Article

Homepage Article Desain Fesyen 13 Model Rok Wanita Yang…

13 Model Rok Wanita Yang Dapat Anda Pilih Sesuai Bentuk Tubuh

Mau tampil setingkat lebih modis dan stylish dalam setiap kesempatan?. Khusus untuk sahabat Fitinline yang suka berpenampilan feminim mungkin anda bisa menjadikan rok sebagai outfit andalan anda. Selain memberikan kesan feminim, rok ini juga dapat membuat penampilan jadi lebih keren lho asal pemilihannya juga sudah tepat.

Pengertian Rok

Rok dapat didefinisikan sebagai busana penutup tubuh bagian bawah yang dibuat langsung menjadi satu bagian untuk menutupi seluruh atau sebagian kaki pemakainya. Rok ini umumnya dikenakan mulai dari pinggang melewati panggul sampai batas bawah tertentu sesuai dengan keinginan. 

Rok Wanita

Sumber : http://www.elevenia.co.id/

Meski kerap diidentikkan sebagai pakaian wanita, jaman dulu ternyata rok juga sering dipakai oleh para pria lho. Pada zaman mesir kuno misalnya, rok yang didesain seperti layaknya sebuah dress dan jubah umumnya dapat dipakai oleh semua gender, baik itu pria maupun wanita. 

Rok Wanita

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Beberapa sumber menyebutkan bahwa dimasa lalu tepatnya sebelum masa revolusi industri, ukuran panjang dari sebuah rok ternyata juga terkait erat dengan level sosial pemakainya. Rok wanita dengan ukuran panjang biasanya hanya dipakai oleh orang kaya sebab pada saat itu harga kain sangat mahal.

Rok Wanita

Sumber : https://global.rakuten.com/

Desain awal dari sebuah rok dulu hanya berupa kain yang dililitkan di bagian pinggang. Bersamaan dengan terjadinya perang dunia, model rok wanita pun kemudian mulai mengalami perkembangan bentuk dan model yang disesuaikan dengan bentuk badan pemakainya, tidak seperti rok yang dikenakan pada era abad pertengahan.

Rok Wanita

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Berlanjut ke era modern, model rok yang berkembang seperti sekarang ini umumnya jauh lebih bervariasi lagi sehingga dapat dipakai untuk segala suasana, baik itu suasana casual maupun formal. Selain dikenakan bersama dengan kemeja, rok yang didesain dalam berbagai variasi bentuk (siluet) dan ukuran juga bisa dipadupadankan dengan busana lain.

Jenis Rok Wanita Berdasarkan Panjangnya

Berdasarkan bentuk dan ukuran panjangnya, model rok yang dapat dikenakan oleh para wanita secara keseluruhan dapat dibedakan menjadi beberapa macam varian. Jenis rok yang dimaksud diantaranya berupa rok micro, rok mini, knee length skirt, rok midi, rok maxi dan rok floor.

1. Rok Micro

Rok micro dapat dikatakan sebagai salah satu model rok wanita yang paling pendek karena panjangnya hanya sampai batas pangkal paha. Jika anda ingin mengenakan rok mikro untuk hangout atau sekedar bersantai di rumah pastikan anda selalu mengenakan celana yang pendek sebagai dalamannya. 

Rok Wanita

Sumber : http://wheretoget.it/

2. Rok Mini

Rok mini merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai pertengahan paha atau 10 cm di atas lutut. Meski dari segi tampilan terkesan agak simple, namun belakangan ini rok mini kembali menjadi fashion item yang banyak dicari dan diperbincangkan oleh para wanita.

Tertarik untuk memakai rok mini sebagai outfit andalan anda?. Sebelum memakai rok yang satu ini simak dulu yuk beberapa tips penting yang perlu anda perhatikan dalam mengenakan rok mini.

  1. Selalu rawat kelembapan kulit bagian kaki agar tampilan anda jadi makin maksimal.
  2. Dalam memilih rok mini perhatikan pula kesesuaian model rok dengan bentuk tubuh.
    • Jika anda memiliki bentuk tubuh yang membesar di bagian pinggul anda bisa mengenakan model rok mini yang berpotongan lebar di bawahnya.
    • Jika anda memiliki bentuk tubuh yang cenderung lurus anda bisa memilih rok mini yang berpotongan pensil.
  3. Padupadankan rok mini dengan busana penutup tubuh bagian atas yang tepat. Supaya lebih aman sebaiknya hindari pemakaian rok mini dengan blouse yang terlalu ketat dan terbuka. 

