Article

Homepage Article Kain Jenis-Jenis Kain Tile dan…

Jenis-Jenis Kain Tile dan Pemanfaatannya Dalam Industri Fashion

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat gaun pesta, kebaya, rok tutu, gamis, tunik, blus dan berbagai macam pakaian lainnya?. Bila anda ingin mendapatkan bahan kain yang memiliki karakteristik unik dan lain dari biasanya mungkin anda bisa memanfaatkan kain tile yang bisa dijumpai dalam berbagai variasi bahan.

Pengertian Kain Tile

Kain tile atau dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan “tulle” termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki ciri khas seperti jaring kecil yakni permukaannya berlubang-lubang sehingga menjadikan tampilannya tampak transparan. Meski cenderung transparan tapi kain ini tetap terbilang cukup kuat dan tahan lama.

Sebagai bahan kain yang memiliki karakteristik istimewa, kain tile umumnya banyak dibuat dari berbagai macam serat seperti sutra, nilon, poliester dan juga rayon. Dari berbagai jenis serat yang ada, jenis yang paling langka terbuat dari rayon dan yang paling banyak dibuat dari bahan sintetis poliester.

Sejarah Kain Tile

Dilihat dari sejarahnya kain tile konon pertama kali muncul sebagai kostum balet di Paris, kemudian popularitasnya mulai meningkat setelah dipakai Ratu Victoria pada gaun pernikahannya di tahun 1840. Hal yang membuat kain tile menarik adalah struktur kain tile yang diambil dari struktur bentuk Bobbinet.

Bobbinet sendiri diketahui pertama kali diciptakan di Britania  oleh John Heathcoat pada awal 1800-an dengan cara melilitkan benang pakan di sekitar benang lungsi sehingga menciptakan desain heksagonal yang kuat. Bentuk ini tidak akan berubah karena benang telah terlilit dengan tegangan tertentu.

Dengan mengadaptasi struktur tenunan bobbinet terciptalah kain tile yang memiliki karakteristik yang sangat ringan, kuat dan tahan lama. Jadi walaupun sama-sama bertekstur jaring-jaring antara bobbinet dan kain tile keduanya tetaplah dua jenis kain yang berbeda.

  • Bobbinet

Bobbinet merupakan kain tipis yang memiliki bentuk heksagonal dan juga bersifat transparan, hanya saja kain ini sedikit buram dan juga memiliki tekstur yang lumayan kasar. Kain ini banyak ditemukan di Inggris dan Perancis.

  • Kain Tile

Jika kain bobbinet biasanya memiliki tekstur yang lumayan kasar, maka berbeda dari kain tile yang bertekstur lembut. Selain itu bahan tile kebanyakan juga lebih ringan dari pada kain bobbinet.

Jenis-Jenis Kain Tile

Berdasarkan karakteristik bahannya kain tile sendiri pada prinsipnya dapat dibedakan dalam berbagai macam variasi warna dan jenis, mulai dari kain tile polos yang kaku hingga yang lembut. Kain tile polos pada pakaian biasanya digunakan untuk menciptakan kesan mengembang atau bisa juga sebagai renda.

1. Kain Tile Halus

Kain tile halus umumnya memiliki tekstur yang sangat lembut dan lemas jika dipegang. Kain tile polos yang halus sangat cocok jika digunakan untuk membuat pakaian resmi salah satunya yaitu seperti kebaya untuk pernikahan maupun untuk dalaman brokat.

Kain Tile

Sumber : https://www.ontrendfabrics.co.uk/

2. Kain Tile Medium

Kain tile jenis medium termasuk ke dalam jenis kain yang teksturnya tidak terlalu lembut/lemes tapi juga tidak terlalu kasar/kaku. Kain tile medium banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan dress tutu, rok tutu, serta veil untuk aksesoris rambut pengantin wanita.

