Article

Homepage Article Fashion Design 10 Macam Model Kerah Kemeja…

10 Macam Model Kerah Kemeja Yang Biasa Di Produksi Dalam Industri Garmen

Di Industri Garmen kemeja merupakan salah satu produksi dengan quantity terbesar dan merupakan salah satu fashion yang hampir dimiliki oleh semua pria, dan ini sudah menjadi fashion wajib yang harus dimiliki. Selain bentuk dan bahannya, ternyata ada satu bagian dari kemeja tersebut yang mempunyai variasi berbeda yang dapat menunjang perfomance dari sebuah kemeja saat digunakan yaitu kerah.

Untuk lebih menunjang busana pria dalam segala suasana, baik formal maupun casual. Banyak ditemui berbagai macam variasi kerah yang digunakan pada saat sekarang. Lalu seperti apa macam-macam variasi kerah kemeja? Akan kita bahas di beberapa point selanjunya.

Beberapa point yang akan kita bahas pada artikel ini mengenai jenis 10 macam kerah kemeja yang di produksi dalam Industri Garmen :

Sekilas Membahas Definisi Tentang Kerah Kemeja Di Industri Garmen

Pakaian wajib yang harus dimiliki pria dewasa adalah kemeja. Kemeja sendiri punya macam tipe, pattern, dan material yang bermacam-macam. Tidak cuma itu saja, tetapi salah satu bagian kemeja ini dapat memberikan penampilan seorang menjadi lebih gagah, rapi, stylish dan berwibawa yaitu bagian Kerah.

Kerah ini sendiri merupakan bagian dari suatu pakaian yang dijahitkan atau dipasangkan pada garis leher. Kerah pada kemeja pria yang biasa di produksi dalam Industri Garmen ini juga memiliki beberapa model kerah yang akan kita bahas di point berikutnya.

Menjelaskan Lebih Detail Mengenai 10 Macam Model Kerah Kemeja Yang Biasa Di Produksi Dalam Industri Garmen

Tentunya dalam Industri Garmen saat memproduksi kemeja ini tidak hanya dengan 1 model kemeja saja. Di Industri Garmen yang memiliki order kemeja dengan quantity besar dengan beberapa buyer pastinya akan terdapat beberapa model kemeja dengan variasi kerah yang bermacam-macam modelnya. Kemeja dengan jenis detail kerah yang semakin sulit tentunya juga akan berpengaruh ke nilai jual yang semakin tinggi, dengan mengaplikasikan beberapa macam model kerah ini juga bisa membuat penampilan kamu semakin menarik dan terlihat stylist.

Berikut kita informasikan beberapa macam model kerah yang biasa di produksi dalam Industri Garmen agar kalian bisa mengerti tentang kerah pada kemeja agar tidak salah pengaplikasiannya dalam keseharian

1. Straight Point Collar, merupakan salah satu kerah kemeja yang sering digunakan. Kerah jenis ini memiliki bentuk ujung kerah yang tajam dengan lebar jarak yang pendek/kecil. Model kerah ini cocok digunakan untuk semua bentuk wajah, namun akan lebih tepat jika menggunakan dasi yang slim dengan ikatan yang lebih kecil.

Straight Point Collar

Kerah Kemeja

Sumber: https://propercloth.com/

2. Spread Collar, merupakan kerah yang mempunyai bentuk hampir sama seperti kerah straight point, hanya saja pada kerah spread ini memiliki jarak yang lebih lebar. Kemeja yang menggunakan model kerah ini sangat cocok digunakan untuk acara formal.

Spread Collar

Kerah Kemeja

Sumber: https://liverano.com/

3. Pin Collar, merupakan kerah yang mempunyai bentuk tidak jauh berbeda dengan kerah-kerah lain. Pada model pin collar ini memiliki dua lubang di setiap daunnya yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang aksesoris pin kerah. Untuk penampilan yang lebih sempurna, lebih baik tetap menggunakan dasi jika memakai kemeja dengan kerah pin ini.

