Article

Homepage Article Jahit Menjahit Panduan Lengkap Membuat…

Panduan Lengkap Membuat 3 Model Rok Tutu Yang Mudah Diikuti

Memiliki tampilan yang cenderung ringan dan cantik, rok tutu yang biasa dibuat dari kain tulle memang sangat sesuai jika dijadikan sebagai item fashion andalan dalam berbusana. Selain mudah dipadupadankan dengan jenis busana lain cara pembuatan rok tutu ini sebenarnya juga tergolong mudah dan tidak membutuhkan perhitungan yang rumit lho. 

Rok Tutu

Sumber : https://www.oliviarose.com/

Mau tahu lebih banyak tentang sejarah singkat rok tutu, bahan pembuatan rok tutu, model dan jenis rok tutu,  serta cara membuat masing-masing model rok tutu?. Buat anda yang penasaran simak pembahasan berikut yuk.

Sejarah Singkat Rok Tutu

Dilihat dari sejarah awalnya rok tutu yang dikenal juga dengan nama tutu skirt pada awalnya memang merupakan sebuah rok yang biasa digunakan sebagai kostum dalam tarian balet. Rok tutu ini umumnya terdiri dari beberapa lapis kain tulle yang dijahit menjadi satu pada bagian pinggangnya sehingga terlihat sedikit mengembang di area bawah.

Rok Tutu

Sumber : https://www.danzia.com/

Terinspirasi dari rok tutu yang dikenakan oleh para bellerina, para desainer pun kemudian mulai mendesain rok tutu untuk pelengkap gaya busana anak serta wanita dewasa dengan memanfaatkan kain tulle yang bertekstur jaring dan mudah mengembang sebagai bahan dasar roknya. 

Rok Tutu

Sumber : http://www.prettydesigns.com/

Bahan Pembuatan Rok Tutu

Kain tulle sendiri termasuk kedalam jenis kain yang biasanya dibuat dari berbagai macam serat, seperti sutra, nilon, rayon maupun serat yang lainnya. Secara fisik kain tulle sangat mudah untuk dikenali karena kain ini memiliki ciri yang sangat khas yakni berbentuk seperti layaknya sebuah jaring dengan permukaan berlubang menyerupai pola-pola heksagonal. 

Rok Tutu

Sumber : https://www.myweddingstore.co.nz/

Di pasaran kain tulle ini sebenarnya dapat dijumpai dalam beberap varian mulai dari yang sangat halus hinga sangat kaku. Tapi untuk membuat rok tutu sahabat Fitinline bisa memilih kain tulle tipe medium yang memiliki ciri khas tidak terlalu lembut tapi juga tidak terlalu kasar atau kaku sehingga mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan. 

Rok Tutu

Sumber : https://www.fabric.com/

Karena kain tulle ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis kain lainnya maka cara memotong dan menjahitnya pun juga harus hati-hati.

  • Pilih tempat yang luas untuk memotong kain tulle supaya anda bisa lebih leluasa untuk bergerak.
  • Pastikan gunting yang anda pakai untuk memotong kain tulle benar-benar tajam.
  • Bila anda menemukan kesulitan saat memotong kain tule lantaran kain yang digunting suka bergeser maka sebaiknya anda melapisinya terlebih dulu dengan kertas sebelum memotongnya.
  • Untuk memudahkan proses menjahitnya, lapisi kain tulle dengan menggunakan kertas tipis kemudian jahit seperti biasa. Cara ini penting untuk diperhatikan agar kualitas jahitan tetap bagus. 

Rok Tutu

Sumber : https://diyprojects.com/

3 Model Rok Tutu

Kembali membahas tentang rok tutu, jadi berdasarkan desain dan bentuk yang ditampilkan model rok tutu yang berkembang di Indonesia sendiri sebenarnya ada banyak sekali jenisnya. Beberapa diantaranya yakni berupa rok tutu model bertingkat, rok tutu model mengembang, serta rok tutu tanpa jahitan.

