Article

Homepage Article Kain Tekstil 8 Tips Memilih Vitrase dan…

8 Tips Memilih Vitrase dan Rekomendasi Bahan Yang Tepat Untuk Pelengkap Gorden Rumah Anda

Menyukai desain rumah dengan banyak jendela kaca?. Untuk mempercantik hunian anda agar tidak terkesan polos dan monoton, tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan penggunaan gorden dan vitrase sebagai hiasannya. Supaya tidak salah pilih kenali dulu yuk beberapa jenis bahan vitrase yang dapat digunakan untuk variasi gorden rumah.

Pengertian Vitrase

Vitrase merupakan salah satu bentuk tirai yang biasa digunakan untuk mempercantik tampilan jendela dan sering dipadukan dengan kain gorden. Kalau gorden rumah itu kebanyakan dibuat dari bahan kain yang cenderung tebal dan berat, maka vitrase ini umumnya memiliki tekstur yang ringan, tipis dan bersifat semi transparan. 

Vitrase

Sumber : https://www.blibli.com/

Sebagai pelengkap dari gorden rumah secara spesifik vitrase sangat sesuai jika gunakan untuk menahan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah sehingga penampakannya menjadi terlihat lebih lembut. Jadi kalau anda hanya memerlukan sedikit cahaya, anda bisa membuka gordennya saja dan membiarkan vitrasenya tetap tertutup.

Vitrase

Sumber : https://www.blanja.com/

Selain berguna untuk membatasi masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan, vitrase sebenarnya juga dapat digunakan untuk menjaga privasi pemilik rumah dengan cara menahan akses pandangan orang dari arah luar. Jenis vitrase yang biasa dipadukan dengan gorden rumah tersebut umumnya berupa vitrase polos yang didesain tanpa tambahan motif.

Vitrase

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dari penggunaan vitrase diantaranya:

Sebagai pelengkap gorden rumah, vitrase bisa menambah daya tarik dan memperindah tampilan kain gorden itu sendiri.

  • Vitrase berfungsi untuk menunjang kecantikan ruangan dan membuat gorden terlihat lebih elegan dengan bentuknya yang unik.
  • Vitrase dapat memperkuat tema desain interior yang akan ditonjolkan dalam ruangan.
  • Vitrase berperan penting untuk mengatur intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan sesuai kebutuhan pemilik rumah. Saat siang hari vitrase bisa dibuat tetap tertutup,  meskipun gordennya dalam keadaan terbuka.
  • Vitrase berguna untuk menghalangi pandangan orang dari luar rumah sehingga mereka tidak bisa melihat keadaan dalam rumah secara langsung dari luar jendela.
  • Vitrase mampu menjaga privasi pemilik rumah dari akses visual orang luar tapi masih memungkinkan pemilik rumah melihat lingkungan sekitar dengan bebas.

Vitrase

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Tidak hanya terbatas pada jendela saja, sebenarnya anda juga bisa mengaplikasikan vitrase sebagai penyekat pintu dan ruangan. Jenis vitrase yang biasa dipakai untuk penggunaan seperti ini umumnya merupakan vitrase semi transparan yang dibuat dalam berbagai variasi warna dan dihiasi dengan beberapa motif cantik.

Vitrase

Sumber : https://www.ralali.com/

Meski dari segi tampilan terkesan sangat minimalis sebenarnya jenis tirai yang lebih populer dengan nama vitrase ini akan sangat memengaruhi konsep desain interior sebuah ruangan lho. Pemilihan jenis bahan tirai ini pun sangat banyak hanya saja kalau anda ingin mendapatkan vitrase dengan kualitas terbaik ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Tips Memilih Vitrase

Berencana untuk membeli vitrase dalam waktu dekat?. Supaya tidak salah pilih, simak dulu yuk pembahasan mengenai beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk mendapatkan vitrase yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan interior rumah anda.

