Article

Homepage Article Kain 4 Fakta Menarik Seputar…

4 Fakta Menarik Seputar Selimut

Selimut dikenal sebagai perlengkapan tidur yang hampir ada di setiap rumah di seluruh dunia untuk memberi kehangatan. Meskipun sepintas tidak ada hal yang terlalu spesial dari benda ini namun mungkin banyak diantara anda yang elum tahu bahwa ternyata selimut juga menyimpan banyak sekali fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Selimut

Selimut merupakan sepotong kain berukuran panjang dan lebar yang biasa digunakan untuk perlengkapan tidur. Sebagai salah satu elemen yang berperan penting untuk membuat tidur merasa hangat dan nyaman, selimut sendiri secara tradisional banyak terbuat dari wool karena kehangatan dan kelebihan lain yang dimilikinya.

Selimut

Sumber : https://www.woolme.co.uk/

Fakta Tentang Selimut

Berbicara mengenai selimut lantas bagaimana asal mula terciptanya selimut itu sendiri dan sejak kapan mulai digunakan sebagai penghangat tubuh ya?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan sejumlah fakta tersembunyi tentang selimut yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

1. Awal Mula Kemunculan Selimut

Catatan sejarah menyebutkan ide awal penggunaan selimut untuk menghangatkan tubuh pertama kali disadari oleh para manusia gua. Karena alasan itulah untuk melawan suhu dingin, manusia gua sering membawa kulit binatang besar yang masih lengkap dengan bulu di atasnya.

  • Manusia gua mulanya menggunakan kulit binatang untuk alas di tanah sebagai karpet.
  • Tetapi ketika malam menjadi lebih dingin, beberapa orang mulai berguling dan menutupi diri mereka dengan kulit tersebut.
  • Tidak puas sampai disitu, para manusia gua selanjutnya mengembangkan selimut yang tidak hanya digunakan saat tidur saja namun juga untuk menutupi tubuh ketika cuaca dingin.

2. Tak Hanya Untuk Tidur

Dalam kebudayaan yang berkembang di sejumlah negara seperti halnya Meksiko, Maroko dan Leshoto, selimut tidak hanya digunakan sebagai alat untuk menghangatkan tubuh.

  • Meksiko

Para pria di Meksiko biasa menggunakan selimut bernama serape ketika melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari.

  • Serape terdiri dari selimut tenunan dengan lubang di tengah untuk menunjukkan kepala.
  • Sarape biasa dibuat dari bahan katun atau wool berwarna sangat cerah dengan ukuran rata-rata 2 meter.

Selimut

Sumber : https://www.walmart.com/

  • Maroko

Sementara di Maroko selimut punya kegunaan khusus yakni sebagai semacam jubah mempelai wanita pada hari pernikahan. Selimut ini umumnya ditenun oleh para wanita dari suku Berber.

  • Selimut yang dikenakan mempelai wanita di Maroko dinamai handira.
  • Handira biasa dihiasi dengan payet dan rumbai.
  • Handira memiliki simbol sebagai berkat dan perlindungan dari keluarga pengantin wanita.

Selimut

Sumber : https://www.leylastyle.com/

  • Leshoto

Lain halnya dengan kebudayaan yang berkembang Afrika, penduduk Leshoto justru gemar mengenakan selimut yang disebut “basotho” sebagai busana tradisional.

  • Hampir seluruh basotho yang dikenakan penduduk Leshoto terbuat dari wol.
  • Basotho tidak hanya digunakan untuk melindungi tubuh dari hawa dingin, tapi juga sebagai simbol status dan identifikasi budaya.

Selimut

Sumber : https://superbalist.com/

3. Menjadi Simbol Kebangsawanan

Dilihat dari sisi historisnya, kebiasaan menenun selimut seperti dalam kebudayaan Meksiko atau Maroko sendiri konon sudah dimulai sejak sebelum masehi. Karena pada saat itu selimut tenun memiliki harga yang terlalu tinggi dan membuat selimut menjadi kebanggan tersendiri bagi orang kaya atau bangsawan.