Rok Wanita

Sumber : http://raggedydenims.com/

3. Knee Length Skirt

Knee length skirt merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai batas lutut. Dengan desainnya yang sedemikian simple, jenis rok yang satu ini sangat cocok jika digunakan pada berbagai suasana baik itu suasana formal maupun casual. 

Rok Wanita

Sumber : https://www.amazon.com/

Selain bersifat multifungsi, knee length skirt ini juga sangat mudah dipadupadankan dengan berbagai jenis busana penutup tubuh bagian atas. Untuk anda yang ingin tampil trendy, anda bisa memadukan  jenis rok seperti ini dengan denim shirt yang diikat dan dimasukan ke dalam rok.

Rok Wanita

Sumber : https://global.rakuten.com/

4. Rok Midi

Rok midi merupakan model rok wanita yang memiliki panjang sampai pertengahan betis atau berada diantara lutut dan tumit. Sebagai salah satu fashion item yang abadi, sampai sekarang rok midi bisa dengan mudah dijumpai dalam berbagai tempat, acara dan kesempatan. 

Rok Wanita

Sumber : https://www.target.com/

5. Rok Maxi

Rok maxi merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai mata kaki. Rok ini konon menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki untuk para wanita aktif karena padupadannya sangat mudah. Dengan sedikit kreativitas, anda bisa memakai rok maxi ini dengan kemeja lengan panjang, tunik atau model baju lainnya.

Rok Wanita

Sumber : https://www.thelabellife.com/

6. Rok Floor

Rok floor merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai menyentuh lantai. Dengan desainnya yang sedemikian panjang, rok ini umumnya sangat jarang dipakai sebagai pakaian sehari-hari dan lebih banyak digunakan sebagai pelengkap busana pesta juga gaun pengantin. 

Rok Wanita

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Mencari bahan kain berkualitas untuk membuat gaun?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat koleksi bahan kain kami Di Sini.

Jenis Rok Wanita Berdasarkan Siluetnya

Selain dibedakan berdasarkan ukuran panjangnya rok wanita sebenarnya juga dapat dibedakan berdasarkan siluetnya. Jenis-jenis rok yang dimaksud yaitu berupa rok dari pola dasar, rok span dan semi span, rok pias, rok kerut, rok kembang atau rok klok, rok lipit serta rok bertingkat.

1. Rok Dari Pola Dasar

Rok dari pola dasar merupakan jenis rok yang diciptakan tanpa lipit atau kerut seperti halnya pola dasar pada rok. Untuk memudahkan seseorang saat memakai dan melepaskannya, rok tersebut biasanya dilengkapi dengan ritsleting pada bagian tengah muka atau tengah belakang.

Rok Wanita

Sumber : https://www.tipsuniforms.com/

2. Rok Span Dan Semi Span

Rok span dan rok semi span sebenarnya didapat dari pengembangan model rok basic. Rok span merupakan jenis rok wanita yang bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah. 

Rok Wanita

Sumber : https://www.dynamiteclothing.com/

Rok semi span memiliki ciri yang sangat khas yakni bagian sisinya dibuat lurus ke bawah atau bagian bawah sama besarnya dengan bagian panggul.

Rok Wanita

Sumber : https://www.tristanstyle.com/

3. Rok Pias

Rok pias dapat didefinisikan ke dalam model rok yang terbagi menjadi beberapa bagian dengan bagian bawah melebar. Bergantung pada jumlah pias atau potongan yang dibuat, model rok ini dapat dibagi kedalam beberapa jenis, yakni berupa rok pias 3, rok pias 4, rok pias 6 dan seterusnya.

Rok Wanita

Sumber : https://prelo.co.id/

Model rok pias yang didesain untuk para wanita sangat cocok jika dijadikan sebagai rok andalan untuk ke pesta.

