Article

Homepage Article Kain 5 Tips Memilih Bahan, Ukuran…

5 Tips Memilih Bahan, Ukuran Hingga Warna Serbet Makan

Dalam memilih suatu barang termasuk serbet makan / napkin, kualitas menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan. Karena alasan itu pula dalam memilih serbet makan penting bagi anda untuk menyesuaikan bahan, ukuran, warna, motif dan desainnya dengan kebutuhan.

Beberapa point penting yang kan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Serbet Makan

Serbet makan yang dikenal pula dengan nama lain napkin merupakan sepotong kain yang dapat difungsikan untuk menyeka makanan yang menempel di sisi mulut, bibir dan jari ketika makan, menghias meja makan, serta melindungi pakaian agar tidak terkena noda makanan atau minuman yang jatuh.

Tips Memilih Serbet Makan

Berencana membeli serbet makan / napkin untuk keperluan foto produk atau pemanis meja makan. Biar tidak salah pilih berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan udalam memilih serbet makan.

1. Bahan Serbet Makan

Ketahui bahan serbet makan / napkin yang anda butuhkan. Sebab beda jenis bahan beda pula karakteristik yang dimilikinya.

  • Jika anda menginginkan serbet makan / napkin yang praktis untuk pesta besar, pilihlah yang berbahan kertas.
  • Paper napkin atau serbet kertas bisa dibeli dalam kemasan satu pak isi banyak.
  • Dibandingkan dengan serbet kain, harga paper napkin tergolong lebih hemat.
  • Paper napkin hanya bisa dipakai untuk satu kali pemakaian dan langsung dibuang setelah selesai digunakan.
  • Beberapa produk paper napkin ada yang terbuat dari bahan kertas daur ulang.

Serbet Makan

Sumber : https://www.ikea.com/

  • Jika anda menginginkan serbet makan yang bisa dicuci berulang-ulang, napkin kain bisa menjadi solusi paling tepat untuk dipilih.
  • Serbet makan dari bahan kain bisa dicuci dan digunakan berulang kali.
  • Ukuran serbet makan dari bahan kain lebih beragam, bahkan bisa dibuat custom.
  • Untuk memberikan kesan lebih eksklusif, serbet kain bisa diberi tambahan bordir atau sulaman kecil.

Serbet Makan

Sumber : https://atkinsonsofvancouver.com/

Dalam memilih serbet makan yang terbuat dari bahan kain inipun anda juga harus selektif karena tidak semua jenis kain cocok dijadikan bahan serbet. Adapun beberapa contoh bahan kain yang bagus untuk serbet diantaranya ada kain katun, kain satin, kain poliester dan kain linen.

Pembahasan lengkap mengenai kelebihan berbagai bahan serbet bisa anda lihat pada artikel 4 Jenis Kain Yang Biasa Dipakai Untuk Membuat Serbet Makan.

2. Ukuran Serbet Makan

Sesuaikan ukuran serbet makan / napkin dengan kebutuhan, agar tampilan yang dihasilkan tampak lebih seimbang dan tidak terkesan berlebihan. 

  • Khusus untuk serbet makan yang digunakan di meja dan diletakkan di piring ukuran normal, sebaiknya pilih serbet yang berukuran kecil.
  • Namun jika piring yang digunakan merupakan piring besar, maka sebaiknya pilih serbet yang juga berukuran besar.

Dalam menentukan ukuran serbet makan perhatikan pula tips berikut:

  • Untuk acara formal pilih serbet makan dengan ukuran 60 x 60 cm.
  • Untuk acara non formal pilih serbet makan dengan ukuran 40 x 40 cm.
  • Untuk pesta koktail pilih serbet makan dengan ukuran 30 x 30 cm.

Dari beberapa ukuran serbet yang sudah disebutkan di atas tentunya ukuran-ukuran tersebut tidaklah mutlak. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan perlengkapan makan atau menu jamuan makan yang sudah dipersiapkan.

Khusus untuk restoran fine dining atau hotel berbintang, serbet makan / napkin berukuran besar biasanya sering ditaruh di meja dengan cara dilipat (napkin folding). Kreasi folding serbet makan inipun biasanya dapat dijumpai dalam berbagai macam bentuk yang unik dan bervariasi.

3. Motif Serbet Makan

Berikutnya pilihlah serbet makan / napkin yang memiliki motif unik dan menarik jika anda ingin menjadikan serbet sebagai “highlight” meja makan. Cara lain sesuaikan motif serbet dengan motif taplak dan barang di sekitar agar kesannya terlihat lebih menyatu.

Untuk menghias taplak meja makan yang berwarna putih polos misalnya serbet bermotif bunga warna-warni bisa menjadi aksen yang meriah dan menarik perhatian.

Serbet Makan

Sumber : https://www.williams-sonoma.com/

Kalau anda lebih suka memakai serbet dengan motif senada dengan tampak meja akan lebih baik jika anda memilih serbet yang dihias dengan berbagai macam sulaman.

Serbet Makan

Sumber : https://www.cologneandcotton.com/

4. Warna Serbet Makan

Dalam menata meja makan, pemilihan warna serbet juga menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Karena alasan itulah tidak heran jika warna-warna serbet biasanya dipilih sesuai dengan nada warna yang dipakai dalam tatanan meja makan.

  • Memilih serbet yang berwarna netral seperti warna putih dan crem menjadi pilihan paling aman jika anda mencari serbet yang mudah dipadukan dengan warna lain.
  • Selain warna netral, anda juga bisa memilih serbet dengan warna yang lebih berani untuk memberikan kesan yang berbeda pada ruang makan.
  • Jika masih bingung anda bisa memilih warna serbet makan yang sesuai dengan warna interior dasar ruangan dan warna meja makan.

Serbet Makan

Sumber : https://www.yourchaircovers.com/

5. Kualitas Jahitan Serbet

Khusus untuk anda yang lebih suka memakai serbet makan berbahan kain, pastikan serbet makan / napkin yang anda pilih memiliki kualitas jahitan yang bagus. Kualitas jahitan serbet makan / napkin yang bagus bisa dilihat berdasarkan ciri-ciri berikut:

  • Jahitan berbentuk lurus dan tidak bertumpuk.
  • Jahitan tampak halus dan rapi.
  • Jahitan tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Warna benang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
  • Bagian sisi jahitan pinggirnya yang tidak menyisakan benang.

Serbet Makan

Sumber : https://www.oncemilano.com/

Cara Merawat Serbet Makan

Untuk merawat serbet makan agar tetep awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya, cucilah serbet tersebut sesegera mungkin setelah dipakai. Jika ada noda yang agak kuat anda bisa menggunakan deterjen yang pekat atau larutan pembersih dan pemutih lainnya untuk melarutkan noda.

Simpan serbet makan tanpa dilipat setelah disetrika agar tidak meninggalkan bekas lipatan. Namun apabila tempat untuk menyimpan serbet tidak mencukupi, anda bisa menggulungnya dengan potongan karton kemudian meletakkannya di tempat yang kering agar tidak apek saat dipakai.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang harus anda perhatikan dalam memilih serbet makan / napkin. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan serbet makan / napkin yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat serbet makan atau napkin?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.