Article

Homepage Article Kain 7 Hal Penting Yang Harus…

7 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Saat Memilih Rok Tutu

Sebagai salah satu item fashion terpopuler yang memiliki tampilan sangat cantik, rok tutu  memang bisa membuat penampilan jadi makin feminim. Khusus untuk anda yang ingin membeli rok tutu cari tahu dulu yuk hal-hal apa saja yang perlu anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih dan membelinya.

Pengertian Rok Tutu

Rok tutu merupakan salah satu jenis rok yang pada awalnya banyak digunakan dalam tarian balet namun pada perkembangannya juga mulai digunakan secara luas untuk pelengkap gaya sehari-hari. Rok ini umumnya terdiri dari beberapa lapis kain dijahit sehingga memiliki kesan mengembang dan menggemaskan.

Rok Tutu

Sumber : https://www.alibaba.com/

Dari yang awalnya dipakai untuk kostum penari balet, kini rok tutu mulai banyak dibuat dalam berbagai warna-warna yang menarik dan modelnya pun juga bervariasi. Beberapa ada yang dibuat dalam ukuran pendek namun ada juga yang panjang sehingga sangat digemari oleh para anak-anak dan wanita di Indonesia.

Rok Tutu

Sumber : https://id.carousell.com/

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, rok tutu sendiri umumnya banyak dibuat dari bahan kain tile yang memiliki ciri khas seperti jaring kecil yakni permukaannya berlubang-lubang sehingga tampak transparan. Meski cenderung transparan tapi kain ini tetap terbilang cukup kuat dan tahan lama.

Rok Tutu

Sumber : https://www.pinterest.cl/

Selain dibuat dari kain tile terdapat pula pilihan bahan lain yang dapat dijadikan rok tutu, bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain sifon. Namun karena harganya cenderung lebih mahal dan membutuhkan bahan yang sangat banyak agar rok yang dihasilkan cukup mengembang jadi kain sifon ini jarang digunakan.

Cara Memilih Rok Tutu

Berencana untuk membeli rok tutu tapi masih bingung harus memilih ukuran, bentuk dan bahan rok tutu yang seperti apa?. Meski bisa dipilih secara bebas, tapi tetap saja untuk memastikan bahwa rok  tutu yang anda dapatkan memang sesuai dengan kebutuhan ada juga beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

1. Bahan Rok Tutu

Dalam memilih rok tutu terbaik penting bagi anda untuk mengetahui apa saja komposisi bahan rok tutu yang akan dipilih. Dengan mengetahui komposisi bahan yang terkandung di dalamnya maka anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan rok tutu yang sesuai dengan kebutuhan.

Rok Tutu

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Bila anda lebih suka tampil simple anda bisa memilih rok tutu yang dibuat dari kain tile polos. Sebagai bahan rok tutu, kain tile polos sendiri juga memiliki banyak variasi bahan yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa:

  • Silk tile (tile sutra) yang paling halus dan lembut di antara jenis lainnya. Sebagaimana kain-kain berbahan dasar benang sutra lainnya kain tile sutra ini harganya sangat mahal.
  • Nylon tile (tile nilon) yang paling banyak dijumpai pada berbagai jenis pakaian karena harganya yang sangat terjangkau.
  • Polyester tile (tile poliester) yang memiliki karakteristik yang sedikit kaku. Karena kain tile polos ini agak kaku maka bisa juga digunakan untuk membuat aksesori dan kerajinan tangan.
  • Illusion tile yang dibuat dari campuran serat poliester dan nilon. Kain tile polos  ini memiliki lubang jaring berbentuk berlian yang sangat halus.
  • Stretch ilusion tile yang bersifat stretch atau bisa diregangkan karena dibuat dengan campuran spandeks atau elastane.

