Article

Homepage Article Kain 10 Alasan Mengapa Kain Tencel…

10 Alasan Mengapa Kain Tencel Semakin Booming di Tahun 2024

Jadi salah satu bahan kain yang punya banyak keunggulan tersendiri dibandingkan dengan bahan kain yang lain, berikut beberapa alasan mengapa kain tencel yang ramah lingkungan bakal semakin booming di tahun 2024 dan semakin banyak digunakan pada masa yang akan datang. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Tencel

Kain tencel adalah sejenis kain yang bahan bakunya dapat diperbaharui dan dapat dikembangkan secara berkelanjutan. Bahan baku yang dimaksud yakni berupa kayu-kayu dari hutan industri bersertifikasi khusus yang kemudian diolah menjadi pulp untuk memproduksi serat selulosa yang berkualitas.

Kain Tencel

Sumber : https://www.tencel.com/

Dilihat dari cara pembuatannya, serat penyusun bahan kaini tencel sendiri pada prinsipnya dibuat dengan mengedepankan konsep sustainability dan transparansi dalam seluruh rantai pasokan dan proses produksinya, termasuk pengembangan dan pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan.

  • Untuk mengubah pulp menjadi serat selulosa diterapkan yang namanya closed-loop production untuk optimalisasi sumber daya.
  • Dengan optimalisasi sumber daya dan pengolahan kembali sisa pembuangan menjadi energi, jumlah buangan (waste) dan konsumsi energi untuk membuat serat tencel pun jadi lebih rendah.

Kain Tencel

Sumber : https://salientlabel.com/

Alasan Tencel Semakin Populer

Berbicara mengenai kain tencel, lantas mengapa jenis kain yang satu ini disebut-sebut bakal semakin populer di tahun 2024 dan masa yang akan datang?. Berikut beberapa alasan yang melatarbelakangi kepopuleran kain tencel.

1. Mengusung Konsep Sustainable

Pakaian yang diproduksi menggunakan kain tencel belakangan banyak disukai karena proses pembatannya mengusung konsep sustainable fashion.

  • Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan isu lingkungan, banyak konsumen yang beralih ke bahan-bahan ramah lingkungan seperti kain tencel.
  • Selain membutuhkan lebih sedikit air dari pada kain katun, proses produksi kain tencel sendiri juga diketahui lebih ramah lingkungan.

Kain Tencel

Sumber : https://www.ktownnetwork.com/

2. Produksinya Lebih Hemat Energi

Kain tencel baik untuk lingkungan karena dalam proses produksinya membutuhkan lebih sedikit energi dan air dibandingkan bahan lain yang sama-sama diproduksi dengan menggunakan serat alam, seperti halnya cotton dan linen.

Untuk meningkatkan estetika dan fungsionalitas kain, serat selulosa yang menjadi bahan utama kain tencel pun juga dapat dikombinasikan dengan berbagai serat tekstil yang lainnya seperti katun, poliester, akrilik, wol dan sutra.

3. Dapat Terurai Kembali ke Alam

Sebagai salah satu kain yang seratnya berasal dari tumbuhan, kain tencel juga memiliki kemampuan biodegradable yang sangat baik dan akan menjadi kompos ketika sudah tidak terpakai lagi. Karena alasan itulah kain tencel memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pengurangan limbah industri tekstil dan fashion.

  • Kain tencel dapat terurai secara alami karena diproduksi dari bahan-bahan organik dengan menggunakan konsep closed-loop production.
  • Kain tencel dapat terurai lagi ke alam hanya dalam kurun waktu 12 minggu dan menjadi kompos.

Kain Tencel

Sumber : https://www.instagram.com/tencel_global/

4. Kainnya Sangat Halus dan Lembut

Kain tencel memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut. Kelebihan inilah yang membuat pakaian berbahan kain tencel sangat nyaman dikenakan untuk banyak aktivitas.

Kain Tencel

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Dapat Menyerap Kelembaban

Kain tencel memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban dengan sangat baik atau highly breathable kemudian melepaskan kembali dari serat kain, sehingga sangat nyaman dipakai dalam berbagai kondisi cuaca yang berubah-ubah (baik itu cuaca panas maupun dingin). 

6. Kainnya Bersifat Serbaguna

Kain tencel bersifat sangat serbaguna dan cocok untuk berbagai jenis pakaian, mulai dari pakaian kasual hingga pakaian formal seperti blus dan gaun. Hal inilah yang membuat kain tencel sangat diminati oleh konsumen yang mencari pakaian untuk berbagai kesempatan yang berbeda.

7. Cocok Untuk Kulit Sensitif

Seluruh proses pembuatan kain tencel tidak menggunakan senyawa kimia sehingga sangat cocok digunakan bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, karakteristik kain tencel yang sangat halus juga dapat mengurangi gesekan dan dapat mencegah terjadinya ruam maupun iritasi pada kulit.

Kain Tencel

Sumber : https://www.instagram.com/tencel_global/

8. Warnanya Tidak Mudah Pudar

Kain tencel memiliki retensi warna yang baik, sehingga produk fashion yang dibuat dari bahan ini cenderung tidak mudah pudar walau sudah dicuci dan digunakan berkali-kali. Kemampuan retensi warna yang dimiliki kain tencel juga menambah nilai jual terhadap kain maupun produk fashion yang dihasilkan.

Kain Tencel

Sumber : https://www.sympaticoclothing.com/

9. Punya Ketahanan Yang Tinggi

Kain tencel mampu menghasilkan produk fashion yang memiliki fleksibilitas dan ketahanan lebih tinggi dibandingkan serat tekstil lainnya. Dengan perawatan yang tepat, usia sebuah pakaian yang dibuat dari kain tencel bahkan akan menjadi lebih panjang.

  • Kain tencel terbuat dari jumlah pintalan benang yang lebih tinggi dibandingkan serat tekstil lainnya, sehingga membuatnya jadi lebih awet dan tahan lama.
  • Tingkat durabilitas yang dimiliki kain tencel juga mampu menjaga kualitas pakaian meski bertahun-tahun sudah digunakan.

10. Tampilannya Tampak Lebih Elegan

Selain unggul dari segi kualitas bahan, kain tencel sebenarnya juga memiliki tampilan yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan bahan lain. Bahkan kain tencel yang terbuat dari serat selulosa justru memiliki kilauan yang indah dan tampilannya tampak sangat elegan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai alasan mengapa kain tencel menjadi salah satu bahan kain yang difavoritkan oleh banyak orang. Dengan banyak kelebihan dan manfaat kain tencel bagi kesehatan tidaklah mengherankan jika kedepannya kain tencel bakal semakin populer seiring dengn pesatnya era sustainable fashion.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian pria, pakaian wanita dan pakaian anak-anak?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.