Kain Tile

Sumber : https://www.harrington-fabric-and-lace.co.uk/

3. Kain Tile Kaku

Kain tile kaku disebut demikian karena teksturnya memang sangat kaku. Kain tile kaku biasanya banyak digunakan bungkus aksesoris pernikahan atau detail dekorasi rumah tangga. Pakaian yang menggunakan kain ini sebenarnya juga ada tapi hanya untuk bagian tertentu.

Kain Tile

Sumber : https://bodikian-textiles.com/

Selain dibedakan berdasarkan karakteristik bahannya, kain tile pada prinsipnya juga memiliki banyak variasi bahan yang tidak kalah menarik. Perbedaan setiap jenis tile terletak pada bahan dasar pembuatnya seperti sutra, nilon, polyamide poliester dan spandek. Beberapa jenis bahan tile yang paling popuer diantaranya:

1. Silk Tile (Tile Sutra)

Silk tile merupakan kain tile yang paling halus dan lembut di antara jenis lainnya. Namun sebagaimana kain-kain berbahan dasar benang sutra lainnya, tile sutra jarang dijumpai dan harganya sangat mahal.

Kain Tile

Sumber : https://www.silkworld.com.au/

2. Nylon Tile (Tile Nilon)

Tile dari serat nilon menjadi jenis tile yang paling banyak dijumpai pada berbagai jenis pakaian karena harganya yang sangat terjangkau. Gaun dari bahan velvet akan makin cantik jika dipadukan dengan bahan ini.

Kain Tile

Sumber : https://www.pinterest.com/

3. Polyester Tile (Tile Poliester)

Sesuai sifat serat poliester yang cenderung kaku, kain tile poliester pun memiliki karakteristik yang sedikit kaku. Oleh karena itu tile jenis ini banyak digunakan dalam pembuatan aksesori dan kerajinan tangan.

Kain Tile

Sumber : https://www.silkworld.com.au/

4. Illusion Tile

Kain tile yang satu ini dibuat dari campuran serat poliester dan nilon dan dikenal juga sebagai bridal illusion tile karena sering digunakan pada gaun dan penutup wajah pengantin. Kain ini memiliki lubang jaring berbentuk berlian yang sangat halus.

Kain Tile

Sumber : https://www.silkworld.com.au/

5. Stretch Ilusion Tile

Stretch ilusion tile merupakan kain yang bersifat stretch atau bisa diregangkan. Sifat stretch ini didapatkan dari serat yang digunakan sebagai campuran yaitu spandeks atau elastane. Tile stretch sangat cocok untuk membuat gaun.

Kain Tile

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Untuk memenuhi kebutuhan para wanita akan produk pakaian yang berkualitas terdapat pula beberapa jenis kain tile yang dikreasikan dengan berbagai macam pernak-pernik. Kain tile yang dimaksud yaitu berupa kain tile glitter yang tampak berkilau, kain tile mutiara, kain tile akar serta kain tile bordir.

1. Kain Tile Glitter

Kain tile glitter merupakan salah satu varian kain tile yang dihiasi dengan glitter sehingga terkesan sangat mewah dan berkilau bila terkena cahaya. Kain tile glitter sangat cocok digunakan untuk membuat gaun malam dan juga kerajinan lainnya.

Kain Tile

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Kain Tile Mutiara

Kain tile mutiara merupakan kain bertekstur jaring-jaring yang diberi dengan hiasan manik-manik sehingga tampilannya terkesan lebih mewah dan elegan. Kain tile mutiara ini sangat cocok untuk dijadikan bahan kebaya, gaun pengantin, blus dan juga gamis.

Kain Tile

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Kain Tile Akar

Kain tile akar merupakan jenis kain yang memiliki ciri khas berupa motifnya yang merambat layaknya akar. Selain itu motif kain tile akar ini juga memiliki kemungkinan untuk dipadukan dengan motif yang lain seperti bunga  atau mutiara-mutiara kecil.