4. Rok Kerut

Rok kerut termasuk ke dalam jenis rok wanita yang dibuat dengan model kerutan mulai dari batas pinggang atau panggul sehingga bagian bawahnya secara otomatis akan melebar. Cara membuat model rok kerut ini bisa dibilang sangat mudah dan praktis karena tidak memerlukan pola dan perhitungan yang rumit.

Langkah-Langkah Membuat Rok Kerut

  • Siapkan bahan kain yang akan anda gunakan untuk membuat rok beserta elastis yang memiliki ukuran panjang sesuai dengan lingkar pinggang anda.
  • Jika sudah selanjutnya lilitkan bahan kain pada bagian pinggang sebanyak dua kali lalu potong dengan menggunakan gunting yang tajam.
  • Ukur seberapa panjang rok yang inginkan kemudian potong sesuai kebutuhan.
  • Bentuk ban pinggang dengan cara melipat bagian atas kain sesuai lebar ban pinggang yang ingin anda buat. Untuk mempermudah pemasangan elastis, ukuran ban pinggang ini harus dibuat sedikit lebih besar dari lebar elastis.
  • Rapikan bagian bawah rok dengan cara melipat dan menyetrika ujungnya supaya lebih rapi. Selesai disetrika sekarang anda bisa menjahit bagian bawah rok tersebut dengan pola jahitan berbentuk lurus.
  • Masukkan karet elastis pada ban pinggang dengan bantuan peniti kemudian sambungkan kedua sisi rok dengan cara menjahitnya.
  • Sambungkan pula karet elastis yang diperuntukkan sebagai ban pinggang supaya tidak terlepas, kemudian selesaikan bagian pinggangnya dengan tusuk jelujur.

Rok Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

5. Rok Kembang Atau Rok Klok

Rok kembang atau rok klok dapat dikategorikan ke dalam jenis rok yang memiliki bentuk melebar dibagian bawahnya. Rok kembang ini pada dasarnya dapat dibagi lagi menjadi berbagai jenis, dua diantaranya yakni berupa rok lingkaran dan rok ½ lingkaran.

Rok Setengah Lingkaran 

Rok Wanita

Sumber : https://www.itsalwaysautumn.com/

Rok Lingkaran

Rok Wanita

Sumber : https://www.lastentaikamaa.fi/

Desain rok kembang yang simple namun tetap terkesan elegan menjadikan rok lingkaran dan rok ½ lingkaran begitu banyak disukai oleh wanita sebagai pelengkap gaya busana mereka, terutama karena padupadannya juga terbilang cukup mudah dan praktis.

Rok Wanita

Sumber : http://www.engineering-in-style.com/

Simak kembali pembahasan mengenai Cara Mudah Membuat Rok Lingkaran, kalau anda ingin mencoba membuat rok sendiri di rumah.

6. Rok Lipit

Rok lipit termasuk ke dalam jenis rok yang menggunakan lipit-lipit baik secara permanen atau tidak. Selain difungsikan sebagai hiasan lipatan pada pada rok tersebut umumnya juga ditambahkan untuk menambah kelonggaran dan untuk menyesuaikan bentuk tubuh.

Berdasarkan desain dan variasinya model rok lipit yang berkembang sampai saat ini pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi tiga macam yaitu berupa rok lipit pipih, rok lipit hadap dan rok lipit sungkup.

a. Rok Lipit Pipih

Rok lipit pipih merupakan model rok yang lipitannya dibuat searah seperti rok sekolah murid SD. Lebar lipit pada rok ini sangat menentukan dalamnya lipit yang satu dengan garis lipit yang lain. Lipit pipih dapat difungsikan sebagai hiasan dan penambah kelonggaran bagian bawah rok. 

Rok Wanita

Sumber : https://www.yesstyle.com/

b. Rok Lipit Hadap

Rok lipit hadap merupakan model rok yang lipitnya dibuat berhadapan baik pada bagian tengah muka, tengah belakang atau diatur beberapa lipitan pada sekeliling rok sehingga lipatan yang dihasilkan di belakang tepinya saling membelakangi. Lipit hadap dapat difungsikan sebagai hiasan dan penambah kelonggaran. 

