Article

Homepage Article Fashion Design 6 Fakta Unik dan Menarik…

6 Fakta Unik dan Menarik Tentang Jaket Trucker / Trucker Jacket

Jadi ikon fashion yang populer di berbagai belahan dunia, siapa sangka jika jaket trucker ternyata dulu sempat jadi busana andalan oleh para truck driver alias pengemudi truck lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Trucker

Jaket trucker yang juga dikenal sebagai trucker jacket termasuk ke dalam salah satu model jaket yang menjadi ikon fashion di seluruh dunia. Beberapa ciri paling khas yang membuat jaket trucker mudah dikenali sebagai pilihan yang ikonik dan serbaguna dalam dunia fashion diantaranya:

  • Jaket trucker (trucker jacket) memiliki kerah yang khas dan bisa memberikan sentuhan maskulin pada pemakainya.
  • Jaket trucker memiliki kancing logam yang terlihat mencolok dan dapat memberikan kesan menarik pada tampilan jaket yang dihasilkan.
  • Jaket trucker juga memiliki sepasang saku di bagian dada yang biasanya ditutupi kancing untuk memberikan sentuhan fungsional dan menambahkan nilai estetika jaket.
  • Jaket trucker memiliki potongan yang nyaman dan membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk gaya sehari-hari.
  • Beberapa jaket trucker kadang dilenfkapi pula dengan patch label atau logo merek yang ditempatkan di bagian lengan atau bagian lain untuk elemen branding yang khas.

Jaket Trucker

Sumber : https://id.pinterest.com/

Seperti layaknya model jaket lain yang didesain untuk pelengkap penampilan pria dan wanita, jaket trucker (trucker jacket) pada prinsipnya juga memiliki banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Fakta Menarik Jaket Trucker

Buat kamu yang ingin tahu lebih detail lagi tentang seluk beluk jaket trucker (trucker jacket) dan aplikasinya dalam dunia fashion, wajib bagi kamu buat menyimak pembahasan berikut.

1. Mulai Diperkenalkan Tahun 1962

Jaket trucker pertama kali diperkenalkan oleh Levi's pada tahun 1962. Dari segi desain, model jaket yang semula lebih dikenal dengan nama Levi's Type III sebenarnya didapat dari modifikasi jaket Levi’s Type II yang sama-sama memiliki dua buah saku di bagian dada.

Bedanya kalau jaket Levi’s Type II memiliki tutup saku berbentuk kotak, jaket Levi's Type III justru memiliki tutup saku yang berbentuk segitiga terbalik.

Jaket Trucker

Sumber : https://id.carousell.com/

2. Asal Usul Nama Trucker

Nama “trucker” yang digunakan untuk menyebutkan jaket trucker sendiri konon diambil dari kata “truck driver” alias pengemudi truck. Salah satu alasannya yaitu karena jaket Levi's Type III dulu memang lebih kerap digunakan oleh para pengemudi truk dan pekerja keras lainnya.

Terinspirasi dari “truck driver” akhirnya para Levi’s aficionados mulai menamakan Levi’s Type III sebagai “trucker”, nama yang tetap diusung Levi’s hingga sekarang.

3. Dulu Dibuat Dari Denim Saja

Jaket trucker (trucker jacket) yang dulu biasa dipakai oleh para pengemudi truk terkenal tangguh untuk digunakan di berbagai kondisi dan cuaca. Rahasianya yaitu jaket trucker buatan Levi’s dulu diciptakan dari 100% kain denim yang berkualitas tinggi.

Semakin lama digunakan dan semakin pudar warnanya justru jaket trucker tersebut bisa membuat penampilan para pengemudi truk jadi makin gaya.

Jaket Trucker

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Evolusi Desain Jaket Trucker

Meskipun desain dasarnya tetap sama, jaket trucker yang berkembang dewasa ini umumnya telah mengalami banyak evolusi terutama dalam hal bahan dan juga warna. Beberapa merek jaket trucker kadang juga memberikan sentuhan modern pada gaya jaket trucker yang klasik.

Jaket Trucker

Sumber : https://www.amazon.com/

Untuk pilihan bahannya, beberapa contoh bahan kain yang umum digunakan untuk membuat jaket trucker (trucker jacket) masa kini antara lain berupa:

  • Kain denim yang memiliki karakteristik kuat dan mampu memberi kesan lebih casual pada tampilan jaket yang dihasilkan.
  • Kain corduroy yang bahannya cukup tebal, memiliki tampilan agak berbulu serta detail garis-garis halus pada permukaan kainnya.
  • Kain kanvas marsoto yang memiliki bintik-bintik di permukaan kainnya, kain kanvas sueding yang memiliki lapisan berbulu tipis mirip beludru serta kain baby kanvas yang lebih halus dari varian kanvas lainnya.
  • Kain twill yang memiliki serat garis-garis miring atau diagonal serta memiliki jalinan benang yang kuat seperti layaknya kain drill.
  • Bahan tweed yang teksturnya menyerupai katun tapi cenderung kasar, lebih tebal dan berat, karena biasa di buat dari campuran wool yang halus dengan polyester.
  • Bahan kulit asli (genuine leather) dan kulit sintetis (faux leather) yang dapat memberi kesan mewah dan eksklusif pada jaket trucker.
  • Bahan suede yang tersedia dalam berbagai pilihan warna berbeda, misal warna coklat, warna hitam dan masih banyak lagi.

Simak juga 7 Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Membuat Jaket Trucker.

5. Jadi Ikon Budaya Yang Populer

Dari yang semula digunakan oleh para pengemudi truck, jaket trucker (trucker jacket) kemudian menjadi ikon fashion yang sangat populer sejak Levi’s mengangkat John Wayne, seorang aktor sekaligus pembuat film asal Amerika sebagai brand ambassador.

Tidak berhenti sampai di situ, kini jaket trucker bahkan telah menjadi ikon budaya yang populer karena sering muncul dalam film, acara TV dan industri musik. Beberapa selebriti ternama juga kerap memakai jaket trucker dalam gaya mereka.

6. Cocok Untuk Berbagai Kesempatan

Meskipun awalnya dianggap sebagai pakaian kerja kasual, jaket trucker yang hadir dalam berbagai gaya dan warna pada perkembangannya juga banyak digunakan untuk berbagai kesempatan berbeda, mulai dari gaya yang santai hingga gaya semi-formal.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fakta unik dan menarik tentang jaket trucker (trucker jacket) yang penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pegetahuan kamu tentang jaket trucker ya.

Butuh bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket trucker?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Denim terbaik yang kami miliki.

Dowmload juga Pola Jaket Denim siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket denim sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.