Article

Homepage Article Desain Fesyen 7 Fakta Menarik Seputar…

7 Fakta Menarik Seputar Kemeja Flanel Lengkap Dengan Tips Padupadan Untuk Anda Coba

Sering memakai kemeja flanel?. Sahabat Fitinline pasti tahukan kalau jenis pakaian yang satu ini termasuk ke dalam salah satu item fashion abadi yang sangat cocok dipakai untuk pelengkap gaya sehari-hari. Bukan hanya terkesan gaya dan trendy, tapi kemeja flanel ternyata juga menyimpan sejarah panjang dan fakta yang menarik lho.

Pengertian Kemeja Flanel

Sesuai namanya kemeja flanel merupakan salah satu jenis pakaian yang dibuat dari kain flanel, sejenis kain tekstil bertekstur lembut dan halus yang dibuat melalui serangkaian proses pemanasan dan penguapan. Kain flanel yang terbuat dari bahan wol ini dapat disikat untuk mendapatkan kelembutan ekstra.

Kemeja Flanel

Sumber : https://www.greashirts.com/

Pada awal kemunculannya kemeja flanel ini dulu hanya berfungsi sebagai perlindungan dari musim dingin yang basah dan berangin. Selain terkenal karena daya tahan dan kehangatannya kemeja flanel juga disukai banyak orang mulai dari tukang kayu, peternak, pekerja pabrik karena nyamannya saat dipakai untuk beraktivitas di lapangan.

Kemeja Flanel

Sumber : https://www.pinterest.com/

Sejarah Singkat Kemeja Flanel

Berdasarkan catatan sejarah kemeja flanel sendiri konon sudah ditemukan sejak lama yakni pada awal abad ke-16 dengan sebutan flanelette. Dalam bahasa Wales flanel juga sering disebut sebagai “Gwalanen” yang mempunyai arti “Bahan Wol”. Bahan kemeja ini umumnya memiliki tekstur yang sedikit lebih tebal dibandingkan dengan kain biasa.

Kemeja Flanel

Sumber : https://id.pinterest.com/

Jauh sebelum diproduksi secara masal bahan yang dipakai untuk kemeja flanel ini dulunya banyak dibuat secara manual oleh tangan-tangan ahli ibu rumah tangga dari benang wol yang kemudian digaruk ketika mencapai proses finishing. Ketika terjadi revolusi industri di abad ke-18 barulah flanel mulai diproduksi dalam jumlah banyak oleh pabrik besar.

Kemeja Flanel

Sumber : https://www.etsy.com/

Dengan mempertimbangkan perkembangan jaman dan juga mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli bahan bakunya, kemeja flanel yang semula dibuat dari bahan wol lambat laun mulai digantikan dengan serat kapas (cotton), campuran sutera dan serat sintetis yang harganya jauh lebih murah dan lebih terjangkau.

Kemeja Flanel

Sumber : https://www.greashirts.com/

Berbagai variasi bahan flanel pun mulai bermunculan dan tidak hanya diproduksi untuk cuaca dingin, tetapi mulai disesuaikan dengan musim-musim yang ada. Dengan mengkombinasikan kapas (cotton) dan sutera, flanel kini menjadi lebih tipis dan ringan sehingga dapat digunakan di cuaca yang hangat.

Kemeja Flanel

Sumber : https://www.huffpost.com/

Fakta Menarik Seputar Kemeja Flanel

Dibalik tampilannya yang terkesan sangat klasik dan trendy kemeja flanel pria dan kemeja flanel wanita yang dibuat dalam berbagai desain sebenarnya juga memiliki sejumlah fakta menarik yang penting untuk anda ketahui lho.

1. Kemeja Flanel Identik Dengan Pekerja Keras

Kemeja flanel dengan motif kotak-kotak biasanya identik dengan pakaian pekerja kasar atau pekerja lapangan termasuk petani, penggembala, pekerja tambang dan penebang pohon. Khusus untuk para penebang pohon pakaian yang dikenakan umumnya terdiri dari kemeja flanel dan sepasang sepatu boots.

