Article

Homepage Article Fashion Design Penerapan Zero Waste Fashion…

Penerapan Zero Waste Fashion Untuk Meminimalisir Limbah Produksi Busana

Zero-waste fashion dikenal sebagai salah satu cara baru untuk menciptakan pakaian dimana sisa potongan bahan dirancang untuk menjadi pakaian sejak awal proses. Buat anda yang mau tahu lebih detail lagi tentang tujuan zero waste fashion dan penerapannya dalam industri mode, langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Definisi Zero Waste Fashion

Zero waste fashion adalah salah satu konsep desain fashion yang bertujuan untuk meniadakan atau setidaknya meminimalisir limbah produksi pakaian sehingga sedapat mungkin tidak menghasilkan buangan atau sampah sisa yang mencemari lingkungan dan memberikan  dampak  negatif  bagi  kelestarian  lingkungan.

  • Teknik zero waste fashion bisa dilakukan dengan cara mendesain busana busana yang simple tapi tetap menarik untuk meminimalisir sampah sisa material.
  • Dengan pola dan cutting yang didesain sedemikian rupa material yang dipakai pada busana dapat digunakan semaksimal mungkin.

Zero Waste Fashion

Sumber : https://mutiarasww.wordpress.com/

Dari segi kualitasnya pun produk fashion yang dihasilkan justru memiliki nilai lebih dari busana pada umumnya. Sebab produk zero waste fashion sendiri merupakan produk slow fashion berbasis konsep sustainable fashion yang dapat dijadikan salah satu contoh usaha meminimalisir dampak negatif pada lingkungan.

  • Produk zero waste fashion menjadi sampel ideal produk slow fashion yang juga sesuai dengan konsep sustainable fashion.
  • Produk zero waste fashion umumnya juga memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki busana lainnya.

Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang perbedaan slow fashion dan fast fashion simak juga pembahasan mengenai Kenali Perbedaan Fast Fashion dan Slow Fashion Dalam Industri Mode.

Tujuan Zero Waste Fashion

Beberapa tujuan utama yang ingin dicapai dengana adanya zero waste fashion yaitu:

  • Menciptakan produk busana yang dapat menjadi salah satu alternatif solusi terhadap permasalahan limbah fashion yang mencemari lingkungan.
  • Merubah norma industri fashion dengan melakukan perubahan pola pikir dalam berkreasi untuk mencipta-kan produk desain fashion tanpa limbah.
  • Menjadikan konsumen lebih peka dalam memilih produk pakaian yang sesuai dengan konsep sustainable fashion.
  • Menciptakan kesadaran  bagi  masyarakat akan dampak negatif limbah  industri  fashion, sehingga kedepannya masyarakat jadi lebih peka untuk turut serta menjaga kelestarian lingkungan.

Penerapan Zero Waste Fashion

Terkait dengan penerapannya dalam industri mode, setidaknya dikenal dua macam pendekatan yang paling umum digunakan dalam zero waste fashion. Pendekatan yang dimaksud yaitu berupa pre consumption zero waste fashion dan post consumption zero waste fashion.  

1. Pre Consumption

Pre consumption zero waste fashion merujuk pada usaha-usaha yang dilakukan untuk memproduksi busana yang minim limbah. Usaha tersebut meliputi pembuatan pola dan desain pakaian yang tidak terlalu melibatkan banyak detail, serta penggunaan material yang ramah lingkungan.

  • Busana zero waste fashion itu biasanya dibuat dalam ukuran all size, modelnya tidak mengikuti lekuk tubuh dan jarang memiliki pola-pola berbentuk lengkungan.
  • Kalaupun dalam proses pembuatannya masih menyisakan kain perca, yang ada limbah tersebut kebanyakan juga berbentuk lurus dan masih bisa digunakan untuk aksen pakaian.

Zero Waste Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk contoh busananya sampai saat inipun sudah banyak produk fashion yang menerapkan konsep zero waste fashion selama proses pembuatannya, sebut saja kaftan, poncho dan berbagai busana lain yang lebih modern.

  • Kaftan

Kaftan merupakan sejenis pakaian yang didesain dalam bentuk terusan longgar dan cukup panjang. Umumnya kaftan ini memiliki bentuk kotak tetapi kini ada pula yang dimodifikasi dengan tambahan draperi maupun kerutan pada bagian pinggang.

Untuk anda yang mau membuat kaftan tapi masih bingung memikirkan cara menggambar polanya, anda bisa mendownload pola kaftan dari kami.

  • Poncho

Poncho merupakan yang diciptakan dari bahan berbentuk bundar atau segi empat dengan sedikit belahan pada bagian tengahnya untuk memasukkan kepala.

Selain dua jenis busana yang sudah disebutkan di atas sarung yang biasa dikenakan kaum pria juga bisa jadi pilihan busana zero waste yang fashionable untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

2. Post Consumption

Post consumption zero waste fashion merujuk pada usaha-usaha pemanfaatan limbah fashion yang sudah tidak terpakai, baik itu berupa pakaian bekas maupun kain perca sisa produksi. 

  • Post consumption zero waste fashion  bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan paling tepat untuk mengolah kembali limbah pakaian bekas menjadi sebuah busana yang memiliki nilai lebih.
  • Dengan menerapkan post consumption zero waste fashion penumpukan limbah pakaian dan kain perca yang berujung di tempat pembuangan akhir bisa ditekan semaksimal mungkin. 

Zero Waste Fashion

Sumber : https://www.vogue.com/

Adapun salah satu keunggulan dari produk fashion yang yang dibuat dengan teknik post consumption zero waste fashions yaitu tampilannya terkesan lebih eksklusif dan memiliki keunikan tersendiri karena setiap potongnya memiliki model desain yang tidak sama.

Dari dua pendekatan tersebut dapat dilihat bahwa penerapan zero  waste fashion sendiri pada prinsipnya tidak  hanya  berfokus pada pemilihan teknik  memotong  bahannya  agar tidak banyak menyisakan banyak limbah, namun juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan limbah produk lain seperti pakaian bekas dan kain perca untuk upcycle fashion.

Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang upcycle fashion, simak juga pembahasan mengenai 4 Cara Memanfaatkan Pakaian Bekas Dengan Metode Upcycling Fashion.

Sementara dari sisi pengguna pakaian, teknik zero waste fashion juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan meminimalkan sampah pakaian bekas dengan membeli produk fashion yang berkualitas agar berumur lebih panjang. Selain itu carilah brand fesyen yang sudah mulai menerapkan sustainable fashion dan slow fashion.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai definisi zero waste fashion, tujuan zero waste fashion dan penerapannya dalam industri mode. Dengan mengetahui sejumlah hal penting seperti yang sudah disebutkan di atas semoga kedepannya anda juga bisa mengajak lebih banyak orang untuk mengenakan busana yang sesuai dengan konsep sustainable fashion.

Mau belajar mendesain dan membuat baju sendiri tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Sebagai referensi anda bisa mendownload E-Book dan Video Tutorial yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.