Article

Homepage Article Fashion Design 5 Manfaat Capsule Wardrobe…

5 Manfaat Capsule Wardrobe Yang Membuat Hidup Lebih Simpel

Memiliki banyak koleksi pakaian yang beraneka ragam memang terkadang bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi sebagian orang. Tapi kalau hal tersebut justru membuat anda kesulitan untuk mengorganisir dan memilih pakaian saat hendak bepergian mungkin ada baiknya jika anda mulai menerapkan konsep capsule wardrobe.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Capsule Wardrobe

Capsule wardrobe merupakan sebuah konsep yang mendukung gaya hidup minimalis lewat cara berpakaian. Biasanya konsep ini hanya membutuhkan 20-30 potong pakaian yang fleksibel digunakan untuk berbagai acara.

  • Capsule wardrobe menjadi salah satu caya yang dapat dilakukan mendukung konsep sustainable fashion atau fesyen berkelanjutan.
  • Capsule wardrobe umumnya terdiri dari kombinasi pakaian yang dapat dipakai berkali-kali dengan style yang berbeda-beda.

Capsule Wardrobe

Sumber : https://id.pinterest.com/

Aturan Penting Capsule Wardrobe

Sudah memiliki banyak koleksi pakaian dan ingin menerapkan metode capsule wardrobe?. Untuk memudahkan anda dalam menyusun capsule wardrobe, berikut kami bagikan aturan dasar capsule wardrobe yang penting untuk anda ketahui.

1. Batasi Kebiasaan Berbelanja Pakaian

Batasi keinginan untuk berbelanja pakaian atau berhenti belanja pakaian selama minimal tiga bulan untuk menghindari terjadinya penumpukan pakaian.

Capsule Wardrobe

Sumber : https://www.sassyhongkong.com/

2. Analisis Pakaian Yang Paling Cocok

Cobalah untuk memilah pakaian yang sering dan jarang dipakai kemudian analisis mengapa pakaian-pakaian tersebut lebih sering anda kenakan, apakah karena warna, bahan, model atau faktor lainnya.

  • Memilah pakaian yang sering dan jarang dipakai akan memudahkan anda untuk menemukan jenis-jenis pakaian kesukaan.
  • Cara ini juga bisa anda gunakan sebagai pedoman untuk mencari pakaian baru jika ingin menambahkan koleksi di capsule wardrobe.

Agar lebih memudahkan, anda juga dapat menetapkan beberapa capsule wardrobe sekaligus. Misalnya menyiapkan beberapa pakaian dan perlengkapan capsule wardrobe untuk kerja, untuk olahraga dan untuk suasana santai lainnya.

Capsule Wardrobe

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Tentukan Warna Dasar Pakaian

Aturan selanjutnya tentukan warna dasar yang akan anda gunakan di capsule wardrobe. Dalam memilih warna dasar ini setidaknya ada dua hal yang harus diperhatikan.

  • Pastikan warna dasar yang anda pilih merupakan warna yang anda sukai, dengan begitu saat mengenakannya anda bisa tampil lebih percaya diri.
  • Saat memilih warna dasar, pastikan pula bahwa warna tersebut cocok digunakan bersama dengan banyak warna lain.

4. Pilih Pakaian Yang Desainnya Timeless

Berikutnya pilih pakaian yang desainnya bersifat timeless karena fungsi utama dari capsule wardrobe sendiri adalah mengisi koleksi pakaian yang dapat dipakai berkali-kali dengan style yang berbeda.

5. Beli Pakaian Yang Berkualitas

Utamakan untuk membeli pakaian yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas agar pakaian tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan tetap terlihat stylish.

Capsule Wardrobe

Sumber : https://bleatives.com/

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Manfaat Capsule Wardrobe

Dengan memaksimalkan sedikit pakaian untuk menghasilkan tampilan yang tetap stylish dan menerapkan aturan di atas ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.