  1. Pilih model vitrase yang serasi dengan model gordennya. Jika kebanyakan vitrase dulu hanya dibuat dalam warna putih kini banyak model vitrase yang bisa dipilih dengan berbagai macam model yang unik dan keren.
  2. Untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk gunakan kain vitrase yang memiliki tekstur lebih tipis dan ringan dari bahan gordennya. Perhatikan juga bahwa kekakuan kain yang akan mempengaruhi tampilan akhirnya.
  3. Usahakan untuk membeli atau mencari contoh potongan kain vitrase sehingga anda bisa lebih mudah untuk memilih bahan vitrase yang tepat. Pastikan anda tahu paling tidak warna apa yang anda inginkan dalam ruangan anda.
  4. Berinvestasi pada kain yang lebih mahal tidak ada salahnya, namun pastikan juga anda tahu bagaimana cara merawatnya. Kalau mau aman anda bisa menggunakan kain murah saja dan langsung menggantinya jika anda sudah bosan.
  5. Sebelum membeli vitrase sebaiknya ukur terlebih dahulu tinggi dan lebar jendela rumah anda. Jika anda tidak menemukan vitrase yang ukurannya pas dengan gorden dan jendela rumah, maka vitrasenya harus dibuat custom pada tukang gorden.
  6. Jika anda ingin menjahit vitrase sendiri pastikan anda juga sudah mengetahui ukuran kain yang dibutuhkan dengan tepat.
  7. Pastikan anda membeli kain dalam jumlah yang cukup karena mencari kain yang sama persis di hari lain bisa jadi amat sulit. Perhatikan detail kainnya termasuk perbedaannya warna dan tebal tipisnya bahan kain.
  8. Sesuaikan bahan vitrase dengan kebutuhan ruangan. Untuk materialnya sendiri anda bisa memilih kain muslin yang tipis, kain lace, kain voile, kain organdi, nilon, poliester, kain sintetis kombinasi atau bahan lain yang lebih simpel dan natural.

Kain Muslin

Kain muslin merupakan jenis kain katun yang sangat halus. Material ini sebenarnya tersedia dengan berbagai tingkat ketebalan mulai dari yang sangat tipis hingga yang memiliki tekstur pada permukaannya. Khusus untuk vitrase sendiri kain muslin yang digunakan merupakan kain muslin yang tipis.

Kain Lace

Kain lace merupakan salah satu jenis bahan istimewa yang dapat dimanfaatkan untuk mempercantik tampilan gorden yang dipasang diruang tamu atau kamar. Kain lace banyak digunakan pada vitrase atau bagian tengah gorden untuk membiarkan cahaya masuk ke dalam ruangan jika memang dibutuhkan.

Kain Voile

Kain voile termasuk ke dalam jenis kain semi tipis yang hampir terlihat seperti kasa. Bentuknya sangat mirip dengan lawn cotton tapi lebih tipis dan lebih tembus pandang serta agak “renyah”. Karena karakteristik bahannya sangat tipis dan ringan kain ini akan sangat bagus jika dipakai untuk membuat vitrase.

Kain Organdi

Kain organdi merupakan kaian yang memiliki tekstur lembut, berkilau, dan kaku. Selain dipakai untuk membuat kebaya, gaun pengantin dan berbagai model baju lainnya kain organdi ini juga bisa dimanfaatkan untuk vitrase. Di pasaran kain organdi tersedia dalam bentuk polos maupun bermotif.

Buat sahabat Fitinline yang kebetulan sedang mencari bahan vitrase untuk gorden mungkin anda bisa memilih satu di antara beberapa jenis bahan yang kami sediakan berikut ini.

Kain Vitrase Kode VTR 15

Vitrase kode VTR 15 memiliki lebar 2,4 meter dengan anyaman motif persegi sehingga sangat cocok jika dipakai untuk jendela besar maupun kecil. Kain vitrase kode VRT 15 ini tersedia dalam berbagai pilihan warna seperti putih, broken white, biru dan pink. 

Vitrase

Kain Vitrase Kode VTR 20

Kain vitrase kode VTR 20 memiliki tenunan berbentuk persegi dengan ukuran renggang yang dikombinasi dengan tenunan rapat. Lebar kainnya sekitar 2,4 meter sehingga cocok untuk jendela besar maupun kecil. Untuk pilihan warnanya sendiri ada putih, creme, hijau dan pink.