Kemeja Flanel

Sumber : https://www.alamy.com/

Karakteristik flanel yang ringan memungkinkan para pekerja lapangan yang memakai kemeja flanel lebih bebas bergerak dan bekerja dalam jangka waktu lama. Daya tahan bahan flanel yang bagus juga terbukti ampuh untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Kemeja Flanel

Sumber : https://www.austockphoto.com.au/

2. Kemeja Flanel Bisa Difungsikan Sebagai Pakaian Hangat

Di balik tampilan luarnya yang terkesan tampak sederhana, kemeja flanel yang diciptakan untuk pria maupun wanita sebagian besar juga dapat dimanfaatkan sebagai pakaian penghangat tubuh ketika berada di lingkungan yang bersuhu dingin dan tak terduga.

3. Kemeja Flanel Berbeda Dengan Plaid Shirt

Flanel sebenarnya bukanlah nama motif melainkan jenis bahan kemeja. Untuk motif kotak-kotak yang biasa ditampilkan pada kemeja sendiri biasa disebut dengan istilah plaid atau kotak-kotak.

  • Kemeja yang bermotif kotak-kotak belum tentu dibuat dari kain flanel, sebab pada dasarnya plaid adalah pola yang di tempelkan ke bahan jadi.
  • Perbedaan mendasar antara kemeja flanel dan plaid shirt terletak pada konsep, pembuatan dan bahan bakunya. Kelebihan kemeja flanel pria dan kemeja flanel wanita di bandingkan plaid shirt yaitu:
    • Kemeja flanel memiliki tekstur yang lebih halus jika dibandingkan plaid shirt. Sedangkan plaid shirt memiliki tampilan yang lebih simple.
    • Karakteristik kain flanel cenderung lebih tebal, tidak seperti bahan plaid shirt yang ringan.
    • Motif kemeja flanel lebih terlihat natural.
    • Kemeja flanel dapat dikenakan dalam beberapa gaya tertentu.

Kekurangan kemeja flanel pria dan kemeja flanel wanita di bandingkan plaid shirt yaitu:

  • Proses pembuatan kemeja flanel sedikit lebih sulit jika dibandingkan plaid shirt yang lebih mudah untuk dibuat.
  • Proses pencucian kemeja flanel pria dan kemeja flanel wanita harus dilakukan secara khusus untuk menjaga serat wol. Sementara teknik penyucian dari plaid shirt tidak serumit kemeja flanel.
  • Jaman dulu kemeja flanel pria dan kemeja flanel wanita seringkali di sebut sebagai pakaian kumuh untuk kaum tertentu maka sekarang ini kemeja flanel mulai diadaptasi sebagai item pelengkap fashion yang keren.

Selain dibedakan berdasarkan bahan dan cara pembuatannya, ada lagi hal yang membuat kedua jenis pakaian ini berbeda yaitu kesempatan dan tempat pemakaiannya.

  • Kemeja flanel bisa digunakan untuk segala keperluan yang bersifat casual seperti misalnya hang out atau sekedar bersantai di rumah.
  • Plaid shirt lebih cocok digunakan untuk berbagai keperluan yang bersifat lebih formal seperti rapat, kuliah, meeting dan bekerja di kantor.

Kemeja Flanel

Sumber : https://stayglam.com/

4. Kemeja Flanel Sebaiknya Dicuci Dengan Air Dingin

Untuk mempertahankan kualitas kemeja yang dibuat dari kain flanel terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, sebab cara perawatan yang kurang tepat dapat membuat kemeja flanel menjadi kusam atau bahkan berbulu-bulu.

  • Kemeja berbahan kain flanel sebaiknya dicuci menggunakan air dingin dan deterjen yang bebas pemutih supaya warna kainnya tetap terjaga dengan baik.
  • Untuk mencuci kemeja flanel mula-mula gabungkan beberapa potong pakaian yang memiliki warna sejenis.
  • Jika diperlukan tambahkan pula sedikit pelembut pakaian untuk mengembalikan tekstur kainnya agar tetap lembut  dan halus.
  • Kucek kemeja flanel seperti layaknya anda mencuci pakaian biasa kemudian bilas dengan air hingga bersih.
  • Hindari menyikat kemeja flanel pria dan kemeja flanel wanita menggunakan sikat yang berbulu kasar karena cara ini hanya akan membuat permukaannya menjadi cepat berbulu.
  • Jemur kemeja flanel di bawah sinar matahari langsung dan biarkan mengering dengan sendirinya tapi jangan dibiarkan terlalu lama.
  • Untuk mendapatkan hasil yang lebih rapi, setrika bagian dalam pakaian mengikuti serat kain flanel tersebut.
    • Mulailah menyetrika kemeja flanel dari bagian kerah, kemudian dilanjutkan ke bagian badan dan lengan.
    • Beri sedikit penekanan pada saat menyetrika bagian kerah supaya kemeja flanel terlihat lebih rapi.
  • Selesai disetrika anda tinggal menyimpan kemeja flanel dalam almari dengan cara menggantung atau melipatnya.

