Article

Homepage Article Kain Pemanfaatan Kain Peles atau…

Pemanfaatan Kain Peles atau Kain Abutai Sebagai Bahan Pelapis Jaket

Butuh rekomendasi bahan kain yang bagus untuk dijadikan furing jaket?. Jika anda mengininkan jaket yang berkualitas dan nyaman saat digunakan mungkin anda bisa memilih kain peles atau kain abutai yang menawarkan banyak keunggulan sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kain Peles

Kain peles atau kain abutai termasuk ke dalam salah satu kain furing serbaguna yang terbuat dari tenunan polyester. Kain ini umumnya memiliki tampilan yang cenderung mengkilap dan sangat ringan jadi sangat cocok digunakan sebagai pelapis bagian dalam jaket maupun tas.

Karakteristik Kain Peles

Tidak jauh berbeda dengan kain furing pada umumnya, kain peles atau kain abutai sendiri pada prinsipnya juga memiliki sejumlah ciri khusus yang mungkin tidak dapat dijumpai pada lain. Beberapa karakteristik paling khas dari kain peles yang perlu anda ketahui diantaranya:

  • Kain peles atau kain abutai cenderung tipis, mengkilap dan kesat jika di raba.
  • Karena sangat tipis dan ringan kain ini jika dilipat bisa menjadi sangat kecil.
  • Kain peles memiliki karakteristik ringan dan sangat nyaman menyentuh kulit sehingga tidak menyebabkan alergi.
  • Dari segi harga kain peles juga memiliki harga yang lebih murah dibanding jenis kain furing lainnya.

Dengan karakteristiknya yang sedemikian istimewa kain peles atau kain abutai sendiri bisa dikatakan memiliki fungsi yang serbaguna. Sebab selain dimanfaatkan sebagai bahan lapisan jaket, kain peles sebenarnya juga biasa dipilih sebagai bahan pelapis tas, brokat dan bahan pembuat mukena.

Jenis-Jenis Kain Peles

Sebagai bahan dasar pembuatan jaket yang berkualitas kain peles atau kain abutai sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam tingkat ketebalan dan kerapatan bahan yang berbeda-beda. Kalau yang dijual di Fitinline ada kain peles yang tipis dan kain peles yang tebal.

  • Kain Peles Kode 8017 (Tebal)

Kain peles kode 8017 (tebal) termasuk salah satu jenis kain furing yang memiliki karakteristik mengkilap, tidak terlalu tipis dan ringan.

Kain Peles

Sumber : https://fitinline.com/

  • Kain Peles Kode 5108 (Tipis)

Kain peles kode 5108 (tipis) termasuk salah satu jenis kain furing yang memiliki karakteristik mengkilap, tipis dan ringan.

Kain Peles

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Peles Pada Jaket

Terkait dengan pemanfaatannya pada produk jaket, kain furing peles atau kain abutai sebenarnya dapat diaplikasikan pada berbagai macam model jaket yang fashionable, sebut saja jaket sukajan, jaket puffer, jaket bomber, jaket windbreaker dan berbagai jenis jaket fashion lainnya.

1. Jaket Sukajan

Jaket sukajan merupakan sebuah jaket yang memiliki ciri khas berupa motif bordir ditambah warna-warna kontras yang mencolok. Motif yang ditampilkan dalam jaket sukajan inipun biasanya banyak merepresentasikan kepercayaan dalam budaya Jepang, seperti mite dan legenda.

Khusus untuk pembuatan jaket sukajan bagian terluarnya bisa dibuat dari bahan taslan, bahan mayer, bahan micro, bahan parasut atau bahan satin, sementara lapisan dalamnya bisa memakai kain peles.

Kain Peles

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

2. Jaket Puffer

Jaket puffer termasuk ke dalam jenis jaket yang dikenal juga dengan nama lain padded jacket. Tapi karena modelnya yang puffy atau menggembung, jadi jaket ini juga disebut sebagai jaket puffer.

Khusus untuk pembuatan jaket puffer kain peles sendiri biasanya dikombinasikan dengan dakron lembaran. Fungsi utama dari dakron tersebut tidak lain adalah untuk memberi kesan bervolume pada jaket.

Kain Peles

Sumber : https://www2.hm.com/

Ingin membuat jaket puffer sendiri untuk keperluan pribadi tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang praktis anda bisa mendownload Pola Jaket Puffer siap pakai dari kami.

Buat anda yang mau tahu lebih detail lagi tentang cara pembuatan jaket puffer download juga e-book Cara Mudah Menjahit Jaket Puffer yang kami miliki. E-book ini berisi tentang panduan cara menjahit jaket puffer secara rinci dan disertai gambar-gambar untuk setiap langkah yang mudah dipahami.

3. Jaket Bomber

Jaket bomber yang dikenal juga dengan nama lain “flight jaket” termasuk ke dalam jenis jaket penerbangan yang awalnya dibuat untuk tentara militer namun kini lebih banyak dikembangkan untuk fashion.

Khusus untuk pembuatan jaket bomber, bagian terluarnya bisa dibuat dari bahan taslan, bahan mayer, puma scott, kain ZN, kain micro atau bahan lain, sementara lapisan dalamnya bisa memakai kain peles.

Kain Peles

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Tertarik untuk membuat jaket bomber sendiri tapi masih bingung memikirkan cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Jaket Bomber siap pakai dari kami.

4. Jaket Windbreaker

Jaket windbreaker tergolong ke dalam jenis jaket yang dapat digunakan untuk menahan terpaan angin dan hujan ringan. Jaket ini biasanya juga dilengkapi dengan elastis pada bagian pergelangan tangan jadi akan terasa lebih hangat saat dikenakan.

Khusus untuk pembuatan jaket windbreaker, bagian terluarnya bisa dibuat dari bahan despo atau bahan lain, sementara lapisan dalamnya bisa memakai kain peles.

Kain Peles

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Dengan memanfaatkan kain peles sebagai furingnya akan ada banyak sekali manfaat yang bisa anda rasakan secara langsung.

  • Kain furing peles berguna untuk menutup jahitan yang kurang rapi pada bagian dalam jaket.
  • Melindungi kulit agar tidak bersentuhan dengan bahan jaket sekaligus mencegah terjadinya iritasi saat kulit berkeringat.
  • Mengurangi gesekan langsung antara bahan jaket dengan kulit sehingga umur jaket olahraga menjadi lebih panjang.
  • Efek licin dan lembut yang dihasilkan dari kain furing berfungsi untuk memudahkan penggunanya dalam memakai dan melepas jaket.

Dilihat dari segi perawatannya jaket yang dilengkapi dengan kain furing peles atau kain abutai juga cukup mudah dan tidak terlalu ribet. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah jauhkan jaket yang dilapisi dengan kain peles atau kain abutai dari setrika yang terlalu panas karena dapat membuatnya terbakar.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah karakteristik kain peles lengkap dengan pemanfaatannya pada produk jaket yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui karakteristik yang dimiliki kain peles semoga anda jadi lebih mudah untuk menemukan kain furing yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Butuh bahan kain peles berkualitas dengan harga murah untuk furing jaket?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain peles terbaik yang kami miliki.

Selain menyediakan kain peles atau kain abutai, Fitinline juga menjual berbagai jenis kain furing untuk jaket lainnya dengan kualitas premium dan harga yang terbaik.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.