Rok Tutu

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain dibuat dari kain tile polos rok tutu sebenarnya bisa juga dibuat dari bahan tile yang bertabur manik-manik, glitter dan berbagai pernak pernik lainnya. Dalam hal ini kain tile yang dijadikan bahan rok tutu bisa berupa:

  • Kain tile glitter yang dihiasi dengan glitter sehingga terkesan sangat mewah dan berkilau bila terkena cahaya.
  • Kain tile mutiara bertekstur jaring-jaring yang diberi dengan hiasan manik-manik sehingga tampilannya terkesan lebih mewah dan elegan. Kain ini biasa dipakai untuk membuat rok tutu mutiara.
  • Kain tile akar yang memiliki ciri khas berupa motifnya yang merambat layaknya akar dan kadang dipadukan dengan motif bunga  atau mutiara-mutiara kecil.
  • Kain tile bordir yang diperoleh dari perpaduan antara tile dengan bordiran.

Rok Tutu

Sumber : https://hargano.com/

2. Ukuran Rok Tutu

Usahakan untuk memilih rok tutu yang ukurannya memang pas dengan kebutuhan anda, dalam artian tidak terlalu kebesaran atau kekecilan. Salah satu trik paling mudah yang bisa anda coba untuk mendapatkan rok tutu yang pas adalah pilihlah rok tutu berdasarkan ukuran panjangnya.

Berdasarkan ukuran panjangnya rok tutu sendiri secara umum dapat dibedakan menjadi tiga macam kategori ukuran yakni maxi, midi dan mini. Panjang rok tutu yang berbeda akan memberikan impresi yang berbeda pula pada penampilan.

  • Rok Tutu Maxi

Rok tutu maxi merupakan jenis rok tutu panjang yang memiliki ukuran hingga pergelangan kaki. Rok tutu panjang jenis ini sangat cocok dikenakan oleh wanita yang bertubuh tinggi atau ingin mendapatkan tampilan kasual.

  • Rok tutu panjang tipe maxi dapat dipakai unruk memberi siluet tubuh yang lebih langsing.
  • Rok tutu panjang tipe maxi sangat cocok dipadukan dengan atasan kasual seperti t-shirt atau hoodie.

Rok Tutu

Sumber : https://www.bukalapak.com/

  • Rok Tutu Midi

Rok tutu midi merupakan jenis rok tutu pendek yang memiliki ukuran panjang hingga sebatas lutut. Rok tutu jenis ini sangat ideal untuk gaya kasual ke kantor atau orang dewasa yang menginginkan kesan imut.

  • Rok tutu pendek berukuran midi umumnya memiliki siluet yang tidak terlalu mengembang jika dibandingkan rok mini.
  • Rok tutu pendek tipe midi dapat memberi impresi elegan bagi penggunanya.
  • Banyak rok tutu midi yang panjang lapisan bagian dalamnya sama dengan bagian luarnya sehingga terasa lebih santai.

Rok Tutu

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Rok Tutu Mini

Rok tutu mini merupakan jenis rok tutu pendek yang panjangnya sekitar 5 cm di atas lutut. Rok tutu jenis ini sangat cocok dipakai untuk wanita bertubuh mungil yang ingin tampil lebih girly dan manis.

  • Rok tutu tipe mini biasanya paling bervolume dibandingkan rok tutu maxi ataupun rok tutu midi.
  • Rok tutu mini ketika dipakai akan mengekspos bagian kaki sehingga cocok sekali untuk anda yang bertubuh mungil.

Rok Tutu

Sumber : https://www.dhgate.com/

3. Desain Rok Tutu

Sebagai pelengkap gaya penampilan anak-anak dan wanita dewasa, saat ini rok tutu hadir dalam berbagai macam model dan desain yang indah. Jadi anda sendiri pun memiliki kebebasan yang lebih luas untuk memilih model rok tutu yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Untuk pelengkap gaya penampilan yang modis dan stylish berikut beberapa macam model rok tutu yang bisa dijadikan sebagai outfit andalan anda.

