Article

Homepage Article Kain 11 Kelebihan Gamis Wanita…

11 Kelebihan Gamis Wanita Yang Dibuat Dari Kain Wolfis

Berkeinginan untuk membeli gamis tapi masih bingung mau memilih bahan gamis yang seperti apa?. Bagi anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam hal berpakaian tidak ada salahnya bila anda memilih gamis dari bahan wolfis yang terkenal halus, ringan, tidak menerawang dan menawarkan banyak keunggulan lainnya.

Pengertian Gamis

Gamis merupakan sejenis baju kurung yang dominan digunakan di Timur Tengah dan negara-negara Islam. Sebagai pelengkap penampilan wanita, pakaian ini umumnya banyak diciptakan dalam bentuk terusan yang lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh bagian badan mulai dari leher sampai ke mata kaki.

Gamis Wolfis

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakainya gamis yang diciptakan untuk para wanita inipun secara garis besar dapat dibedakan kedalam berbagai macam model. Beberapa model gamis yang dimaksud diantaranya:

  • Gamis wanita model ruffle yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, maupun bagian depannya.
  • Gamis wanita lengan lonceng yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng.
  • Gamis busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depan untuk memudahkan pemakainya ketika menyusui sang buah hati.
  • Gamis full kancing yang dilengkapi dengan banyak kancing di bagian depan seperti layaknya blouse hanya saja ukurannya jauh lebih panjang.
  • Gamis layering yang memiliki aksen bertumpuk sehingga tampak seperti tunik yang dipadukan dengan rok panjang padahal sebenarnya bukan.
  • Gamis cape yang memiliki detail cukup unik karena dilengkapi dengan sebuah cape pada badan bagian atasnya.

Gamis Wolfis

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain memiliki desain dan tampilan yang cukup beragam, jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat gamis sebenarnya juga sangat bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu yang cukup populer yakni berupa bahan kain wolfis yang menawarkan banyak kelebihan dibanding bahan lainnya.

Gamis Wolfis

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Kain Wolfis Untuk Gamis

Ditinjau dari asal bahasanya nama wolfis sendiri sebenarnya berasal dari kata woolpeach. Namun karena tersublimasi dengan lidah Indonesia yang lebih suka menyebut sesuatu dengan cara mudah, lambat laun banyak orang yang jadi terbiasa menyebutkan kain woolpeach menjadi kain wolfis atau kain wolfis.

Beberapa ciri khas dan karakteristik istimewa dari bahan wolfis yang penting untuk anda ketahui diantaranya:

  • Kain wolfis umumnya memiliki susunan serat yang halus dan rapat.
  • Tekstur kain wolfis sedikit tebal namun cenderung ringan.
  • Tidak menerawang atau transparan.
  • Permukaan kain wolfis tidak terlalu licin namun terbilang cukup lembut dan juga tidak mudah kusut.
  • Karakteristik bahannya tidak panas sehingga akan terasa sangat nyaman ketika digunakan sebagai bahan gamis kain wolfis maupun jilbab.
  • Dari segi harga kain wolfis ini biasanya dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Ketersediaan warnanya juga lumayan banyak di pasaran.
  • Pakaian berbahan wolfis sangat mudah untuk disetrika meski tidak terlalu tahan jika terkena panas yang cukup tinggi.

Sebagai bahan dasar pembuatan gamis, kain wolfis sendiri hadir dengan tingkat kualitas yang berbeda-beda. Beberapa penjual biasanya membedakan jenis kain wolfis berdasarkan tingkatan atau biasa dikenal dengan sebutan grade.

  • Kain wolfis dengan kualitas grade A merupakan jenis kain wolfis yang memiliki tekstur bahan paling halus dengan karakter kain yang paling jatuh.
  • Untuk kualitas grade B tekstur kain wolfisnya kurang halus dan karakter bahannya kurang jatuh.
  • Sedangkan untuk jenis kain wolfis grade C tekstur bahannya sedikit kasar dengan karakter bahannya yang kurang jatuh.

Dari ketiga grade kain wolfis yang sudah disebutkan diatas, hampir dapat dipastikan bahwa kain wolfis dengan grade A memiliki harga bahan yang paling mahal dibandingkan jenis kain wolfis grade B ataupun C.

Butuh bahan kain wolfis berkualitas dengan harga murah untuk membuat gamis wanita?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Wolfis dari kami.

Kelebihan Gamis Wolfis

Dengan memanfaatkan kain wolfis sebagai bahan utamanya, gamis wanita yang dibuat dari kain tersebut jelas memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan gamis wanita yang dibuat dari bahan lainnya. Beberapa kelebihan dari gamis wolfis yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya yaitu:

1. Halus dan Lembut

Gamis yang dibuat dari kain wolfis umumnya memiliki karakteristik halus dan lembut ketika diraba dengan telapak tangan karena susunan seratnya cenderung rapat. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang tertarik menggunakan gamis wolfis sebagai pakaian andalan mereka.