Kain Tile

Sumber : https://www.lazada.co.id/

4. Kain Tile Bordir

Kain tile bordir merupakan jenis kain yang diperoleh dari perpaduan antara tile dengan bordiran. Jenis bordiran pada kain tile inipun sangat beragam, salah satu yang masih menjadi favorit yakni berupa bordir bunga yang bisa anda dikreasikan dengan payet.

Kain Tile

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Negara Penghasil Tile

Berbicara mengenai kain tile lantas sudahkah anda tahu negara mana saja yang menjadi penghasil kain tile terbesar di dunia?. Meski sudah sering menjumpai kain tile mungkin banyak diantara anda yang masih belum tahu kalau sampai saat ini sedikitnya ada empat negara yang sudah terkenal sebagai produsen kain tile.

Beberapa negara penghasil utama dari bahan tile yang paling populer yaitu Perancis, Inggris, China dan Italia.

1. Perancis

Sebagai pusat mode dunia, negara Perancis diketahui banyak memproduksi berbagai macam kain-kain yang mewah dan mahal. Salah satu perusahaan penghasil kain tile asal Perancis yang sudah terkenal yaitu perusahaan bernama Dentelle De Calais yang berdiri sejak tahun 1809.

2. Inggris

Inggris menjadi negara berikutnya yang juga memproduksi kain tile dalam berbagai variasi yang tak terhingga. Kain tile yang dihasilkan dari negara ini umumnya banyak dibuat dengan aksen atau motif tambahan.

  • Tile dengan aksen bunga menjadi bahan kain yang cukup banyak diproduksi di Inggris.
  • Tak hanya memodifikasi pada aksen kain saja, mereka juga memberikan sentuhan modifikasi pada tekstur dan tampilan lain.
  • Dalam beberapa kesempatan anda juga akan menemukan jenis kain yang dipenuhi dengan hiasan manik-manik yang membuat lebih elegan.
  • Tile asal inggris banyak diproduksi sebagai pembuatan acara-acara formal, seperti gaun pernikahan.

3. China

China diketahui menjadi salah satu negara yang mengekspor kain tile ke Indonesia. Kain tile yang diproduksi dari negara ini kebanyakan terbuat dari bahan sintetis, karena harga bahan-bahan seperti itu cenderung lebih murah bila dibandingkan dengan kain tile yang dibuat dari bahan sutra.

4. Italia

Seolah tak mau kalah dengan negara Perancis yang sama-sama terletak di benua Eropa, Italia juga dikenal sebagai negara yang banyak memproduksi kain tile bahkan mereka memiliki mesin industri khusus untuk menghasilkan bahan tile. Umumnya kain tile buatan Italia dibuat dari bahan nilon.

Pemanfaatan Kain Tile

Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion, kain tile sendiri pada prinsipnya dapat digunakan untuk membuat berbagai produk sandang mulai dari gaun pesta (terutama gaun pernikahan), kebaya, rok tutu (rok balet), veil (untuk aksesoris rambut pengantin), blus wanita dan juga gamis.

1. Gaun Pesta

Gaun pesta menjadi salah satu produk pelengkap sandang yang banyak dibuat dari kain tile. Dalam hal ini bahan kain yang digunakan bisa berupa kain tile polos, kain tile glitter, kain tile mutiara, kain tile akar maupun kain tile bordir.

  • Penggunaan kain tile pada gaun pesta biasanya digunakan untuk menciptakan kesan mengembang.
  • Kain tile juga dapat digunakan sebagai underskirts untuk menciptakan bentuk kaku.
  • Untuk mempercantik tampilan gaun pesta anda bisa menambahkan detail payet, mutiara, bordir, ikat pinggang atau aplikasi lain.

Kain Tile

Sumber : https://www.aliexpress.com/

2. Kebaya

Selain dibuat gaun pesta, kain tile juga sangat cocok digunakan untuk membuat kebaya. Ketika kain tile ini dijadikan sebagai bahan kebaya maka pakaian yang dihasilkan akan membentuk siluet tubuh jadi lebih anggun, elegan, mewah dan menawan.