  • Rok tutu model bertingkat yang terdiri dari beberapa lapis, dimana panjang tiap lapis berbeda dan kadang warnanya juga berbeda sehingga menimbulkan efek ombre.
  • Rok tutu model mengembang yang hanya terdiri dari 1 atau 2 lapis kain tile yang dikerut pada bagian pinggangnya, sehingga tampak menumpuk dan mengembang.
  • Rok tutu tanpa jahitan yang benar-benar dibuat tanpa jahitan melainkan hanya terdiri dari banyak potongan bahan kain yang di ikatkan pada sebuah elastis.

4. Jumlah Lapisan Kain Tile

Dalam memilih rok tutu perhatikan juga jumlah lapisan kain yang dipakai untuk membuatnya. Untuk menonjolkan gaya casual anda bisa memilih rok tutu yang dibuat dengan satu lapis bahan tile tapi jika ingin menampilkan siluet bervolume pilihah rok tutu yang memiliki lebih dari satu lapis bahan tile.

  • Rok tutu yang hanya terdiri dari satu lapis kain tile akan memberikan sensasi jatuh dan ringan saat digunakan. Hal ini membuatnya sangat cocok dipakai saat cuaca panas atau untuk menonjolkan gaya kasual.
  • Rok tutu yang terbuat dari dua atau tiga lapisan bahan kain tile dapat dipakai untuk menampilkan siluet feminin. Model rok tutu yang berlapis-lapis ini sangat cocok digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan yang lebih modis.

5. Perhatikan Furing Rok Tutu

Ketika memilih rok tutu perhatikan juga kualias kain furing yang dijadikan sebagai inner rok tutu. Pastikan inner tersebut terbuat dari bahan kain yang halus, lembut, tidak menerawang, tidak panas saat dipakai, dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak menimbulkan reaksi alergi.

Rok Tutu

Sumber : https://www.oliviarose.com/

Khusus untuk anda lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana anda bisa memilih inner rok tutu yang terbuat dari kain katun. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain katun diantaranya:

  • Bahan kainnya kokoh, kuat dan tidak mudah rusak.
  • Memiliki tampilan yang halus dan lembut kerena diciptakan dari serat alami berupa kapas.
  • Mudah menyerap keringat dan nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari.
  • Warna kain katun tidak mudah luntur.
  • Tidak menimbulkan reaksi alergi ataupun iritasi.
  • Bersifat menyejukkan saat panas dan menghangatkan saat dingin.
  • Bahannya cenderung tidak menerawang dan tidak mencetak tubuh.
  • Harga kain katun relatif terjangkau.

Pertimbangkan juga untuk memilih rok tutu yang lapisannya dapat dilepas jika anda ingin memadukan rok tutu dengan fashion item lainnya. Dengan mengenakan rok tutu yang innernya dapat dilepas dan di pasang anda dapat menambah dan mengurangi lapisan kain tutu atau justru mengombinasikannya dengan celana.

6. Jahitan Rok Tutu

Periksa kerapian dan kekuatan jahitan yang ada pada rok tutu untuk memastikan bahwa rok tutu yang hendak anda pilih memang memiliki kualitas jahitan yang bagus. Beberapa kriteria yang menjadi faktor penentu dari kualitas rok tutu terkait dengan jahitan yang digunakan diantaranya:

  • Jahitan rok tutu yang baik tentunya harus rapi, tidak terputus dan kuat.
  • Jarak antar jahitan satu dengan jahitan lainnya tampak sama dan konstan.
  • Ketika ditarik jahitannya tidak akan merenggang.
  • Sambungan antar jahitannya pun akurat dan sangat rapi.
  • Tidak adanya sisa benang pada ujung jahitan.

7. Sesuaikan Dengan Anggaran

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita dan anak-anak, rok tutu umumnya ditawarkan dengan pilihan warna hingga kualitas yang berbeda. Rentang harga rok tutu inipun sangat bervariasi jadi sebaiknya pilih saja rok tutu yang sesuai dengan anggaran yang anda miliki.