  • Dengan memanfaatkan kain wolfis sebagai bahan utamanya gamis yang dihasilkan akan memiliki permukaan yang bertekstur halus dan lentur.
  • Tekstur kain wolfis yang halus, lembut dan lentur akan menimbulkan rasa nyaman dan tidak risi pada kulit saat mengenakannya.
  • Untuk dijadikan sebagai outfit sehari-hari gamis kain wolfis lebih bagus jika dibuat dengan ukuran yang longgar.

Gamis Wolfis

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Bahannya Sangat Kuat

Gamis wanita yang dibuat dari kain wolfis umumnya memiliki karakteristik yang kokoh, kuat dan tidak mudah rusak. Dengan pemakaian yang tepat, gamis berbahan wolfis bahkan bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya.

  • Gamis wolfis pada prinsipnya memiliki jenis kain yang kuat dan tidak mudah sobek.
  • Gamis kain wolfis juga cenderung tidak mudah luntur ataupun berubah warna.
  • Gamis wolfis bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya asal dipakai dan dirawat dengan cara yang tepat.

Gamis Wolfis

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Tebal Namun Ringan

Sebagai bahan pembuatan gamis yang berkualitas bahan kain wolfis sendiri sebenarnya dapat dijumpai dalam berbagai macam tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Meski ada yang tebal namun hampis semua jenis kain wolfis ini tetap memiliki masa yang ringan, jadi tidak akan terasa berat saat dikenakan.

4. Tidak Menerawang

Gamis yang dibuat dari bahan kain wolfis cukup aman dipakai untuk menutup dan menyamarkan bentuk tubuh karena bahannya tidak menerawang atau transparan. Penggunaan kain furing pada gamis wolfis pun sifatnya juga tidak wajib (bisa memakai furing bisa juga tidak).

  • Gamis berbahan wolfis sangat disarankan untuk dipakai sebagai pelengkap gaya penampilan karena bahan ini tidak transparan atau tidak menerawang.
  • Tapi kalau anda merasa tekstur kain wolfis masih kurang tebal untuk gamis jangan ragu untuk menambahkan furing sebagai dalamannya.

Gamis Wolfis

Sumber : https://www.elevenia.co.id/

5. Bahannya Terkesan Jatuh

Karakter paling khas dari bahan kain wolfis yang juga menjadikannya sangat cocok digunakan untuk membuat gamis wanita yaitu kain ini memiliki bahan yang jatuh, namun tidak membuat lekukan tubuh jadi terlihat. Meski demikian sebaiknya selalu gunakan gamis yang berukuran longgar.

6. Tidak Mudah Kusut

Permukaan bahan kain wolfis yang tidak terlalu licin namun terbilang cukup lembut membuat gamis wanita yang dibuat dari bahan ini jadi tidak mudah kusut. Tekstur kain wolfis yang tidak mudah kusut secara otomatis juga diwariskan pada gamis berbahan wolfis.

  • Gamis wolfis memiliki kelebihan tersendiri karena bahannya tidak mudah kusut ataupun lecek.
  • Karena tidak mudah kusut jenis kain ini juga tidak membutuhkan perawatan yang khusus untuk bisa mempertahankan kualitas bahannya.

7. Harganya Terjangkau

Dari segi harga gamis kain wolfis biasanya dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal dan relatif terjangkau. Dari segala keunggulan yang dimilikinya, alasan inilah yang membuat banyak orang tertarik membeli gamis berbahan kain wolfis.

  • Gamis wolfis umumnya memiliki harga yang cenderung lebih murah jadi dengan memakai gamis tersebut anda bisa lebih berhemat.
  • Sekalipun gamis berbahan wolfis memang dijual dengan harga yang cukup terjangkau namun bukan berarti kualitasnya lebih buruk dibanding gamis lainnya.

8. Pilihan Warnanya Banyak

Gamis wolfis biasanya dapat dijumpai dalam banyak pilihan warna dan dipilih sesuai kebutuhan pemakainya karena warna kain wolfis sendiri juga cukup beragam. Tidak hanya terbatas pada warna-warna netral seperti hitam atau putih, tapi warna kain wolfis ada juga yang dibuat lebih cerah.

  • Sebagai bahan dasar pembuatan gamis, kain wolfis dikenal memiliki warna yang terkesan lebih hidup dibanding bahan kain yang lain.
  • Semakin banyak pilihan warna kain wolfis yang ditawarkan akan membuat wanita lebih tertarik untuk mengenakannya.

Gamis Wolfis

Sumber : https://www.lazada.co.id/

9. Warnanya Tidak Mudah Luntur

Gamis berbahan wolfis umumnya tidak mudah luntur jadi warna alaminya akan tetap terjaga dengan baik dan tidak berubah meski sudah dicuci maupun digunakan berulang kali. Dengan  demikian warna kain wolfis yang ada pada gamis tidak akan mengotori pakaian lain saat dicuci bersamaan.