Kain Tile

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Rok Tutu

Rok tutu merupakan rok berbahan dasar kain tile yang sedikit kaku dan mengembang. Jenis rok yang satu ini awalnya lebih dulu dikenakan oleh para bellerina, namun kemudian mulai dikembangkan para desainer untuk pelengkap gaya busana anak serta wanita dewasa.

Sebagai pelengkap penampilan anak-anak dan wanita dewasa rok tutu inipun pada prinsipnya dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang cukup beragam.

  • Rok tutu model bertingkat yang terdiri dari beberapa lapis, dimana panjang tiap lapis berbeda dan kadang warnanya juga berbeda sehingga menimbulkan efek ombre.
  • Rok tutu model mengembang yang hanya terdiri dari 1 atau 2 lapis kain tile yang dikerut pada bagian pinggangnya, sehingga tampak menumpuk dan mengembang.
  • Rok tutu tanpa jahitan yang benar-benar dibuat tanpa jahitan melainkan hanya terdiri dari banyak potongan bahan kain yang di ikatkan pada sebuah elastis.

Kain Tile

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Veil Pengantin

Veil pengantin menjadi produk pelengkap fashion berikutnya yang banyak dibuat dari kain tile, dalam hal ini kain tile yang digunakan bisa berupa kain tile polos maupun kain tile motif. Veil sendiri merupakan sepotong kain yang ditujukan untuk menutup beberapa bagian dari kepala atau wajah.

Kain Tile

Sumber : https://www.dhgate.com/

5. Gamis

Gamis wanita sekarang juga banyak yang dibuat dari kain tile. Untuk urusan desain atau modelnya gamis yang dibuat dari kain tile sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi model yang cukup beragam. Beberapa model gamis yang dimaksud diantaranya:

  • Gamis wanita model ruffle yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, maupun bagian depannya.
  • Gamis wanita lengan lonceng merupakan salah satu model gamis wanita yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng.
  • Gamis busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depan untuk memudahkan pemakainya ketika menyusui sang buah hati.
  • Gamis layering yang memiliki aksen bertumpuk sehingga tampak seperti tunik yang dipadukan dengan rok panjang padahal sebenarnya bukan.

Kain Tile

Sumber : https://muslimodis.net/

Tertarik untuk membuat gamis wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis ada bisa mendownload pola gamis wanita dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya.

6. Tunik

Tidak kalah menarik dari gamis dan model pakaian wanita yang lainnya, belakangan ini tunik yang dibuat dari kain tile juga banyak dicari oleh para wanita. Tunik sendiri merupakan sejenis pakaian longgar yang menutupi dada, bahu serta bagian punggung dan panjangnya bisa sampai menutupi lutut hingga pertengahan betis.

Kain Tile

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

7. Blus Wanita

Blus bermodel longgar juga dapat dibuat dari kain tile. Sama halnya dengan gamis atau tunik, sebuah blus pada prinsipnya juga memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenis pakaian lain. Beberapa ciri paling khas dari blus wanita yang penting untuk anda ketahui diantaranya:

  • Pertama blus wanita tidak selalu menggunakan kancing penuh pada bagian depannya.
  • Blus wanita tidak selalu menggunakan manset.       
  • Beberapa baju blus wanita ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak.
  • Bentuk kerah yang ada pada blus wanita sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Lengan yang diaplikasikan pada blus wanita dapat dibuat dalam berbagai variasi model dan ukuran.
  • Bagian bawah baju blus wanita tampak menggantung saat dikenakan.

Kain Tile

Sumber : https://shopee.co.id/

Ingin membuat blus wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis ada bisa mendownload pola Blus Wanita, Pola Blus Wanita Dewasa Ukuran SNI dan Pola Blus Variasi Ala Raisa dari kami.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat tentang kain tile termasuk jenis-jenis dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa selain memiliki banyak variasi bahan, pemanfaatan kain tile dalam kehidupan sehari-hari ternyata juga sangat luas.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.