Rok Wanita

Sumber : https://www.flamenzo.com/

c. Rok Lipit Sungkup

Rok lipit sungkup merupakan model rok yang lipitannya dibuat berlawanan, misalnya lipit yang satu dibuat kekanan maka yang satu lagi dibuat ke kiri. Lipit pada rok ini sebenarnya memiliki kesamaan dengan lipit pada bagian dalam atau bagian buruk bahan pada lipit hadap. Fungsinya sebagai kelonggaran.

Rok Wanita

Sumber : http://www.lyst.com/

7. Rok Bertingkat

Rok bertingkat termasuk ke dalam model rok wanita yang dibuat dalam model bertumpuk atau bertingkat. Rok wanita dengan model bertingkat ini umumnya sering dijumpai pada busana anak-anak maupun busana muslim.

Rok Wanita

Sumber : http://www.polkadotinc.com/

Tips Memilih Rok Sesuai Bentuk Tubuh

Tertarik untuk memakai rok tapi masih bingung bagaimana cara memilihnya?. Karena masing-masing bentuk tubuh yang dimiliki oleh setiap wanita pasti memiliki kelebihan yang bisa ditonjolkan maka dalam memilih rok ini pun sebenarnya terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

1. Bentuk Jam Pasir

Bentuk tubuh jam pasir umumnya memiliki ukuran pinggang yang kecil, tapi bagian dada dan pinggulnya cenderung berisi. Bentuk tubuh jam pasir biasanya lebih mudah untuk mengenakan berbagai model rok, terutama model rok span yang mempertegas bentuk pinggang.

2. Bentuk Buah Strawberry

Bentuk tubuh strawberry umumnya memiliki dada yang besar, bahu yang bidang sementara bagian pinggulnya tampak lebih ramping. Supaya tampilan anda terkesan lebih seimbang sebaiknya kenakan model rok yang cenderung lebar pada bagian bawah dan hindari penggunaan rok yang bagian bawahnya menyempit.

3. Bentuk Segitiga Terbalik

Bentuk tubuh segitiga terbailik memiliki bahu lebih lebar dibandingkan dengan lingkar pinggang. Bentuk tubuh seperti ini akan terlihat sangat bagus jika mengenakan rok dengan details peplum atau rok yang mengembang di bagian bawahnya.

4. Bentuk Buah Pear

Bentuk tubuh buah pir dikenal memiliki area pinggul yang besar. Untuk menyamarkan bagian tersebut sebaiknya hindari penggunaan rok ketat dan rok yang disertai detail horizontal karena hal ini dapat menarik perhatian berlebih ke tubuh bagian bawah dan membuat pinggul semakin melebar.

5. Bentuk Buah Apel

Bentuk tubuh buah apel biasanya cenderung lurus dan besar pada bagian dada, perut serta pinggul. Untuk menyeimbangkan tubuh bagian atas anda bisa menggunakan model rok berbahan ringan yang memiliki model melebar pada bagian bawahnya agar tubuh anda terlihat proporsional.

6. Bentuk Tubuh Mungil

Wanita dengan bentuk tubuh mungil akan sangat cocok jika memakai rok lipit dengan model highwaist. Supaya bentuk tubuh anda tidak makin tenggelam dan terlihat pendek sebaiknya hindari penggunaan rok dengan panjang di bawah lutut.

7. Bentuk Tubuh Lurus

Bentuk tubuh lurus memiliki ciri yang sangat khas yakni tidak memiliki lekukan sama sekali. Jika anda termasuk orang yang memiliki bentuk tubuh seperti ini sebaiknya kenakan saja model rok yang berlipit dan terkesan mengembang untuk menambah volume tubuh.

8. Bentuk Tubuh Dengan Banyak Lekukan

Wanita dengan banyak lekukan di tubuhnya akan sangat bagus jika memakai rok span yang tidak terlalu ketat dan berwarna solid. Untuk menyamarkan bentuk tubuh yang tidak beraturan, sebaiknya hindari memakai rok dengan model jatuh yang menggunakan banyak bahan.

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis rok wanita berdasarkan ukuran panjang dan siluetnya beserta tips memilih rok sesuai bentuk tubuh yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau harus memilih kira-kira sahabat Fitinline lebih suka model rok wanita seperti apa, rok span, rok lingkaran atau justru rok lipit?. Share ya...

Ingin menjahit rok sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload video tutorial menjahit rok dan cara membuat pola rok dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.