Penggunaan selimut sebagai simbol kelas sosial pemakainya bisa juga terjadi selama Kekaisaran Romawi. Pada masa itu mereka mengekspor langsung kapas di Eropa pada abad pertengahan demi memenuhi tempat tidur orang kaya dan bengasawan.

4. Perkembangan Selimut Modern

Memasuki periode modern awal tepatnya pada awal tahun 1800-an, selimut barulah dibawa ke rumah-ruah orang kelas menengah sebagai sarana untuk menghangatkan tubuh. Mulai dari situlah penggunaan selimut lantas menjadi semakin luas dan siapa pun bisa membeli selimut untuk menghangatkan tubuh mereka.

Dari yang awalnya dibuat dari kain wool, bahan yang dipakai untuk membuat selimut pun terus berevolusi. Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, selimut sendiri sebenarnya dapat dibuat dari berbagai macam bahan yang memiliki karakteristik lembut, hangat, ringan dan juga berat.

Beberapa jenis bahan kain yang dimaksud antara lain berupa wool, kain sintetis, kain flannel, kain bulu, kain katun, linen, fleece serta kain polar. Untuk lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai Tips Memilih Selimut Yang Berkualitas Lengkap Dengan Rekomendasi Bahan Kain Untuk Membuatnya.

Selain dibuat dari sejumlah bahan kain yang sudah disebutkan diatas pada perkembangannya, muncul pula istilah selimut bedcover dan bantal selimut yang sama-sama berungsi untuk menghangatkan badan, walaupun dari segi desain memang berbeda.

  • Selimut Bedcover

Bed cover merupakan perangkat tidur yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh saat tidur. Selain dipakai untuk menghangatkan tubuh, kegunaan selimut bed cover lainnya adalah untuk menutupi dan melindungi kasur.

  • Dari segi fungsi selimut bedcover dapat dipakai untuk menjaga kebersihan tempat tidur dan menghangatkan badan saat tidur
  • Selimut bedcover biasanya memiliki tampilan yag tampak lebih tebal dan empuk karena ada isian di dalamnya.
  • Selimut bedcover bisa dimanfaatkan untuk membuat tempat tidur lebih cantik dengan berbagai motifnya yang menarik.
  • Selimut bedcover jenis-jenisnya pun bervariasi tergantung dari tipe dan bahan yang digunakan.

Selimut

Sumber : https://www.dhgate.com/

  • Bantal Selimut

Bantal selimut alias balmut asalnya merupakan selimut yang dilengkapi dengan kantung dan resleting kualitas tinggi yang menjamin kerapihan saat di packing menjadi bantal.

  • Ketika anda ingin menggunakan balmut sebagai bantal maka anda hanya perlu melipat selimut menjadi beberapa bagian kemudian memasukannya ke dalam kantung bantal yang sudah disediakan.
  • Namun jika anda ingin menggunakan balmut sebagai selimut maka anda hanya perlu membuka ritsleting pada kantung bantal dan menggunakannya sebagai selimut.

Selimut

Sumber : https://id.carousell.com/

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh balmut alias bantal selimut dibandingkan dengan model selimut yang lain diantaraya:

  • Balmut cenderung ringan dan mudah untuk dibawa saat traveling.
  • Balmut dengan bahan yang lembut dan halus sangat praktis untuk digunakan dirumah.
  • Tampilan balmut yang cantik juga sangat sesuai jika dijadikan sebagai kado atau hadiah ulang tahun.
  • Balmut tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran jadi anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.
  • Karakter yang ditampilkan pada balmut kebanyakan terlihat sangat lucu dan menarik.

Ingin membuat balmut alias bantal selimut sendiri tapi masih bingung harus mulai dari mana?. Sebagai referensi anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai 3 Langkah Mudah Membuat Balmut Sederhana.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta menarik seputar selimut yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa selain digunakan untuk perlengkapan tidur ternyata banyak sekali ya rahasia tersembunyi yang ada di balik selimut itu sendiri.

Kalau anda ingin mencari bahan kain untuk membuat selimut maupun produk pelengkap fashion lainnya sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.