki bentuk seperti layaknya khimar tapi cenderung lebih pendek. Selain lebih pendek jilbab ini umumnya juga dilengkapi dengan dua buah tali panjang yang dapat diikatkan di bagian belakang jilbab.

Jilbab Instan

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Jilbab Instan Tali Karet

Tidak jauh berbeda dengan jilbab instan tali biasa, jilbab instan tali karet ini sebenarnya juga memiliki potongan yang cenderung pendek. Bedanya dengan jilbab instan tali biasa, jilbab instan ini menggunakan tali karet untuk mengencangkan ikatannnya di kepala.

Jilbab Instan

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Dengan karakteristiknya yang simple dan sangat mudah untuk dikenakan, jilbab instan tali belakang dapat dipadukan dengan berbagai model pakaian muslim yang bernuansa nude atau bisa juga memilih wadrobe yang senada.

4. Jilbab Bergo

Jilbab bergo merupakan sejenis model jilbab instan yang memiliki ciri khas berupa tambahan pet (bantalan busa) di bagian depan. Selain nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari, jilbab bergo ini sebenarnya juga sangat sesuai jika dipakai saat berolahraga karena tidak merepotkan dan mudah digunakan.

  • Jilbab instan yang dikenal dengan dengan nama bergo sangat cocok digunakan oleh para muslimah yang aktif atau tidak ingin repot menggunakan jilbab.
  • Jilbab bergo menjadi salah satu jenis model hijab yang tidak mudah berantakan sekalipun dipakai tanpa tambahan peniti ataupun jarum pentul.
  • Hijab wanita dengan model bergo bisa menjadi pilihan paling tepat saat berolahraga karena tidak merepotkan dan mudah digunakan.
  • Jilbab bergo bisa dipakai untuk acara resmi, karena kini sudah banyak yang dimodifikasi dengan detail khusus yang membuatnya terlihat lebih formal.

Jilbab Instan

Sumber : https://shopee.co.id/

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita jilbab bergo sendiri umumnya dapat dijumpai dalam berbagai macam ukuran yang berbeda. Dalam hal ini anda bisa memilih satu diantara empat model bergo berikut.

  • Basic Pet Bergo

Basic pet bergo dapat dipakai oleh semua bentuk wajah, terutama untuk anda yang memiliki pelipis lebar. Jilbab bergo jenis ini umumnya memiliki variasi pet dengan lebar 9,5 cm dan panjang 35 cm.

  • Short Pet Bergo

Short pet bergo dengan lebar 8 cm dan panjang 35 cm, sangat pas jika dipakai untuk anda para wanita yang memiliki wajah oval maupun wajah yang memiliki pelipis pendek (tidak terlalu lebar) agar terlihat lebih seimbang.

  • Long Pet Bergo

Long pet bergo memiliki bantalan spons berukuran lebar 9.5 cm dan panjang 40 cm. Bergo ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk anda pemilih wajah berbentuk segitiga, kotak, bulat atau wajah dengan tulang pipi yang menonjol.

  • Extra Pet Bergo

Extra pet bergo memiliki bantalan spons berukuran lebar 14 cm dan panjang 40 cm, jadi sangat sesuai jika dikenakan oleh wanita yang berwajah lonjong dan kotak. Ukurannya yang lumayan besar bisa menyamarkan bentuk pipi.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, jilbab bergo sendiri sebenarnya dapat dibuat dari berbagai jenis material. Beberapa contoh bahan kain yang belakangan banyak dimanfaatkan untuk membuat bergo yakni berupa:

  • Kain lycra atau spandek yang memiliki karakteristik fleksible, tidak panas dan lentur sekali saat dipakai.
  • Bahan PE/TC yang mudah menyerap keringat, tebal (tidak nerawang) dan berat.
  • Bahan hyget yang mengandung polyester sehingga kesannya "agak" mengkilat, tidak cepat rusak (jika perawatannya benar) dan cukup ringan saat dipakai.
  • Kain sutra yang lembut dan tipis sehingga jatuhnya terlihat lebih luwes.
  • Kain sifon yang memiliki tekstur sangat halus dan juga tipis. Meskipun agak panas kain ini bisa dijadikan alternatif yang tepat untuk acara semi formal.
  • Kain Wolfis yang terbuat dari campuran katun, sutra dan serat sintetis. Tingkat ketebalan kain wolfis sendiri terbilang lebih rendah dibawah jersey, jadi bahannya terkesan lebih tipis dan ringan.
  • Kain Wollycrepe yang biasa disebut juga sebagai kain arab. Meski permukaannya sedikit berpasir, namun ketika disentuh dengan tangan kain ini akan tetap terasa halus dan lembut.

Tertarik untuk membuat jilbab bergo sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola jilbab bergo untuk anak-anak dan orang dewasa dari kami.

  • Pola Jilbab Bergo Anak merupakan pola jibab kaos sederhana yang biasa disebut dengan bergo untuk ukuran anak-anak mulai 0 - 9 thn.
  • Pola Jilbab Bergo Dewasa merupakan pola jilbab kaos sederhana yang biasa disebut dengan bergo untuk ukuran wanita dewasa.

Kalau anda sudah mendownload pola jilbab bergo tapi masih bingung bagaimana cara menjahitnya, anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai Tutorial Membuat Jilbab Bergo yang mudah untuk dipahami.

5. Jilbab Hoodie

Jilbab hoodie termasuk ke dalam jenis model jilbab instan yang berbentuk praktis namun memiliki modifikasi cukup unik. Sepintas model jilbab yang satu ini terlihat mirip seperti syal, sedangkan pada bagian kepala didesain dengan aksen tumpuk mirip seperti penutup kepala jaket hoodie.

  • Jilbab hoodie bentuknya menyerupai jaket hoodie dan cara menggunakannya juga sangat mudah.
  • Jilbab hoodie hampir mirip dengan pashmina yang dililitkan, akan tetapi tidak perlu menggunakan jarum untuk  menyematkannya.

Jilbab Instan

Sumber : https://shopee.co.id/

Jilbab hoodie atau biasa disebut dengan nama capuchon akan membuat tampilan anda jadi lebih stylish, sayangnya model jilbab instan yang satu ini tidak dapat menutupi area dada.

6. Jilbab Instan Segitiga

Jilbab instan segitiga menjadi model jilbab instan berikutnya yang belakangan banyak di cari kaum hawa. Selain menarik dari segi tampilan jilbab ini secara umum juga sangat praktis dan mudah untuk dikenakan tanpa tambahan jarum ataupun peniti.

  • Jilbab instan segitiga memiliki bentuk yang relatif simple tapi tetap terlihat elegan.
  • Jilbab instan segitiga dapat diandalkan dalam berbagai kesempatan, baik itu kesempatan formal, semi formal maupun casual.

Jilbab Instan

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai referensi beberapa model jilbab instan terbaru yang dapat anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan. Jika dibandingkan dengan jilbab segi empat, penggunaan jilbab instan jauh lebih simple karena tidak memerlukan alat bantu seperti peniti maupun jarum pentul.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jilbab instan tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.