Article

Homepage Article Fashion Design 6 Macam Style Fashion Menurut…

6 Macam Style Fashion Menurut Kepribadian Pemakainya

Merasa cukup familiar dengan istilah style dan look, bahkan berpikir jika kedua kata tersebut merupakan sinonim yang bermakna sama?. Meski sama-sama berkaitan dengan fashion, pada kenyataannya style dan look merupakan dua hal yang berbeda. Style fashion sendiri hanya ada enam kategori utama.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Style

Style fashion dapat didefinisikan sebagai sesuatu hal yang bersifat lebih personal. Berbeda dengan trend fashion yang mudah sekali berubah, style ini seringkali digunakan untuk menonjolkan karakteristik atau ciri khas seseorang dan berlaku untuk jangka waktu yang lebih panjang.

  • Secara umum style fashion lebih merujuk pada karakater seseorang atau tema khusus yang dipilih sebagai cara berpakaiannya.
  • Selain menjelaskan tema penampilan, style fashion sendiri juga bisa mencerminkan karakter si pemakaianya.

Berdasarkan karakter berpakaian yang dikenakan oleh wanita, style dasar dalam fashion sendiri secara umum dapat dibedakan dalam enam kategori utama yakni classic elegant, sporty casual, feminine romantic, exotic dramatic, sexy alluring dan art of beat.

Macam-Macam Style Fashion

Berbicara mengenai style fashion, lantas hal-hal apa saja yang membedakan masing-masing style tersebut?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan penjelasannya hanya untuk anda.

1. Classic Elegant

Classic elegant merupakan style fashion yang biasanya banyak disukai oleh orang-orang yang memiliki kepribadian sangat rapi, terorganisir dan perfeksionis. Kebanyakan dari mereka umumnya mmiliki ketertarikan yang sangat kuat dengan bahan-bahan dan desain busana yang memberi kesan formal.

  • Classic elegant merupakan tipe penyuka barang branded dengan warna casual dan gaya yang simple.
  • Classic elegant identik dengan pakaian branded dibuat dengan bahan premium dan dijahit dengan rapi dengan teknik tailoring.
  • Dalam hal berbusana mereka tidak berlebihan, tidak suka bereksperimen, sangat memperhatikan kualitas yang sempurna.
  • Warna yang dipilih kebanyakan cenderung netral dan tidak mencolok, seperti hitam, putih, nude, khaki, navy.
  • Motif yang cocok untuk style fashion ini yaitu berupa motif geometris yang teratur.
  • Untuk aksesoris pun mereka lebih memilih aksesoris simple seperti kalung mutiara dan jam tangan klasik atau justru tidak memakai aksesoris sama sekali.

Style Fashion

Sumber : https://www.aliexpress.com/

2. Sporty Casual

Sporty casual termasuk ke dalam jenis style fashion yang simple apa adanya dan juga digemari oleh berbagai kalangan usia. Penyuka style ini kebanyakan didominasi oleh orang-orang yang memiliki pribadi cuek dan santai bahkan dalam hal memilih pakaian.

  • Penyuka style sporty casual kebanyakan lebih mengutamakan kenyamanan dalam hal berbusana ketimbang gaya dan memakai aksesoris yang sederhana.
  • Mereka juga memiliki ciri pribadi yang modern dan gaya yang dinamis.
  • Busana yang cocok untuk style ini merupakan busana yang memiliki cutting simple dan terbuat dari bahan kain yang lentur dan tidak mudah kusut.
  • Jaket, sweater, celana training dan t-shirt menjadi item fashion wajib untuk style smart casual.
  • Warna-warna yang cocok untuk style fashion adalah warna natural dan sportif.  
  • Untuk pemilihan aksesoris seperti tas, mereka cenderung memilih tas yang berbentuk besar dan praktis untuk menunjang aktifitas sehari-hari.

Style Fashion

Sumber : https://www.yesstyle.com/

Jangan lewatkan juga pembahasan mengenai Trend Athleisure, Tren Fashion Paling Nyaman Untuk Menunjang Gaya Sporty dan 5 Tips Memilih Busana Yang Sesuai Untuk Gaya Athleisure.