Vitrase

Kain Vitrase Kode VTR 21

Kain vitrase kode VTR 21 memiliki tenunan kombinasi rapat dan renggang yang yang menghasilkan tekstur garis-garis vertikal besar dan kecil. Lebar kainnya sekitar 2,4 meter sehingga cocok untuk jendela besar maupun kecil. Pilihan warnanya ada putih dan creme.

Vitrase

Kain Vitrase Kode VTR 23

Kain vitrase kode VTR 23 memiliki tenunan kombinasi rapat dan renggang yang teratur dan tampak elegan. Kain vitrase ini umumnya memiliki lebar 2,4 meter sehingga cocok untuk jendela besar maupun kecil. Kain vitrase kode VRT 23 tersedia dalam warna putih.

Vitrase

Kain Vitrase Kode VTR 24

Kain vitrase kode VTR 24 memiliki tenunan berbentuk segi empat rapat sehingga terkesan lebih tebal. Kain vitrase ini umumnya memiliki lebar 2,4 meter sehingga cocok untuk jendela besar maupun kecil. Kain vitrase kode VRT 24 tersedia dalam warna broken white.

Vitrase

Kain Vitrase Kode VTR 27

Kain vitrase kode VTR 27 memiliki tenunan berbentuk persegi dengan material yang ringan. Kain vitrase ini memiliki lebar 2,4 meter sehingga cocok untuk jendela besar maupun kecil. Kain vitrase kode VRT 27 tersedia dalam warna putih.

Vitrase

Kain Vitrase Kode V2501

Kain vitrase kode V2501 memiliki tenunan berbentuk persegi dengan lebar 3 meter sehingga sangat sesuai bika diaplikasikan pada jendela berukuran besar. Kain vitrase kode V2501 tersedia dalam warna putih.

Vitrase

Kain Vitrase Kode V7102

Kain vitrase kode V7102 ditenun dengan jalinan serat yang renggang dengan lebar 3 meter sehingga cocok untuk jendela berukuran besar. Kain vitrase kode V7102 tersedia dalam warna putih.

Vitrase

Kain Vitrase Kode R04

Kain vitrase kode R04 tersusun atas serat kain berbentuk zig-zag yang terbuat dari material ringan. Kain vitrase ini memiliki lebar 1,5 meter sehingga cocok diaplikasikan pada jendela berukuran kecil atau sedang. Kain vitrase kode R04 tersedia dalam warna putih.

Vitrase

Kain Vitrase Kode VK36

Kain vitrase kode VK36 dibuat dari serat-serat yang dijalin membentuk persegi dengan susunan yang agak renggang. Kain vitrase ini memiliki lebar 1,5 meter sehingga cocok untuk jendela berukuran kecil atau sedang.  Kain vitrase ini tersedia dalam warna putih dan hijau tua. 

Vitrase

Kain Vitrase Kode VTR 25

Kain vitrase kode VTR 25 memiliki tenunan berbentuk segi empat rapat sehingga terkesan lebih tebal. Kain vitrase ini memiliki lebar 2,4 meter sehingga cocok untuk jendela besar maupun kecil. Kain vitrase ini tersedia dalam warna putih.

Vitrase

Vitrase Crush

Vitrase Crush adalah vitrase import dengan motif crincle. Vitrase ini memiliki lebar 3 meter sehingga cocok untuk jendela besar maupun kecil.

Vitrase

Vitrase Gold

Vitrase Gold adalah vitrase import dengan ciri khas berupa serat vertikal berwarna emas. Vitrase ini memiliki lebar 3 meter sehingga cocok untuk jendela besar maupun kecil.

Vitrase

Cara Memasang Vitrase

Setelah anda mendapatkan vitrase yang tepat sesuai dengan spesifikasi yang anda inginkan sekarang saatnya bagi anda untuk memasang vitrase. Cara pemasangan vitrase sebenarnya sama dengan cara pemasangan gorden.

1. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah ukur lebar jendela rumah anda yang akan diberi tambahan vitrase.