1. Rok tutu model bertingkat merupakan jenis rok tutu yang terdiri dari beberapa lapis, dimana panjang tiap lapis berbeda. Terkadang ada juga yang menggunakan warna berbeda sehingga menimbulkan efek ombre yang sangat cantik.

Rok Tutu

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Rok tutu model mengembang merupakan jenis tok tutu yang hanya terdiri dari 1 atau 2 lapis kain tulle yang sangat panjang dan dikerut pada bagian pinggangnya, sehingga bagian bawah model rok ini saling menumpuk dan mengembang.

Rok Tutu

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Rok tutu tanpa jahitan merupakan jenis rok tutu yang benar-benar dibuat tanpa jahitan melainkan hanya terdiri dari banyak potongan bahan kain yang di ikatkan pada sebuah elastis yang ukurannya sudah disesuaikan dengan lingkar pinggang. 

Rok Tutu

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara mudah membuat rok tutu sesuai trend yang berkembang saat ini?. Untuk anda yang suka bereksperimen coba yuk ikuti tutorial menjahit rok tutu model bertingkat, rok tutu model mengembang serta rok tutu tanpa jahitan berikut ini.

 

Cara Membuat Rok Tutu Model Bertingkat

Untuk membuat rok tutu model bertingkat alat dan bahan yang dibutuhkan diantaranya berupa kain bertekstur lembut seperti kain katun untuk furing atau dalaman rok, elastis, kain tulle untuk membuat ruffle, gunting, metlin, serta alat jahit lainnya. 

Rok Tutu

Sumber : http://themariaantoinette.com/

1. Dalam pembuatan rok tutu model bertingkat pertama-tama tentukan ukuran panjang dan lebar rok tutu yang ingin anda buat.

  • Untuk menentukan lebar rok tutu anda bisa mengukur bagian lingkar panggul ditambah 10 inchi atau 25 cm.
  • Sementara panjang rok tutu diperoleh dengan mengukur bagian pinggang ke bawah menuju ujung bawah rok. Karena bawah rok nanti akan di tambah ruffle jadi kurangi panjang kainnya sebanyak 3 inchi atau 7.5 cm.

2. Setelah dilakukan pengukuran selanjutnya potong kain katun sesuai ukuran yang telah ditetapkan kemudian lipat menjadi dua bagian sama besar dengan posisi bagian buruk kain saling berhadapan. Jahit pada bagian tepinya (bagian samping). 

Rok Tutu

Sumber : http://mariemadelinestudio.typepad.com/

3. Balikkan kembali posisi kain sehingga bagian baiknya berada di luar lalu jahit lurus untuk menyembunyikan bagian yang kurang rapi. Teknik penyelesaian dengan kampuh perancis ini merupakan teknik menjahit yang tepat untuk diterapkan pada kain yang bertekstur tipis. 

Rok Tutu

Sumber : http://mariemadelinestudio.typepad.com/

4. Buat beberapa buah garis penanda pada bagian permukaan kain furing untuk penempatan ruffle melalui ujung bawah rok tutu dengan jarak masing-masing 1 ½" atau 3.75 cm menggunakan alat jahit berupa kapur kain atau pensil. Jarak penempatan ruffle pada rok tutu ini bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. 

Rok Tutu

Sumber : http://mariemadelinestudio.typepad.com/

5. Buat wadah elastis pada bagian pinggang rok tutu dengan cara melipat bagian tepi atas rok tutu selebar ukuran elastis ditambah beberapa mm supaya elastisnya bisa masuk kemudian setik lurus sepanjang tepi kain yang dilipat dengan mesin jahit sehingga membentuk sebuah rongga. Sisakan celah kecil untuk memasukkan elastis. 

Rok Tutu

Sumber : http://mariemadelinestudio.typepad.com/

Rok Tutu

Sumber : http://mariemadelinestudio.typepad.com/

6. Selesai menjahit kain furing selanjutnya potong-potong kain tule untuk membuat ruffle sesuai ukuran panjang dan lebar rulle rok tutu yang diinginkan.

Rok Tutu

Sumber : http://mariemadelinestudio.typepad.com/

7. Lipat kain tule dengan posisi memanjang, kemudian setik lurus kain tulle tersebut dari salah satu ujungnya menuju ujung lain yang berseberangan sehingga diperoleh helaian benang yang berakhir bebas. 