Pin Collar

Kerah Kemeja Kerah Kemeja

Sumber : https://shop.edwardsexton.co.uk/, https://buttondownvintej.com/

4. Tab Collar, ini merupakan kerah yang memiliki bentuk kerah yang dasarnya sama seperti kerah lainnya. Namun jenis tab collar memiliki kancing ataupun klip pada bagian tengahnya. Dengan menggunakan kemeja dengan kerah ini maka akan menampilkan kesan vintage dan classy pada pemakaianya.Penahan yang berada di tengah ini berguna untuk melekatkan kerah waktu memakai dasi agar terlihat rapi. Tetapi, kerah ini sudah langka sekali ditemukan mungkin karena saat ini kalah dengan jenis kerah yang lain.

Tab Collar

Kerah Kemeja

Sumber : https://www.paulfredrick.com/

5. Button Down Collar, ini merupakan kerah kemaja yang di setiap bagian daun kerah mempunyai kancing. Keberadaan kancing tersebut berguna untuk mengencangkan ujung kerah dengan kemeja. Namun tidak semua model kerah ini menggunakan kancing, ada yang menggunakan kaitan dibelakang kerah sehingga jika saat dipakai kancing tidak terlihat dari depan.

Button Down Collar

Kerah Kemeja Kerah Kemeja

Sumber : https://www.nautica.com/, https://www.collectionabbigliamento.it/

6. Wingtip Collar, ini merupakan jenis kerah kemeja yang paling formal. Karena bentuk dari kerah ini tidak mengelilingi seluruh lingkar leher dan hanya ada di bagian depan. Ciri khusus dari kerah ini yaitu memiliki lipatan yang berbentuk seperti sayap dan cocok dipasangkan dengan dasi kupu-kupu.

Wingtip Collar

Kerah Kemeja Kerah Kemeja

Sumber : https://www.ebay.co.uk/ Sumber: https://www.daraz.pk/

7. Band Collar, ini merupakan kerah kemeja yang memiliki bentuk yang hampir mirip seperti kerah sanghai. Pemakaian kemeja dengan kerah band akan menampilkan kesan yang lebih casual. Karena kesan yang casual maka mode kerah ini tidak cocok jika menggunakan dasi.

Band Collar

Kerah Kemeja

Sumber : https://buttondownvintej.com/

8. Club Collar, ini merupakan kerah yang memiliki bentuk yang mirip seperti kerah straight point, hanya pada club collar ujung daun kerah berbentuk membulat dan tidak meruncing. Jenis model kerah ini akan menampilkan kesan yang lebih casual namun tetap elegan.

Club Collar

Kerah Kemeja

Sumber : https://buttondownvintej.com/

9. Cuban Collar, ini merupakan jenis kerah kemeja yang memiliki bagian daun kerah yang tidak menutup secara menyeluruh atau terbuka di bagian depan. Penggunaan kemeja dengan kerah cuban ini akan menampilkan kesan yang lebih casual dan santai.

Cuban Collar

Kerah Kemeja

Sumber : https://buttondownvintej.com/

10. Varsity Spread Collar, merupakan kerah yang cocok diaplikasikan untuk kemeja yang casual. Jenis model varsity spread collar bisa menggunakan dasi ataupun tidak, dan biasanya terdapat pada kemeja yang berkonsep country, kerah kemeja ini siap memberikan style yang lebih maskulin pada gaya pria vintage.

Varsity Spread Collar

Kerah Kemeja

Sumber : https://buttondownvintej.com/

Demikian yang telah kita bahas di artikel ini sedikitnya kita bisa belajar mengenai 10 Macam Model Kerah Kemeja Yang Di Produksi Dalam Industri Garmen. Semoga informasi yang kita berikan ini setidaknya bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan kita dalam mengenal berbagai macam model yang biasa di produksi dalam Industri Garmen. Kita berharap setelah kamu membaca artikel ini dapat memahami berbagai jenis model kerah kemeja sehingga dapat mengaplikasikan pada saat menggunakan kemeja / memproduksi kemeja sesuai dengan kebutuhannya, kesesuaiannya bahkan kesempatan waktunya sehingga bisa membuat penampilan kamu beda dari orang lain dan lebih stylish, elegan dan berkelas. Kalau model kerah favorit kamu yang mana nih setelah membaca artikel ini?

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.