Article

Homepage Article Fashion Design 6 Ciri Khas Minimalist Fashion…

6 Ciri Khas Minimalist Fashion Yang Penting Untuk Kamu Ketahui

Sempat menyimak pembahasan mengenai Ciri Khas Maximalist Fashion dan Cara Stylingnya pada artikel Fitinline terdahulu?. Untuk memperkaya wawasan kamu, berikut kami bagikan pula ciri khas dari minimalist fashion yang konsepnya berkebalikan dengan maximalist fashion.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Minimalist Fashion

Minimalist fashion merupakan gaya berpakaian yang fokus pada bagaimana seseorang bisa memaksimalkan fungsi pakaian yang tidak banyak dan menghilangkan hal-hal yang tidak dibutuhkan. Dapat pula dikatakan bahwa minimalist fashion juga berarti memperlambat trend fashion dengan pakaian yang minimalis.

Minimalist Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

Ciri Khas Minimalist Fashion

Berbanding terbalik dengan maximalist fashion yang identik dengan kemewahan, minimalist fashion sendiri pada prinsipnya juga memiliki sejumlah ciri khas tersendiri lho. Berikut beberapa ciri paling khas dari minimalist fashion yang penting untuk kamu ketahui lho.

1. Punya Desain Yang Sederhana

Pakaian dengan desain yang sederhana, minimalis, cenderung berpotongan lurus tanpa banyak detail atau hiasan menjadi ciri utama dari minimalist fashion.

Minimalist Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Fokus Pada Fungsionalitas

Minimalist fashion lebih menekankan pada nilai fungsionalitas dari sebuah pakaian. Karena alasan itu pula pakaian yang bisa digunakan biasanya tidak hanya terlihat bagus tetapi juga praktis dan nyaman untuk digunakan.

Minimalist Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Kualitas Bahan Yang Digunakan

Pemilihan bahan yang ramah lingkungan dan berkualitas tinggi dapat menjadi bagian dari pendekatan minimalist fashion. Jadi meskipun desainnya cenderung sederhana, pakaian yang dihasilkan biasanya akan tetap tahan lama asalkan dibuat dari bahan yang berkualitas tinggi.

Dengan memiliki pakaian berkualitas tinggi, kamu pun dapat menghemat uang dan dalam jangka panjang bisa mengurangi kebutuhan untuk membeli pakaian baru secara teratur.

Minimalist Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Didominasi Warna-Warna Netral

Palet warna netral seperti putih, hitam, abu-abu dan beige mendominasi gaya minimalist. Selain mudah dipadupadankan, warna-warna tersebut juga bisa memberikan kesan bersih dan elegan pada penampilan.

Minimalist Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Identik Dengan Aksesoris Minimalis

Aksesoris yang minimalis seperti halnya jam tangan sederhana, anting-anting kecil atau kalung tipis dapat digunakan untuk menyeimbangkan penampilan minimalis, tanpa khawatir ksannya jadi berlebihan.

Minimalist Fashion

Sumber : https://www.wheninmanila.com/

6. Dampaknya Bagus Bagi Lingkungan

Minimalist fashion sering kali punya dampak yang positif pada lingkungan. Sebab dengan mengurangi jumlah pakaian yang kamu beli, secara otomatis jumlah limbah pakaian tidak terpakai dapat berkurang.

Lebih lanjut minimalist fashion tidak hanya memberikan manfaat secara individual, tetapi juga dapat berdampak positif pada masyarakat dan lingkungan secara keseluruhan.

Manfaat Minimalist Fashion

Beberapa manfaat baik dari segi gaya hidup maupun dampaknya pada lingkungan yang bisa kamu dapatkan ketika mengadopsi minimalist fashion yaitu:

  • Minimalist fashion akan membuat proses berpakaian menjadi lebih sederhana dan efisien.
  • Minimalist fashion bisa membantu mengurangi waktu dan kebingungan saat memilih pakaian.
  • Dengan mengadopsi minimalist fashion kamu bisa membantu mengurangi konsumsi pakaian secara berlebihan.
  • Minimalist fashion mendorong konsumen untuk memilih pakaian berkualitas tinggi yang dapat bertahan lama.
  • Dengan mengadopsi minimalist fashion kamu dapat merasa lebih puas dengan pilihan pakaian yang sudah kamu miliki dan menghindari tekanan untuk mengikuti tren mode yang terus berubah.
  • Minimalist fashion mendorong pengguna untuk lebih kreativitas dalam berpakaian melalui permainan warna netral dan penekanan pada aksesori yang juga minimalis.

Cara Styling Minimalist Fashion

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara paling tepat yang dapat dilakukan untuk menciptakan tampilan yang stylish dan elegan dengan minimalist fashion?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa menerapkan yang namanya konsep capsule wardrobe untuk menciptakan penampilan yang simple tapi tetap elegan.

Simak juga :

Selain itu kamu juga perlu menerapkan konsep slow fashion yakni dengan membeli lebih sedikit pakaian yang bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Simak juga Kenali Perbedaan Fast Fashion dan Slow Fashion Dalam Industri Mode.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai apa itu minnimalist fashion dan aplikasinya dalam gaya sehari-hari. Bukan hanya sebatas jadi trend mode, yang jelas minimalist fashion juga bisa dianggap sebagai solusi yang tepat untuk mengurangi dampak negatif industri pakaian.

Butuh bahan kain yang berkualitas tinggi untuk membuat kemeja, blus, kaos, celana, rok dan juga jaket?. Sebagai referensi kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain terbaik yang kami miliki.

Download juga pola kemeja, blus, kaos, celana dan rok Di Sini kalau kamu lebih tertarik untuk membuat baju sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Tapi kalau kamu mau tahu lebih banyak lagi tentang yang namanya zero waste fashion dan konsep sustainable fashion, maka kamu bisa menyimak kembali artikel Fitinline terdahulu.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.