Article

Homepage Article Kain 7 Tips Merawat Jaket Berbahan…

7 Tips Merawat Jaket Berbahan Micro Agar Tidak Mudah Rusak

Jaket yang dibuat dari bahan micro dapat dikategorikan ke dalam jenis jaket yang memiliki tekstur kuat dan tidak mudah rusak. Meski demikian, untuk mempertahankan kualitasnya jaket micro harus tetap dirawat dengan baik supaya tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Micro

Jaket micro termasuk ke dalam salah satu jenis jaket berkualitas yang awet dan tahan lama karena memang faktanya diproduksi dengan menggunakan teknologi canggih dan berkaitan dengan nanoteknologi.

  • Jaket berbahan dasar micro terkenal akan durabilitas dan kekuatannya.
  • Jaket berbahan micro tahan terhadap debu, sinar matahari, air dan goresan.
  • Dengan pemakaian yang tepat, jaket berbahan micro bahkan bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya.

Bahan Micro

Sumber : https://www.blibli.com/

Untuk pilihan modelnya, sampai saat ini terdapat banyak sekali jenis jaket yang menggunakan bahan micro sebagai material utamanya. Jaket yang dimaksud antara lain berupa jaket bomber, jaket varsity, jaket parka, jaket harrington, jaket sukajan dan jaket windbreaker.

Bahan Micro Untuk Jaket

Sebagai bahan pembuatan yang berkualitas, bahan micro sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa jenis kain yang dimaksud yakni berupa bahan microfiber, bahan micro bintik (MG), bahan micro WP / despo WR (MG) serta bahan micro ripstop (WR).

1. Bahan Microfiber

Bahan microfiber merupakan sejenis bahan jaket yang dibuat dari benang poliester. Bahan ini secara umum memiliki permukaan yang terkesan lebih lembut dan nyaman dipakai sayangnya tidak memiliki sifat anti air.

Bahan Micro

Sumber : https://fitinline.com/

2. Bahan Micro Bintik (WR)

Bahan mikro bintik merupakan sejenis bahan jaket yang bertekstur lembut dan ringan. Sesuai dengan namanya, bahan ini juga memiliki ciri utama yakni bertekstur titik-titik pada bagian permukaannya.

Bahan Micro

Sumber : https://fitinline.com/

3. Bahan Micro Ripstop (WR)

Bahan micro ripstop terkenal halus, lembut, ringan serta memiliki tekstur berbentuk kotak-kotak karena terbuat dari benang sintetis yang diselingi benang lain tapi ukurannya lebih besar.

Bahan Micro

Sumber : https://fitinline.com/

4. Bahan Microfiber WP (RYT)

Bahan micro WP (RYT) merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari serat poliester dengan tektur lembut dan kuat. Bahan ini sangat cocok dipakai untuk membuat produk-produk yang memerlukan sifat anti air yang kuat.

Bahan Micro

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan micro berkualitas untuk membuat jaket pria dan jaket wanita?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan jaket terbaik yang kami miliki.

Cara Merawat Jaket Micro

Dengan memanfaatkan bahan micro sebagai material utamanya, jaket yang dihasilkan pastinya akan memiliki karakteristik yang tidak kalah istimewa dibanding dengan jaket yang dibuat dari bahan lain. Meski demikian bukan berarti anda bisa sembarangan dalam melakukan perawatannya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan mungkin anda bisa menerapkan beberapa cara sederhana sebagai berikut untuk merawat jaket yang dibuat dari bahan micro.

1. Segera Cuci Bila Sudah Kotor

Jaket micro yang sudah digunakan beberapa kali dipakai atau sudah terlihat kotor meski baru satu dua kali dipakai sebaiknya segera dicuci karena kotoran yang menempel bisa membuat jaket lebih cepat rusak.

2. Gunakan Detergen Secukupnya

Pada saat mencuci jaket berbahan micro, sebaiknya gunakan detergen dengan takaran sewajarnya alias jangan terlalu banyak karena bahan micro mudah mengeras dan mudah rusak jika diberi detergen terlalu banyak.

Kalau mau aman lebih baik gunakan deterjen cair untuk mencuci jaket micro. Tapi jika anda tidak begitu menyukai detergent cair anda bisa memakai detergent bubuk tetapi dengan takaran sewajarnya saja.

3. Jangan Direndam Terlalu Lama

Hindari kebiasaan merendam jaket terlalu lama karena hal ini hanya akan membuat jaket menjadi cepat rusak.

  • Lebih baik rendam jaket dalam campuran air dan detergen lalu aduk-aduk secara perlahan.
  • Setelahnya kucek jaket mikro dengan menggunakan tangan hingga kotoran atau noda yang menempel pada jaket terlepas.

4. Bilas Dengan Air Bersih

Bila noda atau kotoran yang menempel pada jaket micro sudah bersih, selanjutnya bilas jaket dengan cara dicelupkan dalam air bersih lalu diangkat untuk menghilangkan kotoran sekaligus sisa detergen yang masih menempel pada permukaan jaket.

Untuk mencuci jaket micro, pastikan anda selalu menggunakan air dingin. Jika anda mencucinya dengan air panas yang ada bahan jaket justru akan jadi mengkerut.

5. Hindari Memeras Jaket Micro

Setelah dibilas hingga bersih jangan memeras jaket micro dengan cara dipelintir karena hal semacam ini bisa membuat bahan menjadi mudah rusak.

  • Jaket berbahan micro tidak perlu di peras dengan cara pelintir karena materialnya cenderung mudah mengering.
  • Untuk mengurangi kandungan air dalam jaket anda bisa menekan-nekan jaket secara perlahan dengan telapak tangan. 

6. Jemur Jaket di Tempat Teduh

Jemur jaket berbahan micro di tempat yang teduh dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Supaya warna alaminya tetap terjaga dengan baik usahakan untuk tidak menjemur jaket berbahan micro di tempat yang terpapar panas matahari secara langsung.

  • Setelah dicuci dan dibilas jaket berbahan micro sebaiknya dijemur di tempat yang teduh.
  • Bahan micro sendiri termasuk jenis bahan yang cepat kering jadi walaupun dijemur di tempat teduh bisa tetap kering secara maksimal.

7. Simpan Dengan Cara di Gantung

Selesai dicuci dan dikeringkan, simpan jaket dengan cara digantung di dalam almari pakaian yang bersih dan kering.

  • Untuk menghindari tumbuhnya bakteri yang bisa merusak bahan jaket, simpan jaket di tempat yang bersih dan kering.
  • Lebih bagus lagi jika jaket disimpan dengan cara digantung agar tampilannya senantiasa rapi dan tidak kusut.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara terbaik untuk merawat jaket micro yang bisa anda coba sendiri di rumah. Semoga tips yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk merawat koleksi jaket berbahan micro yang anda miliki.

Tertarik untuk membuat jaket bomber, jaket varsity dan jaket parka sendiri dengan memanfaatkan bahan micro sebagai material utamanya tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola jaket siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.