Article

Homepage Article Fashion Design 8 Fakta Tak Terduga Tentang…

8 Fakta Tak Terduga Tentang Rok Mini

Dikenal sebagai salah satu model rok yang populer di kalangan wanita dan kerap digunakan sebagai sarana kreatif bagi seseorang untuk mengekspresikan diri, berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang rok mini yang penting untuk kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Rok Mini

Rok mini merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai pertengahan paha atau bahkan jauh di atas lutut sehingga saat dipakai akan memperlihatkan bagian kaki atau paha pengguna. Selain menciptakan tampilan yang santai, chic dan berani, penggunaan rok mini dapat memberikan kebebasan saat bergerak.

Rok Mini

Sumber : https://www.jumia.com.eg/

Fakta Menarik Rok Mini

Layaknya model rok lainnya yang diciptakan untuk wanita, rok mini sendiri pada prinsipnya juga menyimpan banyak sekali fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Beberapa diantaranya:

1. Diperkenalkan Tahun 1960

Rok mini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960-an dan menjadi bagian penting dari perubahan budaya pada masa itu. Kehadiran rok mini inipun disebut-sebut menjadi sebuah fenomena yang istimewa.

  • Rok mini pertama kali keluar ketika ada sexual liberation movement di tahun 1960-an berbarengan dengan ditemukannya pil KB.
  • Dengan adanya rok mini para wanita bisa lebih aktif dan “bergerak” dan tak lagi terbatasi dengan korset maupun rok-rok panjang serupa gaun.

2. Menjadi Simbol Kebebasan

Rok mini menjadi simbol pembebasan wanita pada zamannya karena dianggap sebagai pakaian yang memberikan kebebasan gerak dan merobek norma sosial yang ada. Tapi walaupun lebih serig dikaitkan dengan wanita, rok mini juga digunakan oleh pria dalam beberapa kesempatan seperti seni pertunjukan.

3. Penemunya Lebih Dari Satu

Penemu rok mini diketahui lebih dari satu. Beda siluet beda juga orang yang menemukannya.

  • Rok mini berpotongan A-line dengan panjang sekitar 10 cm diatas lutut diperkenalkan dalam fashion show desainer asal Perancis André Courreges di tahun 1965.
  • Tak lama setelah itu, desainer asal Inggris bernama Dame Mary Quant mulai mengenalkan rok mini versi-nya sendiri yang lebih ketat dan lebih pendek.

Meski hingga saat ini masih diperdebatkan siapa sebenarnya yang bisa dijuluki sebagai penemu rok mini, namun rok mini milik Mary Quant-lah yang dipercaya menjadi cikal bakal rok mini modern saat ini.

4. Banyak Pilihan Modelnya

Rok mini dapat dijumpai dalam berbagai gaya dan variasi model yang berbeda, mulai dari model tennis skirt, pencil skirt, pleated skirt, tulip skirt, A-line skirt dan masih banyak lagi. Setiap gaya rok mini memiliki bentuk dan potongan yang berbeda.

  • Tennis Skirt

Tennis skirt merupakan model rok wanita yang memiliki ciri sangat khas yakni berupa lipit-lipit di sekeliling rok. Jenis lipit yang dipakai yakni berupa lipit searah seperti rok sekolah murid SD.

Rok Mini

Sumber : https://www.amazon.sa/

  • Pencil Skirt

Pensil skirt alias rok pensil merupakan model rok wanita yang memiliki siluet lebar dibagian pinggang dan menyempit dibagian lutut menyerupai bentuk sebuah pensil.

Rok Mini

Sumber : https://www.amazon.com/

  • Pleated Skirt

Pleated skirt alias rok plisket merupakan model rok wanita yang memiliki banyak lipatan kecil dan teratur yang dibuat dengan mesin ataupun secara manual.

Rok Mini

Sumber : https://shopperboard.com/

  • Tulip Skirt

Tulip skirt merupakan model rok wanita yang berbentuk mirip sepeti bunga tulip hanya saja cenderung mengecil di bagian bawah. Dengan bentuknya yang sedemikian unik, rok ini bisa kamu pakai untuk acara formal dan pesta.

Rok Mini

Sumber : https://poshmark.com/

  • A-Line Skirt

A-line skirt merupakam model rok wanta yang memiliki potonganmelebar secara perlahan dari pinggang ke bagian bawah rok membentuk huruf “A”.

Rok Mini

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Mudah Untuk Dipadupadankan

Rok mini dapat dipadukan dengan berbagai jenis pakaian, seperti kaus, blus, sweater, jaket, atau blazer, sehingga menciptakan berbagai gaya dan tampilan yang berbeda.

Simak juga 8 Inspirasi Padupadan Tennis Skirt Yang Keren Untuk Wanita

6. Kontroversi Terkait Rok Mini

Kehadiran rok mini kadang-kadang menuai kontroversi dan kritik. Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa rok mini dapat memperkuat stereotipe seksual dan objektifikasi wanita, walaupun pendapat semacam ini sebenarnya bersifat subjektif dan tergantung pada sudut pandang individu.

7. Larangan Penggunaan Rok Mini

Beberapa negara memiliki aturan ketat tentang penggunaan rok mini untuk menghormati norma sosial yang berlaku di masyarakat dan bagi yang melanggar akan ditangkap, dipenjara atau dikenai denda.

  • Khsusus di negara Kamboja mengenakan rok pendek di atas lutut merupakan sebuah larangan. Adanya kode etik berpakaian ini erat hubungannya dengan situs keagamaan.
  • Selain Kamboja, pemerintah Uganda juga menerapkan aturan serupa yakni larangan mengenakan rok mini untuk wanita yang yang melanggar akan ditangkap.
  • Berikutnya ada Korea Utara yang menetapkan banyak aturan terkait cara berpakaian dan memakai rok mini adalah salah satunya. Jika melanggar akan dikenai denda sebesar $4.

8. Pilihan Bahannya Bervariasi

Seperti layaknya trend mode yang terus berkembang, desain dan bahan yang digunakan untuk membuat rok mini juga terus mengikuti trend tersebut.

  • Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, rok mini inipun bisa dibuat dari berbagai macam bahan kain yang berbeda.
  • Beberapa produsen bahkan ada juga yang memanfaatkan bahan lain seperti halnya kulit asli maupun kulit imitasi untuk menciptakan rok mini yang tidak kalah menarik.

Rok Mini Rok Mini

Sumber : https://www.jumia.com.eg/, https://id.aliexpress.com/

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat rok mini?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Bahan Kain yang kami miliki yuk.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang rok mini yang penting untuk kamu ketahui. Dengan mengetahui fakta-fakta yang sudah disebutkan di atas semoga pengetahuan kamu tentang rok mini jadi makin bertambah ya.

Download juga pola rok siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat rok sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Tapi kalau kamu mau tahu lebih detail lagi tentang proses pembuatan pola rok dan teknik menjahit rok maka kamu bisa mendownload video tutorial membuat pola rok dan menjahit rok yang mudah untuk kamu ikuti.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.