Gamis Wolfis

Sumber : https://www.lazada.co.id/

10. Mudah Dicuci dan Dikeringkan

Gamis wolfis umumnya cukup mudah untuk dibersihkan dan noda yang menempel pun bisa dengan mudah dihilangkan. Untuk mencuci gamis wolfis sendiri anda bisa menggunakan cara manual yakni dengan kedua tangan ataupun mesin cuci.

  • Gamis wolfis yang mudah dibersihkan dan dikeringkan akan memudahkan penggunanya saat melakukan perawatan.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan gamis wolfis bisa dibilang cukup cepat dan tidak memakan waktu lama.
  • Khusus untuk merawat gamis wolfis yang dihias dengan banyak detail seperti halnya payet atau mutiara pencucian dengan kedua tangan lebih dianjurkan.

Gamis Wolfis

Sumber : https://blogchicks.com.au/

11. Mudah Untuk Disetrika

Gamis yang dibuat dari bahan dasar kain wolfis sangat mudah untuk disetrika meski tidak terlalu tahan jika terkena panas yang cukup tinggi. Jadi kalau anda ingin menyetrika gamis berbahan kain wolfis sebaiknya atur temperatur setrikanya dengan suhu yang sedang saja.

Kekurangan Gamis Wolfis

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya gamis yang dibuat dari kain wolfis sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan lantaran bahan ini memang tidak sebagus kain katun dan saat digunakan akan memunculkan rasa sedikit gerah.

  • Untuk yang tidak cocok menggunakan kain wolfis anda pasti akan sangat terganggu katena tubuh jadi lebih mudah berkeringat.
  • Untuk pemakaian jangka panjang bukan tidak mungkin hal ini akan membuat kulit jadi gatal dan terkena iritasi.

Selain bahannya bisa memunculkan sedikit rasa gerah, kain wolfis secara umum juga memiliki sifat yang tidak tahan panas. Jadi kalau anda memiliki gamis wanita atau pakaian lain yang dibuat dari kain wolfis hendaklah menyetrikanya dengan suhu yang tidak terlalu panas supaya kainnya tidak mudah rusak ataupun meleleh.

Tips Merawat Gamis Wolfis

Punya sejumlah koleksi gamis berbahan wolfis?. Untuk memastikan agar gamis yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya usahakan untuk selalu merawat gamis kain wolfis tersebut dengan cara yang baik dan benar. Cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk merawat gamis wolfis yaitu:

  • Segera cuci gamis wolfis yang terpapar noda dengan cara merendamnya terlebih dahulu dalam larutan detergen kemudian kucek hingga nodanya tidak lagi berbekas.
    • Untuk mencuci gamis wolfis anda hanya perlu merendamnya dengan sedikit deterjen dan menguceknya perlahan sampai bersih.
    • Hindari penggunaan detergen yang terlalu berlebihan, karena jika pembilasannya tidak bersih nanti saat sudah kering akan meninggalkan bercak putih pada kain.
  • Usahakan untuk selalu mencuci gamis wolfis dengan menggunakan teknik hand-wash atau mencuci dengan tangan. Cara ini akan memberikan umur lebih panjang pada gamis anda.
  • Pada saat menjemur lebih baik gantung gamis anda dengan menggunakan hanger agar bentuknya tetap terjaga dan jangan melipatnya menjadi dua saat meletakkannya pada tali jemuran.
  • Hindari kebiasaan menjemur gamis wolfis dengan memanaskannya di bawah sinar matahari langsung, cukup diangin-anginkan saja agar warna kain wolfis tetap terjaga dengan baik.
  • Selesai dicuci dan dikeringkan, setrika gamis berbahan wolfis dengan panas yang sedang.
    • Penggunaan setrika yang terlalu panas dikhawatirkan akan membuat bahan gamis jadi cepat mengkerut dan terbakar.
    • Untuk menghindari bekas hangus yang ditimbulkan panas setrika anda bisa juga melapisi permukaan gamis dengan kain tipis sebelum menyetrikanya.
  • Usai disetrika simpan gamis wolfis kesayanan anda dalam almari pakaian. Untuk menyimpan gamis sediri ada dua cara yang dapat dilakukan.
    • Cara pertama gamis bisa digantung dengan menggunakan hanger.
    • Cara kedua gamis dilipat rapi dan dimasukkan ke dalam almari.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah kelebihan dan kekurangan dari gamis wolfis yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui keunggulan yang dimiliki gamis wolfis semoga kedepannya anda bisa lebih mudah untuk menemukan gamis yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.

Lebih tertarik untuk membuat gamis wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi ada bisa mendownload pola gamis wanita siap pakai dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya  memiliki lekukan pinggang.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat gamis tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan Kain Wolfis atau bahan lainnya anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.