Article

Homepage Article Fashion Design 8 Cara Mudah Tampil Fashionable…

8 Cara Mudah Tampil Fashionable Dengan Turtleneck Sweater

Takut merasa kepanasan atau tidak cocok bergaya dengan turtleneck sweater di aerah yang beriklim tropis seperti Indonesia?. Untuk menghindari kesan salah kostum, ada baiknya cari tahu dulu apa saja hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat memakai turtleneck sweater.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Turtleneck Sweater

Sweater turtleneck merupakan model sweater yang memiliki garis leher berbentuk bulat dengan ribs panjang mendekati kerongkongan. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita yang trendy, tipe sweater ini juga bisa dibedakan lagi ke dalam tiga macam model lho.

Tiga jenis turtleneck sweater yang dimaksud antara lain berupa:

  • Turtleneck sweater klasik yang biasa dibuat dari kain berbahan tipis, pas badan dan memiliki leher yang langsing.
  • Sweater cowl neck yang biasanya dibuat dari kain berbahan tebal, memiliki leher yang luar biasa besar dan panjang hingga menutup telinga.
  • Sweater mock neck yang panjang lehernya lebih pendek dari pada turtleneck klasik, biasanya hanya mencapai setengah leher pemakai.

Panduan Memakai Turtleneck Sweater

Tertarik untuk menjadikan turtleneck sweater sebagai salah satu fashion item andalan anda saat hangout atau sekedar bersantai di rumah tanpa khawatir terlihat salah kostum?. Untuk memaksimalkan gaya penampilan anda simak panduan memakai turtleneck sweater berikut ini yuk.

1. Pilih Sweater Dengan Warna Netral

Cara paling aman yang bisa anda lakukan jika ingin memakai turtleneck sweater di daerah tropis yaitu pilih turtleneck sweater dengan warna netral.

  • Turtleneck sweater yang berwarna netral akan lebih mudah dipadukan dengan fashion item lain.
  • Turtleneck sweater yang berwarna netral juga akan membuat penampilan anda terlihat lebih clean.

Turtleneck Sweater

Sumber : https://www.popsugar.com/

2. Padupadankan Dengan Berbagai Model Rok

Untuk memberi kesan lebih feminim pada penampilan anda cobalah untuk memadupadankan turtleneck sweater dengan berbagai macam model rok wanita. Beberapa jenis rok yang bisa anda pilih untuk melengkapi turtleneck sweater diantaranya:

  • Rok plisket yang memiliki banyak detail lipit-lipit kecil.
  • Rok pensil yang memiliki siluet pas badan.
  • Rok A-line yang memilik siluet seperti huruf A.

Untuk anda yang ingin belajar membuat rok anda bisa mendownload video Cara Membuat Pola Rok dan Teknik Menjahit Rok Span dari kami.

3. Jadikan Sweater Sebagai Pengganti Syal

Khusus di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia, turtleneck sweater menjadi salah satu fashion item terbaik yang bisa anda pilih untuk menggantikan syal. Cara pemakaiannya yaitu sampirkan sweater di bagian bahu kemudian ikat kedua lengannya di bagian badan depan.

Turtleneck Sweater

Sumber : https://www.ecemella.com/

Alternatif lain taruh saja sweater di bahu dan biarkan bersandar tanpa perlu diikat atau diselipkan salah satu lengan ke bahu lainnya.

Turtleneck Sweater

Sumber : https://www.memorandum.com/

Selain memberikan sentuhan yang lebih modis pada penampilan, penggunaan turtleneck sweater dengan cara ini juga membuat badan anda terasa hangat terutama saat cuaca dingin ataupun hujan.

4. Jangan Gunakan Celana Kulot

Hindari penggunaan celana yang berukuran besar seperti halnya celana kulot, celana gaucho atau model celana lainnya jika anda ingin memakai turtleneck sweater yang didesain dalam model oversized.

Sebagai gantinya anda bisa memadupadankan turtleneck yang diciptakan dalam model oversized dengan celana yang lebih pas badan. Misalnya saja celana skinny jeans, celana legging dan celana lain yang sejenis.

Turtleneck Sweater

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Download Pola Celana Wanita Skinny dari kami kalau anda mau mencoba membuat celana skinny jeans sendiri.

5. Hindari Bahan Yang Terlalu Tebal

Hindari penggunaan turtleneck sweater yang bahannya teralu tebal seperti wool. Selain kurang cocok dengan udara di Indonesia yang cenderung panas, bahan turtlenck sweater yang cenderung tebal juga akan membuat anda merasa kurang nyaman.

