Article

Homepage Article Fashion Design 11 Tips Padupadan Baju Jadul…

11 Tips Padupadan Baju Jadul Agar Terlihat Kekinian

Bingung memilih outfit yang cocok dipakai untuk hangout atau sekedar bersantai di rumah?. Dari pada harus membeli pakaian baru, mungkin ide untuk menggunakan kembali baju jadul yang sudah lama tersimpan di almari padahal ukurannya masih cukup dengan badan anda bisa menjadi alternatif pilihan yang paling tepat.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Jadul

Baju jadul merupakan sejenis baju jaman dulu yang model ataupun motifnya cenderung old fashion atau kuno. Sekalipun di anggap kuno, baju-baju jadul ini justru bersifat timeless dan tetap terlihat keren untuk diandalkan sebagai pelengkap gaya sehari-hari asal pemilihan padupadannya juga sudah tepat. 

Untuk pilihan modelnya, fashion item yang tergolong ke dalam kategori jadul inipun jenisnya lumayan banyak. Tidak hanya terbatas pada kaos oblong, kemeja warna putih dan celana boyfriend jeans saja tapi selain itu masih ada sejumlah fashion item jadul lainnya yang bisa anda anda jadikan statement penampilan.

Tips Padupadan Baju Jadul

Tertarik untuk mengenakan kembali koleksi baju jadul yang anda miliki tapi masih bingung menentukan padupadannya?. Khusus untuk anda yang mau tetap tampil modis dan kekinian dengan menggunakan baju jadul, berikut kami bagikan beberapa tips yang bisa anda coba.

1. Kaos Oblong

Kaos oblong termasuk ke dalam salah satu jenis baju yang pasti dimiliki oleh semua orang. Untuk pelengkap gaya sehari-hari anda bisa memadupadankan kaos ini dengan berbagai macam fashion item yang sedang hits, seperti celana jeans, rok jeans, rok plisket hingga overall dress.

Baju Jadul

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Celana Boyfriend Jeans

Celana boyfriend jeans dapat dikategorikan ke dalam jenis celana berdesain longgar, hampir tidak ada lekukan dan lebih menyerupai celana jeans pria.

  • Celana boyfriend jeans yang terkesan maskulin sangat cocok dipadupadankan dengan berbagai macam item fahion  termasuk sweater, hoodie jumper dan kaos oblong.
  • Untuk menyempurnakan penampilan agar terkesan makin keren anda bisa menambahkan sneakers yang berwarna netral.

Baju Jadul

Sumber : https://shopee.com.my/

3. Jaket Denim

Jangan buru-buru membuang jaket denim yang anda miliki meski sudah bertahun-tahun lamanya karena fashion item ini bisa anda pakai untuk menciptakan penampilan yang modis dan menawan. Dalam hal ini anda bisa menjadikan jaket denim sebagai outer dari dress, blus dan juga kaos oblong.

Baju Jadul

Sumber : https://www.aliexpress.com/

4. Kemeja Putih

Kemeja putih termasuk ke dalam jenis wardrobe essential yang bisa diandalkan sebagai pakaian sehari-hari.

  • Buat anda yang lebih suka tampil simple, anda bisa memadupadankan kemeja putih dengan straight jeans lalu tambahkan mules shoes untuk menyempurnakan penampilan.
  • Kombinasi antara kemeja putih, vest rajut dan celana jeans juga bisa dijadikan sebagai outfit andalan saat hangout.
  • Kalau anda mau tampil lebih feminim dengan kemeja putih anda bisa memadupadankannya dengan rok plisket dan overall dress.
  • Opsi lain anda juga bisa menjadikan kemeja warna putih sebagai outer dari tanktop atau crop top.

Baju Jadul

Sumber : https://247kpopnews.blogspot.com/

Jangan ragu untuk menerapkan teknik layering. Sebab teknik layering ini menjadi salah satu cara paling bagus yang bisa anda coba untuk menyulap baju-baju jadul jadi lebih kekinian.

5. Celana Kulot

Selain nyaman dipakai untuk berbagai macam aktifitas, celana kulot yang memiliki potongan klasik cocok di padukan dengan berbagai macam fashion item yang kekinian.

  • Padupadan celana kulot yang paling simple yaitu kenakan celana kulot dengan kaos oblong.
  • Untuk gaya penampilan yang lebih formal coba padupadan celana kulot dengan baju blus wanita dan juga blazer.
  • Untuk keperluan hangout dan juga kencan kenakan celana kulot kekinian dengan blus, tanktop dan kaos yang simple lalu tambahkan outer yang berwarna senada.
    • Jika anda ingin mengenakan outer berbahan tebal, maka pilihlah yang berlengan pendek.
    • Jika anda ingin memakai outer dengan lengan panjang maka pilihlah yang bahannya tipis.
  • Tambahkan sepatu dan tas yang berwarna senada dengan celana kulot untuk menyempurnakan outfit yang anda kenakan.

Baju Jadul

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Kemeja Flanel

Kemeja flanel termasuk ke dalam salah satu jenis pakaian yang tak lekang oleh waktu, karena dari tahun ke tahun memang tidak pernah absen dari dunia fashion.

  • Untuk pelengkap gaya penampilan casual anda bisa memasangkan kemeja flanel dengan berbagai macam model celana jeans dan sneakers.
  • Untuk pelengkap gaya penampilan smart casual anda bisa memasangkan kemeja flanel dengan celana chino, rok span dan juga rok A-line.
  • Khusus untuk anda yang lebih suka berpenampilan santai namun tetap rapi anda bisa mencoba untuk mengenakan kemeja flanel seperti layaknya sebuah outer.

