Article

Homepage Article Desain Fesyen Sejarah Singkat Kemeja

Sejarah Singkat Kemeja

Kemeja merupakan sebuah pakaian penutup tubuh bagian atas yang biasa difungsikan untuk melindungi bagian tangan, bahu, dada, dan perut pemakainya. Kemeja ini pada umumnya dilengkapi dengan kerah, saku, dan kancing di bagian depan yang berjajar rapi dari atas ke bawah. Berdasarkan catatan sejarah, item fashion tersebut pertama kali diperkenalkan di daratan Eropa dengan sebutan Camisa. 

Kemeja

Sumber : http://www.dailynewsservice.co.uk/

Jenis pakaian yang masih memiliki kemiripan dengan bentuk asli kemeja dikenal dengan nama blus dalam bahasa Perancis dan biasa disebut sebagai hem dalam bahasa Belanda. Istilah blus sendiri lazimnya digunakan untuk menyebutkan kemeja wanita tetapi juga dapat digunakan pada kemeja pria jika gayanya longgar dan berkesan feminim, misalnya kemeja penyair dan kemeja cossack.

Kemeja

Sumber : http://alicebabyshop.com/

Dalam buku Men’s Wardrobe seri Chic Simple disebutkan, para bangsawan Eropa abad ke-17 biasa mengenakan kemeja putih yang dihias dengan dekorasi renda pada bagian dada dan lengan. Para bangsawan Inggris bahkan terbiasa tampil dengan kemeja putih pada saat mengenakan tuxedo. 

Kemeja

Sumber : http://www.aliexpress.com/

Sampai akhir abad ke-19 seorang pria yang biasa mengenakan kemeja putih selalu dipandang sebagai orang kaya karena dianggap memiliki banyak uang untuk mengganti kemejanya dengan pakaian yang selalu terlihat putih bersih. Sebab keberadaan kemeja pada saat itu dianggap sebagai pakaian mewah yang berkelas dan prestisius.

Kemeja

Sumber : http://fashionpria.com/

Namun seiring berjalannya waktu, pemanfaatan kemeja putih tersebut semakin meluas dan mulai memperlihatkan model baru yang lebih modern. Dari tangan desainer ternama seperti Donna Karan, Isaac Mizrahi, Jil Sander, dan Ralph Lauren, lahirlah berbagai macam kemeja dari bahan kain berwarna putih polos yang disulap dalam beraneka gaya. 

Kemeja

Sumber : http://renegadetribune.com/

Beberapa diantaranya yaitu berupa kemeja putih dengan kerah nehru, baju kurung sederhana, baju barong, serta kemeja putih yang dipenuhi dengan dekorasi pada bagian depannya. Model dan potongannya yang simple dan unik menjadikan kemeja sebagai salah satu item fashion yang tidak hanya bisa dipakai oleh para pria namun juga dapat dikenakan oleh para wanita. 

Kemeja

Sumber : http://coquette.blogs.com/

Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya selebritis tenama dunia yang sangat menyukai kemeja putih polos, sebut saja Yull Bryner, Paul Mc Cartney, Jackie Kennedy, dan Audrey Hepburn. Perpaduan kemeja putih yang dikombinasikan dengan suit berwarna gelap, akan membuat pemakainya tampil elegan, bersih dan classy.

Kemeja

Sumber : http://www.theperfectwhitecompany.com/

Untuk menunjang penampilan anda, sahabat Fitinline juga bisa menambahkan kemeja putih polos sebagai busana wajib yang anda kenakan pada berbagai kesempatan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.