  • Bahan turtleneck sweater yang terlalu tebal bisa membuat tubuh anda mudah berkeringat dan panas.
  • Bahan turtleneck sweater yang terlalu tebal akan  membuat tubuh anda terlihat lebih gemuk dari penampilan yang seharusnya.

Jika anda memang ingin mengenakan turtleneck sweater, sebaiknya pastikan bahan yang anda pilih tidak terlalu tebal sehingga dapat meminimalisir rasa gerah dan membuat tubuh lebih nyaman saat beraktifitas.

Beberapa contoh bahan turtleneck sweaterr yang cocok dengan iklim Indonesia diantaranya:

  • Kain fleece yang memiliki lapisan serat seperti kapas pada salah satu sisi permukaan kainnya. Kain ini teksturnya cukup lembut, bersifat menyerap air (hidrofobik), hangat dan tidak panas, serta nyaman dipakai.
  • Kain terry doors yang memiliki karakteristik seperti fleece yang belum di garuk atau diberi bulu, dengan tekstur dalamnya seperti handuk. Kain terry doors memiliki bahan yang lebih tebal dibandingkan baby terry.
  • Kain baby terry yang bertekstur lembut, tebal, agak berbulu dan memiliki lipatan serat kecil di salah satu sisinya sementara bagian dalamnya bertekstur lembut seperti selimut.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat turtleneck sweater?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Fleece dan Kain Baby Terry yang kami miliki.

6. Pakai Bra Model Seamless

Pastikan anda memakai bra yang tepat jika ingin mengenakan turtleneck sweater, sebagai contoh bra dengan seamless. Tapi jika anda tidak memiliki bra dengan desain seamless maka anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan tanktop.

  • Seamless bra sendiri merupakan bra dengan cup yang dibentuk tanpa jahitan untuk menciptakan hasil akhir yang sangat halus.
  • Seamless bra ini umumnya juga dibuat dari bahan yang lentur, sehingga nyaman dipakai sehari-hari.

Turtleneck Sweater

Sumber : https://www.alibaba.com/

Khusus untuk anda yang berdada besar sebaiknya hindari mengenakan bra berbusa tebal. Sebab kombinasi antara keduanya justru hanya akan membuat dada anda terlihat lebih besar.

7. Perhatikan Tatanan Rambut Anda

Saat memakai turtleneck sweater, sebaiknya ikat rambut anda agar kesan yang ditampilkan telihat lebih tinggi dan langsing. Pasalnya leher dan bahu yang tertutup rambut dapat membuat kamu terlihat lebih pendek.

Tapi jika anda ingin memakai hijab sebaiknya pilih model hijab yang simple dan tidak terlalu ribet. Beberapa model hijab yang dimaksud antara lain berupa:

  • Hijab segi empat klasik yang diikatkan di bagian belakang leher.
  • Turban yang dapat dikenakan dengan cara dililitkan di atas kepala. Biasanya hijab ini bisa dibentuk dari pashmina.

Turtleneck Sweater

Sumber  https://shopee.co.id/

8. Pilih Alas Kaki Yang Terbuka dan Ringan

Turtleneck sweateryang memiliki potongan tinggi di bagian kerah pada dasarnya sudah cukup memberikan kesan berat pada penampilan. Maka dari itu jika anda ingin memakai sweater tersebut, ada baiknya pilih alas kaki yang terbuka atau berbahan tidak terlalu tebal.

Beberapa contoh model sepatu yang cocok dipadupadankan dengan turtleneck sweater ini diantaranya:

  • Loafers alias sepatu slip on yang bisa dipakai dengan memasukkan kaki langsung.
  • Sneakers putih kesayangan yang terbuat dari kain berbahan ringan, seperti halnya bahan Kain Kanvas.

Turtleneck Sweater

Sumber : https://www.indiamart.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang boleh dan tidak boleh anda lakukan jika ingin menggunakan turtleneck sweater. Asalkan tepat dalam memilih dan memadupadankannya, anda juga bisa mendapatkan tampilan yang keren dan fashionable lho.

Jangan lewatkan juga pembahasan mengenai 5 Langkah Mudah Melonggarkan Turtleneck Berbahan Wool Tanpa Merusak Kainnya kalau anda mau tahu bagaimana cara mudah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki tampilan turtleneck yang kerahnya sulit dilewati kepala.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.