Article

Homepage Article Fashion Design 10 Cara Sederhana Untuk…

10 Cara Sederhana Untuk Mendukung Sustainable Fashion

Dalam beberapa tahun belakangan, trend fashion berkelanjutan alias sustainable fashion memang menjadi salah satu topik pembicaraan yang cukup populer di berbagai belahan dunia. Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang apa itu sustainable fashion dan cara penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sustainable Fashion

Fashion berkelanjutan alias sustainable fashion adalah suatu praktik dalam fashion yang didasarkan pada nilai moralitas bahwa fashion semestinya menjadi suatu industri yang memiliki “value” atau nilai selain uang tapi juga harus memberikan dampak yang lebih baik terhadap kelestarian bumi dan lingkungan.

  • Konsep sustainable fashion lahir sebagai bentuk tanggung jawab industri mode terhadap dampak yang mereka buat.
  • Konsep sustanaible fashion dianggap ramah lingkungan karena mendorong masyarakat untuk tidak asal dalam membeli pakaian.
  • Sustainable fashion menjadi alternatif langkah tepat untuk mengurangi limbah fashion yang dapat merusak bumi.

Penerapan Sustainable Fashion

Terkait dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari berikut kami bagikan pula tindakan apa yang bisa dilakukan setiap individu untuk mendukung dan menerapkan sustainable fashion dalam proses konsumsi.

1. Tanamkan Mindset Peduli Lingkungan

Langkah awal yang bisa anda lakukan untuk mendukung gerakan sustainbale fashion yaitu tanamkan mindset peduli lingkungan. Dengan mengembangkan pola pikir semacam ini anda bisa dengan mudah menerapkan konsep sustainable fashion tanpa adanya kendala yang berarti.

Sustainable Fashion

Sumber : https://www.yunikulondon.com/

2. Pilih Pakaian Yang Timeless

Mulailah berinvestasi dengan memilih pakaian yang bersifat timeless dan hanya membeli busana yang berkualitas tinggi. Selain mudah untuk dipadupadankan, beberapa fashion item yang bersifat timeless juga bisa membuat penampilan anda tetap terlihat fashionable tanpa takut ketinggalan zaman.

  • Celana jeans, kaos oblong, kemeja, jaket parka dan jaket denim merupakan sedikit contoh dari produk fashion yang tak pernah lekang di makan zaman.
  • Pemilihan pakaian yang cenderung berwarna netral juga bisa menjadi pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah produk fashion.

Untuk mendukung konsep sustainable terapkan pula prinsip pemakaian baju hingga 30 kali.

  • Setiap kali anda punya keinginan membeli baju baru coba lihat ke dalam lemari.
  • Hitung ada berapa pakaian yang sudah anda pakai hingga 30 kali penggunaan.
  • Dari situ anda bisa lebih mudah untuk memperkirakan apakah koleksi baju yang anda miliki memang benar-benar digunakan dan tidak terbeli sia-sia.

Sustainable Fashion

Sumber : https://www.stitchfix.com/

Ingin membuat pakaian sendiri tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Baju siap pakai dari kami.

3. Pilih Bahan Yang Ramah Lingkungan

Menggunakan bahan pakaian yang ramah lingkungan merupakan keputusan yang tepat untuk mendukung gerakan sustainable fashion. Sekalipun tidak ada kain atau material baju yang benar-benar sustainable, tetapi penggunaan kain yang ramah lingkungan bisa menjadi salah satu langkah yang paling tepat.

  • Sebisa mungkin pilih pakaian yang terbuat dari material ramah lingkungan seperti sutra, linen, katun, dan wol.
  • Beberapa material tersebut terbukti lebih mudah terurai dan disukai biodegradable sehingga dapat terdegradasi dengan aman.

Sustainable Fashion

Sumber : https://www.classecohub.org/

4. Merawat Pakaian Sesuai Bahan

Merawat pakaian sesuai jenis bahan dan menyimpannya dengan baik juga menjadi salah satu penerapan konsep sustainable fashion yang bisa anda coba. Selain membuat pakaian jadi lebih awet dan berumur panjang, cara ini juga terbilang efektif untuk menekan bertambahnya limbah pakaian bekas.

