Article

Homepage Article Fashion Design 10 Manfaat Teknologi 3D…

10 Manfaat Teknologi 3D Fashion Design Yang Penting Kamu Ketahui

Temukan dunia kreativitas tanpa batas dengan belajar 3D fashion design. Buat kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang  apa yang dimaksud dengan 3D fashion design dan seperti apa dampaknya pada masa depan industri fashion modern, langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengenalan 3D Fashion Design

3D fashion design dapat didefinisikan sebagai suatu proses pengembangan prototipe 3D dari pola digital 2D dengan menggunakan perangkat lunak yang didesain khusus sehingga memungkinkan desainer untuk membuat model digital yang realistis dari desain mereka.

  • Dengan bantuan teknologi 3D para desainer kini bisa dengan mudah membuat pakaian 3D secara langsung pada avatar (model) digital sesuai ukuran yang dikehendaki.
  • Dengan menggunakan teknologi 3D pada desainer dapat melihat bagaimana pakaian akan terlihat dan bergerak pada tubuh manusia secara virtual sebelum benar-benar diproduksi.

3D Fashion Design

Sumber : https://id.pinterest.com/

Manfaat 3D Fashion Design

Mau tahu lebih banyak lagi tentang apa itu 3D fashion design dan manfaatnya dalam industri fashion?. Sebagai referensi berikut kami bagikan manfaat yang dapat diberikan oleh alat desain 3D.

1. Memudahkan Proses Desain Pakaian

Teknologi 3D fashion design dapat membantu meningkatkan kecepatan proses desain dan produksi pakaian secara keseluruhan karena secara teknis pembuatan model dengan memanfaatkan teknologi 3D juga cukup mudah dilakukan.

  • Dengan teknologi 3D kamu dapat membuat prototipe atau model dari busana yang sedang dikembangkan desainnya.
  • Dengan teknologi 3D kamu dapat menguji desain mereka secara virtual tanpa perlu menciptakan prototipe fisik.

3D Fashion Design

Sumber : https://www.gwenhinedesign.com/

Selain itu jika kamu ingin membuat pakaian yang simetris, alat desain virtual 3D juga memiliki sejumlah fitur penghemat waktu yang dapat menyinkronkan pola untuk sisi kiri dan sisi kanan begitupun untuk pola bagian depan dan bagian belakang.

3D Fashion Design

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Memudahkan Proses Perbaikan Desain

Ketika melakukan kesalahan selama proses desain, kamu pun bisa dengan mudah mengedit pola yang sudah dibuat dan menguji desain dalam bentuk virtual tanpa perlu menciptakan prototipe fisik.

3D Fashion Design

Sumber : https://browzwear.com/

3. Optimasi Pola dan Ukuran

Teknologi 3D fashion design memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan pola dan ukuran pakaian dalam berbagai bentuk tubuh dengan lebih mudah, serta memastikan bahwa desain dapat diadaptasi untuk pasar yang lebih luas.

4. Memberikan Gambaran Yang Realistis

Teknologi 3D fashion design memberikan visibilitas yang lebih baik tentang bagaimana desain akan terlihat dalam kehidupan nyata dan memungkinkan kamu menguji kesesuaian pakaian sebelum mengirimkannya ke produksi.

  • Teknologi 3D memungkinkan kamu untuk melihat gambaran pakaian yang sangat realistis, termasuk jatuhnya kain dan tampilan keseluruhan saat pakaian dikenakan oleh model.
  • Dengan demikian ketika ada bagian yang perlu diperbaiki, kamu bisa dengan mudah melihat masalah yang ada dan menyesuaikannya dengan cepat.

3D Fashion Design

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Memberi Kebebasan Untuk Berinovasi

Teknologi 3D memungkinkan kamu untuk menjelajahi ide-ide kreatif tanpa batas dan menciptakan desain yang mungkin sulit atau mahal untuk diwujudkan dalam bentuk fisik.

6. Mengurangi Biaya Pembuatan Sampel

Teknologi 3D fashion design dapat mengurangi biaya pembuatan prototipe / mengurangi biaya pembuatan sampel produk secara signifikan. Dengan begitu kamu bisa membuat dan membagikan tampilan visual dari desain pakaian yang direncanakan tanpa perlu membuat sampel fisik.

  • Penggunaan teknologi 3D fashion design bisa mengurangi kebutuhan akan bahan-bahan seperti kain dan aksesoris untuk setiap desain.
  • Karena bahan-bahan yang digunakan berkurang maka biaya yang harus dikeluarkan dalam pembuatan prototipe produk fashion juga lebih hemat.

7. Membantu Mengurangi Limbah

Manfaat lainnya dari 3D fashion design yaitu membantu mengurangi limbah kain secara drastis yang terkait dengan penjahitan sampel karena desainer dapat mengoptimalkan pola dan ukuran sebelum memulai produksi massal.

Gambaran yang realistis dalam membuat desain pakaian akan menghindari pembuatan sampel yang kemudian harus diubah atau dibuang karena ketidakcocokan.

3D Fashion Design

Sumber : https://weallsew.com/

8. Memungkinkan Kolaborasi Yang Baik

Teknologi 3D fashion design memungkinkan kolaborasi yang lebih baik antara tim desain dan produksi, karena semua pihak dapat melihat dan memberikan masukan pada model 3D yang sudah dibuat.

9. Memungkinkan Peragaan Busana Virtual

Teknologi 3D fashion design dapat dimanfaatkan untuk mensimulasikan peragaan busana secara virtual. Dalam hal ini desainer kemudian dapat membawa pelanggan ke suatu tempat yang sesuai dengan tema pakaian atau aksesori yang ditawarkan.

3D Fashion Design

Sumber : https://www.dezeen.com/

10. Memungkinkan Pra Penjualan

Teknologi 3D fashion design memungkinkan kamu untuk melakukan pra penjualan pakaian sebelum diproduksi.

  • Dengan bantuan teknologi 3D kamu dapat membuat seluruh koleksi dan memamerkannya di situs web.
  • Dengan bantuan teknologi 3D kamu bisa membuat berbagai ukuran produk dan menunjukkan kepada pelanggan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai apa itu 3D fashion design dan bagaimana dampaknya terhadap masa depan industri fashion. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan gambaran akan banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan teknologi 3D dalam proses produksi pakaian.

Yang pasti teknologi 3D feshion design tidak hanya dapat meningkatkan efisiensi perusahaan tapi juga memberikan solusi untuk mempercepat pengembangan produk dan mengurangi adanya limbah produksi pakaian yang tidak terpakai. Dengan beralih ke digital fashion kamu pun bisa berpartisipasi untuk menjaga kelestarian lingkungan. 

Punya ketertarikan dengan dunia fashion dan ingin tahu lebih lebih banyak lagi tentang 3D fashion design?. Yuk gabung workshop desain fashion dengan CLO3D melalui customer service kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.