Article

Homepage Article Fashion Design 8 Ciri Khas Jaket Punk Yang…

8 Ciri Khas Jaket Punk Yang Membedakannya Dengan Jaket Lain

Dikenal sebagai salah satu jenis jaket yang menjadi bagian dari ekspresi seni dan identitas gerakan punk rock, berikut beberapa ciri paling khas dari jaket punk yang penting untuk kamu ketahui.

Beberapa point yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Punk

Jaket punk merupakan sejenis jaket yang memiliki desain sangat khas yakni mencerminkan estetika dari gerakan punk, sehingga detail-detail yang ditambahkan pada jaket tersebut biasanya juga banyak melibatkan sejumlah elemen yang mencerminkan semangat anti-establishment, kreativitas dan sikap berani dari gerakan punk. 

Jaket Punk

Sumber : https://leatherskinshop.com/

Ciri Khas Dari Jaket Punk

Terkait dengan hal tersebut lantas apa saja hal-hal yang membedakan jaket punk dengan model jaket yang lain?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu, berikut kami bagikan beberapa ciri paling khas dari jaket punk yang penting untuk kamu ketahui.

1. Identik Dengan Studs (Paku)

Jaket punk seringkali dipenuhi dengan detail yang khas seperti studs (paku) dari bahan metal.

  • Penggunaan studs (paku)  pada jaket punk menjadi salah satu ciri paling khas yang mencolok dalam gaya punk.
  • Studs (paku) pada jaket punk sering ditempatkan secara acak atau membentuk pola tertentu untuk menambah kesan kasar dan memberontak.

Jaket Punk

Sumber : https://www.ra-moto.com/

Untuk kamu yang ingin memasang studs (paku) pada jaket kamu hanya perlu menyiapkan metal studs dan sebuah tang. Jika sudah sekarang kamu bisa menempelkan metal studs pada bagian yang kamu inginkan, kemudian rekatkan penopang metal dari belakang jaket dengan menggunakan tang.

Jaket Punk 

Sumber : https://trimmingshop.co.uk/

Selain itu beberapa jaket punk juga sering dihiasi dengan elemen-elemen yang memberikan kesan “rebel” atau anti-establishment, seperti gambar tengkorak, peniti dalam jumlah banyak serta berbagai elemen lain yang tidak kalah menarik.  

2. Memiliki Lencana dan Patch

Jaket punk sering kali dihias dengan lencana dan patch yang menampilkan simbol-simbol anarki yang terkait dengan gerakan punk atau logo band punk favorit.

3. Memuat Pesan Yang Provokatif

Jaket punk biasanya juga memiliki tulisan atau pesan yang provokatif dan kontroversial terkait dengan filosofi punk. Pesan yang dimaksud kebanyakan berisi tentang sindiran terhadap kebijakan sosial atau politik atau sekadar ungkapan ketidakpuasan.

4. Dibuat Dalam Warna Gelap

Jaket punk kebanyakan dibuat dalam warna-warna gelap seperti hitam atau merah. Beberapa alasan mengapa warna gelap menjadi salah satu unsur warna yang khas dalam gaya punk yaitu:

  • Warna gelap sering dianggap sebagai warna yang mewakili kekuatan, keberanian dan ketidakpatuhan.
  • Warna gelap dalam konteks gerakan punk mencerminkan sikap anti-establishment dan sikap kontra terhadap budaya serta norma sosial.
  • Warna gelap menciptakan estetika yang khas dan identitas visual yang kuat untuk membedakan penggemar punk dari budaya populer lainnya.
  • Warna-warna gelap menciptakan tampilan yang mencolok dan memberikan kesan pemberontakan.

5. Punya Banyak Pilihan Model

Jaket punk dapat dijumpai dalam berbagai desain dan potongan yang beragam. Untuk pilihan modelnya beberapa jenis jaket yang sering terlihat dalam budaya punk rock diantaranya:

  • Pertama ada jaket kulit (leather jacket) yang biasa dibuat dari bahan khusus yakni berupa bahan kulit (baik itu kulit asli ataupun kulit sintetis).
  • Jaket kulit sering dijadikan sebagai simbol ikonik dari gaya punk.
  • Jaket kulit biasanya dihiasi dengan studs, lencana dan patch untuk menciptakan tampilan yang kasar dan penuh gaya.

Jaket Punk

Sumber : https://www.etsy.com/

  • Kedua ada jaket denim yang juga populer di kalangan penggemar punk. Seperti halnya jaket kulit, jaket denim dalam budaya punk biasanya banyak dihiasi dengan lencana, patch dan dipersonalisasi dengan berbagai cara.

Jaket Punk

Sumber : https://www.amazon.de/

  • Ketiga ada jaket varsity yang identik dengan olahraga baseball. Meskipun tidak selalu terkait langsung dengan punk, jaket varsity bisa dimodifikasi dengan menambahkan elemen punk seperti studs atau patch.

Jaket Punk

Sumber : https://www.etsy.com/

  • Keempat ada jaket bomber yang juga dapat dijadikan sebagai bagian dari gaya punk, terutama jika dihiasi dengan elemen punk seperti studs, lencana atau tulisan provokatif.

Jaket Punk

Sumber : https://www.etsy.com/

  • Kelima ada jaket hoodie yang dilengkapi dengan penutup kepala dan dapat digunakan untuk memberi kesan lebih santai pada penampilanmu. 

Jaket Punk

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain di dominasi oleh sejumlah model jaket yang sudah disebutkan di atas, beberapa jaket punk biasanya juga memiliki potongan yang asimetris atau tidak teratur sehingga saat dikenakan bisa menambah sentuhan unik dan tidak terduga pada desainnya.

Jaket Punk

Sumber : https://id.aliexpress.com/

6. Mengadopsi Elemen Militer

Beberapa jaket punk mengadopsi elemen militer, seperti kantong besar, kancing atau desain seragam militer. Salah satu tujuannya yaitu memberikan nuansa pemberontakan dan ketidaktaatan pada norma-norma sosial.

7. Dihias Dengan Kain Perca

Untuk menambah kesan rebel pada tampilan jaket yang dihasilkan, jaket punk tidak jarang juga dihias dengan tambalan kain perca alias sisa-sisa potongan kain yang sudah tidak terpakai atau potongan kain yang diambil dari pakaian lain.

Buat kamu yang ingin menghias jaket dengan kain perca kamu bisa mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut.

  • Siapkan jaket dan kain perca untuk menghias jaket.
  • Tandai bagian jaket yang ingin kamu hias dengan kain perca.
  • Potong kain perca sesuai pola hias yang ingin kamu tambahkan pada jaket.
  • Tempelkan kain perca pada jaket kemudian jahit biar ga gampang lepas.

Jaket Punk

Sumber : https://www.yoox.com/

8. Jadi Simbol Kreativitas Personal

Selain identik dengan detail studs, lencana dan patch, banyak penggemar punk yang menciptakan jaket mereka sendiri dengan menambahkan elemen-elemen khusus yang mencerminkan identitas gerakan punk dan pesan yang ingin mereka sampaikan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa ciri paling khas yang membedakan jaket punk dengan model jaket yang lain. Untuk kamu yang suka bereksperimen, kamu juga bisa membuat jaket punk sendiri sesuai dengan selera dan pesan yang ingin kamu sampaikan lho.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket punk?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Denim dan Bahan Jaket lainnya yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.