  • Pastikan kain vitrase yang anda siapkan dapat menutupi seluruh bagian jendela, jika tidak maka hasilnya pasti tidak akan bagus untuk dilihat.
  • Untuk vitrase yang dipadukan dengan gorden pastikan ukuran vitrasenya kurang lebih sama dengan ukuran gorden. Pastikan pula kain vitrase yang anda pilih merupakan jenis kain yang lebih tipis dari kain gorden.

2. Setelah mengukur lebar jendela anda juga perlu mengukur tinggi jendela untuk memastikan bahwa kain vitrase dapat menutupi seluruh bagian jendela dari atas hingga bawah. Pemilihan vitrase yang menjuntai hingga bawah dapat menimbulkan kesan ruangan yang luas.

3. Jika ukurannya sudah sesuai berikutnya anda tinggal memasang vitrase secara langsung pada jendela rumah atau lebih tepatnya pasangkan vitrage pada pengait yang terdapat pada rel gorden.

Sangat praktis dan mudah untuk dilakukan bukan?. Dengan memasang vitrase di balik gorden rumah dijamin ruangan anda terlihat elegan dan cantik. Selain itu anda pun bisa mengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan rumah sesuai kebutuhan namun anda masih dapat melihat keluar jendela secara leluasa.

Merawat Vitrase

Supaya vitrase yang anda miliki tetap awet dan terawat dengan baik maka anda bisa membersihkan vitrase tersebut setiap satu bulan sekali. Khusus untuk vitrase yang berwarna putih pencucian harus dilakukan secara rutin agar warna putih tidak mudah menjadi kusam serta berwarna kecokelatan.

Vitrase

Sumber : https://www.ralali.com/

Untuk mempertahankan tampilan vitrase supaya tetap cerah dan tampak seperti baru, anda bisa mencuci vitrase dengan dua macam cara yakni:

  • Mencuci vitrase seperti biasa (dengan tangan maupun mesin cuci).
  • Mencuci vitrase dengan cara kering (dry clean).

Sedangkan kawat, smock ring dan besi yang digunakan untuk menggantung vitrase sebaiknya dicuci bersih kemudian dilap sampai kering supaya tidak berkarat.

Vitrase

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Sebelum mencuci vitrase biasakan untuk membersihkan semua debu dan kotoran yang menempel pada vitrase. Menghilangkan debu dan kotoran sebelum mencuci vitrase konon bisa memudahkan anda untuk mencuci vitrase vitrase lebih cepat dan membuat warna vitrase menjadi tampak seperti baru. 

Vitrase

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Untuk membersihkan vitrase yang cenderung polos tanpa rumbai dan bordir anda dapat mencucinya dengan menggunakan mesin cuci. Tapi untuk vitrase yang dihias dengan aksen rumbai dan bordir, sebaiknya cuci vitrase tersebut dengan tangan saja. Hindari penggunaan sikat untuk mengantisipasi kerusakan yang tidak diinginkan.

Vitrase

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Jika anda ingin mencuci vitrase dengan cara manual sebaiknya rendam dulu vitrase yang kotor dengan menggunakan air panas selama dua hingga 3 jam supaya noda-noda membandel yang menempel pada vitrase bisa lebih mudah dibersihkan. Setelah direndam selanjutnya anda bisa mencuci vitrase hingga bersih.

Selesai melakukan pencucian segera jemur vitrase dengan cara di gantung seperti layaknya ketika vitrase tersebut dipasangkan pada jendela. Tujuan utamanya adalah agar tampilan vitrase tetap bagus dan tidak memiliki bekas lipatan.

Khusus untuk vitrase yang harus dicuci dengan teknik dry clean, maka anda juga bisa mencoba membersihkannya sendiri di rumah dengan menggunakan alat pengisap debu. Untuk menghilangkan bau apek pada vitrase anda bisa menggantungnya di atas baskom yang sudah diisi campuran air mendidih dan 250 ml cuka.

Sangat praktis dan mudah untuk di lakukan bukan?. Semoga tips yang kami bagikan bisa membantu anda untuk mendapatkan vitrase yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan rumah anda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.