Menemukan sedikit kesulitan saat menyetrika kemeja flanel?. Sahabat Fitinline bisa menyimak kembali pembahasan mengenai 7 Tips Menyetrika Kemeja Flanel.

Kemeja Flanel

Sumber : https://www.fjackets.com/

5. Kemeja Flanel Setidaknya Memiliki Empat Motif

Sejak awal kemunculannya setidaknya terdapat empat motif kemeja flanel yang paling poopuler. Motif yang dimaksud yakni berupa basic flanel, floral pattern (motif floral), tribal pattern (motif tribal) dan stripe pattern (motif garis).

a. Basic Flanel

Kemeja flanel sangatlah berbeda bila dibandingkan kemeja kotak-kotak atau kemeja bermotif tartan asal Skotlandia. Sebab ada juga kemeja flanel yang dibuat dari kain polos.

b. Floral Pattern

Floral pattern merupakan motif yang cukup berumur alias tua. Trend penggunaan kemeja flanel motif floral yang dulu sempat dihindari para pria mulai berubah sejak Kurt Cobain mengenakan kemeja flanel bermotif bunga di tahun 1993.

c. Stripped Flanel

Kemeja flanel dengan motif garis-garis awalnya muncul di bahan kaus yang dibuat pada tahun 1858. Kemeja flanel motif stripped terbilang cukup fleksibel, karena dapat difungsikan sebagai pakaian santai sekaligus pakaian kerja.

d. Tribal Pattern

Motif tribal berasal dari tanah Afrika. Motif ini umumnya menggambarkan hal-hal berbau kesukuan seperti rusa, pohon dan masih banyak lagi. Bagi suku Indian tribal lebih menonjolkan corak etnik.

Kemeja Flanel

Sumber : https://www.etsy.com/

6. Dipopulerkan Oleh Selebriti dan Group Music Ternama

Dari masa ke masa kemeja flanel selalu dipopulerkan oleh selebriti maupun group music ternama. Pada tahun 1960-an misalnya, kemeja flanel sempat menjadi trend di kalangan pecinta fashion berkat group The Beach Boys dan pada tahun 1990-an dipopulerkan kembali oleh Nirvana.

Kemeja Flanel

Sumber : https://www.etsy.com/

Selain dipakai oleh selebriti dan group music ternama sekarang banyak juga selebgram dari berbagai belahan dunia yang turut mengangkat lagi popularitas kemeja flanel sebagai statement fashion yang tidak kalah menarik dari model baju yang lainnya.

7. Kemeja Flanel Dapat Dipakai Dalam Berbagai Gaya

Di masa modern seperti sekarang ini kemeja flanel telah menjadi bagian yang sangat penting bagi gaya anak muda. Selain simple kemeja flanel juga bisa dijadikan aksen pelengkap untuk memaksimalkan penampilan supaya makin keren.

Tips Padupadan Kemeja Flanel Untuk Pria

  • Padupadankan kemeja flanel dengan item fashion basic seperti kaus, celana jeans, hingga jaket.
  • Untuk pelengkap gaya casual kemeja flanel bisa anda kombinasikan dengan jeans dan sneakers.
  • Kalau anda mau tampil lebih rapi tapi juga tetap terkesan casual, coba padupadankan kemeja flanel dan sweater.
  • Kemeja flanel bisa juga dipadukan dengan ripped jeans untuk memberikan kesan yang cool.
  • Buat anda yang suka bergaya simple, style layering dengan kemeja flanel yang diikatkan di bagian pinggang juga bisa anda coba.
  • Bingung memilih outfit untuk traveling?. Sempurnakan gaya busana anda yang terkesan polos dengan kemeja flanel.
  • Kalau anda ingin terlihat lebih maskulin, coba padukan kemeja flanel dengan jaket kulit yang berkualitas premium.
  • Mengenakan kemeja flanel dengan celana jeans pendek juga bisa anda jadikan alternatif pilihan yang tepat untuk tampil keren saat jalan-jalan.