1. Menghemat Banyak Waktu

Manfaat pertama yang bisa dirasakan secara langsung dari penerapan capsule wardrobe yaitu lebih menghemat waktu dalam memilih pakaian karena setiap pakaian yang mengisi koleksi capsule wardrobe dirancang untuk mudah dipadukan dengan satu sama lain.

  • Dengan menerapkan konsep capsule wardrobe anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu di pagi hari untuk mencocokkan fashion item yang hendak dipakai saat bepergian.
  • Dengan menerapkan konsep capsule wardrobe anda bisa lebih fokus untuk melakukan kegiatan lain yang lebih penting seperti merias wajah dan menata rambut.

Capsule Wardrobe

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Menghemat Uang / Pengeluaran

Selain menghemat waktu, capsule wardrobe juga dapat mengurangi kebiasaan konsumtif dan lebih menghemat pengeluaran dalam berpenampilan.

  • Capsule wardrobe akan mencegah anda untuk membeli pakaian yang hanya akan dipakai sekali atau dua kali.
  • Menjadi tidak lagi boros dalam berbelanja pakaian akan membuat kondisi keuangan jadi lebih sehat.

Capsule Wardrobe

Sumber : https://www.womansday.com/

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Perubahan pola pikir untuk membatasi isi lemari pakaian seminimal mungkin dengan pakaian yang pasti terpakai tidak hanya mencegah perilaku impulsif saat belanja, namun juga bisa membuat anda tampil lebih percaya diri lewat pakaian yang bisa dipadupadankan dengan berbagai gaya.

  • Capsule wardrobe memungkinkan seseorang untuk bergaya sesuai keinginan alih-alih berusaha mengikuti tren yang bisa jadi tidak sesuai dengan kepribadian mereka.
  • Tidak ada batasan padupadan untuk tampil bergaya dengan metode ini. Karena anda bisa bergaya dengan tema monokrom, kombinasi batik, klasik, minimalis dan berbagai tema yang lain.

4. Baik Untuk Kelestarian Lingkungan

Konsep capsule wardrobe memungkinkan seseorang untuk memiliki pakaian yang hanya disukai dan pasti dipakai dalam waktu lama. Meski terkesan sepele faktanya hal semacam ini akan mengurangi kebiasaan membuang pakaian yang tak lagi terpakai dan mengurangi jumlah sampah di lingkungan.

Selain itu dengan pakaian yang lebih sedikit, berarti tumpukan cucian juga pasti berkurang yang berdampak pada penggunaan air dan detergen yang lebih hemat.

Capsule Wardrobe

Sumber : https://www.alibaba.com/

5. Membuat Padupadan Jadi Menyenangkan

Mempunyai isi lemari pakaian yang lebih sedikit yaitu pakaian dan perlengkapan yang terpilih akan membuat aktivitas padupadan outfit menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Dalam hal ini anda juga bebas berkreasi untuk mencocokkan antara fasion item yang satu dengan yang lain.

  • Konsep capsule wardrobe memungkinkan anda untuk do more with less, karena pada dasarnya yang dibutuhkan bukan perihal memiliki banyak pakaian melainkan pakaian yang tepat.
  • Konsep capsule wardrobe membuat anda memiliki pakaian basic yang mudah dipadupadankan, sehingga anda cukup menambahkan sedikit aksesoris untuk mempercantik penampilan.
  • Walau dengan jumlah pakaian dan perlengkapan yang terbatas ada bisa tetap tampil gaya dan stylish dengan cara  sendiri.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah manfaat dari capsule wardrobe yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa membatasi isi lemari pakaian seminimal mungkin dengan pakaian yang pasti terpakai ternyata tidak hanya membuat hidup lebih simpel. tapi juga dapat mencegah pemborosan.

Simak juga pembahasan mengenai 5 Langkah Mudah Menyusun Capsule Wardrobe Untuk Para Pria kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang cara menyusun capsule wardrobe khususnya untuk para pria.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.