Baju Jadul

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Simak juga pembahasan mengenai 8 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Saat Memilih Kemeja Flanel.

7. Celana Tartan

Celana tartan yang memiliki ciri sangat khas yakni bermotif kotak-kotak juga termasuk ke dalam jenis fashion item jadul yang bisa diandalkan sebagai pelengkap gaya penampilan masa kini. Motifnya yang unik dan menarik bisa membuat penampilan anda jadi cute dan sweet.

  • Untuk pelengkap gaya penampilan casual anda bisa memasangkan celana tartan dengan crop top, hoodie jumper, sweater dan juga oversized t-shirt.
  • Untuk pelengkap gaya penampilan yang lebih formal anda bisa memasangkan celana tartan dengan blus, kemeja dan juga blazer.

Baju Jadul

Sumber : https://shopee.com.my/

Simak juga pembahasan mengenai 6 Model Celana Tartan Yang Bisa Diandalkan Untuk Pria dan Wanita.

8. Floral Dress

Floral dress bisa dibilang menjadi salah satu jenis fashion item yang selalu menjadi sepanjang jaman dan banyak digemari oleh wanita dari berbagai belahan dunia.

  • Untuk anda yang mau tetap tampil keren dengan memakai floral dress anda bisa memadupadankannya dengan high heels, suede boots dan juga sneakers.
  • Lengkapi floral dress yang anda miliki dengan belt untuk menyempurnakan penampilan.
  • Terapkan teknik layering dengan cara menambahkan jaket kulit untuk menampilkan kesan boyish dan edgy.
  • Berikan sentuhan grunge pada penampilan dengan memadukan dress floral hitam dengan fishnet stocking.

Baju Jadul

Sumber : https://pipiluxury.com/

9. Rok A-Line

Rok A-line yang memiliki siluet sangat khas yakni menyerupai huruf A memang tak pernah lekang oleh waktu. Selain menarik dari segi tampilan, rok A-line ini juga sangat aman dikenakan oleh wanita yang memiliki bentuk atau potongan tubuh apapun.

  • Untuk pelengkap gaya penampilan saat hangout anda bisa memadupadankan rok A-line dengan kaos dan blus yang kekinian.
  • Untuk pelengkap gaya penampilan yang lebih formal cukup kenakan rok A-line dengan blus yang simple.
  • Untuk menyamarkan bagian panggul yang besar anda bisa memadupadankan rok A-line dengan outwear yang berukuran longgar dan agak panjang.

Baju Jadul

Sumber : https://www.zoodmall.kz/

10. Blus Berlengan Puff

Blus berlengan puff merupakan sejenis baju yang bagian lengannya dibuat agak mengembang.

  • Untuk keperluan hangout anda bisa mengenakan blus berlengan puff dengan celana denim dan sepatu sandal yang simple, sehingga blus yang anda pakai tetap terlihat mencolok.
  • Untuk anda yang lebih suka berpenampilan feminim anda bisa mengenakan blus berlengan puff dengan rok plisket, rok maxi maupun rok A-line.

Baju Jadul

Sumber : https://shopee.co.id/

Dengan tampilannya yang sedemikian unik blus berlengan puff inipun juga bisa diandalkan untuk memberi ilusi lebih ramping pada wanita yang mempunyai bentuk tubuh apel atau pear.

  • Blus berlengan puff dapat dipakai untuk menutupi bagian lengan yang besar sekaligus memberikan kesan mewah.
  • Potongan puff sleeve yang klasik juga dapat membuat penampilan jadi makin anggun dan elegan.

11. Crop Top

Crop top merupakan sejenis baju yang sengaja diciptakan dalam ukuran pendek hingga sebatas pinggang atau perut. Untuk urusan modelnya crop top sendiri masih bisa dibedakan lagi dalam berbagai tipe, mulai dari crop top biasa atau crop top sweater.

  • Khusus untuk anda yang mau tampil keren tapi tetap sopan dengan menggunakan crop top maka anda bisa menambahkan manset kaos dibalik crop top yang anda pakai.
  • Cara lain anda juga bisa memilih rok atau celana wanita yang berpotongan pinggang tinggi (highwaist) ketika mengenakan crop top.

Baju Jadul

Sumber : https://www.lazada.com.ph/

Selain menerapkan sejumlah tips yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa kenakan juga satu atau dua buah aksesoris untuk memberikan sentuhan yang lebih modern pada baju jadul yang anda miliki. Dalam hal ini anda bisa menambahkan aksesoris berupa scarf, jepit rambut atau bando, topi dan juga tas.

Untuk anda yang ingin memakai scarf sebagai aksesoris rambut simak kembali pembahasan mengenai 6 Cara Mudah Styling Head Scarf Untuk Tampil Lebih Stylish.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah inspirasi padupadan baju jadul agar terlihat lebih kekinian yang dapat kami bagikan untuk anda. Intinya kalau anda ingin mendapatkan tampilan yang keren jangan ragu untuk bereksperimen dalam memadukan semua koleksi pakaian yang anda miliki.

Semoga informasi yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk menemukan outfit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya. Kalau anda ingin mencoba membuat baju sendiri tapi masih bingung memikirkan cara menggambar polanya maka anda bisa mendownload Pola Baju dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.