Rok Tutu

Sumber : http://mariemadelinestudio.typepad.com/

8. Tarik salah satu benang yang terurai untuk memberikan efek bertumpuk pada kain tulle kemudian letakkan pada sepanjang garis-garis penanda yang telah dibuat. Jika dibutuhkan sematkan jarum pentul yang dikenal juga sebagai alat jahit multifungsi untuk menahan posisi tulle agar tidak bergeser. 

Rok Tutu

Sumber : http://mariemadelinestudio.typepad.com/

9. Jahit kain katun bersamaan dengan ruffle tulle menggunakan pola jahitan mesin jahit yang berbentuk zigzag. 

Rok Tutu

Sumber : http://mariemadelinestudio.typepad.com/

10. Ulangi langkah tersebut untuk memasang lapisan tulle pada garis penanda berikutnya sampai akhir. 

Rok Tutu

Sumber : http://mariemadelinestudio.typepad.com/

11. Sebagai penyelesaian akhir potong karet elastis yang berukuran 10 cm lebih pendek dari lingkar pinggang kemudian masukkan melalui celah yang disisakan pada wadah elastis. Jahit elastis menggunakan pola jahitan berbentuk zig-zag kemudian tutup bekas lubang yang dipakai untuk memasukkan elastisnya. 

Rok Tutu

Sumber : http://mariemadelinestudio.typepad.com/

Rok tutu model mengembang yang anda buat kini siap untuk digunakan. Untuk memberikan kesan vintage pada model rok ini anda bisa juga menyisipkan sepotong renda diantara tumpukan ruffle tullenya. 

Rok Tutu

Sumber : https://sewguide.com

Cara Membuat Rok Tutu Model Mengembang

Hampir mirip dengan proses pembuatan model rok kerut, untuk membuat rok tutu dewasa model mengembang yang cantik dan indah ini sahabat Fitinline bisa mewujudkannya dalam waktu 30 menit. Teknik menjahit yang diterapkan pun tidak terlalu rumit. 

Rok Tutu

Sumber : http://thegirlinspired.com/

1. Mula-mula siapkan terlebih dahulu bahan kain tulle yang akan anda gunakan untuk membuat rok tutu dewasa. Selanjutnya lilitkan bahan kain tulle pada bagian pinggang anda sebanyak dua kali untuk mengukur kebutuhan kainnya. Untuk membuat rok tutu yang mengembang bagus, kain tule yang anda pakai bisa terdiri dari dua atau bahkan 3 lapis.

2. Ukur seberapa panjang rok tutu dewasa yang anda inginkan kemudian tandai dengan kapur kain. Beri kelebihan sebesar 1 cm (untuk dijahit dengan ban pinggangnya) kemudian potong kain sesuai batas ukuran yang anda buat.

3. Sediakan kain furing sebagai dalaman rok. Untuk mengukur kebutuhan kainnya lilitkan kain furing pada pinggang anda sebanyak satu kali kemudian ditambah 20 hingga 25 cm.  Jika sudah potong kainnya sesuai panjang rok yang ingin anda buat.

4. Siapkan sepotong kain untuk ban pinggang rok tutu. Ukuran ban pinggang ini mestinya dibuat 20 hingga 25 cm lebih panjang dari lingkar pinggang.

5. Siapkan pula elastis untuk karet ban pinggangnya, sesuaikan panjang elastis dengan lingkar pinggang anda.

Rok Tutu

Sumber : http://thegirlinspired.com/

6. Selesai menyiapkan bahan, selanjutnya tumpuk dua hingga tiga lembar kain tulle pada tempat yang datar dan luas kemudian lipat tiap-tiap kain tersebut menjadi dua bagian sama panjang sehingga bagian terpendek dari tiap lembaran kain saling bertemu pada satu garis yang sama. 

7. Susun kain yang sudah anda jahit hingga diperoleh sebuah rok yang besar dan berlapis. Jika sudah selanjutnya jahit salah satu sisi rok yang anda peruntukkan sebagai ban pinggang secara bersamaan.