5. Belajar Memperbaiki Pakaian Sendiri

Berikutnya anda bisa mencoba untuk memperbaiki sendiri baju yang sobek atau kancingnya terlepas. Untuk anda yang tidak memiliki basic menjahit sama sekali anda tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak sekali video tutorial menjahit dan E-book menjahit yang bisa anda pelajari.

Sustainable Fashion

Sumber : https://www.selvedge.org/

Buat anda yang mau belajar menjahit anda bisa juga mendownload Video Tutorial Menjahit dan E-Book Menjahit dari kami.

6. Coba Upcycling Pakaian Bekas

Khusus untuk anda yang suka bereksperimen, anda bisa melakukan upcycling produk fesyen. Upcycling sendiri merupakan proses daur ulang barang yang sudah tidak terpakai menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, bernilai dan memiliki tampilan yang lebih bagus dari awalnya.

  • Proses upcycle tidak melibatkan penghancuran sampah, melainkan menggunakannya untuk fungsi lain atau bisa jadi sama.
  • Upcycling identik dengan daur ulang barang anorganik dan proses pengerjaannya lebih mengutamakan kreativitas pendaur ulang.

Sustainable Fashion

Sumber : https://mymodernmet.com/

Supaya tidak berakhir menjadi limbah anda bisa merombak atau memodifikasi pakaian bekas ke dalam model pakaian kekinian yang lebih baru. Kalau mau cara yang lebih simple anda juga bisa menambah aksesoris-aksesoris kecil dari kancing hingga aneka manik-manik.

7. Pertimbangkan Pilihan Menyewa Baju

Pilihan menyewa dari pada membeli baju baru menjadi jalan pintas yang bisa anda lakukan untuk tetap tampil keren ke suatu acara dengan dress code khusus sekaligus mendukung sustainable fashion. Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari pilihan menyewa dibandingkan membeli baju baru diantaranya: 

  • Menyewa cenderung lebih praktis dan menghemat waktu.
  • Bisa mendapatkan model baju dengan anggaran terbatas.
  • Bisa mendapatkan baju branded dan berkualitas.
  • Bisa berperan mengurangi sampah tekstil di dunia.

Sustainable Fashion

Sumber : https://www.theguardian.com/

8. Berburu Pakaian di Thrift Store

Membeli baju baru selalu menjadi pilihan terakhir untuk menerapkan sustainable fashion. Maka dari itu jika anda memang benar-benar ingin membeli baju usahakan untuk mengunjungi toko baju bekas atau thrift store terlebih dahulu. Dengan melakukan thrifting, berarti anda turut berperan untuk memperpanjang umur baju dan mencegahnya menjadi limbah.

Sustainable Fashion

Sumber : https://manifestowoman.blog/

9. Dukung Brand Sustainable Fashion

Dukung brand sustainable fashion atau merek pakaian yang berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan. Sebab dibanding merek lain, biasanya mereka lebih banyak memanfaatkan bahan alami dan melibatkan pengrajin lokal dalam tiap proses pembuatan produk fashion.

10. Menyumbangkan Pakaian Bekas

Terakhir anda bisa menyumbangkan pakaian bekas yang masih layak pakai untuk orang-orang yang membutuhkan. Dengan menyumbangkan pakaian bekas, anda tidak hanya membantu mengurangi penumpukan limbah pakaian tetapi juga dapat membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan.

Sustainable Fashion

Sumber : https://www.kqed.org/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah cara mudah yang bisa anda lakukan untuk menerapkan konsep sustainable fashion dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menginspirasi anda untuk turut mendukung dan menyebarluaskan gerakan sustainable fashion supaya lebih dikenal lagi oleh masyarakat.

Simak juga pembahasan mengenai 4 Tips Memilih Material Yang Sustainable Untuk Produksi Pakaian kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang jenis-jenis bahan pakaian yang sesuai dengan konsep sustainable fashion.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.