3. Feminine Romantic

Feminine romantic merupakan style fashion yang disukai banyak wanita dengan kepribadian lembut, ramah penuh kasih sayang dan sedikit manja. Penyuka style feminin romantic biasanya memiliki ketertarikan yang kuat dengan bunga, benda-benda kuno dan sesuatu hal yang bersifat abstrak.

  • Feminine romantic sangat identik dengan busana yang berdetail manis dan memiliki garis desain yang lembut.
  • Bahan yang dipilih kebanyakan juga merupakan bahan yang ringan seperti chiffon, sutera, crepe, brokat dan bahan lain yang sejenis.
  • Warna yang diusung dalam konsep romantic style cenderung soft dan didominasi warna pastel.

Style Fashion

Sumber : https://www.looksgud.in/

4. Exotic Dramatic

Style fashion exotic dramatics sangat identik dengan unsur folklore dan dramatic, karenanya wanita yang menyukai gaya ini kebanyakan cenderung memiliki kepribadian yang tidak umum. Kalaupun berkepribadian lembut biasanya mereka juga memiliki sisi tegas dan kuat, begitu pula sebaliknya.

  • Penyuka style exotic drama biasanya memiliki ketertarikan dengan hal-hal yang berbeda, unik, etnik dan originial.
  • Dalam hal berpakaian mereka biasa menggunakan busana penutup tubuh bagian atas yang berpotongan classic dan rok yang longgar.
  • Aksesoris yang dipilih pun sangat unik seperti halnya tembaga, kayu dan bahan unik lainnya.
  • Kombinasi warna yang dipilih juga warna yang dapat memberikan kesan dramatic seperti magenta, merah, hitam, gold dan warna tanah.

Style Fashion

Sumber : https://www.picuki.com/

5. Sexy Alluring

Sexy alluring termasuk ke dalam salah satu style fashion yang sangat identik dengan kesan agresif dan sensual. Karena alasan itulah pemilihan busananya lebih berfokus pada model dan warna.

  • Penyuka style fashion sexy alluring biasanya memiliki kepribadian yang cenderung berani, agresif dan selalu ingin menjadi pusat perhatian.
  • Mereka lebih senang menunjukkan bentuk tubuhnya dengan cara menggunakan busana yang berbahan stretch dan press body seperti bahan rajut, spandek dan bahan lain yang sejenis.
  • Mereka menyukai warna-warna gelap yang mewah dan mencolok seperti merah, hitam, gold dan ungu.

Style Fashion

Sumber : https://shopee.sg/

6. Art of Beat

Art of beat termasuk ke dalam jenis style fashion yang lebih quirky dan unik dibanding kelima style fashion sebelumnya. Biasanya wanita yang menyukai style art of beat lebih memilih pakaian sesuai dengan keinginannya dan tidak mengikuti trend.

  • Penyuka style art of beat biasanya memiliki kepribadian yang unik, sulit ditebak dan cenderung kreatif karena mereka senang membuat pakaiannya sendiri.
  • Tipe wanita dengan gaya ini cenderung kreatif, antimainstream, menyukai seni dan memiliki pola fikir yang tidak biasa.
  • Mereka sangat tidak menyukai fashion item yang sifatnya basic dan lebih memilih untuk menggunakan statement items untuk menunjang penampilan mereka.
  • Warna dan aksesoris yang diusung dalam style art of beat biasanya juga lebih mencolok dan tidak biasa seperti neon atau silver metalik.

Style Fashion

Sumber : https://40plusstyle.com/

Dari berbagai style fashion dasar yang dudah disebutkan di atas, masing-masing style fashion sebenarnya masih bisa dikembangkan lagi ke dalam beberapa style lain seperti halnya stye classic sporty, exotic romantic, sexy of beat dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai klasifikasi style fashion berdasarkan kepribadian pemakainya yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui hal tersebut semoga kedepannya anda bisa lebih mudah untuk menemukan style fashion yang sesuai dengan selera dan kepribadian anda ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.