8. Jahit kain tulle dengan menggunakan setikan mesin jahit yang agak renggang kemudian kerut bagian tulle sampai diperoleh ukuran yang sama lebar dengan kain furing rok tutu.

Rok Tutu

Sumber : http://thegirlinspired.com/

9. Lipat kain furing menjadi dua bagian sehingga bagian terpendek dari lembaran kain furing saling bertemu pada satu garis yang sama kemudian jahit. 

Rok Tutu

Sumber : http://thegirlinspired.com/

10. Satukan bagian furing rok dengan bagian tulle yang dikerut kemudian jahit keduanya secara bersamaan dengan menggunakan mesin jahit. 

Rok Tutu

Sumber : http://thegirlinspired.com/

11. Untuk membuat ban pinggang, jahit kain yang sudah anda siapkan sebagai ban pinggang rok tutu dengan menyisakan sedikit celah untuk memasukkan karet eastis.

Rok Tutu

Sumber : http://thegirlinspired.com/

12. Lipat kain untuk ban pinggangnya menjadi dua bagian sama lebar. 

Rok Tutu

Sumber : http://thegirlinspired.com/

13. Jahitkan ban pinggang rok dengan bagian utama rok tutu dengan posisi bagian baik ban pinggang dan rok saling berhadapan. Supaya hasil jahitan yang didapat lebih rapi terapkan salah satu teknik menjahit yang sangat mudah, yakni buka kampuh jahitan ban pinggangnya. 

Rok Tutu

Sumber : http://thegirlinspired.com/

14. Tutup bagian jahitan ban pinggang supaya terlihat lebih rapi dengan cara melipat sedikit bagian ban pinggangnya yang belum dijahit kemudian tindas dengan setikan zig zag. 

Rok Tutu

Sumber : http://thegirlinspired.com/

15. Masukkan karet elastis pada ban pinggang menggunakan bantuan peniti atau loop turner kemudian sambung kedua ujung elastis dengan jahitan. 

Rok Tutu

Sumber : http://thegirlinspired.com/

Rok Tutu

Sumber : http://thegirlinspired.com/

16. Jangan lupa untuk menutup bagian celah atau lubang yang anda gunakan untuk memasukkan elastis. Sekarang rok tutu kreasi anda siap untuk digunakan.

Rok Tutu

Sumber :  http://thegirlinspired.com/

Cara Membuat Rok Tutu Tanpa Dijahit

Untuk membuat rok tutu yang didesain tanpa jahitan sebelumnya siapkan dulu beberapa alat dan bahan yang terdiri dari karet elastis dengan ukuran lebar 1,25 cm (sesuaikan panjangnya dengan kebutuhan), pita ukur, kain tulle, serta lem (bisa berupa lem tembak). Setelah seluruh alat dan bahan selesai disiapkan selanjutnya anda bisa langsung mulai membuat rok tutu.

1. Pertama-tama ukur bagian lingkar pinggang anda dengan punggung tegak, jika kesulitan anda bisa meminta bantuan orang lain. Ukuran ini diperlukan untuk menghitung seberapa panjang elastis yang harus anda siapkan.

2. Dengan menggunakan metlin, ukurlah dari pinggang ke bagian kaki untuk mengetahui panjang rok tutu anda. Sebagian besar rok tutu berukuran sekitar 28 cm hingga 58 cm dari pinggang.

3. Ambil karet elastis kemudian ukur panjangnya sesuai dengan lingkar pinggang anda. Supaya rok yang anda buat bisa pas dengan badan anda, anda perlu memotong karet elastis yang berukuran 10 cm lebih pendek dari ukuran pinggang.

4. Usai dilakukan proses pemotongan sambungkan kedua ujung karet elastis secara bersama-sama dengan menggunakan lem tembak untuk memastikan karet elastis merekat erat. Kalau mau lebih kuat anda bisa juga menjelujurnya dengan jahitan tangan.