Kemeja Flanel

Sumber : http://hottalotta.blogspot.com/

Tips Padupadan Kemeja Flanel Untuk Wanita

  • Buat anda yang suka bergaya feminim anda bisa memadupadankan kemeja flanel dengan rok yang berwarna senada dengan warna kemeja. Untuk mempertegas kesan stylish ikatkan ujung kemeja di bagian pinggang.
  • Jadikan kemeja flanel sebagai dalaman sweater untuk mendapatkan efek layering yang sempurna.
  • Kenakan dua lapis kemeja yang berlainan motif dan warna kalau anda mau tampil sedikit lebih beda. Misal kemeja bermotif polkadot sebagai dalamannya dan kemeja flanel sebagai luarannya.
  • Bagi sahabat Fitinline yang berhijab anda juga bisa tampil gaya dan trendy dengan oversize flannek shirt yang dipadukan dengan celana jeans sebagai bawahannya.
  • Untuk keperluan hangout atau sekedar bersantai di rumah anda bisa tetap tampil stylish dengan memakai kemeja flanel juga celana pendek.
  • Cara lain padupadankan kemeja flanel dengan t-shirt warna hitam dan juga jeans, lalu tambahkan kemeja flanel sebagai outer.
  • Mengikatkan kemeja flanel di bagian pinggang menjadi alternatif cara berikutnya untuk anda yang lebih suka berpenampilan simple namun tetap modis.

Kemeja Flanel

Sumber : https://stayglam.com/

Cara Memilih Kemeja Flanel Yang Tepat

Masih sering dibuat bingung saat memilih kemeja flanel yang sesuai dengan kebutuhan anda?. Supaya tidak salah pilih simak dulu yuk beberapa tips sederhana berikut ini.

1. Pilih Bahan Kemeja Yang Berkualitas

Salah satu hal terpenting yang harus anda perhatikan saat memilih pakaian termasuk kemeja flanel adalah pilih bahan yang berkualitas supaya kemeja yang anda miliki bisa tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

2. Pertimbangkan Ukuran Kemeja

Untuk mendapatkan kemeja flanel yang tepat pertimbangkan kesesuaian kemeja dengan badan anda. Karena kemeja flanel umumnya dirancang untuk membuat pemakainya aktif bergerak jadi usahakan untuk memilih ukuran yang tidak terlalu ketat.

3. Sesuaikan Model Kemeja Flanel Dengan Tubuh

Setelah anda menemukan bahan dan ukuran kemeja yang pas selanjutnya anda juga harus memperhatikan model kemejanya. Bagi anda yang lebih suka berpenampilan simple namun tetap gaya anda bisa memilih model kemeja yang sederhana saja.

4. Pilih Warna Yang Mudah Dipadupadankan

Saat memilih warna kemeja flanel pertimbangkan pula pemilihan warnanya. Pastikan anda  bisa dengan mudah memakainya atau memadupadankannya dengan busana penutup tubuh bagian bawah yang sudah anda miliki. Jeans berwarna gelap umumnya cocok dengan berbagai macam warna kemeja flanel.

5. Perhatikan Motif Kemeja Flanel

Bagi sahabat Fitinline yang memiliki tubuh agak berisi usahakan memilih motif kemeja flanel yang tidak terlalu besar supaya tubuh anda tidak terlihat semakin besar. Khusus untuk anda yang memiliki tubuh kurus atau ramping anda bebas memakai motif yang berukuran agak besar ataupun kecil.

6. Pilih Kemeja Sesuai Acara

Untuk menghindari kesan salah kostum sebaiknya kenakan kemeja flanel sesuai dengan acara yang akan dihadiri. Jika sahabat Fitinline ingin menggunakan kemeja flanel untuk bekerja sekaligus hangout maka pilih saja kemeja flanel yang bisa dikombinasikan dengan outfit apapun.

Simak juga pembahasan menarik mengenai Cara Baru Memakai Kemeja Flanel Wanita Ala Beby Tsabina Yang Menarik Untuk Anda Coba.

Demikian pembahasan singkat seputar kemeja flanel yang dapat kami bagikan untuk anda. Buat sahabat Fitinline yang kebetulan sedang mencari kain katun flanel berkualitas dengan harga murah anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.