  • Dalam memilih rok tutu tidak masalah bila anda mencari harga yang murah asalkan kualitasnya benar-benar bagus.
  • Untuk lebih menghemat pengeluaran anda bisa memilih rok tutu dengan ukuran dan desain serbaguna supaya bisa dibentuk ke dalam berbagai macam model sesuai keinginan.
  • Jangan lupa juga belilah rok tutu dari toko yang sudah terpercaya. Dengan cara ini maka anda akan mendapatkan kualitas yang sesuai dengan harga.

Terinspirasi untuk membuat rok tutu sendiri sebagai pelengkap gaya penampilan anda?. Simak kembali pembahasan mengenai Panduan Lengkap Membuat 3 Model Rok Tutu Yang Mudah Diikuti.

Inspirasi Pemakaian Rok Tutu

Sudah menemukan rok tutu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda tapi masih bingung menentukan padupadannya?. Untuk mendapatkan tampilan yang simple namun tetap terkesan elegan anda bisa memadukan rok tutu yang memiliki karakteristik halus dengan atasan yang lebih ketat atau body fit.

  • Untuk memberi efek kaki yang lebih jenjang kenakan rok tutu pendek yang dipadukan dengan kaos ataupun blus pas badan. Jika anda ingin menonjolkan lekuk pinggang, anda dapat memasukkan atau menyembunyikan ujung baju ke dalam rok.
  • Untuk anda yang ingin tampil lebih modis pilih rok tutu pendek tipe midi yang memiliki aksen taburan manik atau mutiara pada sisi luar roknya.
    • Rok tutu yang dibuat dari bahan bertabur mutiara biasa disebut juga dengan rok tutu mutiara.
    • Rok tutu mutiara sangat cocok dikenakan sebagai lengkap busana pesta atau acara lain yang bertema glamor.
    • Rok tutu mutiara akan memberikan tampilan yang semakin feminim dan tampak girly.
    • Untuk menambah keindahan pada penampilan wanita rok tutu mutiara dapat dikombinasikan dengan berbagai atasan polos lainnya.
  • Khusus untuk anda yang lebih menyukai rok panjang anda bisa memilih rok tutu panjang yang dilengkapi dengan full furing. Tipe rok tutu yang satu ini juga cocok dipakai untuk pengguna hijab yang ingin tampil stylish.

Merawat Rok Tutu

Untuk memastikan agar rok tutu tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya usahakan untuk selalu merawat rok tutu dengan ekstra hati-hati mengingat jenis rok yang satu ini bentuknya cukup unik karena memiliki karakteristik berlubang-lubang. Beberapa tips sederhana yang bisa anda coba diantaranya:

  • Untuk mencuci rok tutu berbahan kain tile, anda bisa melakukannya secara manual yaitu dengan menggunakan tangan.
  • Selesai dicuci segera jemur rok tutu kesayangan anda dengan cara digantung di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Hindari mengeringkan rok tutu dengan mesin pengering (dryer) karena dapat merusak stuktur dan serat kain tile.
  • Pencucian dengan dry-cleaning juga tidak disarankan karena bahan kimia pada proses tersebut secara perlahan-lahan akan merusak fiber kain.
  • Untuk menghilangkan kerutan pada rok tutu gunakan steamer, setrika dengan panas berlebihan dapat melelehkan atau membakar serat tile.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa hal penting yang harus anda pertimbangkan ketika ingin memilih rok tutu. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan rok tutu yang tepat, penting bagi anda untuk memperhatikan kesesuaian ukuran, bentuk dan model rok tutu dengan kebutuhan.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa menjadi bahan referensi bagi anda agar lebih mudah untuk menemukan rok tutu yang tepat dan sesuai dengan gaya penampilan. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik seputar fashion yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Ketahui hal-hal penting yang harus anda pertimbangkan ketika memilih rok tutu. Rok tutu yang bagus paling tidak harus dibuat dari bahan kain yang benar-benar berkualitas, memiliki ukuran yang pas dan jahitannya juga harus rapi.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.