5. Sampai disini proses pembuatan ban pinggang rok dari karet elastis sudah selesai. Untuk memastikan bahwa ukuran karet elastis sudah sesuai dengan ukuran badan anda bisa mencoba memakainya di bagian pinggang. 

Rok Tutu

Sumber : https://www.diynetwork.com/

6. Selesai membuat karet elastis,  selanjutnya potong bahan kain tulle.  Untuk mendapatkan potongan kain tulle yang panjangnya pas secara umum anda harus mengambil ukuran panjang rok dan kalikan dua, kemudian tambahkan 4 cm pada angka tersebut. Lebar setiap potongan kain mestinya 7,5 cm. Contohnya jika panjang rok tutu yang ingin anda buat adalah 50 cm maka anda harus memotong kain tulle tersebut dengan ukuran panjang 105 cm dan lebar 7,5 cm.

7. Potong-potong kain tulle sesuai dengan rok yang ingin anda buat, jika anda kesulitan dalam memotongnya anda bisa menggunakan karton untuk mempermudah proses pemotongan kain tulle. Caranya lilitkan kain pada potongan karton dan selipkan gunting di bawah lilitan kain tulle untuk memotongnya.

  • Jika anda ingin menggunakan kain tulle yang sudah dijual dalam bentuk rol sebenarnya juga bisa. Tapi pastikan ukuran lebarnya disesuaikan dengan kebutuhan rok anda. Jika hendak menggunakan kain tulle yang telah dipotong, Anda hanya perlu membuka gulungan kain tulle dan memotongnya dengan panjang yang sesuai.
  • Untuk menciptakan variasi yang berbeda anda bisa memotong tepian kain tulle sehingga bentuknya menjadi runcing. Potonglah beberapa kain sekaligus dengan bentuk miring untuk mempercepat prosesnya. 

Rok Tutu

Sumber : https://www.diynetwork.com/

8. Selesai melakukan proses pemotongan,  ambillah  kain tulle dan lipat menjadi dua. Lilitkan ujung bulat di sekeliling karet elastis dan tarik ujung lainnya ke atas, lalu masukkan ke dalam lingkaran. Tariklah kain tulle kuat-kuat untuk mengencangkannya pada karet elastis.

Rok Tutu

Sumber : https://www.diynetwork.com/

Rok Tutu

Sumber : https://www.diynetwork.com/

Rok Tutu

Sumber : https://www.diynetwork.com/

Rok Tutu

Sumber : https://www.diynetwork.com/

9. Ulangi proses ini sampai seluruh karet elastis selesai dibungkus dengan kain tulle.

Rok Tutu

Sumber : https://www.diynetwork.com/

10. Pastikan Anda mendorong simpul-simpul tersebut secara bertahap di sekeliling karet elastis bersama-sama sehingga saat karet elastis merenggang, tidak ada celah pada kain tulle.

Rok Tutu

Sumber : https://www.diynetwork.com/

11. Untuk memberikan variasi yang berbeda anda bisa menggabungkan dan menyesuaikan lapisan-lapisan warna kain tulle pada karet elastis untuk mendapatkan tampilan yang unik.

Rok Tutu

Sumber : https://www.diynetwork.com/

Rok Tutu

Sumber : https://www.diynetwork.com/

Rok Tutu

Sumber : https://www.diynetwork.com/

12. Periksa rok tutu anda dengan cara memakainya untuk memastikan bahwa panjang rok sudah benar-benar pas dan nyaman untuk dipakai beraktifitas.

Rok Tutu

Sumber : https://www.diynetwork.com/

13. Jika diperlukan tambahkan sentuhan-sentuhan akhir seperti kancing, pita atau bunga-bunga pada rok tutu dengan menempelkannya menggunakan peniti saja.

Demikian pembahasan mengenai sejarah rok tutu, bahan untuk membuat rok tutu, jenis dan model, rok tutu serta beberapa cara membuat rok tutu yang dapat kami bagikan untuk anda. Cukup menarik dan mudah untuk diikuti kan. Jika harus memilih kira-kira sahabat Fitinline lebih suka dengan rok tutu model bertingkat, rok tutu model mengembang atau justru rok tutu tanpa jahitan?. Share yaa...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.